Oct 192014
 
mercusuar-tanjung-datuk

Tiang pancang mercusuar dicat merah putih di perairan Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, Jumat (30/5/2014) (VIVAnews/Aceng Mukaram)

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Manahan Simorangkir, mengatakan menara suar yang sempat dibangun oleh Malaysia di Tanjung Datuk, Kalimantan Barat, sudah dibongkar mulai malam hari ini (17/10/2014).

Menurut laporan yang diterima oleh Manahan, Malaysia sendiri yang membongkar bangunan setinggi 13 meter tersebut.

Demikian ungkap Manahan yang dihubungi VIVAnews melalui telepon pada Jumat 17 Oktober 2014. Atas tindakan Negeri Jiran itu, Pemerintah Indonesia menyatakan apreasiasi yang tinggi.

“Karena itu berarti, mereka memegang komitmen dan niat baik untuk tetap menjalin hubungan baik dan menjaga keamanan regional. Kami berikan apreasiasi yang tinggi kepada Malaysia,” kata Manahan.

Sementara itu, terkait wilayah lautnya, tambah Manahan, masih tetap menjadi status quo. Artinya, tidak boleh ada kegiatan apa pun di sana yang dapat memprovokasi. “Masing-masing pihak, tetap saling menjaga stabilitas wilayah,” ujar dia.

Sementara itu, Duta Besar Kerajaan Malaysia untuk Indonesia, Zahrain Mohamed Hashim, hanya menyebut bahwa kasus sengketa di Tanjung Datuk telah selesai.

“Kasus pembangunan menara mercusuar di Tanjung Datuk sudah selesai. Penyelesaiannya sudah ada dan diterima kedua pihak,” kata Zahrain yang ditemui VIVAnews dalam pertemuan media terbatas di Gedung Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Selatan.

Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut, penyelesaian macam apa yang diterima oleh kedua pihak. Zahrain menjelaskan, selain Tanjung Datuk, masih terdapat tiga area lainnya yang disengketakan. Ketiga area tersebut yakni, wilayah di Sulawesi yang disebut Indonesia sebagai Ambalat, area di Selat Malaka, dan sebelah timur Singapura.

Isu sengketa di Tanjung Datuk ini dimulai dari keresahan warga di sana yang melihat adanya aktivitas pembangunan mercusuar oleh Malaysia. Kepala Dusun Mauluddin, Desa Temajuk, Zamri, mengaku melihat sendiri aktivitas pemasangan tiang pancang mercusuar oleh Malaysia. Namun, dia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karena takut.

TNI AL akhirnya turun tangan berpatroli, karena bangunan mercusuar itu berdiri di perairan Indonesia. (Vivanews).

Bagikan Artikel :

  62 Responses to “Menara Suar Tanjung Datuk Dibongkar”

  1. pertamax hehehe….ahirnya

  2. Bismillah,, kulanuwun

  3. setelah sekian lamanya….

  4. 5 besar

  5. monggo…

  6. Bung Satrio sy sudah tau jawabannya
    Jet medium light fighter yg tempohari sy lihat di JL.nipa2 makassar adalah ini :

    http://www.f-16.net/forum/viewtopic.php?t=16228

  7. hehehe… baru tau dia….

  8. syukurlah akhirnya dibongkar juga

  9. saya pakai formula i bung..nyalip sana sini lancar.

  10. malay mulai gamang dengan gertakan indonesia,selama ini mereka selalu pura pura tidak menggubris.

  11. itulah efek dari Militer kita yang kuat mereka jadi tak berkutat..
    Malaysia sadar juga ternyataaaah ..

  12. evek dari parade HUT TNI kemaren bikin getar tetangga juga…ahahahaha

  13. hadeww… malu nya

  14. Kenapa bongkarnya malam hari?
    Apakah ada dari pihak TNI yang mengawasi proses pembongkaran tersebut?

  15. Sby selesaikan batas maritim dgn timles, pinoy dan si upil.. ayo Jokowi selesaikan masalah perbatasan dgn malay dalam 5 tahun kedepan. Syukur2 bisa rebut pulau pasir dari aussie..

  16. Absen pagi….!!!

  17. ane kagak tau napa malay ngebongkar neh menara..tunggu dolo lah seton dua taon, ato diemin ajah..masak geto doang trus nurut 😆

  18. sllu wspada dgn ulh malon, jgn smpai kt lngah ntr dtikm lg dr blakang

  19. PR utk pemerintahan jkw kedepan agar hal seperti itu tdk terulang dan indonesia hrs tegas dlm mempertahankan kedaulatan wilayah perairan terutama di perbatasaan yg rawan di ambil alih jika lengah.

  20. Menara suar di bongkar tapi perjanjian batas laut di ulur2 bahkan cenderung tidak mau diselesaikan….. ini jiran culas benar2 menunggu kesabaran TNI habis …kelak mereka akan sadar penyesalan itu datangnya selalu belakangan… NKRI harga mati.

  21. Ga jadi buat latihan tembak kaprang kita dunk..:)

  22. Preman kapung unyu2..bertato bunga..berbaju renda2..bercelana pinky..berkutang..bersenjata pisau dapur karatan pingin memperluas daerah kekuasaan sampai daerah preman alim tp menakutkan.
    Tentu sj preman alim nan menakutkan marah., diperlihatkanlah tato tengkorak..baju dan celana penuh noda darah bekas pertarungan dimasa lalu..serta senjata pedang panjangnya.

    Si preman kampung unyu unyu amatiran pun mundur teratur..berlari sambil menghapus tatonya

  23. lihat alutsista yang datang berombongan ke RI bikin mereka mikir kali yak, semoga nilai tawar kita yang semakin tinggi diteruskan dengan menambah alutsista yang lbih serem bar nggak macam macam tuh si upin ipin ( nggak pernah Pertamax ya)

  24. Bagus, semoga tobat beneran tuh …..

  25. Tambah terus alutsista yg menggentarkan, bukan untuk menakut2i tetangga, tapi biar tetangga tidak clutak dan tahu diri. Kalau alutsista yg dibeli tidak bikin gentar tapi malah bikin geli, tetangga jadi usil dan clutak, jadi suka menggoda dan mengolok-olok, ulahnya macam2 karena tahu senjata penjaganya tidak bikin gentar.
    Semoga era Jokowi JK, anggaran TNI ditambah hingga mencapai 1,5-2% PDB seperti negara Eropa sekarang. Harga diri, keamanan dan NKRI adalah sesuatu yg tidak ternilai harganya. Jadi jangan coba2 utk membeli alusista yg tidak bisa berfungsi pada saat dibutuhkan, walaupun sehebat dan secanggih apapun alutsistanya. ngarep.com

  26. Hmmm, Bagus… Bagus…
    Lain kali jangan buat masalah lagi ya… Walaupun alutsista kami masih belum ideal, negara sekelas anda itu bukan tandingan kami

  27. Senggol bacok …

  28. Kaget. Terbngn dari tidur gara2 lengkingn sukoi.

  29. ha ha ha ngeri-ngeri sedaaaaap katanya

  30. yg pst malay mnt kompensasi sdkt dr TNI,ya itung2 bt nyenengin ntu TDM lah… ksh pelajaran SD dr sang Professor Perang,hehe…

  31. ternyata setelah TNI melakukan parade militer besar2’an malon down juga ngeliatnya, pdhl itu baru 1/3 nya blm full servisnya ,,

  32. Kawal terus perairan tj.datuk dan sekitarnya dengan pengopersian pangkalan militer 3 matra, dan lain kali kalo terjadi kasus serupa, hajar aje langsung, kagak pake peringatan sgala !!!

  33. he..he..malay udh nyadari diri akhirx,Kmi dprbtsn kalimanntan udh mrsakn g berani maen kucing2n biasax berani terobos prbtasan kita jg seludupkn kekayaan kita,efek klo militer kita kuat hsilx begini Rakyat Prbtsn jd Aman n Tentram g dihantui lg oleh Tentre Malay Sok Jaguh yg main hkim sndiri… Mf cm omongn anak Prbtsn aja & siap slh..NKRI Haga Mati….

  34. Jarang2 neh malaysia ampe nurut di suruh bongkar…apakah mereka trauma udah pernah kena lock kmaren?

  35. Malaysia mulai mengerti makna dari “kesantunan” TNI…….

  36. Salam kenal jg @Bung Shelo…Mf jd curhat nie,trkdg Ane dagang kecil2n dprbtsn Kalimantan..jd rsax Tau gmn klo trtngkp oleh Tentre Diraja Malay Prlakuaanx kasar tdk manusiawi..Alhmdllh skrg TNI dh byk jga dprbtsn mngkin pngaruh ambalat serta tanjung datu Prbtsn dprhtikn…he..he.. Slm Kenal jg @Bung Ncank & Bung Puh…Semoga Sehat Wal Afiat smuax….

  37. Inilah bukti bahwa kekuatan militer bisa memperkuat diplomasi kita. Dengan adanya MEF 1 dan MEF 2, sejumlah negara tetangga spt singapura dan philipina sdh menandatangani perselisihan perbatasan yg sdh lama tdk terselesaikan.

    Diplomasi santun tetap kita lakukan tapi hrs didukung oleh kekuatan militer yg handal. Sbg penjaga perbatasan dan utk mempertahankan tanah air, serta kekayaan alam didalamnya, kita perlu kekuatan militer yg cukup kuat. Kita tdk boleh lupa akan sejarah dimana australia dgn seenaknya masuk ke timor2 tanpa santun, malaysia bisa mengeksplorasi di wilayah sengketan sipadan ligitan tanpa kita lawan, malaysia berusaha menguasai ambalat, dan tanjung datuk. Kita juga bisa menjadikan ukrania sbg guru bagi kita bahwa kekuatan militer haruslah kuat supaya bisa berdaulat di negeri sendiri dan mempertahankan wilayahnya dari negara besar spt usa dan cina yg ada di depan mata.

    Alutsista strategis wajib dimiliki dan dikuasai agar ketergantungan dengan pihak luar diminimalkan utk menghindari boikot disaat terjadi konflik yg bisa terjadi kapan saja. Roket, kapal selam, pesawat tempur, fregat, tank, helikopter dan amunisinya harus tersedia di dalam negeri. Alutsista strategis yg bisa mendikte negara sekitarnya spt peluru kendali balistik wajib dipunyai oleh negara kita. Iran, korut, india, dan cina menjadi negara yg kuat dan tidak dianggap remeh krn rudal balistiknya. Rusia berhasil mendikte negara eropa dan usa dgn rudal2 bullavanya shg mereka takut utk membantu ukrania.

    Masih banyak lubang2 pertahanan kita di selatan jawa, selatan irian atau maluku, utara irian dekat guam, kalimantan utara dan barat, dan lampung.

 Leave a Reply