Aug 072017
 

Su-35 (photo : Twitter.com.Jokker)

Indonesia sedang dalam proses meningkatkan kekuatan udaranya, dan akan membeli pesawat tempur Su-35 untuk menggantikan jet tempur F-5E buatan AS. Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu telah mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia akan membeli 11 jet tempur Su-35 buatan Rusia.

Sebuah memorandum of understanding imbal dagang Su-35 ditandatangani pada tanggal 4 Agustus. Igor Zavyalov, wakil direktur jenderal National Technology Corporation Rostec (Rusia) dan Andi Killang Pakkanna Malaka, perwakilan senior PT.PPI (Indonesia), telah menandatangani memorandum tersebut.

Direktur Hubungan Internasional Rostec, Viktor Kladov, mengatakan,”Kami yakin penandatanganan ini akan membuka lembaran baru kerjasama teknis yang lebih baik dengan Indonesia dan memperkuat hubungan dagang antara kedua negara ”

Sedangkan menurut Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan Rusia, Rostec. Kedua pihak berkomitmen untuk segera merealisasikan pertukaran pesawat tempur Su-35 dengan sejumlah komoditas dari Indonesia.

F-5E / F Tiger II sudah beroperasi sejak tahun 1980, dan semua armada F-5E Indonesia saat ini sudah dipensiunkan.

Dari beberapa pemberitaan media online Vietnam (seperti baodatviet.vn dan Anninhthudo) mereka berharap Indonesia akan menempatkan pesawat tempur Su-35 di Natuna. Penempatan tersebut bisa menandingi dominasi pesawat tempur Su-35 China yang kemungkinan juga akan ditempatkan di Laut China Selatan.

  88 Responses to “Media Vietnam Berharap, Su-35 Indonesia Tandingi Su-35 China di LCS”

  1. oke lah viet, kita akan tempatkan su35 di natuna 3 unit dl, tp ente harus kawal di bawah lautnya ya pake kilo yg ente punya…dan s400 nya juga siapin utk backingi su35 indonesia…deal ya??.

  2. Su35 vs su35 dr segi teknology musuh sdh bs membca lawan qt.. Cocokx jet barat vs jet timur berhadpn bru cocok.

  3. Mantaap miin….janji TNI bisa menguasai sukhoi Su 35 joosss…

  4. kan itu mau nya vietnam…
    kalo gua sih maunya su 35 buat gebuk f35 singapurapura ama austral…hehehe

    • ayo bung siapa lagi yang berharap selain vietnam ya……

      @Bung The Arumanisis : SU35S milik AU saya gak yakin disimpan dinatuna nantinya, cepet berkarat dikeliling laut. biasanya dirawat dan disimpan di BRUNAI DS

  5. Su-35 China gak mungkin bertarung lawan su-35 Indonesia…
    Yg paling logis tuh Raptor lawan su-35 China, atau F-15 silent eagle lawan su-35 China…

    Su-35 Indonesia baru cocok ketika bertarung lawan F-35 China, Krn pakfa ya om rusky jg Lom kelar hingga hari ini…
    (Pespur blok timur vs blok barat)..

  6. vietnam aneh ini su-35 cina musuhnya raftor australia dan hornet malaysia,singapura,australia,,,,,,su-35 indonesia tidak ada hub dengan laut cina selatan.su-35 indonesia haxa menjaga ke utuhan nkri,indonesia netral gk puxa musuh ke siapa pun,negara lain puxa masalah jangan sangkapaunkan indonesia minta bantuan ke sukutunya amerika serikat dan inggris 2 negara ini mampu kalahkan cina,negara indonesia netral gk puxa masalah rakyat indonesia enggak mw perang mwnya tentram sejahtera

  7. Indonesia membeli SU35 karena kekuatan dan daya hancur tinggi kekuatan 1 unit SU35 bisa di banding 3 F16 blok 52, Indonesia mengakuisisi 1 skuadron SU35 mampu mengkaper hingga 3 skuadron tempur ringan sekelas F16 atau T50i korea,,

  8. menurut opini GUA, SU 35 gak mungkin menghadang SU 35 China.. yang akan menghadang itu yang mungkin F16, alasannya, karena sama-sama teknologinya jadi ya mungkin akan kerepotan sendiri TNI AU karena jenis pesawatnya sama. tetapi kalau F16 yang menghadang SU 35 ya ini cukup beralasan,, karena sudah pasti radar f16 akan mendeteksi posisi musuh. soalnya beda teknologi.

  9. utk imbangi china indonesia hrs akusisi f15 SE / rafale dari france….
    Su35 lebih cocok utk mngimbangi kawasan asean aplgi indonesia dikelilingi negara2 persemakmuran yg notabenya sekutu As, Australi,singaporn,malonsia..cm syg rencana beli Su35 sedikit hrsnya minimal 24 unit , saat ini rencana,cm akan ,akan dan hampir blum ada deal…

  10. Bagus jg klo vietnam jdi sekutu

  11. bung jimmy mana nih..kok g semangat gitu..tuh daganmu di munculkan lg…

  12. akan…. dealnya kelarnya kapan.?? 😀

  13. Harusnya ” semoga su35 cepet datang”

  14. lawan terberat su 35 adalah F 15 SE trbaru

  15. Gw boleh ketawa ga? :v kenapa mreka nyuruh kita? Bodo amat dgn Vietnam.. Kan Vietnam kuat ? :v Urus saja wilayahmu sndiri.. TNI hanya akan bertindak jika ada pelanggaran wilayah udara.

  16. Hahahaha… Vietnam berlindung pake SU-35 nya Indonesia nih yeeeeee…. hahahahaha Kenapa gak mengharap SU-30 MKM nya malontot saja yang paling tangguh sedunia itu ya??

  17. Kutunggu kedatangannya su35 di Indonesia.bravo NKRI.

  18. 4 T50 dan 1 tucano muter2 diatasku 4x tadi (klo ngak salah)… ada latihankah di jogja?

  19. 15 pangkalan asing mengarahkan moncong senjatanya kearah RI kata media, wajar RI punya skudron SU-35 utk menjaga NKRI,klo setiap thn datang lima pesawat,klo tak bisa 5 thn sekali,tergantung anggaran negara!

  20. InsyAllah jadi,amin!

  21. Cina punya 22 + s400.. indonesia 11…, lu maju aja sendiri.., kong

  22. Akan dan segera sampai kapan neh? Dari jaman tahun 2015 gitu mulu

  23. China berpikir 100x mau berurusan dngan indonesia. Pertama indonesia menguasai alur laut.baik selat melaka, selat sunda dll akan merugikan cina, yg ke dua cina butuh kawan krn yg kita tau cina punya bnyk masalah baik dari jepan,korsel,vietnam,india, amerika.australia, china sangat menharapkan indonesia tetap n0n blok..

  24. Semua sudah ada yg atur,,yg pst di HUT RI ke 72 yg tgl bbrp hr lg..
    Pasti su 35 akan terbang di angkasa indonesia…

  25. Tak perlu kawatir untuk hadapi SU35 China….ndak usah terprovokasi sama Vietnam….selama belum mengusik Natuna…tenang-tenang saja dulu…dan waspada….

  26. Era perang jet tempur modern saat ini adalah perang elektronik, radar canggih dan senjata mematikan, plus AWACS yg terkoordinasi dengan jet tempur, bila Indonesia tidak memiliki AWACS maka siap2 jet tempur Indonesia jadi sasaran mudah jet tempur lain, contohnya dalam latihan bareng Indonesia dan Australia, terlihat Sukhoi Indonesia kalah telak dengan F-18 hornet Australia yg memiliki elektronika canggih dan radar yg canggih dan dibantu dengan AWACS.

  27. Bukannya vietnam negara terkuat di asteng?.. Dapat apa indonesia bila bantu vietnam??

  28. Aneh ya..kmrin dlo ktanya mau beli su35 sbanyak 8 biji ini kok jdi 11 biji satu ajha blum ada ..ngaur ni berita.

    • ya kemarin memang ada rencana beli 8 biji, namun karena dananya lebih jadi ditambah 3 .. kan dulu hanya rencana saja jadi belum deal.. kalo sekarang kan sudah deal.. perkataan awal belum bisa jadi patokan gan..

  29. efek su35 sudah terlihat
    walaupun pesawat nya belum nongol,,

  30. Menurut analisa pengamat asing mantan jendral US.indonesia tanpa senjata super kekuatan militernya sdh menakutkan.apalagi kalo memiliki senjata superioritas,akan menjadi kekuatan dasyat yg menonjol di dunia.

  31. Utang indonesia ke china banyak rezim berkuasa juga di topang china,.. berkonflik sama china itu mustahil,. Yang ada klo kita konflik dengan mreka kita bisa ditagih balikin duit mreka

    • Logika ente kebalik bung.
      Kalo ente ngasih utangan ke wan abud, trus ente ribut ma doi, kira2 yg terjadi ente bisa nagih tu utang dibalikin, ato sebaliknya wan abud ngemplang utangnya? 😆

  32. media Vietnam cuman omong doank …
    kalo SU35 vs SU35 hasilnya fifty fifty … yg menang skill pilot
    Vietnam aja yg suruh jaga pulau² yg di klaim dia, berani gak ?

    kewajiban kita jaga Laut Natuna Utara sesuai garis kedaulatan sendiri

  33. kalo spek sudah sama.tergantung ama kemahiran pilot,,tentengan senjatanya….

  34. Belinya 25 dong trus beli pesawat bomber jarak jauh

  35. Su 35 china lawannya sama f16v/Gripen e + awacs. Bagus lagi kalau tambah skuadron tempur Rafale.

  36. kalo boleh tau gan, negara mana saja ya yang punya SU35 rusia selain indonesia ?

  37. mantaap tni au jayalah indonesia…

  38. cina g akan head to head vs indonesia. sebab jika cina bisa ”menundukkan” diplomasi indonesia atau cina bisa menjalin persekutuan dng indonesia, lcs dapat dipastikan jd milik cina. apalagi jika cina sampai bentrok vs indonesia maka lcs tinggal angan2 dipeta saja. hal ini mirip2 melebarnya paham komunis di tahun 65an. misal kudeta pki taun tersebut berhasil & indonesia jd negeri berpaham komunis, dapat dipastikan malaysia, thailand, myanmar akan terkena efek dominonya. begitupun LCS sekarang ini kurang lebih jg sama…

  39. Perang dulu baru damai dimana mana jg bgitu

  40. Wkwkwk
    Indonesia itu negara netral bro, enggak usah punya kekhawatiran yang berlebih.
    Siapapun yang slek dengan kita itu bakalan punya musuh banyak.
    Selow wae lah..selama ekonomi negara kita besar, selama itulah banyak negara yang akan membantu. Karna klo perang efeknya bakalan besar banget bagi perekonomian dunia.

  41. kalau specnya sama sih mungkin bisa imbangin SU35 china

  42. Bau bau Viper bakal kecium kenceng nih. Su 35 China vs F 16 70V, F 35 Sonora/Sonotan vs Su 35 TNI AU

  43. kekuatan Tempur gx sebanding sm china,,
    klo zmn Soekarno memang menakutkn skrg zmn mukidi china mn mungkin mo di lawan ..kn hutang banyak

  44. Oke….cuma…saran…kita borong aja…setidaknya sepuluh ribu skadron….

  45. Sudah tepat SU-35 menggantikan F-5 Tiger yg bermarkas d Maospati… krn dg bgt akan lbh berpengaruh pd kekuatan F-35 dari selatan… untuk yg utara semoga Indonesia bisa punya F-16 V ato mungkin dr eropa… asalkan jgn gripen… terlalu kecil untuk menghadapi SU-35 chinten….

  46. sepertinya vietnam sudah memberikan arena utk petarungan su35 indonesia VS su35 tiongkok dinatuna. tpi utk imbal dagang seharusnya diikut sertakan hasil tambang bumi indonesia

    • f16 indonesia mau dikemanakan brooo?, karna katanya F16 amerika suda mengalami 3 kali ufgrade, semenjak ditembak jatuh Mig25 iraq waktu infasi amerika ke irak, ditembak jatuh mirage2000 yunani waktu masalah senketa wilayah, pernah saling menjatuhkan F16 vs Mig23, pernah uji dogfight dgn mig29, namun mig29 selalu keluar dari kuncian f16, mungkin karna kelincahan mig29, pernah f16 indonesia dikunci hornet amerika waktu dipulau baweaan & disuruh turun yaa turun beneran itu f16, tapi untung sy tidak punya f16, jk sy punya? maka sudah sy taruk di bantar gebang, hahahaaaaa

  47. Mirip seperti pembelian
    11 + 5 …. Sukhoi 27 / 30 …..

    Semoga yang menyusul …….
    11 + 5 …. Sukhoi 35 / 34 …….

    • Terus menyusul alustita lainnya dg cara hutang ke RUSIA ya pak

      maka tak habis2nya hidup beban rakyat NKRI ini dengan beban hutang negara ya pak…. maaf pak jangan diambil hati JUST KIDDING.

      memang seh alustita penting, tapi tentara juga butuh makan dan kesejahteraan tolong juga fasilitas dan gaji TNI di naikan ya pak heheeheee

  48. Seandainya saja … Jika boleh berharap :

    – 1 Skadron Super Tucano

    ( untuk pesawat tempur anti gerilya )

    ================================

    – 1 skadron T-50i Golden E ( upgrade )
    – 1 skadron Yak-130i LF

    – 1 skadron Fa-50i Golden E
    – 2 skadron Hawk Series

    ( untuk pespur ringan / latih tempur )

    ===============================

    – 2 skadron F-16 series ( upgrade )
    – 1 skadron F-16 viper-i

    ( pespur kelas menengah )

    =============================

    – 1 $kadron Sukhoi 27/30
    – 1 $kadron $ukhoi 34/35

    ( pespur kelas berat )

    ===============================

    Program pespur IFX …. Kelak dipakai untuk menggantikan F-16 ( upgrade )

 Leave a Reply