Membangun Pusat Desain Pesawat di ITB

Desain Indonesian Fighter Xperiment (grafik : militerhankam.com)

Jakarta – Kementerian Perindustrian berencana membangun pusat desain pesawat atau Aerospace Design Center di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, sebagai sarana pusat desain pesawat dan komponennya.

“Kami merencanakannya sebagai upaya mengembalikan kejayaan kedirgantaraan nasional,” ujar Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, 25/1/2016, saat menghadiri Rapat Umum Anggota Indonesia Aircraft and Component Manufacturer Association (Inacom) di Kemenperin, Jakarta.

Pusat desain pesawat ini akan mendukung beberapa program kegiatan sebagai upaya mengembalikan kemampuan teknologi kedirgantaraan nasional.

Misalnya, melakukan identifikasi industri nasional yang memiliki potensi sebagai industri komponen pesawat udara.

Selain itu, melaksanakan bimbingan teknis kepada industri komponen agar memiliki kompetensi dan standar dalam pembuatan komponen-komponen pesawat.

Kendati belum terbentuk, pemerintah telah melaksanakan beberapa bimbingan teknologi dibidang rubber seal, interior, komponen metal, tools dan jig, standar mutu komponen pesawat dan vulkanisir pesawat, serta main dan nose landing gear untuk pesawat N219.

Kementerian Perindustrian juga memfasilitasi sinergi industri komponen nasional yang berpotensi membuat komponen pesawat, dengan PT Dirgantara Indonesia dan PT Regio Aviasi Industry (RAI), untuk mendorong industri nasional terlibat dalam pembuatan komponen pesawat N219.

Dengan tumbuh kembangnya industri kedirgantaraan, diharaokan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan, penumbuhan investasi, serta penguasaan teknologi tinggi.

okezone.com

Tinggalkan komentar