Aug 112016
 

TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara (Lanud) El Tari, Kupang, memaksa turun satu pesawat komersil asing yang memasuki wilayah Indonesia tanpa dokumen Flight Clearance For Indonesian Territory, pada hari Rabu (10/8) kemarin.

Penurunan paksa (force down) itu bermula ketika radar Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) II Makassar mendeteksi adanya pesawat asing yang tak memiliki izin, melintas di wilayah udara Indonesia.

Setelah mendapat informasi dari Kosek Hanudnas, Komandan Lanud El Tari, Kolonel (Pnb) Jorry Koloay, kemudian memerintahkan dua pesawat tempur F-16 untuk memaksa turun pesawat dengan rute Australia—Filipina itu. Kolonel (Pnb) Jorry juga memerintahkan Kipan C Yonko 466 Paskhas Kupang untuk melaksanakan persiapan penanganan Force Down.

Pesawat asing itu pun akhirnya mendarat. TNI Angkatan Udara segera membawa para awak pesawat untuk menjalani pemeriksaan di ruang VIP Lanud El Tari.

Pelaksanaan Force Down tersebut merupakan skenario dalam latihan Kohanudnas di wilayah udara Nusa Tenggara Timur.

Sumber: kupang.tribunnews.com

  7 Responses to “TNI Angkatan Udara Lanud El Tari Gelar Latihan Force Down”

  1. Yoi…..

  2. Okee

  3. Hemmmm

  4. ya..ya…

  5. Latihan antisipasi penyusup di wilayah udara kita.

  6. Numpang lewaat sajaaa..

    Oiya bung diego/sparrow itu ada berita MNLF didukung pasukan pilipin sdg menghajar abu sayap kok blm di muat disini.. MNLF lhoo ini malahan..

    Trimss..

  7. ternyata simulasi kirain beneran

 Leave a Reply