Menanggapi Aksi Boat Iran, Komandan Kapal Perang AS Diberi Kebebasan Bertindak

8
4

Militer AS akan memberikan otonomi luas kepada komandan kapal perang AS yang mendapat pelecehan dari kapal perang Iran. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu dimana boat-boat bersenjata Iran mendekat cepat ke kapal perang AS di perairan internasional. Meski sudah menembakkan flare dan tembakan peringatan, boat tempur Iran tetap melakukan manuver berbahaya dan mendekat dengan kecepatan tinggi pada jarak kurang dari 100 meter.

Kepala Operasi Angkatan Laut AS, Laksamana John Richardson, menyatakan Komandan kapal akan memiliki otonomi luas untuk menanggapi insiden pelecehan dari kapal Iran. Menurutnya terlalu lama apabila Komandan kapal AS meminta pertimbangan dari militer pusat untuk menanggapi aksi kapal Iran, dimana seharusnya diperlukan respon yang sangat cepat untuk menghadapinya.
Untuk saat ini respon yang dilakukan terbatas pada langkah-langkah peringatan dan teguran.

Pemerintah AS juga ingin berdialog dengan para pemimpin Angkatan Laut Iran untuk membicarakan kode etik yang mengatur pertemuan di laut. Sebelumnya AS dan China pernah membuat aturan yang sudah sangat efektif dalam mengatur pertemuan maritim dengan Angkatan Laut China di tengah ketegangan yang meningkat di Laut Cina Selatan.

Masih belum jelas apakah para pemimpin Pengawal Revolusi Iran dari Korps Angkatan Laut tertarik untuk terlibat dalam dialog seperti yang diinginkan Pemerintah AS.

Pentagon telah melaporkan setidaknya lima insiden pelecehan oleh kapal Iran terjadi pada bulan lalu, dimana disalah satu pertemuan sebuah kapal Iran mendekat dan berjarak hanya 91 meter dari kapal patroli AS.

Secara terpisah, akhir pekan lalu Iran juga mengancam akan menembak jatuh dua pesawat Angkatan Laut AS – sebuah Poseidon P-8 dan EP-3 yang terbang di dekat Selat Hormuz.

8 COMMENTS

  1. Tidkl bakalan berani USA terhadap Iran … teman sendiri kok …sekutu rahasia …
    Kalau bermusuhan …tentu nya tidak akan Ada dialog …dialog apaan …???
    Indonesia yang teman sendiri .. dikhianati ..pernah diembargo sepihak …tidak diajak dialog….

LEAVE A REPLY