Oct 202017
 

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Jakartagreater.com. Model jet tempur KFX/IFX tampil dalam Seoul International Aerospace & Defense Exhibition, Adex 2017 yang berlangsung 17 – 22 October 2017, di Seoul Airport, Korea Selatan.

Event ini menampilkan produk dan pelayanan : pengembangan pertahanan, sistem elektronik pertahanan, mesin, helikopter, suku cadang penerbangan global dan banyak lagi produk dan layanan terkait lainnya.

Salah satu yang ditampilkan di sini adalah model jet tempur KFX yang semakin rinci. Model jet tempur ini ditampilkan, lengkap dengan berbagai persenjataan dan sistem elektronik yang akan mengisi pesawat tempur gen 4,5 ini.

Desain final dari pesawat tempur Korea Aerospace Industries / KF-X/IF-X, diharapkan terwujud pada bulan Juni 2018, di mana saat itu pembuatan desain rinci akan dimulai.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Jet tempur KFX/IFX akan dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara MBDA Meteor dan Diehl IRIS-T, ujar sumber Departemen pertahanan Korea Selatan, dirilis Aviationweek.com, 12/10/2017.

IRIS-T (Infra Red Imaging System Tail / Thrust Vector-Controlled) adalah program yang dipimpin Jerman untuk mengembangkan rudal udara-ke-udara infra merah jarak pendek untuk menggantikan Sidewinder AIM-9 yang digunakan di beberapa negara anggota NATO. Setiap pesawat yang mampu menembak Sidewinder juga mampu meluncurkan IRIS-T.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Cobham akan mengirimkan sejumlah unit Peluncur Rudal / Missile Eject Launcher (MEL) ke KAI pada tahun 2020 untuk pesawat tempur KF-X, yang ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2025. Alat ini adalah long stroke ejection system yang sangat kuat yang memungkinkan pengangkutan dan pelepasan rudal udara-ke-udara jenis Meteor atau AMRAAM tanpa perubahan peranโ€, ujar Vice President, GM dari Cobham Mission Systems Wimborne, Ken Kota.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Korea Selatan juga berfokus pada pengembangan radar AESA buatan dalam negeri. Pada tahun 2016, Badan Pembangunan Pertahanan (ADD) yang dikelola negara menandatangani kontrak dengan Hanwha Thales, sebuah perusahaan pertahanan setempat yang kemudian mengganti nama menjadi Hanwha Systems, untuk pembuatan radar. ADD memiliki kesepakatan terpisah untuk mendapatkan bantuan dari Elta Systems Israel dalam menguji prototipe-nya.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Hanwha mengatakan telah memproduksi prototipe radar pertama yang dimaksudkan untuk didemonstrasikan apakah radar itu cocok dengan pengembangan sistem jet KF-X. Radar AESA sudah dibuat oleh Hanwha Systems yang dibantu oleh Elta Systems Israel.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Sistem peluncur dan pengangkut senjata mulai disiapkan oleh Cobham Mission Systems, Wimborne, Inggris, yang mampu membawa senjata utama rudal Meteor dan AMRAAM. Kini Korea Selatan sedang berusaha melengkapi sistem senjata KFX, untuk menjadi pesawat modern dan tangguh.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

KF-X/IF-X akan memiliki versi kursi tunggal dan ganda yang didukung oleh dua mesin General Electric F414. Perbaikan / improvement akhir sedang berlangsung, sebelum dilakukannya review desain awal / preliminary design review (PDR), pada pertengahan tahun depan.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

KAI memimpin proyek senilai USD 8 miliar dalam kemitraan dengan Lockheed Martin, dengan Indonesia diharapkan menginvestasikan USD 1 miliar untuk memperoleh teknologi pesawat tempur, pengetahuan teknik produksi, dan opsi untuk mendapatkan hingga 50 pesawat tempur di kemudian hari. Jakarta juga harus mendapat keuntungan dari ekspor pesawat masa depan.

Model jet tempur KFX/IFX (photo : DefenseWebTV via Svantana – Defence.pk)

Kemampuan operasional awal (IOC) pesawat KFX / IFX direncanakan pada tahun 2023 dengan mengusung pesawat tempur generasi 4.5.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, 19/10/2017 di Jakarta, mengatakan di internal Komisi I beserta Menteri Pertahanan dan Panglima TNI ada pembahasan penggunaan anggaran, yang salah satunya adalah komitmen pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X bersama Korea Selatan.

Video info KFX/IFX : menit 6:45

https://youtu.be/i__AIow56R8

  275 Responses to “Melihat Detil Model Jet Tempur KFX/IFX”

  1. Berharap segera terealisasi di 2026.

    • Lambat banget brooo

      Hahhahaaaa

      • Emang ente sdh kebelet pipis….ehh maksudnya perang.?
        Kalo mau cepat, ya beli nasi goreng aja…..xixixi

        • Pipiskanlah, bisakan meganginya.
          Bukan kebelet perang, tapi persiapan perang itu hrs ada yg dipersiapkan, kalau begitu lambat? Blm tentu pula punya kualitas, Yaa bagusnya kelaut ajja jd barang antik

          Hahhahaaaa

          • Dilarang parno disini….xixixi

            Lhooo…ini bukannya lg mempersiapkan, mengadakan kerjasama pembuatan pespur. Itu artinya kita mempersiapkan andaikata menghadapi akan ada perang. Kalo diam aja itu namanya bukan mempersiapkan, tapi tukang bakso lg bengong nunggu pembeli….xixixi

            Blm tentu pula punya kualitas
            —————————

            Itu pendapat yg tdk mendasar, dr artikel diatas sdh bisa di tafsirkan berkualitas secara toeri dr perangkat2 tg akan diinstalkan…ya toh…ya toh…

            Skrng tinggal anda yg menjabarkan atas dasar apa statmen blom tentu berkualitas.?

          • Yang wueewnak kok dibilang porno, hahhahaa.

            Ini tahun 2017, pertahanan harus ada yg dipersiapkan, sementara proyek ifx itu siap tempur ditahun 2026, jadi 9 thn anda menunggu proyek kebanggaan anda itu.
            dlm waktu 9 thn itu perkembangan teknologi pesawat terus berlanjut dari negara lain, blm lagi rusia yg sebentar lg akan mengeluarkan su35 & su57 siluman full, disini sudah nyata bahwa proyek ifx itu ketinggalan yg artinya tidak lg berkualitas utk ditahun 2026

          • 1. SU35 bukan siluman, RCS masih 1.
            2. Pakfa juga belum sampe seperti raptor, RCS 0.01 sama dengan f35.
            3. Coba sebutkan produksi pespur baru sampai 2026 yg baru dan berkualitas seperti anda bilang, sebutkan 1 saja?
            4. Anda belum memahami konsep mef 2, jika ingin instant dan tetap bodoh, tinggal beli ajah langsung yg menurut anda “berkualitas”.
            KFx/Ifx mengikuti mandat MEF 2 dengan memakai produk sendiri /TOT

            Saya pengen tahu “kualitas pespur anda”?

          • Loe kan belum tau su35 dgn material khusus dgn su57 yg saat ini masih dlm proses, tapi nantikan saja kehadirannya, sebsntar lagi

            Hahhahaaaa

          • Mig juga akan mengeluarkan pespur silumanya pengganti mig31, tidak sampai tahun 2026

          • Ok kita tunggu sebentar lagi.

            Trus pertanyaan saya mengenai pespur baru berkualitas yg akan segera hadir (lebih cepat dari IFX 2026 yg tidak berkualitas) apa coba sebutkan?

          • Owh MIG 35?
            Dari tadi anda menyodorkan pespur2 rusia tanpa TOT (kecual offset su35 dan pabrik sukucadangnya).
            Berarti anda tidak setuju dunk kita bisa produksi pespur sendiri. Jadi maksud anda kita beli instant ajah gitu ke mig35 siluman, pakfa ato su35 versi siluman (geli sendiri saya nulis mig35/su35 siluman)

          • Yg ga berkualitas itu cuman omongan asal loh tukang nyimeng qarin

          • Ember bung fnc…dia suka asal jeplak,, padahal carin dl ga gitu deh, makanya sy ga prcaya itu carin…

          • Hah? Ini Carin istrinya Mbah BOWO, sales sulfur dulu itu???

            Owalahhhhh, pantesannnnn…

            Dulu katanya pamit ga mau kesini lagi, ikut Mbah BOWO buka warung di LCS

          • Heeiiishhhh…..
            Bung Senopati ini kok ikut ngewes ngelantur ngikuti bocah2 gemblung kuwi…
            Hati2 nanti ikutan miring jg lho otaknya….xixixi

          • Ya mirip sampean kui nyettt…prooottttt..hahahha wong edan

        • Dulu ada neng okelah,, carin,, yg sekarang versinya lebih parah..

          Yg masih ngeladeni sama parahnya.. Xixixixixixixi

      • kalau mau melihat komen berkualitas ya baca komennya bung senopati…ada debat tapi selalu memberikan pengetahuan. setidaknya bunga qarin sudah berhasil memancing bung senopati mengeluarkan ilmunya.hehehe

    • Waduh padat amat buswaynya. Sampe pd ngantri tuh….

      • Warjager yang terhormat,
        Jika Korut dan US jadi perang, dan Korsel ga mau mindahin research dan produksi ke PT. DI, so mana yg dipilih untuk nerusi IFX yg sudah setengah jalan ini ????
        1. TAI
        2. Gripen
        3. JF
        4. Tyhpon
        5. lainnya

    • http://jurnalx.com/2017/10/20/ngeri-pasukan-marinir-yonif-8-serang-komandan-mereka-sendiri-mobil-dirusak-motor-dibakar/

      Didekat rumah uwak ane gan…pangkalan brandan yon 8…pertama dalam sejarah…memprihatinkan ๐Ÿ™

    • Daritd ane refresh,, kagak nongol2 artikel baru.. Trnyata bung@diego nunggu yg komen dimari ampe 200..xixixixixixixi

  2. Ya semoga proyek dari blok barat ini terealisasikan, lupakan saja proyek dari blok timur yg kayanya sudah dilupakan.

  3. Pas dadi wes tuwek umurku

  4. Sudah lupakan saja Sukhoi yang jadi MANTAN…

    M eski
    A da
    N iatan
    T ak kan
    A da
    N egosiasi

    ๐Ÿ˜†

  5. foto di atas kok model pswt beda.. lbh jelek daripada foto2 yg selamanya pswt kfx mirip f22/f35 termasuk moncongnya.. apakah korsel sengaja bikin jelek utk indonesia? tolong jgn tertipu desin kurang bagus. cari yg desain yg benar2 memikat potensi ekspor dan kewibawaan TNI di indonesia.. jgn sampai kita memiliki pswt model kayak hasil desain yang corat2 blm selesai..

  6. Loh kata Bung Garuda Liar di komen artikel “Indonesia komit pengembangan KFX/IFX” … Radar AESA nya dibikin oleh IAI Israel dan SAAB Swedia ?

    apa jangan-jangan Hanwa Thales sudah dibeli ama SAAB yaa?

  7. Dari bentuk pesawatnya yg seperti F-22/F-35 saya yakin RCS-nya lebih rendah daripada milik SU-35 dan turunannya. Dengan dua mesin F-414.. saya yakin manuvernya lebih hebat daripada F-35 atau SU-35 sekalipun. Semoga saja.. hahaaha..

    2026..?? tidak lama 8 tahun itu tidak terasa lhoo.. kalau kita kerja kerja kerja.. mantaaapp. Berarti tahun 2030 Indonesia harus memiliki satu skuadron. Saat itu Amerika, Rusia, dan NATO mungkin sedang mengembangkan pesawat gen ke-6 dan itu lagi2 membutuhkan waktu minimal 10-15 tahun. Jadi Pesawat KFX/IFX Penggunaannya masih relevan dan tidak ketinggalan zaman. Ingat.. tahun 2045 Indonesia seratus tahun merdeka saat itu diprediksi kekuatan ekonomi Indonesia nomer 5 dunia dan pasti berimbas dngan anggaran militer yg meningkat tajam dibanding sekarang.

    • Mana mungkin ifx itu rcs paling rendah dari su35, sedangkan material bodynya saja terbuat dari alumunium pilihan yg bagai mana pun itu pilihannya sama juga mengantarkan gelombang

      Hahahaaaa

      • Mimpi kalleee, rcs ifx paling rendah dr su35

        Hahhaahaaaa

        • Sok tau… Barang aja Blom juga jadi udah maen bandingin aja… Kumur mulut dulu gih sebelum komen asal :v

        • Mimpi kalleee, rcs ifx paling rendah dr su35
          –_—————————-_—

          Lho anda kok tau rcs IFX tdk lebih rendah dr SU-35 dasarnya apa.?
          Kalo kita berargumen hrs punya dasar yg valid.
          Sementara IFX msh on the rule concept, artinya secara teori akan dibuat rcsnya rendah. Tdk ada yg berani menjamin SU-35 lbh rendah dr IFX krn yg satu masih dlm konsep, sementara anda sdh berani menyangsikan….piye to…piye to….xixixi

          • IFX/F-16/Hawk dan lainya berbeda sisi dengan Sukhoi…
            mereka masih ada bawaan dari suhunya Amrik, sedangkan Sukhoi itu untuk memastikan pespur Indonesia masih bisa terbang sangar meskipun ada sangsi ataupun embargo militer seperti yang pernah terjadi…
            mau dibandingin seperti apapun tetap saja bukan keluarga Sukhoi yang bakalan bersaing, tetapi ya sesama pespur barat itu yang bakalan berebut slot mengisi keperluan pespur sisi barat…
            Dan kembalila ke bumi, selama barang belum ada ya tidak ada yang bisa di pamerkan, karena kalau hanya katanya… nanti IFX katanya mampu mengalahkan UFO, perang sama Alien dsb…

          • kalo dari mesin ya jelas head to head sama f/a 18 nya boeing…wajar sih. secara kfx/ifx bidannya lockheed martin

          • Bung Ruskey,
            Untuk KFX/IFX design nya adalah RCS 0,1 .
            Masih lebih kecil dari umumnya Gen4.5 (SU35 dll)

            “The KF-X had originally aimed to produce and market about 120 aircraft stealthier than Dassault’s Rafale and the Eurofighter Typhoon but not as covert as Lockheed Martin’s F-35 Lightening II. The developers acknowledged that South Korea could not build a fully stealthy aircraft. Facing technical and budgetary difficulties, by 2009-2010 the required operational capability for the KF-X was lowered to that similar to the Boeing F/A-18E/F Super Hornet and Eurofighter Typhoon. That radar cross-section is in the range of 0.1-1 sq. meters (1.07-10.07 sq. ft.)”

            Cuma kalo penemuan Neng Carin bilang ada material siluman sehingga membuat MIG35 dan SU35 menjadi Siluman beneran, nah lain cerita hehehehe

          • Gue tidak ada mengatakan mig35 tapi mig sebentar lg akan mengeluarkan pespur silumannya pengganti mig31.
            Tapi mig35 katanya akan dilapis siluman.

            Su35 itu mmng full stealth sama sprti su57 nantinya. bukan sperti ifx yg kata loe rcdnya 01, dari mana pula bisa rcsnya 0,1 kalau bahan bodynya pun terbuat dr alumimium yg mengantarkan gelombang dr radarnya sendiri, boleh andi brmimpi ifx dgn rcs 0,1, tapi bodynya trbuat dr aluminium & mimpi kalleee

            Hahhahaaaa

          • Supaya loe tau bung sp, aluminium itu kalau didetek dgn radar lawan akan kmbli lg itu pantulannya mmbentuk gambaran yg yg dideteknya dilayar, mmng aluminiun itu & sejenisnya tahan panas, yg masih digunskan utk body pespur skrg, tapi tetap juga terdetek radar utk mncegah itu mrk menggunkan RAM sprti cat supaya gelombang radar lawan yg datang bisa diserap & dibelokkan ketempat lain sehingga muncullah bintik2 atau bercak2 diradar lawan & inilah digunakan f35 & f22, bukan berarti tidak memiliki kelemahan, mudh2an komen ini tidak nyangkut digigimu

            Hahhahaaa

          • Neng Qarin,
            Mana ada pespur gen4 keatas saat ini yg masih pake alloy???? Semua Udah komposit kecuali satu : JF sulfur blok 1 dan 2.
            Jadi bacot mu yg sok tau diatas, malah klihatan pekok

          • Kan masih juga loe merengek,
            Skrg gue tanya loe bahan kompisit itu sprti apa & dimana diletakkan utk body pesawat?

            Hahhahaaa

          • Anda baru baca RAM ajah Udah kayak master ajah. Klo diskusi ama saya jangan sok tahu kuncinya, Sante ajah. Siapa juga yg ngerengek?
            Sekarang anda belajar tentang RAS : radar absorbing STRUCTURE. Filosofy composite material ada disini.

            Dan khususnya korsel ada disini
            FSFCs can be incorporated as integral elements of composite structures. For example, South Korean researchers have described a 3.5 mm thick, vacuum bagged and autoclaved RAS that comprises a carbon and glass FSFC layer embedded between two ‘standard’ composite layers. The FSFC is fabricated as a plain-weave incorporating T300 carbon fibres and E-glass fibres, within an epoxy matrix, with a carbon nanotube filler added to help dissipate RF energy internally.”

          • Jika material tg digunakan, gue tanya anda dimana itu ditempatkan utk body pesawat?

            Hahhahaaaa

          • Mig-35 mau dilapisi siluman.? Itu mau bikin pesawat atau mau buat kue lapis.? Pake lapis2 segala…xixixi

            Weeess …lah …Carin. klo berargumentasi gak usah pake main fisik segalalah. Itu biasanya senjata ABG alay yg gak mampu argumen aja….xixixi
            Entar lg yg alay beneran pst pada ribut…..xixixi
            Selamat malam warjag. Selamat berakhir pekan. Ohhh..yaa…maaf. ucapan selamat ini hanya khusus bagi org dewasa aja.

          • Mungkin loe terlalu asik melayani bung GP, sehingga loe melewatkan yg sudah disampaikan disini artikelnya, tentang mig yg akan dilapis siluman

            Hahhahaaaa

          • Ya sdh ga usah bahas itu.
            By the way alias ngemeng2….kok suamimu sdh lama gak nongol dimari. Kemana sembunyinya tuh si pendekar gugling Ub*d.? Ente simpen dimana dia.?
            Dia masih banyak utang PR yg blom diselesaikan ke ane kok main ilang aja.
            Salam utk dia ya.!…hehehe

          • Suami siapa pula ini, apakah anda gak salah ucap ini

            Hahhahaaaa

        • Bung Ruskey, kita pake hak Tanya bung Diego setuju enggak?
          Nih newbie satu ini huha huha jangan-jangan disusupin ama bung diego biar kita bersatu lagi.
          Bersatu ngebuly huha huha hahaha

  8. Liat canopynya gak nahaaaaan hahahaha…kesannya lebih mirip pesawat latih macam yak 130

    • Jangan nyinyir begitu dong bang, itu khan baru mock up dan belum fixed ……..

      Tahap perancangan akhir dan rinci untuk pesawat tempur KFX/IFX yg bermesin kembar ini akan berlangsung sampai akhir tahun 2019, di mana awal produksi prototip akan dimulai.

      Yakin deh, segala sesuatunya pasti akan indah pada waktunya……. ๐Ÿ˜†

    • Mmng mungkin jika ditahun 2026, ifx itu hampir sama kualitasnya dgn yak 130

      Hahhahaaa

      • Eh Carut !!…… elu dari tadi nyinyir bae, gua jewer kuping lu sampe panjang kayak kuping Kelinci luh !!… ๐Ÿ˜†

        • hehehe..sabar bung…sebagaimana kita harus bersabar pengembangan ifx…
          yang ane takutin adalah insiden korut,apakah akan mengganggu jdwl ifx atau tidak?

          • Nah Ini Topik menarik dan kekinian dari Bung Arumanis.
            Apa yg terjadi jika perang KORUT terjadi??

            Diantar pesimistis dan ke khawatiran, ada diskusi bawah perang KORUT membawa berkah bagi Indonesia.
            1. Korsel akan mempercepat testing dan produksi KFX
            2. Research dan mirror produksi akan di optimalkan di PT. DI , untuk mengantisipasi problem disana.
            atau
            1. KFX akan pending dalam waktu yang tidak bisa ditentukan
            2. Dokumen EMD dan blueprint diserahkan ke kita, sesuai dengan progress/pembayaran setelah itu diserahkan Indonesia untuk mecari alternatif penerusnya.

          • Hahaha… “Berkah Di Balik bencana” ๐Ÿ˜†

          • setuju sama bung senopati… mirip2 dengan Tank K2 yang berawal dari kekawatiran korea selatan kepada pasokan sukucadang dari USA…

          • Pasti ganggu bung,, kalo sampe kejadian.. Yg pasti masih bnyk opsi.. Salahsatunya sama Turki..

      • Wkkkk… Sekarang nyamainnya sama yak 130 sok taunya kebangetan banget nih orang

  9. permios… mbak… mas… bu ne…pak e…. WC dimana ???…. sudah kebelet buang hajat….

    • Buang ajja dimulut bung colibri & bung fnc supaya makin subur itu pengetahuaannya yg selama ini meragukan antara hidup & mati

      Hahhahaaaa

    • Hahaha… Lanjutkan… ๐Ÿ˜†

      • Nah…bung jimmy, bung tn dan bung sp baru anak2 pintar dan baik2..jd bergaul sm org2 spt mrk…klo sm si caring dan si cong ruskye jd tambah pening pala sy…tp maklum mrk kan bkn manusia tp nyemot….hahhaha prootttt

        • Wajar loe pening, setiap orang komen selalu nyangkut digigi loe, makanya sering minum supaya gak pening lg.
          Loe bilang pula ruskye transgender setelah loe peras sarinya sepahnya loe buang & loe katakan pula ruskye separuh wanita

          Hahhahaaaa

          Hahhahaaa

          • Oga amat sm si nyemot…lu kali yg suka sm dia…pura2 blg gw …sono ambil simpen di lemari tu nyemot..gw ga demen…hahahha

          • Loe boong & munafik, kmrn itu loe brdua kagak timbul, setelah itu? yg satu kagak timbul lg, gak perlu lg ditanya, krna saya tau kalian berdua benci2 berakhir rindu setelah peras sarinya sepahnya loe buang pula, loe katakan pula dia begini begitu mmng munafik loe broo, gak usah boonglah, nanti makin sulit loe

            Hahhahaaa

          • Lu ngomongin timbul, beliau sdh meninggal dr dulu…ga baik itu…knp dipikiran lu gw sm si ruskye demenan, jelas2 gw suka debat panjang dan keras sm doi, lu malah blg gw sedot sari nya skr gw sepahin..klo blm bs bicara yg bener, noh silahken belajar private dl…jgn asal jeplak omong kosong tak da isinya…ini formil bukan utk biro jodoh paham…?? masak si ruskye di blg bokin gw…mimpi kali lu rin…prootttt

          • Kan loe sprti itu kalau dibilangin, loe gak mau terima kenyataannya. Ngapain pun boong + munafik

            Hahhahaaa

        • Hadeuh Saya Bukan orang Pintar… ๐Ÿ˜† Noh Orang Pintar Itu Ya ‘The Black From South Mountain’ … ๐Ÿ˜†

        • Hadeuh Saya Bukan orang Pintar… ๐Ÿ˜† Noh Orang Pintar Itu Ya ‘Si Hitam Dari Gunung Kidul’ … ๐Ÿ˜†

  10. Buset deh …. kenapa saya ikutan nimbrung di artikel ini yah, ini khan bukan wilayah saya…..

    Pasti ini semua gara2 si Kelinci Carut !!….. ๐Ÿ˜†

  11. Yg penting kita satu bangsa Indonesia, membela Indonesia, jgn memaksa Indonesia utk beli beli gripik segera …

    ๐Ÿ˜€

    • Masih berkualitas lg j20 produk china yg katanya sudah stealth dr pd produk gado gado ifx & kfx

      Hahhahaaaa

      • kalau soal kualitas berguru yang baik dengan JEPUN yang katanya sudah bisa buat fespur Gen 5+ fespur kw china J20 bodynya terlalu lebar dan emfuk dijadikan sasaran.

        • Jepun skrg sudah tertinggal jauh dr china mengenai pertahanan militer

          Hahhahaaa

          • China tertinggal jauh dari malon dg cita2 setinggi langit hendak menjadi negara no 1 super power untuk ke dirgantaraan. salah satu nya ambisi mereka betekad dan sudah yang terkenal dimanca negara itu dapat Su30 disulap menjadi siluman dapat pula menembak dari belakang. bushhh…..

          • Jepun kebanyakan di karantina sama Amrik… kalau dilepas, bisa2 yang maju perang MASIMO…

  12. Wahh negara besar seluas eropa masa gak bisa buat pesawat ndiri…apa kata gajah mada…wahhh waghh sembrngan sama Indonesia…

    • Bisa kok bung, kan sudah ada CN235 dan lain2nya… kalau kemandirian total, saya rasa belum… karena mesti didukung sama subkontraktor yang mumpuni yang bisa menyuplai setiap detail part yang dibutuhkan… dan untuk kesana itu berat sekali… contohlah mesin, notabene untuk mesin kedaraan saja kita belum mandiri…

  13. ada dana tambahan 105M dan dikeluarkan biaya 1% dari 20% untuk membeli faket radar IRST. ikut nyimak saja ah, buntut -buntut nya akan ketahuan KP* juga heehheeee….

  14. belum mencapai target.. 200 komen .. hhihihihi

  15. comment nya pada kaya dagelan srimulat, xixixi sakit perut aku mbacanya

  16. HAHAHA TERNYATA MASIH ADA SAJA ORANG YANG TIDAK SUKA DENGAN PERKEMBANGAN IFX YANG SEMAKIN MAJU. KALAU DENGAR BERITA IFX KUPING NYA LANGSUNG KEPANASAN . MESKI LAMA TAPI PEMBANGUNAN IFX SUDAH TERENCANA NAMANYA JUGA BIKIN PESAWAT PASTI BUTUH WAKTU LAMA . YANG TIDAK SUKA MELIHAT PERKEMBANGAN IFX ADALAH ORANG SAKIT HATI PRODUK NYA GAK KEPILIH . MUNGKIN SAJA ORANG ITU KAUM PEMUJA DR YANG TENGGELAM DALAM IMAJINASI PESAWAT GRIPIK TERCANGGIH DI JAGAD RAYA

    • Anda sudah salah tapi anda merasa benar, gimananya

      Hahhahaaaa

      • Xixixi… Persis emang ente dng si DR sok tahu banget… cuman lebih parah ente, mau membandingkan IFX dng yak 130 wkkkk… Korsel sudah bisa membuat pespur sekelas Yak 130 yaitu FA 50… Harganya pun lebih mahal dari yak 130… Dari sini aja udah keliatan Omongannya itu cuman Asal dan sok tahu xixixi…

        • Anda salah tapu anda merasa benar, yak itu menggunakan mesin kembar & bisa sbgi pespur dogfight, sedangkan FA 50 masih pesawat latih, menggunakan mesin tunggal, kalaupun lbh mahal f50, tapi bagai mana kualitasnya setelah hadir yak 130

          Hahhaahaaa

          • Wkkkk…persis kek DR Keluar jurus ngeles dan melintirkan topik bukan FA 50 nya yg ane tanya tapi IFX !! atas dasar apa ente bilang IFX sm dng yak 130 sedangakn korsel aja udah bisa bikin pespur kek yak 130??… Terus kalau soal Bagaimana dng Fa 50? Tanya noh sm pinoy udah battle proven di sana di banding yak 130…

          • FA-50 pesawat latih.?
            Bukannya T-50 yg buat latih ya.?….xixixi

            Auahhh…ucing ala nih.

    • Padahal belum apa2 sudah ada bukti kalau Gripen saja bisa di setir oleh kepentingan koalisi barat… Inggris memveto penjualan Gripen ke Argentina…

  17. Bagi saya, terserah dari mana pun pespurnya entah dari Korea, Eropa, US, Israel asal bukan dari Rusia.

    Mengapa nggak mau dari Rusia ? Sebab mereka nggak ada niat bantu kita belajar bikin pespur.

  18. Bung TN indonesia dpt bagian
    kfx/ifx tp yg di ekspor kfx/ifx apa tipe blok I atau II ?

  19. Klo Misal trump n Jong un duel, so korsel kena masalah. Ga mau juga mindahin research nya ke PT.DI, maka pilihannya ngelanjutin platform yg sudah setengah jalan ini. So ada beberapa pilihan yg realistis :
    1. Program TAI,
    2. Gripen
    3. JF
    4. Ada yg lain?

  20. …Kangen diembargo…

    • Apa mslh loe di embargo broo?,
      Yg bisa diembargo itu yg bertentangan dgn negara asal barang itu atau anda diembargo krna punya masalah dgn sekutunya, tapi jika anda baik2 sj dgn negara asal barang atau dgn sekutunya? anda tidak akan diembargo, apakah anda mau?

      Hahhahaaaa

      • Saya sih yakin kalau dia ingin mengingatkan… karena terakir embargo itu di tahun 2005, pasti banyak yang lupa dan tadak tahu bagaimana rasanya… betapa sakitnya… pedih… murka… dipermalukan… semua rasa itu benar2 tidak akan bisa dilupakan

        #gagal move on

  21. Next artikel please… capek scroll downnya… takut salah kamar komennya, nanti malah bisa jadi pertumpahan komen…

    halahhhhhhh

  22. Hahaha… Si Hitam Dari Gunung Kidul Pun Berkata “Please We Need New Article” ๐Ÿ˜†

  23. Cinta Segitiga :

    Ruskye – Huha – Welleehhh

    Xixixixixi

  24. 200

  25. Siap2.artikel baru nongol….lebih panas lg dr yg ini.
    Judulnya
    Qarina Huha menggoyang Panass..nas..nas

  26. Ditunggu2 artikel baru gak muncul2. Sekalu nongol rupanya artikel ” Mari Berhitung Mbah Mu “………xixixixi

  27. Daripada pada bingung topik baru?
    Jika korut jadi Bom boman ama korsel n us, so jika korsel juga ga mau/sempat mindahin reaearch n produksi ke PT DI,
    Program apa yg layak buat nerusin ifx yg sudah setengah jalan : ???

    1. TAI
    2. Gripen
    3. JF sulfur
    4. Thypon airbus om nya PT.DI

    • Wah pilihan yg sulit bung seno..itu semua bisa ikut bom2an juga..xixixix..yg aman hindia kayakna…

      • Kagak sulit sih, asal lokasi di RI.

        EF typhoon hanya dapat TOT CFT doang. Sebab bagian pespur EF typhoon yg lain udah dikerjakan oleh 4 negara.

      • Jika korut-korsel bom2ankan?…..korut+china+russia…korsel+jepang+AS+NATO(terpaksa ikut,bisa dipastikan perang panjang..AS belom tentu kuat..masalah jumlah personel,biaya perang)..turki..bisa ikut..bisa tidak..malah kemungkinan berperang sendiri,melhat hasil perang AS habis2an(wlaupun menang)..turki+kawasan arab serang israel..ini baru kemungkinan..jadi sisa negara yg ada yg bisa bikin pespur sendiri hindia,swedia(kalo pilih nonblok swedia,tapi isian pespur gripen kebanyakan juga masih import),turki jika menang,..laennya hanya sisa perang…

    • Pilihan Ideal dgn TAI bung,, yg jd masalah cost TFX lebih besar dari KFX.. Yg artinya indonesia harus mengeluarkan dana lebih besar.. Dgn ambil bagiannya indonesia di program TFX udah otomatis Typhoon trsingkirkan.. Karena beberapa komponen di typhoon ada di program TFX..

      Gripen cocok utk suplemen tambahan dari program KFX /TFX.. Utk menutupi kekurangan teknologi yg belom kita dapetin.. Mungkin nantinya bisa bikin versi single engine 5 gen ngalahin F-35..xixixixixixixi

      Kalo JF-sulfur mah ga usah dimasukin itungan.. Pakistan aja mau ambil bagian utk TFX tp yg versi single engine.. Utk program J-31nya..

    • Pilihan ideal ya ikut program TFX,, dari segi desain dan politik lebih cocok.. Yg jadi masalah cost utk TFX jauh lebih besar dibanding KFX.. Kira-kira mau atau ga pemerintah ngeluarin dana yg lebih besar.. Wlaupun wajar lebih mahal, karena yg dikejar turki pespur gen 5.. Dgn adanya proyek TFX, sebagian komponen typhoon ada di TFX..

      Kalo gripen hanya utk suplemen tambahan dari program KFX /TFX utk menutupi kekurangan teknologi yg ga kita dpt di program TFX /KFX..

      JF Sulfur sih ga usah dimasukin hitungan bung,, orang Pakistan aja trtarik sama program TFX tp yg versi single engine.. Utk program J-31nya..

      • Sulfur coret ret

        TFX : budget concern, tapi ok

        Mana nih pendukung gripen, gilirannya lapakan jualan blum ada yg nongol?

        • Gripen coret
          Apa yg kita harapkan dari gripen.? Posisi gripen itu sama dng KFX yg comot sana comot sini.

          Mendingan ngikut TFX walaupun budget yg dibutuhkan besar. Tp pembiayaannya bukan langsung tuang. Melainkan menyesuaikan tahapan. Namun berdampak pada APBN yg ujung2nya pinjaman luar negeri.
          Keuntungannya bs langsung ke gen 5.
          Kerugiannya beda design pesawat, blom tentu Turkey mau pake konsep KFX sementara mereka sudah punya konsep sendiri.
          Lalu bagaimana dng sang mitra TFX, apa masih mau jika Indonesia bergabung.

          • “Posisi gripen itu sama dng KFX yg comot sana comot sini.”
            Maksudnya gimna bung? Yg artinya bukan buatan lokal? Secara ga lngsung anda bilang indonesia ga dpt teknologi apa2 dong bung di IFX?

        • “Lalu bagaimana dng sang mitra TFX, apa masih mau jika Indonesia bergabung.” Trgantung konflik dari duo korsel itu sendiri bung@ruskye,, kalo trjadi di tahun 2020-2022 pecah agak berat kalo posisi TFX udah rampung di 80%..kecuali ada kendala di TFX yg memungkinkan utk mengajak partner lain.. Dgn kondisi politik indonesia-turki yg ada saat ini peluang utk masuk masih ada.. Utk masalah dana, skemanya bisa dicontoh sama kaya korsel.. Bekerjasama dgn inhan lain di turki.. Tank medium udah jalan,, bisa disisipin kasel yg lg disodorin, Drone MALE, joint venture n-245,, rudal, dll.. Makanya ane bilang TFX paling ideal..

    • Bung senopati Soal jadi kah Korut bom2 an dng Asu masih di ragukan… Kita bicara Bom nuklir senjata pemusnah massal yg blom ada satupun negara yg berani pakai dan kemungkinan WW3… Kalau Perang terjadi di korea pastinya korut tidak akan Ragu2 menggunakan WMD mereka apakah asu berani mengambil resiko itu? blom lagi kemungkinan terburuk akan menyeret Cina dan Rusia berperang juga dan di mulailah WW3 yg akan mempengaruhi seluruh kawasan bukan cuman di korsel… Posisi korsel saat ini memang jadi terus waspada dng Ancaman perang yg sewaktu-waktu pecah… Tapi jika dilihat dari sisi lain dng adanya Ancaman besar itu membuat mereka jadi serius terhadap pertahanan termasuk Alutsista mereka… Ini jadi semacam pecut bagi mereka agar fokus dan serius soal alutsista dibanding negara yg sudah terbiasa damai… Jadi kalau bicara Bom2 an dng Asu masih meragukan… Jadi ingat Kemarin pun akibat merasa terancam terutama setelah sipadan dan ligitan akhirnya jadi membuat indonesia serius buat memperbaharui alutsista termasuk dng membeli sukro untuk menggantikan F16 yg Di embargo di sertai lepasnya timor2, Sayangnya sekarang mulai tidak terlihat Fokus lagi… mustinya indonesia itu harus fokus sekarang dng yg sudah di rencanakan mulai dari awal sampai akhir… Kalau niatnya aja setengah2 gimana nanti hasilnya??

      Tapi yah kalau gagal dan terpaksa mengambil Alternatif apa yah hmmm….

      Saya pilih Project next gen figher Jerman dan perancis aja… Kalau begitu indonesia wajib ambil Rafale xixixi…

  28. Jadi endingnya gimana nih?

  29. ni pesawat mirip gripen dalemannya dri seluruh penjuru dunia,ane jdi penasaran ntu spionnya dri India bukan, klo di korea tahun segitu dbkinnya di Indonesia tahun brpa,mungkin pda saat di indo udh di produksi Negara lain udah ngembangin pesawat tempur antar Bintang atau klo ngga minimal bkin pesawat yg pke AI (artipicial inteligent) alias kecerdasan bikinan. xixixi

  30. Up lagi… Cinta segitiga ala bung ruskey, qarina, bung tn phd biar jadi cerita yg melegenda, hohoho

    • Sy serahkan ruskye kpd bung tn phd, karna ruskye lbh menikmati suami orang, mudh2an hitungannya untung

      Hahhaahaaa

      • Hlo… Bukanya yg menyerahkan itu seharusnya orang tua??? Soalnya kalau mulangin ke orang tua… Seperti lagunya Nia & Yati…

        Aseeek

        • Bung ruskye lbh menyukai suami orang, jadi kagak mungkinlah orang tuanya dihadirkn, jd nikahnya dirahasaikan, untuk itu istri bung tn phd tidak boleh tau, kalau istrinya tau kan gawat nanti bung ruskye yg ditandai sbgi pemangsa suami orang, jadi apakah bung yuli menyetujui pernikahan mrk

          • Saya tidak setuju… Suami orang kok di mangsa, emang dagingnya ga alot… Itu kan kanibalisme… Tidak boleh…

          • Yaa gak sampao dimakannya broo, sprti sumanto tetangga bung fnc, tapi Cuma dijilat jilatnya aja broo, kemudian dicelupin

            Hahhahaaaa

          • Hahaha… Qarin oh qarin… Sumanto? Sapa tuh mantan suami ente sebelum mbah bowo yah?pantesan ente jadi kek gini, qarin korban KDRT toh wkkkk…. Momen ane ke bung senopati kagak muncul… Nancep di giginya karin keknya nih

  31. di gambar pesawatnya ora ono tulisan ifx babar blass, hiks hiks…, sedih aku, takutnya kita aja yg ke GR an sendiri..

 Leave a Reply