Nov 092014
 

image

Sesuai dengan visi kemaritiman Presiden Joko Widodo, bukan tidak mungkin kedepannya Indonesia akan menjadi macan Asia di lautan, seperti era tahun 60-an.

Setelah mampu membangun LPD, maka suatu keniscayaan putera puteri indonesia akan mampu membangun LHD dan kapal induk di masa mendatang.

Desain seperti apa kapal induk Indonesia ke depan, tidak salah untuk mulai dipikirkan sejak sekarang.

Sebagai inspirasi, berikut adalah mock up LHD dan kapal induk desain Rusia yang tidak jadi dibangun menjelang runtuhnya Uni Soviet. Mock up ini memang desain lama, tapi menurut penulis tidak ada yang basi dalam desain LHD dan kapal induk.

Silakan didiskusikan secara santun dan hindari pertentangan politik. Mari bersama membangun Indonesia dengan semangat baru (… sambil mengenang masa kejayaan Majapahit dan Sriwijaya dulu).

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Sumber : Englisrusia.com

Pengirim : Pecinta Wanita (Biro Jepara)

  82 Responses to “Memilih Desain LHD dan Kapal Induk Indonesia”

  1.  

    daripada beli kapal induk helicopter yg sangat mahal lbih baik buat beli misil,klo beli kpl induk utk fighter jet mending tp lbih baik buat psawatnya aja dulu sendiri,drpd pake beli kpal induk lbih baik di buat pabrik psawat sendiri bkn skedar buat bodinya tp mesinnya jga hrs buat sendiri utk kpal induk pulau2 kita itu ada skitar 17.000 ribuan itu di buat pangkalan pesawat kan udh lbih baik drpd hrs buat kpl induk dgn teknologi msih minim,psawat msih bsa di htung jari gk pntes pke kpal induk deh,dan kapal induk itu kesannya lbih kpd sistem penyerang ,klo Ngara kita kan pantesnya dgn sistem bertahan jd bgun aja pangkalan di stiap pulau2 yg byk tsb dgn misil2 darat ke udara,darat ke laut,darat ke darat itu saja dulu cukup….jd drpd buat beli kpal induk mahal2 yg jika kena nuklir(icbm)hancur jga lbih baik buat pangkalan di tiap pulau,buat psawat figter real indonesia,buat misil sbnyak2nya

  2.  

    hrus bisa membedakan mna kbutuhan dan mna keinginanan,trkdang stiap keinginan itu bkn yg kita butuhkan..daripada beli kapal induk helicopter yg sangat mahal lbih baik buat beli misil,klo beli kpl induk utk fighter jet mending tp lbih baik buat psawatnya aja dulu sendiri,drpd pake beli kpal induk lbih baik di buat pabrik psawat sendiri bkn skedar buat bodinya tp mesinnya jga hrs buat sendiri utk kpal induk pulau2 kita itu ada skitar 17.000 ribuan itu di buat pangkalan pesawat kan udh lbih baik drpd hrs buat kpl induk dgn teknologi msih minim,psawat msih bsa di htung jari gk pntes pke kpal induk deh,dan kapal induk itu kesannya lbih kpd sistem penyerang ,klo Ngara kita kan pantesnya dgn sistem bertahan jd bgun aja pangkalan di stiap pulau2 yg byk tsb dgn misil2 darat ke udara,darat ke laut,darat ke darat itu saja dulu cukup….jd drpd buat beli kpal induk mahal2 yg jika kena nuklir(icbm)hancur jga lbih baik buat pangkalan di tiap pulau,buat psawat figter real indonesia,buat misil sbnyak2nya

  3.  

    hrus bisa membedakan dan memilih mna kbutuhan dan mna keinginanan,trkdang stiap keinginan itu bkn yg kita butuhkan..daripada beli kapal induk helicopter yg sangat mahal lbih baik buat beli misil,klo beli kpl induk utk fighter jet mending tp lbih baik buat psawatnya aja dulu sendiri,drpd pake beli kpal induk lbih baik di buat pabrik psawat sendiri bkn skedar buat bodinya tp mesinnya jga hrs buat sendiri utk kpal induk pulau2 kita itu ada skitar 17.000 ribuan itu di buat pangkalan pesawat kan udh lbih baik drpd hrs buat kpl induk dgn teknologi msih minim,psawat msih bsa di htung jari gk pntes pke kpal induk deh,dan kapal induk itu kesannya lbih kpd sistem penyerang ,klo Ngara kita kan pantesnya dgn sistem bertahan jd bgun aja pangkalan di stiap pulau2 yg byk tsb dgn misil2 darat ke udara,darat ke laut,darat ke darat itu saja dulu cukup….jd drpd buat beli kpal induk mahal2 yg jika kena nuklir(icbm)hancur jga lbih baik buat pangkalan di tiap pulau,buat psawat figter real indonesia,buat misil sbnyak2nya…

  4.  

    komen sampah berasal dari org negri demam panggung yg skrg lagi kelabakan dengan kemajuan TNI

    bagusnya nh JKGR setiap artikel dan komeng dipelototin tetangga haha

  5.  

    matamu suek, dancuk.

  6.  

    kalau memang rusia punya desainnya dan dianggap tidak ketinggalan jaman,kenapa masih mesan mistral dr prancis.?

    •  

      galangan kapal laut mereka tertinggal di ukraine, tinggal galangan kapal selam ruskie yang masih jaguh.
      itukah kenapa mereka terpaksa pesan kapal ke france dan tiongkok

  7.  

    Muke gile neh orang, ntar serawak dan sabah jdi seutuhnya milik kalimantan, beruntung dlu mbah harto kasihan sama kalian malon, cb kalo pak karno habislah kalian….

  8.  

    MEF kita baru 38%, tetapi tetangga2 sebelah (Utara-Selatan) sudah gelisah karena Deterrence Effect nya sudah mengena, mereka tidak akan senang kita menjadi negara yg kuat, karena dikala lemah dan lengah mereka selalu mencari peluang u/mencaplok, mengklaim dan mencuri segala potensi yg ada di wilayah NKRI, dan itu terbukti mereka cukup berhasil!

    Pertanyaannya apakah mereka benar2 negara sahabat ataukah calon lawan dimasa yad?
    Slogan “Zero Enemy Thousand Friends”, mesti dikaji ulang!

    Kita merindukan kembali kejayaan TNI sebagai macan Asia seperti di era th 1950-60an, dimana kita memilik kapal destroyer KRI-Irian serta Bomber-TU 16 “Badger” dan IL-28 “Beagle” dll…

    Oleh karenanya sah2 saja kalau ada dari masyarakat TNI maupun sipil ingin mengembalikan kejayaan TNI sbg macan Asia seperti di era tsb, sehingga ada wacana yg namanya “proyek rahasia” pengadaan Kapal induk Heli Tempur/antikapal selam seperti contoh misalnya Izumo Class atau Canberra Class adalah sesuatu yang lumrah, dan mungkin ada juga alutsista kita yg memang tidak boleh dipublikasikan!

    Bukankah, semuanya bermula dari sebuah “mimpi besar”, mencanangkan sebuah rencana goal setinggi mungkin, dan dalam pencapaian akhirnya apapun yang akan kita raih nanti, maka itulah pencapaian terbaik kita semua!

  9.  

    BBM nya gimana??? Klw cuma buat trs dijual eksport its okay. Tp klw untuk operasional kita nanti dulu degh karena belum saatnya. Pakai aja pulau kita buat nyimpen pespur dan rudal kita. Lah wong buat kapal patroli aja blm cukup. Klw mau buat mulai dr sekarang alutsista kita pakai BBG dan CPO jadi biar hemat dan kita punya banyak keduanya. Hehehe Piss ya cuma saran aja.

  10.  

    malon serumpun merajuk sahaje …
    tak eloklah begaduh macam tu…
    kah… kah… kah…

  11.  

    empike mbokmu suwek

  12.  

    komen provokatif…menunjukkan kualitasmu…entah kamu orang Indonesia , Singapura atau Malaysia….kasihan sekali…saya kirimkan kamu Al Fatihah….he7x…

  13.  

    Menurut sy indonesia tdk butuh kapal induk, terkecuali indonesia berniat menyerang negara yg berada di luar asia tenggara, bandara sdh bz sebagai pengganti kapal induk untuk dlm negri, baiknya,pesawat tempur yg paling canggih, kapal selam,kapal tempur, satelit yg canggih,kapal patroli,pesawat Tampa awak yg canggih,radar yg lbh canggi,BIN dipermantap,roket yg canggih d perbanyak,ilmuan di perhatikan,TNI kita sdh mantap, tinggal peralatan alustista lbh d perhatikan,biar negara lainn Tambah segan untuk menerobos, indonesia semangat….

    •  

      UNTUK MENAMBAHKAN INFORMASI,…beberapa thn lalu saya pernah menghadiri acara award’ bagi mahasiswa berprestasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI di Kampus Depok, mereka memutar video hasil liputan mahasiswannya ttg mahasiswa ITS Surabaya membuat mock up kapal LHD, di video tsb LHD mampua membawa 8 unit helikopter, TNI AL juga pernah menyatakan ketertarikan utk mengadakan kapal sejenis tsb melalui PT PAL, Surabaya. Jadi saya percaya di kalangan akedemisi & TNI AL sdri memang sdh ada pemikiran bahkan sdh mendesign mock up-nya, hanya butuh waktu utk teknologi & ketersediaan dana pembiayaan..

  14.  

    industri galangan kapal laut mereka tertinggal di ukraine, tinggal galangan kapal selam ruskie yang masih jaguh.
    itukah kenapa mereka terpaksa pesan kapal ke france dan tiongkok

  15.  

    Yg msk akal dulu aja…

    Indonesia Kita itu paling penting skrg radar, kapal selam , rudal pertahanan anti pespur/rudal & pespur + dikit” kapal permukaan….
    soale Indonesia Kita itu bukan tipikal utk jd negara yg pingin campur”i urusan negara lain apalg jd agresor….

 Leave a Reply