Membangun Poros Maritim dengan Pesawat Amfibi

65
103

image

“Indonesia sedang mempertimbangkan untuk membeli pesawat amfibi Rusia Be-200, dan juga dapat ikut memproduksi komponen pesawat jarak menengah MS-21 di wilayahnya”, ujar keterangan pers Departemen Perindustrian dan Perdagangan Rusia.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Denis Manturov mengadakan pertemuan dengan pimpinan Kadin Indonesia saat melakukan kunjungan kerja ke Jakarta. “Manturov menyatakan kesiapan Rusia untuk kerjasama yang lebih erat dengan mitra Indonesia,” kata siaran pers tersebut.

Irkut MC-21 Rusia
Irkut MC-21 Rusia

Secara khusus, selama pertemuan, mereka membahas kemungkinan Indonesia mempertimbangkan pembelian pesawat amfibi Rusia Be-200, yang terbukti bagus untuk memadamkan kebakaran hutan, serta ikut memproduksi komponen pesawat menengah-MC-21, ujar laporan itu. (engineeringrussia.wordpress.com).

65 COMMENTS

  1. Beriev Be-200 Altair ( Rusia : ?????? ??-200) adalah pesawat amfibi sayap tinggi (high wing) serbaguna yang dirancang oleh Beriev Aircraft Company dan diproduksi oleh Irkut. Dipasarkan sebagai pesawat yang dirancang untuk pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan, patroli maritim, kargo, dan transportasi penumpang, memiliki kapasitas 12 ton (12.000 liter, 3.170 US galon) air, atau sampai dengan 72 penumpang.

    Nama Altair dipilih setelah kompetisi di antara Beriev dan staf Irkut tahun 2002/2003. Nama Altair dipilih karena bukan hanya nama bintang alpha dalam konstelasi Elang, tetapi juga karena “Al” adalah bagian pertama dari nama pesawat amfibi Albatross A-40, yang tata letak adalah dasar pengembangan untuk penciptaan Be-200, “ta” singkatan Taganrog , dan “ir” singkatan Irkutsk .

    Spesifikasi (Be-200)

    Karakteristik umum

    Kru: 2
    Panjang: 32,0 m (105 ft 0 in)
    Lebar sayap : 32,8 m (107 ft 7 in)
    Tinggi: 8,9 m (29 ft 2 in)
    Area sayap: 117,4 m² (1.264 ft ²)
    Berat kosong : 27.600 kg (60.850 £)
    Max Take Off Weight (Tanah): 41.000 kg (90.390 £)
    Max Take Off Weight (Air): 37,900 kg (83.550 £)
    Max Kapasitas (Air atau Retardant): 12.000 kg (26.450 £)
    Max Kapasitas (Cargo): 7.500 kg (16.530 £)
    Max Kapasitas (Penumpang): 44 (Be-200ES) 72 (Be-210)
    Powerplant : 2 × Progress D-436TP turbofan , 7.500 kgf (16.534 lbf) masing-masing

    Prestasi

    Kecepatan maksimum : 700 km / h (435 mph)
    Cruise speed : 560 km / h (348 mph)
    Ekonomi kecepatan: 550 km / h (342 mph)
    Landing speed: 200 km / h (124 mph)
    Lepas landas kecepatan: 220 km / h (137 mph)
    Minimum kecepatan (Flaps 38 °): 157 km / h (98 mph)
    Rentang : 2.100 km (1.305 mil)
    Ferry range (Satu Jam Cadangan): 3.300 km (2.051 mil)
    Layanan langit-langit : 8.000 m (26.246 ft)
    Tingkat panjat : 13 m / s (2.600 ft / min) (At Sea Level dan MTOW – Flaps 20 °)
    Tingkat panjat: 17 m / s (3.350 ft / min) (At Sea Level dan MTOW – Flaps 0 °)

    Avionik: ARIA 200-M terintegrasi avionik sistem.

    Sumber: Wikipedia Indonesia

    • emang strong karna yg bakal bisa terbang kalo diembargo atau dilarang hanya punya russia yg bisa dipake,,,inget kasus di aceh kan? hawk gak boleh terbang,kampret bener gak tuh

      kalo semua alutsista punya russia,mau ada kasus HAM HEM HOM ra urus,gempur terusssss :mrgreen:

  2. ternyata dg memakai paradigma laut, bisa mengubah cara mengatasi masalah.
    Misal gini, NTT lewat gerbang Labuan Bajo, dalam program MP3I nya SBY diproyeksikan sebagai gerbang pariwisata. Salah satunya dengan cara memperpanjang landasan disitu dengan harapan bisa didarati B737, jadi penumpang tambah banyak … bisa lebih murah tiketnya … turis lebih banyak.

    Tapi ternyata solusinya juga bisa dengan pesawat amfibi 🙂
    Daerah lain yang lebih terpencil dari labuan bajo bisa dibuka dengan amfibi 🙂

    • betul bung, selain dlaut pesawat amphibi bisa dgunakan jga utk sungai, khusus pesawat ukuran kecil, sperti di kalimantan ada daerah yg tdk bisa d akses lewat darat, utk lewat sungai pun sulit karena sungai dkalimantan kalau daerah hulu bisa2 nyawa taruhannya kalau melewati jalur sungai. satu2nya transportasinya cman pesawat amphibi.

    • bisa jg buat deploy tentara yg bertugas dipulau2 terluar, cepet n bisa ngangkut banyak… bisa landing disungai atau danau, bisa lngsung mndarat buat nylametin penumpang kapal yg tenggelam…dll…pilihan yang bagus! JAYALAH NKRI !

  3. Semua pesawat amfibi itu mahal harganya (anti karat) dan mahal ongkosnya (setiap habis tugas harus dicuci). Ngapain beli, lebih baik sewa. Kecuali utk tugas khusus misalnya pemadaman, tapi inipun hanya beberapa bulan dalam setahun, selain itu nganggur.

    • Coba buka di youtube bung cari video pesawat ini. Dari darat dia kelaut (jalan sendiri). Nanti di laut baru take off.
      Saya rasa justru lebih efisien kita akuisisi pesawat ini, bisa operasi tanpa infrastruktur lebih, bisa operasi tanpa landasan, cukup ada laut, danau, sungai yang luas, bisa take off/landing.
      Sangat pas saat keadaan darurat di daerah terpencil.
      Ingat bung, indonesia negara luas dan dominan perairan, sementara masih banyak wilayah di indonesia yang belum ada infrastruktur untuk pendaratan pesawat.

      Salam hangat, cuma pendapat, koreksi jika saya sakah. Trims

  4. Sudah lama saya favoritkan pesawat ini. Pesawat ini mampu bergerak dari darat ke perairan (jalan sendiri). Nanti di perairan baru take off.
    Saya rasa sangat efisien kita akuisisi pesawat ini, bisa operasi tanpa infrastruktur lebih, bisa operasi tanpa landasan, cukup ada laut, danau, sungai yang luas, bisa take off/landing.
    Sangat pas saat keadaan darurat di daerah terpencil.
    Indonesia adalah negara luas dan dominan perairan, sementara masih banyak wilayah di indonesia yang belum ada infrastruktur untuk pendaratan pesawat.

    Salam hangat, cuma pendapat, koreksi jika saya sakah. Trims

  5. Bisa dimodif jd tanker air refueling kyknya.
    Dlm keadaan damai tangkinya diisi air bwt pmadaman api
    Dlm keadaan perang tangki diganti., kemudian diisi bhn bkr pesawat utk air refueling biar jetnya bs sampai ke tetangga yg jauh

  6. pidato presiden uda jelas, bebas aktif dn setara saling menguntungkan .
    1. tuk asu , membelian alutista apapun jgn ada lagi mendikte mau di tempatkan di mana yg jelas tuk pertahanan dn keamanan kyk hawk atw pesawat koin harus bisa di gunakan tuk keamanan nkri, klu gak bs digunakan buat apa beli pesawat anti gerilya klu gak bisa tuk tumpas pengacau di papua , buang duit
    2. tuk rusia musti open jg dgn cpo , tekstil,mebel indonesia msk ke pasar negara , jgn seperti kemaren yg selalu dipersulit bahkan tidak bisa masuk.
    3. upil balikan fir udara dgn baik2 k nkri.
    upil,upin,abot musti sadar sekarang nkri akan memaksimalkan potensi maritim dn kekuatan maritim .., alki bs di
    http://jakartagreater.com/wp-comments-post.php

  7. Hmmm kata-kata pak Jokowi seteLah DiLantik dan pengambiLam sumpah jabatan membicarakan pidato sambutan bahwa indonesia menjadi negara yang mengutamakan maritimnya muLai ekonomi hingga pertahanan di Tanggapi serius dengan Tamu2 undangan Negara , he he he terutama negara tetangga tuh :mrgreen:

  8. Coba riset ekranoplan. Tentu saja pesawat amphibi diperlukan dan (imho) dalam hal ini rusia memang nomer satu. tapi menurut saya ekranoplan lebih diperlukan sebagai pengangkut massal yg cepat antar pulau. Kalau soal ToT, dgn menyesal saya termasuk yg skeptis dgn rusia. Tampaknya mereka hanya butuh pasar utk produknya. Cmiiw.

  9. kok sepi sih, gara gara para sesepuh pindah ke sebelah, akibat efek dari para ngetroler kyaknya nih jadinya asupan pencerahan n tambahan ilmu dari para sesepuh berkurang, kalo gini bisa 2 malnutrisi kia jadinya.

    • @ isi pidato presiden Jokowi .

      saya hanya ikut mengomentari isi dari pidato pak JKW .
      kalau tak salah ada isian ”

      “atas berkat rahmat Allah/tuhan yang maha Esa , dan dengan didasarkan oleh keinginan yang luhur , mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia , yang didasarkan pada kemerdekaan abadi dan keadian sosial ”

      Isi tersebut , begitu pak JKW membacakan , ane langsung mengikutin bait tersebut dan pas serta jelas begitu pula cocok .

      salah satu isi tersebut pernah Ane bacain ketika menjadi ” pemimpin upacara periode 87-88-89, di SDN salah satu kota surabaya
      Sehingga ane bisa ngikutin pidato pak JKW .
      dahulu Ane Kelas 5-6 guru memberikan tugas untuk menghafal
      UUD 45 , dan isi GBHN ( garis-garis besar haluan negara )
      salah satu ane masih favorit adalah pasal 28 yaitu ,
      kemerdeekaan berserikat , dan berkumpul mengeluarkan pikiran dan lisan , serta tulisan …
      yang ketika hapal diluar kepala , ketika ada berita / kasus HAM di indonesia , ane langsung berpikir ini jelas melanggar undang-undang pasal 28 .

      Kesimpulan : Bila disetiap artikel , maupun tulisan harus mencantumkan sumber / referensi
      bisa jadi Pak JKW , bisa di akhir pidato menjelaskan sebelum mengucapkan salam akhir pidato

      ” Sumber / referensi : UUD 45 / GBHN

      Sekarang bisa jadi generasi muda kurang akan jati dirinya ( akan kecintaan tentang Indonesia ) karena bab mengenai belajar akan sejarah indonesia sudah bukan/ kurang menjadi bahasan pokok dalam salah satu mata pelajaran .

      Edisi kewiraan bisa di hidupkan kembali di era pendidikan jaman lalu , tidak harus jaman lalu (kalau boleh saya ucapkan Jaman era Orde baru ) tidak harus ketinggalan , usang, atau tidak relevan lagi, dan negatif .
      kalau begini , Generasi muda akan minim sekali pengetahuan tentang sejarah , budaya khasanah Indonesia

      Kira-kira Saya pun jadi rindu akan kedamaian serta rakyat Indonesia terkenal akan keramah tamahan budaya, serta kesopanan di era lalu

      Kalau Edisi kewiraan , mungkin bung Jalo bisa menambahkan dan mengkoreksi

      Salam NKRI

  10. yang membedakan huungan Rusia & Indonesia sejak thn 1950 adalah Rusia menawarkan / memberi apa yg Indonesia butuhkan, dgn segala kemudahan, di situ ada unsur TRUST, kepercayaan, Rusia percaya Indonesia & Indonesia percaya Rusia maka sejak masa Bung Karno, Megawari, SBY & saat ini Jokowi kelihatan istimewanya hubungan itu, beda dgn AS & sekutunya, terkesan memaksakan, malah Indonesia ngga membutuhkan brg itu, belum lagi bonusnya dgn segala persyaratan, ngga boleh ini, ngga boleh itu, jangan ini, jangan itu….wahhhh..

LEAVE A REPLY