Jul 142018
 

Helikopter maritim MH-60R Sea Hawk Angkatan Laut AS © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Presiden terpilih Meksiko Andres Mannuel Lopez Obrador, telah berencana membatalkan pesanan 8 unit helikopter MH-60R Seahawk seharga $ 1,36 miliar untuk Angkatan Laut negara itu.

Dilansir dari laman Sputnik, helikopter MH-60R yang dimaksudkan untuk digunakan melawan perdagangan narkoba, terlalu mahal, kata Obrador. Tetapi apakah ada alternatif yang lebih terjangkau dengan kemampuan serupa di luar sana?

Berbicara kepada para pejabat Meksiko pada hari Rabu, 11 Juli 2018, Presiden Obrador mengumumkan kampanye “pengencangan sabuk” belanja nasional, mengatakan bahwa itu adalah mandat rakyat Meksiko yang memberi otoritas dalam pemilihan pada 1 Juli. Ini, katanya, termasuk kontrak militer dengan Amerika Serikat.

“Kita tahu pesanan untuk membeli 8 unit helikopter tempur dari pemerintah Amerika Serikat untuk Angkatan Laut Meksiko senilai total $ 1,36 miliar. Pembelian itu akan dibatalkan karena kita tidak memiliki anggaran”, katanya.

MH-60R Seahawk adalah helikopter serangan multi-misi buatan Sikorsky Aircraft Corp yang dilengkapi dengan radar dan peralatan night vision canggih, monitor digital kaca kokpit, rudal Hellfire, torpedo dan senapan mesin berat.

Kesepakatan itu membawa harga yang lumayan fantastis, sebesar $ 170 juta per unit, dan untuk perbandingan, Sikorsky menjual helikopter ke Angkatan Laut AS seharga $ 42,9 per unit pada tahun 2012. Selain AS, Australia dan Denmark juga mengoperasikan helikopter tersebut.

  7 Responses to “Meksiko Batal Membeli 8 Unit MH-60R dari AS?”

  1.  

    Harganya fantastis ngalahi harga pespur gen5.he3

  2.  

    Sudah mahal, boros, ngentutan pula
    Tp masih lebih baik ketimbang punya nya China, mejen….

    😎

  3.  

    Tidak layak diakuisisi, terlalu mahal menguras kantong

  4.  

    Buat melawan narkoba pakai MH60R dan torpedo dan hell fire ?

    Apa kagak over kill tuh.

    Emangnya mafia narkoba pakai kapal selam ?

    Pakai Super Tucano itu sudah maximal, yang lebih murah dari Super Tucano adalah KA-1 (versi attack dari KT-1B Wong Bee). Lengkapi dengan roket FFAR.

    Atau kalau mau pakai helikopter, pakai versi tempur dari H145 Lakota dari Airbus.

 Leave a Reply