JakartaGreater.com - Forum Militer
Dec 072014
 
Pesawat MiG 31BM

Pesawat MiG 31BM

Pesawat multiperan MIG 31 BM adalah varian tercanggih dibandingkan seri MIG 31 foxhound lainnya. Disamping memilki sistem manajemen tempur terbaru, radar multimode baru, kontrol stik tangan ( HOTAS ), LCD multi warna (MFDs), juga kemampuan membawa semua rudal Rusia seperti Vympel R-77, rudal serangan darat serta rudal anti radiasi (ARM) Kh-31.

Sebuah proyek untuk mengupgrade armada MiG31 Rusia dengan standar MiG31BM dimulai pada tahun 2010. Lebih dari 50 pesawat akan ditingkatkan ke standar MiG31BM hingga tahun 2020. Kepala Departemen Pertahanan Federasi Rusia Kolonel Yuri Balyko mengklaim,bahwa upgrade akan meningkatkan kemampuan pesawat tempur berkali lipat.

Dan di bawah ini adalah foto yang dibuat fotografer Marina Lystseva yang juga seorang blogger Rusia, saat mengunjungi pabrik SOKOL dan pabrik perbaikan pesawat Rzhevsky di Nizhny Novgorod.

image003

image005

image007

image009

image011

image013

image015

image017

image019

image021

image023

image025

image027

image029

image031

image033

image035

image037

image039

image041

image043

image045

image047

image049

image051

image053

image055

image057

image059

image061

image063

image065

image067

image069

Sumber : Rusiadefence.net/englisrusia.com

Pengirim : Pecinta Wanita (JKGR biro Jepara)

Berbagi

  43 Responses to “Melihat Proses Modernisasi Pesawat MiG 31BM”

  1.  

    Pertamax ++

  2.  

    2 skadron mig 35bm plus sukirno 35s perpaduan yg pas buat menjaga wilayah udara nkri, ,

  3.  

    pesawat hebat neh. bisa bawa semua rudal. ijin pertamax

  4.  

    2 skadron mig 31bm plus sukirno 35s perpaduan yg pas buat menjaga wilayah udara nkri, ,

  5.  

    +3

  6.  

    kabarnya mig 35 bm dan su 35 bm yg katanya kebutuhan mendesak yg segera bagi TNI AU.apa benar tuh…

  7.  

    mantab

  8.  

    Pabriknya banyak pekerjaan manual, andai saja kasih TOT maka PT DI juga bisa bikin nih

    •  

      PT.DI kalau utk merakit sprt gambar diatas, saya yakin bisa bung. tp masalahnya tdk sesederhana sprt halnya yg ada digambar diatas bung ? masalah terbesar dikita bung, kita belum punya pabrik2 pemasok komponen2 pesawat bung? mesin2 press, mesin bubut khusus dgn berbagai ukuran, pabrik2 dgn kemampuan metalurgi baik peleburan dan komposisi pencampuran bahan metal mwpn jg yg komposit seperti jenis plastik, carbon, seratfiber, komponen elektronika termasuk chip prosesor dll yg menjadi penunjang dan pemasok bahan baku utk PT.DI merakit seluruh komponen tsb menjadi pesawat itu blm, kalaupun ada, sangat sedikit pabrik pemasok komponen tsb ada dan sampai saat ini, saya blm tau gimana progres pemerintah dlm hal infrastruktur pabrik2 pembuatan komponen2 tsb di bangun di Indonesia ini. Saya berpikir, utk apa kita mengejar setiap ToT dari setiap pembelian alutsista, jk pabrik dan infrastruktur utk pembuatan komponen dimana nanti ToT yg didapat bisa dibuat dan di aplikasikan dalam rancangan alutsisita buatan kita kedepannya. Seharusnya pemerintah mepersiapkan dan menbangun infrastruktur dan perusahaan pembuat komponen, baik itu BUMN mwpn pihak swasta hrs diajak kerjasama saling membahu, agar ToT yg kita dapat bisa di implementasikan utk kemandirian kita dlm memproduksi alutsista dan kenderaan2 tempur.
      Salam..

    •  

      Rusia paling pelit kasih ToT. Boleh ToT kalo belinya banyak diatas 100 unit. Contohnya amunisi BMP3F krn kita butuh banyak & untungnya importirnya bukan Rosoboronexport. Kalo pespur butuhnya palingan 16-32 unit. Mustahil bakal ada ToT dari rusia

      Masih mending Su35BM. Mig31BM cuma unggul kecepatan, jangkauan radar

  9.  

    Itu ada yg nyempil, mirip body sukhoi y …

  10.  

    La kok pake mantel pesawatnya
    Ha ha ha

  11.  

    butuh lowongan ga nie pabrik,coz yg kerja dah pada sepuh…………….

    #over all mantap!!!!

  12.  

    Ini mig nya Ruski bukan kita :mrgreen:

  13.  

    Wah, pesawat favorit saya. Moga ada yg bahas lebih detail.

  14.  

    Pesawat jenis ini satu2nya punya rusia yg pernah dua kali mengunci pesawat tercepat sejagad blackbird SR71. berhasil mengunci blackbird karena foxhound diluncurkan rusia setelah arah lintasan blackbird sdh terdeteksi dan foxhound langsung memotong lintasan blackbird dan mengejarnya. makanya blackbird dapat terkejar, wlwpn sebenarnya kecepatan blackbird lbh cpt sdkt dibanding foxhound. foxhound menggunakan mesin turbofan dilengkapi afterburner utk mendapatkan kecepatan tertinggi mach 3. tp kecepatan dibatasi pabrikan sampai 2,8 mach agar airframe tdk cepat berkurang daya tahannya. Pesawat ini dalam awal pertama bertugas di jajaran militer rusia, dulu soviet pernah dilarikan oleh pilot soviet dan didaratkan ke jepang. oleh amerika dan nato pesawat ini diurai utk dipelajari nato, setelah /- 3 bulan dgn negosiasi plus ancaman soviet kpd nato cs akhirnya pesawat tsb dikembalikan dgn bentuk yg terurai. setelah itu soviet kembali menguprade pesawat MIG 31 kembali yg difokuskan utk merubah seluruh radar, radio frekwensi dan datalinknya menjadi sistem digital yg mana versi awal sebelum di bajak pilotnya MIG31 foxhound msh menggunakan kapasitor2 berbentuk tabung kaca, yg mana resistor dan kapasitor tabung kaca msh era 60 an.
    Salam..

    •  

      Soviet merubah seluruh perangkat elektronik utk menghindari penyadapan yg mana US dan NATO telah mengetahui sistem elektronik baik itu komunikasi frekwensi radio, radar, sensor mwpn perangkat ecm nya. serta soviet jg sdh beralih menggunakan komponen elektroda dan prosesor sdh lbh canggih, lbh kecil dan ringan. pada waktu diurai ada kejadian lucu, dimana engineer us dan nato yg mempelajari bagian dari part2 pesawat tsb, terheran2 dan takjub krn melihat sistem elektronik salah satu pesawat tercanggih buatan soviet yakni MIG31 foxhound ini, msh byk menggunakan model elektronik buatan era jaman PD2. yaitu masih menggunakan dioda dan kapasitor dari tabung2 kaca dan gulungan tembaga yg dimail alakadarnya, wlwpn dgn komponen dimasa soviet dulu yg msh dikucilkan dunia terkait perang dingin, ternyata biar komponen jadul tp gak kalah battle provent dgn alutsista us dan eropa.
      Salam..

    •  

      Zaman Cold War, SR-71 rutin mengintai Rusia dengan cara terbang sepanjang perbatasan.(kadang2 lewat juga). Rusia selalu tahu karena radio traffic yg tiba2 membesar karena satu SR-71 perlu dukungan beberapa tanker dan pswt AEWC, dan mengantisipasinya dengan radar darat, kemudian secara relay intercept dengan MiG-31. Meskipun mempunyai sendiri radar yg kuat, tapi MiG-31 tidak diperbolehkan menggunakannya takut disadap oleh AEWC lawan, tapi hanya menggunakan IRST yg tidak bisa disadap, yg dengan mudah melacak SR71 seperti obor di malam hari (terbang dgn kecepatan Mach 3 membuat badan pesawat sangat panas selain panas dari engine yg besar/ kuat). Dengan demikian SR 71 selalu di track & scan oleh IRST MiG-31. Bila perrintah diberikan, akan di salvo dengan rudal AAM baik aktif/pasif radar atau IR seeker, nggak bisa lolos. Informasi ini tidak diketahui publik pada saat itu.

      •  

        Mig 31 baru opersional tahun 1983. dan satu hal MIg 31 dirancang tdk secepat Mig 25. Tp tetap saja kenceng!!!

      •  

        hmm.. ada dua kemungkinan kenapa soviet sewaktu 2 kali insiden blackbird terbang memata2i di atas ruang udara soviet yg terdeteksi, lalu mengerahkan foxhound utk memotong jalur lintasan blackbird dan tlh berhasil me lock blackbird tp ttp hny me lock doang tanpa meluncurkan rudal yaitu:
        1 Posisi kekuatan blok timur yg di komandoi soviet, pd saat itu lg lemah baik dari dukungan finansial mwpn dukungan dari negara2 pendukung blok timur sprt jerman timur dan eropa timur, negara2 federasi balkan sprt yugoslovakia, amerika latin sprt kuba dan venezuela yg sebagian dr negara tsb, rakyatnya mulai minta penyatuan kembali sprt jerman. dan soviet sendiri jg mulai krisis ideologi dgn didengungkan dgn gencar prestorika agar soviet berubah dan membuka diri utk investor dgn dihapusnya sistem komunis yg mengharuskan setiap perusahaan apapun bentuknya menjadi milik negara. yg membuat soviet tertinggal dgn negara eropa dan us.
        2. kemungkinan bila soviet benar2 gila dan berani memerintaahkan pilot foxhound melepaskan rudal AAM yg dibawa foxhound utk menembak blackbird, diyakini kalangan jendral nato dan pentagon, rudal AAM soviet pada era itu blm ada yg mampu melampui dari kecepatan blackbird. jd menurut analisa nato, jk soviet nekad melepaskan rudal anti pesawat, diyakini rudal AAM soviet tdk akan mampu mengejar, rudal AAM keburu kehabisan energi daya dorongnya sebelum rudal mendekati blackbird.
        Salam bung..

        •  

          koreksi buat komentar yang ini,rudal AAM soviet mampu kok mengejar dan menghancurkan SR 71,bahkan yang buat pesawat SR 71 aja pernah berkomentar bahwa tidak ada pesawat lain di dunia ini yang sanggup mengejar SR 71 kecuali rudal

        •  

          Biarpun disalvo SR71 akan selau lolos. Bkn rahasia lgi mesin jet SR71 menggabungkan teknologi turbojet ketika terbang dibawah 2 mach & ramjet untuk terbang diatas mach 2. ketika ramjet mode SR71 mampu terbang stabil 3 mach dengan ketinggian 2 kali lipat pesawat tempur sprt Mig25 ato Mig31. Kombinasi ketinggian dan kecepatan tsb tdk berpengaruh karena kecepatan rudal aa terbaik milik soviet waktu baru itu mencapat 3 mach

          justru rudal yang dirancang sebagai blackbird killer yaitu Vympel R77 yang mampu terbang 4-6 mach mulai operasional pada tahun 1992 bertepatan dengan pensiunnya Blackbird

    •  

      Tdk salah bung. bukankan kecepatan rudal waktu itu baik NATO ataupun Pakta Warsawa (medio 80an) masih belum secepat rudal sekarang yang rata2 sdh hipersonik. Rudal tercepat waktu itu yaitu AMRAAM masih ujicoba blm operasional. Dan yang jelas tahun 1987 penerbangan terakhir SR71 Blackbird oleh militer hingga sampe 1992 NASA yang menerbangkan Balckbird utk fungsi penelitian. Ane msh punya sumber valid yaitu majalah Angkasa

    •  

      bung pedro barreta, pesawat yg dilarikan VIKTOR BALENKO (pilot AU Uni Sovyet) ke JEPANG dahulu bukan Mig-31 foxhound MELAINKAN Mig-25 foxbat

  15.  

    boleh beli satu aja nih

  16.  

    pabriknya keliatanya sederhana tp bisa menghasilkan alat tempur yg luarbiasa

  17.  

    terxata teknologi mig 35 bm new lebih canggih & terxata teknologi om rusky g kalah dengan paman asu mantaff…ijin pertamax

  18.  

    bagian paling ame males itu kalibrasi
    puyengnyaaaa

  19.  

    memang buat pesawat pake kopi??? hehehe.. http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2014/12/image047.jpg. anywayyyy… its a great plane, an eager to have one squad… hopefully.

  20.  

    Inget pembelotan victor belenko,kalo liat mig 31…hmmmm….

  21.  

    Teknologi yang luar biasa

  22.  

    Itu tanda pengenal mas. Kalau di kita tanda pengenal atau tanda kebangsaan pesawat tempur bentuknya segilima merah putih. Tanda segilima itu melambangkan arti Pancasila (lima dasar) di letakkan di sebelah kiri dan kanan badan pesawat di antara gambar huruf dan angka nomor registrasi, atas sayap kiri pesawat, atas dan bawah sayap kanan pesawat.

  23.  

    Di babar di mari..kayak nya…ada di indonesia..apa ada TOT nih…

  24.  

    seandaix ini pespur ada d indonesia & d akuisisi dgn tot pasti negara tetangga harus mikir dua kali klo mau ngetes kita biar itu f 15,18,family kayax blm mampu mengimbangi kekuatan mig 35 bm pengembangan dari rusia

  25.  

    teknologi russia tetap akan menjadi misteri bagi as dan sekutunya, dan kini teknologi russia bahkan sudah sejajar dengan teknologi sekutu

  26.  

    Di suap pake apa ea, hingga si victor balenko berani bawa kabur tu pesawat….

  27.  

    Oprasional!

 Leave a Reply