Nov 172014
 

ketahanan-energi-indonesia

Jakarta – Setelah sekian menunggu lama, akhirnya pemerintahan di bawah kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla berani menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Senin (17/11/2014) malam ini.

Setelah sempat dikabarkan akan diumumkan di Kantor Menko Perekonomian, menguat jika kenaikan harga BBM dilakukan di Istana Presiden oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kenaikan Harga BBM Diumumkan di Istana Presiden,” menurut sumber Liputan6.com di pemerintahan.

Namun, belum diketahui pasti besaran kenaikan harga BBM tersebut. Sebelumnya harga BBM digadang-gadang naik Rp 3.000 per liter.

Hal ini memperkuat sinyal yang diberikan Wakil Presiden Jusuf Kalla jika kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan diputuskan pada Senin (17/11/2014) malam ini.

Hal itu diungkapkan JK usai menghadiri Rapat Kabinet bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. Awalnya, JK menjawab secara normatif tentang wacana kenaikan BBM.

Ia mengaku pemerintah masih melakukan penghitungan. “Biasa saja, lagi hitung-hitungan. ini mudah-mudahan segera, ini hampir dapat hitungan,” kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Ketika didesak kapan waktu kenaikan BBM tersebut, JK kembali meminta agar bersabar menunggu keputusan resmi. “Sabar-sabar saja,” tuturnya.

Wartawan pun beralih dari isu BBM dan menanyakan pertanyaan lain.

Namun, di akhir wawancara, tanpa ditanya, JK pun melontarkan celetukan. “Jangan pulang ke rumah cepat ya,” ucap JK. (Liputan6.com).

Bagikan :

  131 Responses to “Detik Detik Kenaikan Harga BBM (intermeso)”

  1.  

    solar

  2.  

    1

  3.  

    Kabooooor isi bensiiiin !!!

  4.  

    Katanya, kenaikan harganya moderat, karena harga minyak dunia sedang turun. Patokan APBN 2014 usd 105/barel. Sementara harga minyak mentah sekarang usd 80/barrel

    •  

      lha trus pemasangan rfid lak ya sia2? apakah ini proyek mubazir? alias buang2 uang saja?

      •  

        Sama kaya ERP ???? :mrgreen:

        •  

          beda bung Rafly, ERP masih dalam tahap uji coba, sementara rfid yang sudah banyak dipasang di kendaraan klo bukan tanggung jawab dirjen migas yang kemarin dipecat, ya tanggung jawab jero ‘mangkrak’ wacik…

          •  

            Tidak ada yg sia-sia bung. Kalau mau tinggal lanjutin saja. Supaya upaya penghematan subsidi semakin mantap dengan banyak cara. Kecuali pejabat sekarang pengen ganti program lagi.
            Tapi kalau mau lho ya. Kan bagus tinggal melanjutkan saja. Mobil tertentu dibatasi pengisian BBM subsidinya.
            Positif thinking saja. maka hidup akan lebih indah.

          •  

            tujuan rfid ingin menjatah / membatasi konsumsi bbm, yang artinya membatasi anggaran subsidi.

            sementara harga sekarang subsidinya tinggal rp 100 (menurut pertamina harga keekonomian untuk harga minyak mentah kl. $78/barrel = rp 8.600 / liter), jadi pembatasan sudah tidak mendesak…

      •  

        Pemasangan rfid terburu2 gk buat rancangan proses tapi langsing ke teknis.. lool boasa proyek pemerintah maunya cepat tapi kosong

        •  

          Avansa minum premium, Inova nenggak premium, Jazz Fortuner minum premium, alpard konsumsi premium, sampai bmw n mercedez juga mabok premium subsidi. Orang yang ngakunya KAYA kok minta subsidi…………
          Jangkrik Wedus kutu kupret……….. tidak tepat sasaran bosssssssssss
          Naikan Premium 10ribu saya jg setuju.
          motorku kalo isi bensin paling banter 3 liter sudah full.
          tapi kalo liat alpard mabok premium, mercedez mendem premium, bmw ngedan premim rasanya pengin berantem sama yg punya mobil………….. sakitnya tuh disini boosssssss

          •  

            Mengapa opsi yang diambil adalah BBM harus naik?? alasannya apa??

            Kalau alasannya karena mobil plat hitam ikut pakai, mengapa tidak dibuat saja teknisnya. Misalnya di POM Bensin, setiap mobil masuk langsung diarahkan ke pengisian pertamax atau Pajak mobil plat hitam dinaikan 3 kali lipat.

            Kalau pakai kartu, di lapangan sulit untuk tepat sasaran. Mengapa? karena definisi rakyat tidak mampu saja tidak ada definisi yang spesifik.

            Bagaimana dengan tukang bakso, tukang sayur yang jualan pakai motor karena medan jualannya pegunungan…apa mereka juga bakalan dapat kartu??.

            Subsidi kartu itu sama saja dengan program pemerintah sebelumnya dan problemnya juga sama. Mengapa pemerintah tetap mengambil opsi ini???

          •  

            Setuju Mas…saya jg pengguna motor seperti anda, di INDONESIA,banyak org kaya ngaku miskin….

    •  

      minyak turun tapi kurs rupiah juga melemah bung… asumsi APBN 2014 Rp.10.500 sekarang Rp.12.000

      •  

        inflasi tinggi…target 7% pertumbuhan!!!!!??…jaman beye paling tinggi .5..%….terlalu obral janji waktu pilpres…sedangkan medan laga blum dikuasai….pertumbuhan nkri ..3% pasca beye….wong cilik mimpi punya piningit…keenyataan hidup semakin curam…..

        •  

          bung jenggo,

          jika ingin membandingkan dengan jaman sby, tahun 2013 juga naik rp 2,000 tapi ya hanya naik, gak jelas anggaran yang dihemat digunakan untuk apa.

          sementara rencana terkait kenaikan yang sekarang,

          Menteri Andrinof menjelaskan rencana pengalihan subsidi BBM dalam dokumen setebal 11 halaman yang dibagikan ke media. Di sana terpampang data rencana pembangunan infrastruktur 2015-2019, pemeliharaan infrastruktur termasuk jalan baru sepanjang 2,650 kilometer, jalan tol 1,000 kilometer, pemeliharaan jalan sepanjang 46,770 kilometer pembangunan 15 bandara baru, pengadaaan 20 pesawat perintis sampai pembangunan pelabuhan penyeberangan di 60 lokasi.

          Ada juga rencana pembangunan jalur kereta api sepanjang 3,258 kilometer di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Pemerintah berencana membangun angkutan massal cepat perkotaan di 16 kota metropolitan dan 17 kota besar…

          http://www.rappler.com/world/regions/asia-pacific/indonesia/75308-pengalihan-subsidi-bbm-untuk-sektor-produktif-jokowi

          •  

            Mungkin juga bung.
            Saya salut dan angkat topi dengan strategi yang disampaikan bung Adrinof. Melakukan langkah jitu untuk memberikan penjelasan dengan gamblang ke media.
            Tapi juga tdk setuju dengan tuduhan kenaikan th 2013 jaman SBY tidak dipergunakan untuk apa-apa. Mungkin karena bung Danu tidak menerima salinan dari kementrian yg terkait. Karena pemerintahan dahulu tidak memberikan rincian penggunaan dana pengalihan subsidi tersebut. Maklum saya bukan orang pemerintahan. Mungkin antara lain pembangunan Bandara Kualanamu, Sultan Mahmud Badaruddin II, New Sepinggan. Membeli Alutsista di MEF-I, Nombokin selisih biaya Impor BBM 2013-2014 dimana harga waktu itu lebih tinggi dibanding patokan APBN.
            Jadi apa yg diputuskan pemerintah dahulu dan sekarang sudah melalui pertimbangan yg tepat saat itu.

          •  

            waaaaawww…..ini yg saya tunggu…naik boleh asal ada manfaat….LANJUTKEUN…

          •  

            Kalo kenaikannya dialokasikan untuk tranportasi massal setuju saja naik, toh sudah naik. Sekarang tinggal bagaimana kebutuhan sehari hari tidak ikut naik. Kasihan juga yang rakyat kecil dulu gak kebagian subsidi BBM tahunya harga beras 5000 sekarang naik sampai 6500 sekilonya tetap gak menikmati sumsidi BBM. Dulu dapat BLT sekarang belum tahu, untung anak sekolah sudahditanggung BOS tinggal kasih buat náik angkot. Kesehatan udah áda jamkesmas…

        •  

          mungkin saja terjadi inflasi naik, tapi pertumbuhan tetap tinggi.

          korsel dalam tahun2 pertumbuhan tertingginya, bisa mengalami inflasi hingga > 15% / tahun…

          South Korea, by the way, during its years of most rapid growth, sometimes had inflation rates of over fifteen percent.

          http://marginalrevolution.com/marginalrevolution/2013/09/why-are-the-high-growth-countries-so-often-the-high-inflation-countries.html

        •  

          pilih mana harga murah tapi barang hilang…krn permainan para petugas SPBU dll…dgn skr harga moderat ke harga pasar..persediaan ada…orang di Papua bilang biar 15 ribu yg penting di SPBU ada…daripada 6.500..tapi SPBU selalu bilang plang ‘Kosong’…semua sih pahit…tapi yg penting barang ada..berhemat saja..jgn spt ini kalo bensin terlalu murah..orang Jakarta naik mobil ke Puncak bermacet2an berjam2an..kan getir kalo orang Papua lihat ini….hanya utk makan sate dan jagung..(Prof Rhenald Kasali..)..he7x…

      •  

        lebih bamyak orang kaya yang nikmatin subsidi tapi kenapa orang miskin juga harus menanggung konsekwensinya,, bagi kalian yang ada di kota besar bergaji besar jelas tidak jadi masalah,,, tapi bagi kami yang hidup serba kekurangan jelas makin menambah beban hidup kami, bikin dong kebijakan yang membatasi orang kaya nikmati subsidi, harga minyak dunia sekarang pun sedang turun dn saya kira akan tetap seperti itu selama rusia masih kena sanksi usa dan barat (ingat sejarah runtuhnya uni sovyet),,, tapi mudah mudahan saja pemerintahan bapak jokowi akan menjadikan kehidupan kami lebih baik yang sampai sekarang untuk sekedar listrik pun kami masih mengalami ” penyalaan” bergilir….. dan jelas kami tidak kan pernah rela apabila dana pengalihan subsidi yang merupakan hak kami sebagai warga negara karena merupakan amanat konstitusi hanya dinikmati oleh sebagian golongan saja apalgi untuk mengakomodir mereka yang mengaku relawan dan kemarin meminta “pekerjaan” kepada tim transisi yang mungkin saja masih sering memberikan “pencerahan” pada setiap forum diskusi seperti warjag ini yang terkadang membuat logika awam saya tidak menerima,,,, salam tiga jari

        NB: kemana mereka yang kemarin teriak ketika bbm mau di naikan jadi kebayang seandai salah satu capres yang lain menang dan mengambil kebijakan seperti ini pasti bbm tidak akan bisa naik,,,
        and buat bung wehr and bung preman coment and hadistnya dong hehehe

  5.  

    Alhamdulillah,,,

    semoga kenaikan bbm ini menjadi indonesia lebih maju karena subsidi bbm semakin di kurangi, dan kesejahteraan rakyat semakin dimaximalkan dengan kesehan , pendidikan gratis fdan pembangunan sekolah2 di perbatasan dan di pedalaman, serta jalan raya yg menghubungkan kalimantan,

    jangan cuman naik bbm tapi lesejahteraan seperti kesehatan dan pendidikan gratis di abaikan,
    serta bisa meminimalisir untuk kasus import bbm, sedangkan migas di indonesia terbengkalai di sedot negara asing, selanjutnya dijual kembali pada negara kita,,,

  6.  

    Premium

  7.  

    Saran saya jgn merata pak..buatlah semacam kartu yg diberikan khusus untuk yg membutuhkan..
    Misalkan nelayan dan angkutan umum.serta kendaraan logistik…
    Jika dipukul rata akan membebani rakyat kecil khususnya nelayan… Dan poros maritim yg anda gadang” akan gagal.. Jik a nelayan dibiarkan bertarung sndiri

    •  

      Ups jangan salah dengan kata nelayan petani angkutan umum
      nelayan,, 1 buah perahu nelayanbyg medium harga rata2 diatas 70 jt an, itu milik pribadi, dannkalao di subsidi semakin memperkaya , danyg okut melaut adalah kuli2 nya sedangkan yg punya kapal atau perahu cuma duduk diem dirumah,
      ada lg yg nelayan kelas rendah, yg cuman mengandalkan perahu bkecil itu patut di subsidi

      angkutan umum,,
      1 buah angkutan umum harga sudah puluhan juta, dan sang pemilik cuma duduk diam di rumah menghitung uang,,
      Yg perlu di subsidi adalah angkutan umum sejenis DAMRI,

      Seperti beras bulog itu tak payah buat dikasih kerakyat miskin, krn mereka juga tdk doyan malah di jual lagi, bahkan sikaya juga mendapatkanya,
      asumsi saya pribadi sejahterakan rakyat melaluibkesehatan dan pendidikan gratis sampai tingkat smp/a,
      Sori oot

      •  

        memang gitu faktanya…saya setuju…

      •  

        ya nggak bisa di generalisasi gitu , nggak seenak itu punya angkutan umum terutama mikrolet.
        secara umum selain BBM ada suku cadang kendaraan yang mesti di beli dan jika BBM naik otomatis harga suku cadang juga naik sedangkan angkutan umum juga harus dihadapkan dengan semakin banyaknya kendaraan pribadi terutama motor.
        seharusnya ini juga jadi perhatian pemerintah karena harga suku cadang akan terus naik

  8.  

    Udah sewajar nya bbm naik walau harga minyak dunia turun. Kalau mau negara ni maju ya naikkan bbm.

  9.  

    Kasian wong cilik gaji kecil dan ga naik2 harga kebutuhan pokok naik tambah sulit kehidupan wong cilik. Yg miskin tambah miskin yg kaya tambah kaya. Mudah2an pemerinta tdk menutup mata atas kodisi seperti ini. Jgn biarkan mereka menderita atas kenaikan bbm ini. Para pejabat hidupnya enak kenaikan bbm tidak ngaruh. Tapi bagi wong cilik betapa beratinya uang rp 1000 .

    •  

      Avansa minum premium, Inova nenggak premium, Jazz Fortuner minum premium, alpard konsumsi premium, sampai bmw n mercedez juga mabok premium subsidi. Orang yang ngakunya KAYA kok minta subsidi…………
      Jangkrik Wedus kutu kupret……….. tidak tepat sasaran bosssssssssss
      Naikan Premium 10ribu saya jg setuju.
      motorku kalo isi bensin paling banter 3 liter sudah full.
      tapi kalo liat alpard mabok premium, mercedez mendem premium, bmw ngedan premim rasanya pengin berantem sama yg punya mobil………….. sakitnya tuh disini boosssssss

  10.  

    Akhiry dinaikan juga BBM. Walaupun harga minyak dunia masih stabil dikisaran 80-85/barel. Sedangkan Apbn untuk BBM 105 $/barel. Yg imbasnya ke rakyat kecil.nelayan.buruh.

  11.  

    pasti akan diikuti kenaikan harga2 barang.

    •  

      Kenaikan jilid 1 sudah (sebelum) dan akan diikuti jilid 2 (sesudah) pengumuman kenaikan, babak belur wong cilik yang belum tentu punya kendaraan baru sedikit bernafas akibat kenaikan tdl pertengahan tahun. Sebentar lagi buruh pun akan semakin beringas minta UMP naik karena standar hidup layak sudah tidak relevan, pengusaha pusing tujuh keliling yg ujung2 PHK masal dimana2.

      •  

        Yah kita lihat saja bung..apakah aneka ragam kartu bisa mengatasi dampak kenaikan BBM..rakyat kecil cuma bisa berusaha dan berdoa.

        •  

          Betul bung rafly,, yg menjerit adalah rakyat kelas bawah,, dapet kartu sakti buat kesehatan gratis sama pendidikan gratis tapi klo buat makan aja udah sulit gimana mau sehat itu orang miskin,, gimana mau belajar dgn konsen klo perut lapar.. Saya bukan golongan anti bbm naik bila sudah tidak ada jalan keluar yg terbaik.. Ingat ada kepentingan asing bila bbm naik,, klo bbm ga naik jg rawan penyelundupan,, Tapi beneran yakin klo bbm naik penyelundupan hilang sama sekali.. Salam Persatuan dan salam hangat Bung semua..

  12.  

    dngan 300T itu bisa buat bikin jalan tol aceh-lampung
    kalo 5th dah 10rb km jalan tol

    kcpatan pmbangunan tol di cina bakal lewat

    •  

      Gitu yah? Knp atuh yg jalur nya pendek sampai sekarang blm selesai juga,
      Cikampek palimanan itu ga nyampe 1000km, tp lebih dari 5 thn pekerjaaan nya,,,

      Kendala masyarakat kita itu banyak, dari RT s/d camat selalu minta jatah pembangunan,,

      Tender utk jln 100 M , k lapangan nya sih paling juga 10 S/d 20 M aja udah hebat,, habis buat bayar birokrasi,

      Mutu jalan yg jelek, karena faktor kropos dana nya oprasional nya, di tambah klo udah jadi, banyak truk yg melebihi muatan masih saja di perbolehkan asal ada uang,,, dan itu udah bukan rahasia umum lg,

      •  

        hahahahaha..bener banget bung andri kita ini sllu bermimpi bahwa dana infrastruktur tidak dikorup. mau infrastruktur bagus.?danax jgn dikorup terlalu banyak dong..katanya kita g punya duit buat bngn infrastruktur.?siapa yg blng, noh buktinya semakin banyak CV ama PT yg bergerak dibidang proyek pembangunan infrastruktur yg artinya menurut mereka infrastruktur tetap lahan basah untuk dijadikan proyek

  13.  

    Pak jokowi urus saja pembangunan pelabuhan, jalan, rel kereta api, sekolahan, irigasi, bantuan kapal nelayan, stok pangan, untuk pertahanan stok bbm untuk satu tahun, alutsista nomor wahid, kesejahteraan prajurit terutama perbatasan, kesejahteraan guru, peneliti, ilmuwan, naikkan anggaran riset 10 kali lipat dll dll dll harus….ga usah mikirin kami pak mau makan apa nggak karena kami bisa kok cari makan sendiri gak perlu disuapin sama pemerintah yang penting duit segitu jangan sampe dipakai untuk bancakan dengan dalih apapun kalo sampai ini terjadi gua sumpahin pilek seumur hidup nah lo!!!!

  14.  

    Ini mana yang siap demo, mana suaranya?!! Gw liat dari jauh aja deh

  15.  

    tertekan lagi nelayan lokal…. nasib—-nasib….

  16.  

    naik bbm boleh…tpi yg korupsi harus di hukum mati………

  17.  

    kenaikan BBM hnylah solusi pendek, semoga upaya Nasionalisasi produksi Minyak n Gas trus dilakukan dan jangan lalaikan riset pengembangan energi alternatif. More Productive less Consumptive..

    •  

      Gampang ngukurnya bung, lihat sebentar lagi siapa yg ditunjuk mengelola blok mahakam karena total sudah akan expired… dan akan ada belasan kontrak yg harus diperbaharui sampai tahun 2020.

  18.  

    Kalau soal kenaikan harga BBM ya terlalu mudah melakukan nya. Siapa saja bisa..kendala nya adalah BBM naik . Haga barang ikut naik..dan kenaikan harga barang cuma bisa di dengar dan di kecam tanpa ada penyelesain.
    Sebetul kalau lah mereka2 yg pinter pinter itu bisa fokus pada Harga Barang saya percaya kenaikan harga BBM bisa di terima oleh rakyat…di Indnesia peraturan yg mengatur harga barang masih sangat lemah dan tidak tegas sehingga para pedagang bisa seenak nya menaikan harga barang.

  19.  

    semoga anggaranya bisa dipake buat hal2 yg jauh lebih bermanfaat

  20.  

    Siapapun presidennya, apapun jargonnya yg menang para spekulan yg 2X naikin harga yaitu sebelum dan sesudah. Btw premium masih disubsidi 100 rupiah per liter karena kata Pertamina harga keekonomisan premium Rp 8600/liter.. Semoga pemotongan subsidi ini bermanfaat banyak termasuk untuk alutsista..

  21.  

    Wah…mantap pak.lanjutkan.Baru memerintah sudah bikin rakyat ngos2 an.sekalian pak,pesawat kepresidenanya dijual,entar kalo mau blusukan k.daerah” ikut ojek saya saja..

  22.  

    udaah gk usaah subsidi2 an yg pnting gaji q ntar hrus ikut naik titik

  23.  

    alhamdulillah naik cuman 2 rb,dr rencana 3 rb,walau hati masih berat menerima…mudah2an ada jl disana tuk lebih baik

  24.  

    aseeek ada anggaran tambahan buat plesiir para Anggota dewan sip sip…

  25.  

    Jangan hanya hilir nya saja yg di cecar, biang masalah nya di hulu harus di perhatikan…. petral mana petral… selamat anda masih selamat !!

  26.  

    premium Rp 8500 solar Rp 7500 semoga tidak menyusahkan rakyat
    salam damai Indonesia

  27.  

    Yang menarik buat saya adalah, kemana para pengamat2 yang congornya bagai bak sampah, oknum2 komentator baik politikus maupun awam rakyat jelata.. yang dahulu menghujat habis2an presiden terdahulu? Politikus2 partai yang katanya membela rakyat kecil, berubah pikiran? Berubah pikiran setelah sebelumnya ga punya norma dan tata krama berpolitik.. ngata2in KEBO segala.. kalau sekarang ga masalah kenapa dulu dimasalahkan.. rakyat mana yang lu bela..
    Saya ga permasalahkan bbm naik. Kalau bisa dari dulu malah asal manfaatnya jelas bagi mereka dan kami yg kurang mampu. Di kota2 besar naek seribu dua ribu berisiknya minta ampun.. mahasiswa demo anarkis, beli rokok sm dvd bajakan bisa, kredit mobil mampu..
    Tempat saya lho 12 ribu santai aja masyarakatnya, yg ada tuh bahan bakar..
    Salam damai!!!!

  28.  

    Yang paling seneng dpr neh…banyak dana untuk study banding ke luarnegeri, beli Camry, rumah, dana pensun.
    Si oneng mana ya

  29.  

    Mungkin sudah nasib kami. Nyewa lahan pertanian yang pengairannya mengandalkan sumur pompa diesel. BBM naik Rp. 2000/ltr, harga gabah hari ini turun Rp.300/kg krna padi kena hujan. Ya Allah kuatkan hambamu menghadapi cobaan ini.

  30.  

    Mudah mudahan tidak diselewengkan dananya. Untuk saat ini saya masih pro anda Pak. Jgn sampai menyalahkan kepercayaan kami Rakyat Indonesia

  31.  

    Sebagai pengamat lokal alutsista Saya 50 50 sebenarnya nih BBM naik soalnya Disamping tau alutsista Indonesia perlu Peremajaan dan peningkatan, Akan tetapi Kebutuhan sehari hari yang amat mendesak Gajih Penjaga warnet kaya saya hanya 650rb Buat bayar kontrakan dan listrik aja udah kepotong 250rb Pasti bakalan sulit kedepannya, Tapi Kalau Demi kebaikan Bangsa Ga pa Pa deh saya iklas.. 🙁

  32.  

    Udh tau bbm naik. Malah ngeluh lagi.. ayo makin giat cari duitnya

  33.  

    Numpang Curhat ya kawan..
    Jujur ane sedih harga bbm naik dimana harga minyak dunia sedang turun,, NKRI yg katanya melimpah SDA yang katanya kemaren “salah urus”,, belum diurusin malah yg miskin makin ga terjangkau beli sembako.. Lihatlah kawan2 semua,, berapa harga rupiah kita sekarang terhadap dollar yg menjadi acuan mata uang dunia?? 1$=Rp. 12ribuan!! bagaimana bila harga minyak dunia meroket diatas $100/barrel?? Sebesar apa inflasi yg terjadi nanti,, trus seberapa banyak lg orang miskin yg tambah miskin.. Apabila tidak gegabah menaikkan bbm dgn mempertimbangkan logistik bahan pokok, angkutan umum, dan kendaraan bermotor bukan mobil yg tangkinya 3lt bisa 150km bandingkan dgn mobil isi 3 liter nyampe kemane coba? cuma 60km saja.. Itu tukang ojeg dikiranya pada kaya semua apa?? mau kasih tarif brp ke penumpangnyee.. Harusnya motor ikut disubsidi minimal 250cc kebawah.. Bagaimana dgn nelayan?? mereka juga perlu disubsidi agar tetap melaut dan menghidupi keluarga mereka.. Pertanyaaannya sudah tepatkah kenaikan bbm besok,, yg naiknya dipukul rata.. Klo kebijakan yg dibuat seperti itu tentu kita tidak usah membutuhkan seorang ahli lg buat kasih kebijakan,, lain bila kenaikan bbm bertahap dan yang menyangkut rakyat kecil tetap disubsidi dengan pengawasan yang ketat dari pemerintah,, trus kebijakan ekonomi agar menguatkan nilai rupiah kembali terhadap dollar,, syukur2 pembelian minyak menggunakan kurs selain dollar spt kerjasama dgn BRISCI dalam pemenuhan bbm di NKRI tercinta ini.. Hmmm,,. Sudah cukup curhatnya.. Maaf yoo klo gak bermutu.. :mrgreen:

    •  

      bung Echo01, kenaikan harga selalu terasa pahit, tapi kepahitan ini sudah sejak lama dirasakan rakyat vietnam dan india yang notabene penghasilan rata2nya masih di bawah kita…

      dengan membayar lebih tinggi rp 2,000 kita tidak lagi merasa bersalah telah ikut menikmati subsidi yang selayaknya hanya diberikan kepada warga pra sejahtera, yang justru tidak pernah menikmati subsidi bbm karena tidak mampu membeli kendaraan bermotor…

    •  

      bung echo01 : Avansa minum premium, Inova nenggak premium, Jazz Fortuner minum premium, alpard konsumsi premium, sampai bmw n mercedez juga mabok premium subsidi. Orang yang ngakunya KAYA kok minta subsidi…………
      Jangkrik Wedus kutu kupret……….. tidak tepat sasaran bosssssssssss
      Naikan Premium 10ribu saya jg setuju.
      motorku kalo isi bensin paling banter 3 liter sudah full.
      tapi kalo liat alpard mabok premium, mercedez mendem premium, bmw ngedan premim rasanya pengin berantem sama yg punya mobil………….. sakitnya tuh disini boosssssss

      •  

        Maaf bung Danu dan bung tnk,, saya setuju bbm dinaikan tp yang untuk rakyat kecil harusnya tetap disubsidi,,, saya bukan anti naik bbm bila sudah mentok ga ketemu jalan keluarnya,, BMW, Alphard pokoknya mobil lah yaa sebetulnya mereka juga berhak menikmati yang namanya bbm inget pasal 33 mereka juga rakyat yg bayar pajak jg.. tapi,, “opo yoo ga punya MALU mereka bisa beli mobil tapi beli bbmnya saja yg non subsidi gak sanggup??” Jujur saya lebih suka naik motor dan ga punya mobil dan aslinya ga minat beli mobil selama jkt msh macet trus penghasilan blm banyak untuk beli yg non subsidi.. Saya mau pemerintahan sekarang itu bukan cuma kerja keras pake otot sajaa,, tp pakai akalnya buat cari solusi biar bbm tidak mahal dan kurs rupiah dibenahi.. Ooohh iya bung tnk saya cuma kuli diperusahaan bukan boss.. Salam hangat..

        •  

          bung Echo01,

          pada prakteknya akan sulit ‘bbm dinaikan tp yang untuk rakyat kecil harusnya tetap disubsidi’ – bbm 2 harga sangat rawan korupsi dan manipulasi.

          pada level pengusaha SPBU : misal per hari dapat jatah 1,000 liter premium subsidi untuk angkot + motor dan 10,000 liter premium non-subsidi (dengan rp 8,500/liter praktis tidak disubsidi lagi untuk harga minyak mentah sekarang, yg dibawah $80/barrel), siapa yang bisa jamin / awasi bahwa 1,000 liter itu akan mereka jual habis untuk motor + angkot?
          bisa saja yang dijual hanya 500 liter terus pasang plang ‘premium subsidi habis’, dan 500 liter lagi dijual dengan harga non-subsidi.

          pada level konsumen : akan ada ‘angkot bodong’ yang tangki bensinnya dimodifikasi, misal hingga 200 liter. seharian hanya muterin spbu, setiap kali beli 10 liter, setelah ngisi di 20 spbu pulang dulu untuk mengosongkan premium di rumah, muter lagi dsb. entah bisa berapa rit dari pagi hingga hingga malam.
          hasilnya mereka jual secara gelap misal rp 8,000/liter, udah untung rp 1,500/liter x sekian ratus liter per hari…

          yang terbaik adalah memberikan uang subsidi tersebut langsung kepada yang berhak dalam bentuk tunai…

  34.  

    100 t mau di lemah akan tu uang semoga aja bisa memajukan negeri ini

  35.  

    BBM naik….Harga Beras naik… Semua Kebutuhan pokok naik…
    semua biaya operasional naik…karyawan minta gaji naik…
    Terus yg pengusaha kecil – kecilan gini gmn????

    Mau daftar jadi “ORANG MISKIN” biar dapat “KARTU – KARTU” itu…tapi malu…

    Masak daftar kok jadi “ORANG MISKIN”… Ntar sekali buka Dompet… yg kelihatan “KARTU IDENTITAS ORANG MISKIN”….

    Susah….susah….

    •  

      Ha,,ha,,,ha,, ,,,,,seng semangat om…. malu anda lebih baek dripada yg (g punya malu)disenayan orang kaya yng suka bolos,,nonton bokep,,,dan korup(bererti anda masih punya semangat kerja tinggi)…wah aq jdi tmbh semangat om

  36.  

    Yah mau gimana lagi, aku ikut aja aturan negara meskipun ane tergolong masyarakat pas2 an…hehehe…yang penting nanti anak cucu kita bisa menikmati kemakmuran NKRI..

  37.  

    BBM sudah naik pasti beritanya bsk headline nya “pemerintahan sekarang gak pro rakyat”, pasti para pengamat bsk pada laku di TV, udah pasti mereka menyalahkan pemerintahan dng segala argumentasinya bahwa pemerintah tidak pro kpd rakyat lah, tidak becus lah dll…pasti banyak kritikan yg akan diterima tpi semoga pemerintah dpt menjelaskan kpd rakyat dan semoga langkah yg diputuskan malam ini yg terbaik walupun terasa pahit awal nya

  38.  

    Avansa minum premium, Inova nenggak premium, Jazz Fortuner minum premium, alpard konsumsi premium, sampai bmw n mercedez juga mabok premium subsidi. Orang yang ngakunya KAYA kok minta subsidi………… tidak tepat sasaran bosssssssssss
    Naikan Premium 10ribu saya jg setuju.
    motorku kalo isi bensin paling banter 3 liter sudah full.
    tapi kalo liat alpard mabok premium, mercedez mendem premium, bmw ngedan premim rasanya pengin berantem sama yg punya mobil………….. sakitnya tuh disini boosssssss

  39.  

    minta modal dong pak jokowi
    40T aja dicicil 5th buat bikin PLTN 1500MW

  40.  

    makanya sekarang kekantor pada naik sepeda aja sehat. sehat itu segalanya.

  41.  

    Tanpa subsidi brapa ya premium BUng?

  42.  

    bbm naik semua pada naik, kenapa kenaikan bbm ga ditujukan untuk mobil pribadi saja sih? kalau yg penghasilan pas pasan bakal berasa, bakal ada tambahan ongkos, tambahan belanja bulanan.

  43.  

    -deleted-

  44.  

    Efek bbm naek smua pd antri di spbu
    Klo mw antri bawa drum ato pake tangki
    Klo cm mtor ama mobil biasa paling 2 hri ato seminggu jg udh abis
    Bbm naek jg paling pd protes ya sebulan ,2 bulan ,3 bulan,,,ujung2 ya jg pasti akan di beli juga… Bbm itu masalah klasik dan semua presiden yg pernah mimpin negri ini juga pernah naekin bbm kecuali pak habibi…jd mw siapa pun yg jd presiden mau gk mau mesti naekin harga bbm…imbas nya kbtuhan yg lain2 ikutan naik.tp jangan lupa bahwa daya beli masyarakat indonesia itu tinggi , jd mau brapa pun harga bbm sudah pasti akan di beli walaupun konsumsinya jd berkurang…mudah2an pengalihan subsidi bbm bisa tepat sasaran sehingga masyarakat bisa menikmati hasil pengalihan subsidi bbm…

    •  

      Jujur aja neh bung rafly
      Saya bukan org yg fanatik dan jg bukan pendukung pak jokowi,waktu pilpres kmarin saya gk pilih beliau…cm berhubung beliau presiden kita jd mesti di hormati…terlepas dr janji beliau saat kampanye.saya berpikir masalah bbm adalah masalah yg cukup rumit sehingga beliau harus melanggar janjinya saat kampanye dulu…seperti yg saya katakan sblumnya,siapa pun yg jd presiden ,bbm pasti akan naik…selama ini bbm subsidi tidak pernah tepat sasaran dan di nikmati oleh org yg sudah mampu…jd saya berpikir memang sudah seharusnya pemerintah membatasi jumlah subsidi bbm,dan mengalihkan ke program2 seperti pendidikan dll…klo masalah beliau sudah melanggar janjinya saat kampanye dlu biar masyarakat yg menilai,karna masyarakat kita sudah pintar menilainya…lg pula masa kampanye udh lewat jd biarkan pak jokowi dan para menteri nya bekerja sesuai amanat uud 45 dan klo yg di bahas janji kampanye smua presiden yg pernah mimpin negri jg pernah mengingkarinya ….klo di ibaratkan ini baru ujian pertama buat pak jokowi,masih ada sisa waktu 4 tahun lebih buat nunjukin hasil kerjanya…dengan sisa waktu yg panjang kita gk tau apakah nanti ke dpannya bbm naek lg ato kah subsidi benar2 di hapus,jd bbm tanpa subsidi…cm ya itu td,hasil dr pengalihan ini yg harus tepat sasaran ….
      Jd kita tunggu saja endingnya pak jokowi seperti apa di 2019 nanti,yg pasti kita doakan beliau bisa melakukan dan berbuat yg terbaik untuk negri ini ke dpannya…
      Salam hangat bung rafly

      •  

        Saya rasa bukan masalah fanatik atau tidak sudut pandangnya disini bung ncank, ini masalah komitmen saya pun sama seperti anda tidak memilih beliau kemarin dan saya rasa jejak saya banyak di sini, tetapi saya menghormati dan tidak pernah mem-bully beliau.

        Kalau menurut saya janji kampanye sangat penting bung, karena dari situ kita bisa menilai komitmen dan integritas dari seorang pemimpin. Bila diawal saja dia bisa menapikan janjinya apalagi selanjutnya?? Jangan malah kita mengikuti yang tidak baik seperti yang anda sebutkan dengan mengingkari janji.

        Pengalihan dananya harus tepat sasaran… saya setuju, tapi saya jadi ragu lagi ketika tahu KIS, KIP, KKS ditujukan untuk mengurangi dampak dari kenaikan harga BBM karena kartu2 tersebut pun masih dipertanyakan legalitasnya dan siapa saja yang berhak mendapatkannya.

        Kalau saya mengkritisi Jokowi jelas karena itu memang komitmen saya dari awal, tetapi kritis yang bertanggung jawab tidak ada bully dan fitnah yg keluar dari tulisan saya. Dan apabila banyak kebijakan yang tidak sesuai dengan apa yang beliau janjikan dalam kampanye saya khawatir apakah bisa beliau menyelesaikan tugasnya sampai akhir?? Karena banyak juga yang memperhatikan beliau di negeri ini.

        Salam hangat juga bung ncank

  45.  

    yng kasihan rakyat yg nga punya kerjaan tetap, yg rata2 milih jokowi, pastinya bnyak yg kecewa,.

    •  

      saya ngga punya pekerjaan tetap.dan pas pasan dan saya juga ga milih jokowi tapi. saya dukung sekali kebijan ini karena untuk mada depan anak cucu kita dan bangsa. realistislah subsidi.bbm yg nikmatin tuh yg banyak. siapa? anda liat coba dikota2 besar klo weekend macet total ditempat2 rekreasi…..blomlagi dijkarta ane sering gaya anak2 muda yg gajinya blom.sebetrapa tapi naik mobil setiap hari buat ke kantor ….hehe karena bensin muraaah,…

  46.  

    dulu saudara saya gagal masuk sekolah unggulan bukan karna nilainya kurang tapi ga kuat ongkosnya akhirnya ia memilih sekolah terdekat yg fasilitasnya ala kadarnya, kualitas pengajarnya pun ?

  47.  

    Ane pribadi bbm naek ok aje lah…yg penting pengalihan/peruntukannye dari subsidi jelas,dan tepat sasaran..apelagi buat rakyat kecil yg bener” sangat,sangat susah dg kenaikan ini paati ada efek domino,karena akan memicu kenaikan harga yg lainye…tolong perhatiin rakyat yg memang bener- bener susah akibat kenaikan bbm ini..asal demi kebaikan,kemakmuran rakyat dan negeri ini ane ikhlash dunia akherat….!!!

    ….NKRI HARGA MATI….

  48.  

    Beruntung sekali ya kita hidup di Indonesia, harga BBM per/liter cuman Rp 3.000, di Eropa/Amerika harga BBM per/liter 5x lipat dari ini, bersyukurr maklum orang kecil hehe 😀

  49.  

    Hanya sekedar berbagi pengalaman…. tahun 1996 saya kuliah di Malang. Waktu itu harga bensin Rp.2500 (kalo salah tolong dikoreksi, soalnya lupa). Dan sampai sekarang sudah berkali-kali mengalami kenaikan harga BBM. Dan saya belum pernah lihat pedagang kecil dan masyarakat kecil mati kelaparan. Memang benar biaya hidup meningkat dan sangat terasa pada awal-awal bulan. Tetapi setelah lewat setahun lebih ya normal lagi kehidupan mereka.

    Maaf ini hanya berdasar pengamatan saya dalam ruang lingkup yang kecil.

    •  

      Tahun 96 di Malang masih sangat dingin ya bung :mrgreen:

    •  

      Wah angkatan ’96 juga ya bung xtrada. Saya sih orangnya paling malas liat jauh tanpa liat yang deket bung. Sejauh pengalaman hidup di malang sejak ’96 sampai sekarang belum pernah ada orang yang mati kelaparan akibat bbm naik dan belum pernah ada usaha yang gulung tikar. Yang ada malah warung lalapan ayam yang dulu jadi langganan, sekarang sudah punya rumah sendiri (dulu nyewa).

      •  

        jangan terlalu sering melihat dekat bung. nanti rabun jauh 🙂

        sebagai “wong cilik”, meski tidak setuju saya menerima dengan lapang dada. otomatis per hari ini daya beli dan daya cicil saya langsung menurun.

        alangkah eloknya jika beban ini ditanggung bersama-sama. kami wong cilik dicabut subsidinya. tetapi mereka yang menikmati fasilitas dan digaji negara juga harus berhemat. bekerja lebih keras. yang bocor-bocor segera ditambal.

        bisnis kuliner memang menjanjikan bung. mertua saya juga punya warung soto ayam. tahun 2005, saat saya menikahi anak gadisnya harga seporsi masih 7000 rupiah. sekarang sudah 15000 rupiah. rumah sih gak nambah seperti contohnya bung tedjo. tapi alhamdulillah 6 orang anaknya bisa kuliah semua 🙂

    •  

      700 rupiah kalee bung taun segitu…

  50.  

    Waduuuh gk cman selsei masa kampanye legislatip aja rumah sakit jiwa pada penuuh ama pasien… abis BBM naik antrian pasien bakal berjubel niih mo nginep disana

  51.  

    Yg demo2 bbm naek lebay bgt..naek 2000 doang..contoh kecil aja..beli sebungkus rokok aja 14000an sanggup..beli bbm 8500 aj ngeluh..75% subsidi di pakai sm yg punya mobil..motor paling 20 rb udh full..dibanding mobil yg sekali isi 300 sampe 400 rb ..bijaksana lah ..more productive not consumtive

  52.  

    SHELL, Petronas, setrooooong

  53.  

    Ngontel ae cak…sehat…bensine sego pecel 5ecu…

  54.  

    Horeee…hidup jokowi…akhirnya bbm naik…pesta lagi naik kereta kencana keliling monas…mantap

  55.  

    Sebetulnya kalo ga pake subsidi brp harga premium?? Yg pake Ron 88 itu siapa aja didunia??

  56.  

    Sobat, tidak usah mengeluh dan tidak usah saling menyalahkan, BBM sekarang naik, sekarang tinggal bagaimana ke depannya kita bersama sama maju dan menjaga agar pemerintah dapat benar benar fokus agar masyarakat dapat menaikkan tingkat pendapatannya.
    Dulu Para Pendahulu kita sanggup merdeka dengan keterbatasan mereka ,sekarang mari kita juga berusaha dengan cara yang benar meningkatkan usaha kita untuk mencapai kemerdekaan ekonomi,
    Allah itu ada, sobat, Dia pasti akan menolong hamba hambanya yang berusaha sekuat tenaga memajukan negara ini, Tugas kita semua untuk membenahinya .tanggungjawab kita bersama untuk menyejahterakan negara ini. Ayo semangat!

  57.  

    Naiknya Terlalu Sedikit…….Kenapa ga naik 200 % saja

    •  

      kenaikan 200% = rp 13,000, jadi harga baru = rp 19,500

      gini aja bung beti,

      sekarang anda bayar premium hanya rp 8,500, jadi untuk tiap liter premium yang anda beli, sisihkan rp 11,000 untuk panti asuhan.

      hitung2 anda tetap keluar rp 19,500 / liter, tapi rp 11,000 jadi tabungan amal anda, mantap kan?

  58.  

    naik terus biar asing bisa menjamur

  59.  

    klo dri pemikiran sempit saya mndingan bbm itu tidak usah di subsidi sekalian bukannya krna saya mampu atau apa saya jga cma kuli yg tidak mnentu nasibnya kedepan seperti apa.
    tapi karena isu bbm ini terlalu sering jdi sumber masalah di negri ini dan itu masalah yg komplek.
    hemat saya klo subsidi bbm di hentikan total mungkin masalah siklus komplek yg terjadi setiap pemerintah menaikan harga bbm bisa terhenti.
    pasti ini sangat berat bagi kita rakyat kecil. tpi ini semua bsa mnjadi awal untuk melatih kita jdi rakyat yg kuat dan tidak manja lagi. untuk melatih org di pemerintahan mnjadi org yg memikirkan kesejahtraan rakyat seutuhnya bukan mnjadi org yg tenar dengan menyengsarakan rakyat, saya yakin mereka mampu karena mereka semuanya org yg sangat pintar yg sekolahnya pun tinggi dan bahkan sampai di berbagai penjuru dunia. tidak seperti saya yg hanya lulusan smk yg dulu ketika sekolah setiap hari harus melewati pematang sawah dan harus bangun sangat pagi hanya demi untuk sampai di sekolah saja.
    ini masalah berat memang tpi kalau tetap seperti sekarang siklus akan terus berulang siapa pun nanti presidennya. karena kita bergantung pada energi yg tidak terbarukan yg suatu saat akan habis dan tentu saja seiring semakin menipisnya persedian harganya pun akan terus merangkak naik.
    dan tugas pemerintah setelah itu adalah memikirkan sebaik dan sekeras mungkin bagaimana agar rakyat mnjadi sejahtra.
    maaf tulisanya semrawut, ini hanya sedikit curhatan saya saja. just IMHO

  60.  

    segara setelah kenaikan harga BBM, maka saatnya anggaran Pertahanan dinaikan lagi menjadi 200 T …………. !!!

  61.  

    SEMUA UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA..
    YANG MIKIR DIATAS ORANG2 TOP DALAM BIDANGNYA..
    APA UNTUNGNYA MARAH2..BISA2 DOUBLE STROKE NANTI.
    BIAR GA MARAH APA PINDAH KE ARAB SAJA..
    (ceweknya cincai2 lho..mau2..mau2..?)

  62.  

    lagi -lagi minyak, yang di utak atik, sepertinya sudah jadi komoditi politik.
    minyak itu menyangkut hajat hidup orang banyak, tak peduli kaya ato miskin.
    hemat saya, orang yang gak makan sekolahan, sepertinya ingin cenderung yang instan kerjanya, cepet terlihat, sepertinya bapak-bapak yang diatas itu orang yang pintar dan terpilih, kalo cuman ngoprek bbm dari dulu juga begitu dan hitungannya udah bisa matemateka banget. belum ada ato belum terpikirkan solusi yang laen, kalo tegas itu dari hulu sampe hilir, termasuk birokrasi.

    tapi emang naekin bbm sudah memaksa banget…seneb rasanya…dada ini…efeknya sama komoditi pangan, sandang dan papan….ampun pa .. ampunn.

 Leave a Reply