Menanti Aksi Pertama Siluman F-35 Lightning II

Pesawat tempur terbaru, F-35B Lightning II untuk pertama kalinya akan ikut ambil bagian dalam latihan tahunan “Red Flag” di atas gurun Nevada.

F-35 Lightning II yang tergabung dalam skuadron Fighter Attack 121 dan berbasis di Yuma, AZ, akan mengikutin latihan yang digelar mulai Selasa sampai 29 Juli.

Lebih dari 115 pesawat tempur dari Amerika Serikat, NATO dan negara-negara sekutunya akan terbang dari bandara Nellis Air Force Base di Nevada dua kali sehari untuk melakukan latihan pertampuran udara yang dirancang secara realistis untuk melatih pilot-pilot Sekutu pada pertempuran udara yang nyata. Latihan termasuk penggunaan peralatan perang buatan Rusia dan amunisi tajam untuk latihan pemboman.

Pesawat tempur siluman F-35 dibangun dalam tiga varian untuk Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Marinir AS. Diantara ketiga pesawat F-35, varian Marinir yang pertama akan beroperasi. Versi Marinir dirancang untuk dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal dari kapal serbu amfibi Angkatan Laut. F-35 nantinya akan menggantikan jet tempur AV-8B Harrier yang sudah tua.