Jul 282017
 

Dok. Latihan TNI AD di Natuna (istimewa)

Tanjungpinang – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan agar pertahanan dan keamanan wilayah Kepri diperkuat karena berbatasan dengan beberapa negara.

“Kepri ini sangat strategis sehingga pertahanan keamanan wilayahnya perlu ditingkatkan, meski selama ini sudah berjalan cukup baik,” kata Ketua F-PKS DPRD Kepri Ing Iskandarsyah, di Tanjungpinang, Kamis, 27-7-2017.

Ia menjelaskan berbagai isu pertahanan keamanan di perairan Natuna, Selat Malaka dan pulau-pulau yang berbatasan dengan negara tetangga perlu ditanggapi secara serius.

Isu di Natuna berhubungan dengan kedaulatan negara yang harus dikawal secara maksimal, sementara di Selat Malaka terkait kejahatan internasional.

“Itu wilayah strategis yang harus dijaga ketat, termasuk pulau-pulau yang berbatasan dengan negara tetangga. Begitu juga dengan menjaga kedaulatan NKRI dari udara Kepri, yang selama ini diatur Singapura. Ini perlu ditangani secara serius,” ujarnya, dilansir Antara.

Iskandar mengemukakan permasalahan lainnya yang cukup penting, dan menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat yakni narkoba.

Kepri sudah lama menjadi wilayah sasaran penjualan dan pendistribusian narkoba ke wilayah lainnya. Penangkapan 1 ton sabu-sabu baru-baru ini memperkuat alasan bahwa wilayah darat, laut dan udara Kepri harus diperkuat.

“Pencurian ikan di perairan Natuna dan Kepulauan Anambas oleh nelayan asing yang sudah berlangsung lama juga seharusnya mendapat perhatian khusus sehingga kedua daerah itu aman. Kita juga perlu memberi rasa aman kepada nelayan lokal yang menangkap ikan,” tuturnya.

Ia mendesak pemerintah pusat mengambil sikap tegas dengan meningkatkan status institusi pertahanan keamanan di Kepri. Sebagai contoh, di Kepri sebaiknya dibangun Komando Daerah Militer (Kodam) dengan jangkauan kerja sampai ke Riau.

“Kodam dipimpin oleh perwira berpangkat mayor jenderal. Peningkatan status tersebut secara otomatis meningkatkan jumlah personel dan alutsista,” katanya.

Bagikan:

  13 Responses to “Memperkuat Pertahanan dan Keamanan di Kepulauan Riau”

  1.  

    Wow bulu kuduk jd merinding ngeliat penampakan moncong2 meriam sang caesar auahhh….

  2.  

    rodanya kok bulet ya,,,,,,

  3.  

    Pertahanan laut dan serangan ke musuh wajib di utamakan, terutama KCR (Kapal Cepat Rudal) bersenjata berat beserta logistik untuk pertempuran 30 hari. Ketersediaan Orlikon juga perlu di tempatkan di lokasi strategis berserta pengadaan amunisi yang sesuai kebutuhan 30 hari masa perang.

  4.  

    Maaf Pak Menhan, Pak panglima, musuh kan datangnya dari laut dari udara.. masak pakai meriam.. Rudal dong..Rudal… beli S400 kek.

  5.  

    Mempersempit gerak para kelompok kurir narkoba!!

  6.  

    Perkuat sih perkuat aja g usah koar2 melulu… tindakan g ada… beli rudal udara g punya duit… beli pespur tangguh ogah… molor molor dan molor…. maklumlah belinya pake karet…. beli kapal perang gede g ada dana… beli kapal selam kuat ngomong aja g ada realisasinya… kapan kuatnya…. emang hrs nunggu ada yg ngusik dulu ya baru mau ribut2 beli… kalo ngasih komandonya kayak orang gagap ya keburu d dor duluan to…

  7.  

    S-500.

 Leave a Reply