Sep 102018
 

Peluncuran roket OneSpace China. (@dafengcao)

Jakartagreater.com – Pengamat pertahanan terkenal Dafeng Cao telah merilis di halaman Twitter-nya rekaman satelit yang luar biasa yang menunjukkan peluncuran roket suborbital OneSpace OS-X1 ‘Chongqing Liangjiang Star’ dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan.

Pada tanggal 7 September 2018, startup ruang angkasa China OneSpace berhasil meluncurkan roket suborbital kedua dari sebuah situs di Gurun Gobi, menandai langkah menuju penerbangan roket suborbital yang diperkirakan sebelum akhir 2018, dirilis Defence-blog.com.

Roket Chongqing Liangjiang Star diluncurkan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan pada pukul 04:10 UTC (12:10 lokal), mencapai ketinggian sekitar 35 kilometer selama penerbangan 200 detik, menempuh jarak 169 km, sesuai dengan persyaratan dari pelanggan. Tidak ada informasi tentang payload yang telah dirilis.

 

Selama ini, setelah peluncuran, mereka diawasi dari luar angkasa. Menurut theGBTIMES, satelit video itu berhasil menangkap momen-momen awal penerbangan 200 detik, yang mencapai ketinggian sekitar 35 kilometer, menunjukkan roket berbahan bakar padat dengan cepat mendaki.

Perusahaan ini bertujuan untuk membangun konstelasi yang besar dari satelit observasi Bumi untuk menawarkan pencitraan resolusi tinggi, video, cakupan multispektral dari bumi, memberikan dukungan data penginderaan jauh ke daerah-daerah termasuk pemantauan sumber daya lahan, survei tanah, pengembangan sumber daya mineral, estimasi hasil pertanian, lingkungan pemantauan, pencegahan bencana dan bidang lainnya.

OneSpace, merupakan perusahaan yang muncul menyusul keputusan pemerintah China tahun 2014 untuk mengizinkan investasi swasta di perusahaan ruang angkasa.

OneSpace bertujuan untuk meluncurkan roket orbital pertamanya, OS-M, pada akhir 2018.

Berbagi

 Leave a Reply