Dec 012016
 
roket

ilustrasi : Roket

Sebenarnya RI mampu untuk membuat Rudal sekalipun, jika tanpa embel-embel gangguan hambatan dari dalam maupun luar negeri, analisa saya sbb :

1. Rudal adalah kombinasi secara integrated sebuah Rocket & system kendali yg berupa motor, actuator, sirip, motor roecket, sensor, sensor, dan “OTAK’ yg berisi kemampuan mengolah data secara indpenden.

2. Roket sebagai badan rudal adalah bagian yang paling mendasar terdiri dari Nozle, Comsbustion Camber, sistem bahan bakar, dan head (war head, electronic system dan lain lain tergantung keperluan).

3. RI sejak jaman Bung Karno sudah mulai melakukan peneliatan & percobaan baik di Lapan, ITB & UGM, masih tergolong roket primitif namun sudah bisa terbang dengan lintasan cukup linier.

4. Pengembangan Roket jaman Bung Karno terhenti seiring hilangnya support dari Uni Soviet & juga banyak dibekukannya kegiatan mahasiswa.

5. Masa Orde Baru penelitian Roket sudah sampai meluncurkan RX 250 mm, dan sudah ada blue print ke RX 300, RX 350 mm.

6. Seiring berkembangnya Geopolitik, Roket menjadi hal yang istimewa dan teknologi serta jarak tempuh menajdi sensitif dan mucullah Regim pembatas Roket.

7. Entah apa sebabnya, setelah RX 250 mm jaman Orba meluncur di Pameungpeuk, Garut, tidak ada lagi peluncuran RX di atasnya.

8. Masa SBY terasa ada angin segar masa Lapan dipimpin Arie Sadewo Salatun, banyak RX diluncurkan, dan diketahui akan ada RX 350, RX 400, RX 500 hingga mimpi RX 1000, tentu menjadi tantangan bagi para ilmuwan lapan, perguruan tinggi, BPPT dan lain-lain,vuntuk menemukan berbagi elemen penting pendukung Roket tersebut.

9. Tersiar Kabar Lapan berhasil membuat ramuan bahan bakar Aluminium perkhlorat dan UGM membuat bahan bakar dari extract asphlat buton yang konon lebih kuat dari specimen bahan bakar bekas Harpoon.

Roket RX-550 Lapan

Roket RX-550 Lapan

10. Terdengar berita yang menggembirakan Lapan berhasil membuat Nozzle untuk RX 300 meski diawali banyak kegagalan, wah lumayan nih sebab perlu teknologi tinggi untuk membuat material yang tahan temperatur tinggi dalam waktu yang lama.

11. Setelah launching RX 300 tidak ada lagi kabar berita test pengemabangan roket dari LAPAN, entah apa penyebabnya.

12. Yang jelas keberhasilan RI meluncurkan Roket kelas RX 300 saja sudah membuat banyak pihak ketar ketir..apalagi jika RI bisa membuat RX 500 yang dipakai untuk peluncuran Satelit, sebab bukan hal yang susah pada roket tersebut tinggal disematkan teknologi kendali agar roket ini menjadi RUDAL/Missile.

13. Jelas ada pihak pihak tertentu yang tidak happy RI bisa membuta Roket apalagi sampai RX 500, sebab RX500 bisa menjakau jarak 500 km tergantung kualitas Fuel & Cap nya.

14. Yang ingin menghambat RI pasti dengan segala cara, langsng maupun tidak langsung, keras maupun lunak.

15. Fakta saaat ini tidak ada lagi berita signifikan pengembangan Roket RX350, RX 400 hingga RX500. Roket RI ditelan bumi, roket RI menguap di angkasa, namun bakat-bakat itu masih terus bisa direalsiakaikan tentu dengan sikap para pemimpin yang Konsisten, Kontinyu untuk kepentingan Bangsa.

Jayalah Negriku Indonesia Raya

Oleh : Itto

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  66 Responses to “Mencari Ujung Labirin Proyek Roket Rudal Indonesia”

  1. R-han gmn?

    • Analisanya kok ngawur ya ?

    • 2014-2015 saya magang d pustekbang lapan. denger” dr obrolan pegawai jadi R&D merupakan program pokok LAPAN, tapi untuk proyek dan anggaran harus mengikuti rezim pemerintah maunya seperti apa dan kemana arah riset.
      semua tergantung anggaran pemerintah.

      • ROKET – VAKSIN – NUKLIR – PESAWAT + Klewang
        = Proyek senasib …..Yang ingin menghambat RI pasti dengan segala cara, langsng maupun tidak langsung, keras maupun lunak.
        1–Untung keras kepala pak habibi Berbuah
        2–Moga Program KALSEL Tak Bernasib SAMA (Hilang tanpa bekas)

    • kreatifitas insinyur dibatasi.
      padahal kta salah satu pegawai avionik Mr. A.S, jika dalam keadaan terdesak , LAPAN bisa saja memproduksi roket masal dg embeded hulu ledak tpi mengesampingkan control guide alias rudal “PENGAMUK MASAL” yg arahnya ga karuan kemana.

      • Control guide bukan hal yg sulit untuk jaman skr..banyak di pasar bebas..tinggal di sempurnakan dgn anti jaming,drone fix wing (sama control guidenya)..saya pernah belajar pemetaan dengan drone menggunakan gps (auto pilot) rupanya sangat mudah di kendalikan padahal ini drone hasil karya anak2 bandung..jadi kalau masalah control guide saya rasa bukan alasan lagi..

    • CONTOH PARA PENGHAMBAT NKRI ITU KMRN YANG DI VONIS SEUMUR HIDUP.

    • Technology rocket …missile …radar …satellite Dan kapal Selam..sangat sulit Dan rumit …
      Tidak Ada yang mau ajari ..
      Harus mencontek …atau illegal (mencuri).

      • Iran dan Korut yang sering ditekan dan dihalangi negara lain ternyata mampu mempelajari dan menguasai teknologi roket.

      • Yg paling susah itu bagian elektriknya, prosesornya, programnya, kita tak punya pabrik chip, paling jg impor ch dari China..lagian jg percuma Indonesia punya Alutsista gahar n modern, buat apa ,Mubajir….negara lain tuh kl mo nyerang Indonesia cukup ambil foto pk simbol agama tertentu ngencingi salah satu kitab suci, sebar ke medsos, perang sendiri, ancur sendiri, ngak perlu menembakkan sebutir peluru pun. Agan agan lihat sendiri kan demo demo saat ini. Ini kesempatan emas agen asing mempelajari Indonesia, tanpa sadar MUI telah menelanjangi ketahanan negara ke pikah asing dng fatwanya…

  2. Hanya bisa mengelus dada jika membaca berita ini

    • Harusnya di Indonesia di buat BUMN sendiri khusus Rudal dan Roket agar bisa spesialis kemampuanya

    • Katanya jago modifikasi… Katanya jago ngoprek motor jepang… ngoprek roket jadi rudal saja kok minta TOT china…

      *NYESSS DIHATI*

  3. Sehat 2 aja…

    • Ya ,petinggi kita tak ada niat serius dalam hal ini ,mau gimana lagi padahal kalau ada niat pasti ada jalan ,kerjasama dengan luar ,beli lisensi ,kirimkan insinyur belajar ke luar ?

  4. Harusnya kita kumpulkan academi tehnik se indonesia untuk pengembangan alat intregrasi elektoniknya,masalah bahan bakar roket si gampang ,yg penting sistem elektroniknya,yg paling utama, agar menjadi sebuah rudal.

  5. ilmu kelistrikan itu penting, karna tiada ilmu kelistrikan ga bakalan alat elekronik tercipta,

  6. Komenku ga mau nongol ngumpet di mna ya…

  7. mungkin program develop nya kehabisan dana atau material nya lg nyari yg lebih bagus atau nunggu anggaran baru atau program nya dirahasiakan atau atau apa lagi ya … ??? bingung neh ga ada gossip dari para tukang … kalo dulu ada bung Jalo, skrg fb nya jg ga aktif tuh !!!

  8. Kenapa masih begitu mudahnya indonesia bisa disetir dan dikendalikan oleh pihak asing,kalo wacana artikel diatas tuh benar adanya?

    • Jika indonesia mampu membuat rudal,maka hanya tinggal nunggu waktu 8-10 tahun maka RI akan menjadi calon negara adidaya militer, dan tentunya AS cs tdk mau itu terjadi
      (Cuma opini pribadi)

  9. Kalo uang sudah berbicara, tidak ada yang tidak mungkin..

  10. kuncinya ada dipanglima tertinggi……..
    tombolnya ada ditangan panglima tertinggi…
    perintahnya ada dihati panglima tertinggi….
    kesuksessannya ada di panglima tertinggi….
    berarti panglima tertinggi yg menentukan rudal bisa cepat atau lambat produksinya.
    lihat ukraina sedang ujicoba rudal,jika panglima tertinggi jeli
    melihat keadaan ini bisa jadi peluang berlian untuk sama2 riset dengan ukraina,ukraina butuh dana buat riset rudal,jadi ri bisa lobi untuk sama2 buat rudal,pasti ukraina mau…
    70 ri 30 ukraina modalnya…
    atau ri 60 dan ukraina 40,jangan ragu2,kita minta full tot,pasti ukraina setuju…….
    demi tekno mutakhir,biar keluar uang banyak,demi swasembada rudal….
    batalkan semua dulu pembelian alutsista lain,fokuskan kerudal
    pasti berhasil….
    jangan banyak teori…..
    tapi kerja nyata
    ri beli su 35,punya cinok lebih canggih sama saja kita beli jeruk
    buat nandingi bos jeruk,jeruknya yg habis digulung bos jeruk.
    beli dari asu….
    paling dikasi elang kurap….sama saja beli elang kurap,buat melawan anti kurap,mati konyol elang kurap.
    beli typon…. haduh kena ham….beli dari psk mami eli mana bisa dipercaya,namanya juga psk manis dibibir doang,tapi menikam,ntar kok sudah jadi ditinggal lagi itu pesawat ditailand,sakitnya itu disini.( mama eli sama anaknya yg jaguh gak jauh beda,keparat gosong)
    beli dari francis…. mahal pesawatnya,pesawat tuyul berjalan
    sparepartnya muahal…..l,uda gitu negara songong,negara nya suka mengancam gara2 warganya dieksekusi mati karna narkoba,negara penipu,negara soak,negara gak menepati janji,negara aneh( rusia uda kena,apapun alasannya francis,negaranya penakut,negara yg gak punya wibawa,negara rongsok,negara munafik sedunia,negara seribu alasan,negara gak punya keberanian,negara gak berdaulat tapi berulat)
    beli gripen…. haduh pesawat gado2,pesawat gak punya tujuan
    ( satu negara merajuk,gak boleh dipake teknonya habis itu pesawat jadi bangke,emang swed.. bisa buat kalau satu negara pembuatnya merajuk,kegot aja lu gripen,pesawat gak punya masa depan)
    jadi solusinyA yaitu rudal…..
    ful tot dari ukraina.. jangan banyak ragu,maju terus pantang pulang kalau belum bisa terbang itu rudal.siap kan uang…
    sumpalkan keukraina itu uang,ayo ukraina kita buat rudal
    full tot,ukraina akan jawab ok bos,semua bisa diatur yg penting
    uang…. dan uang yg lain sampah…
    bereskan urusanya,tinggal tunggu….
    setahun…
    dua tahun…
    sampai lima tahun….
    jadi gak rudalnya…
    jawab:
    a. jadi
    b. setengah jadi
    c.gagal
    d.molor
    kalau cint.. jawabnya jadi…..
    sejuta persen jadi…
    jadi bukan teori yg dibesar2 kan
    tapi niat dan kemauan yg dibesarkan…
    jadi apapun itu masalahnya yg penting niat…
    niat….
    niat….
    niat….
    uda jelas sekarang….
    .

    • niat banget bung nulisnya… salam

    • Setuju untuk rudalnya..tapi panglima tertinggi kan menerima masukan dari bawahan…lha bawahannya kira2 ngasih masukan tersebut gak kepada panglima tertinggi…tugas panglima tertinggi kan sangat komplek…

  11. You didn’t know what I know.. My brother was occupied at pindad (divisi munisi) turen-malang-jatim.

    • Pindad bukan tempat yang tepat buat rudal dan roket bung . Yang tepat itu malah DI . Butuh laboratorium terowongan angin kecepatan tinggi ,supersonic .Kita hanya punya terowongan angin kecepatan rendah .
      Olah gerak sayap,dan sirip ekor perlu di teliti menggunakan alat ini tanpa alat ini aeronotika gerakan roket tidak bisa di uji ,belok,naik dan berputarnya bagaimana . DI sampai hari ini hanya emnggunakan terowongan angin kecepatan sub sonic karena hanya merancang pesawat angkut propeller .

      • Justru paling tepat di pindad brooo.. pt DI cuma buat ngetes aja. Emang pt DI bisa bikin bahan peledak??? Mikir dong..

  12. Siapa yg menghambat….? Sikaaaat aja broo…

  13. pantes g begitu trtarik beli rudal trnyata kita dh bisa bikin toh…

  14. Itto itu siapa ya.? Ada yg tau.? Atau masih saudaranya Mr. Ubed.?…hmmm

  15. Semangat bung Itto! Apreseasi buat anda karena keberaniannya menuangkan pemikiran dalam tulisan. Menulis artikel memang gak gampang bro, penguasaan tatabahasa, sistimatika penulisan, pemahaman dan pengetahuan atau pemgalaman yang luas sangat diperlukan. Bersyukurlah kalau ada yang mengkritik anda karena mereka menginginkan lebih baik lagi. Sukses untuk anda.

  16. jika indonesia bisa membuat dan bisa resmi meluncurkan itu RX family, ane yakin kehormatan indonesia akan naik 80 % bung, bisa lebih di segani di mata dunia. si ikan teri kek asutralia udah gak ada apa2nya lagi,

  17. Terus ujung labirinnya apa ?? UUB ujung ujungnya beli saja ..wuhehehe mbelgedes..

  18. why not

  19. ini elemen strategis sss rahasia..

  20. Di rumah gw ada stock rocket banyak dari r 300 sampai r 10000, tapi yg gue pake sehari2 r25 dan r tiga….

  21. tanya ke KEMENHAN induststri strategis harus di update perkembangan ? atau bung ito main ke pantai santolo di garut selatan ada apa tabung panjang 6-7M yg bediameter kurang lebih 70-80 cm .negara lebih pintar dari pada analis anda yg menyedihkan

  22. Kalau kagak ada berita-nya bukan berarti “mati” di tengah jalan kan? Jadi jgn terlalu mengandalkan berita dalam ber opini, tanya tuh langsung ke menhan dan LAPAN 😀 atau lu kerja di pt.lapan biar lu tau segalanya tentang pengembangan RX 😀

  23. negara yang bisa membuat rudal apalagi rudal jarak jauh maka kekuatan militer asing sebesar apapun akan berpikir seribu kali untuk menyerang

  24. Setahu saya, Pimpro Pengembangan Roket Lapan pernah bilang di media, bahwa untuk Roket berdiameter besar memang sangat sensitif untuk dibicarakan. Maka perkembangan Roket berdiameter Besar sengaja tidak diekspose. Jadi bukan berarti proyeknya berhenti.
    Mudah2an ini benar.

  25. Saya yakin, LAPAN lagi berusaha melakukan uji coba roket kendali, masalahnya pemerintah masih setengah hati memberikan budget lebih, jadinya cuman gitu gitu doang. Coba kalau LAPAN di kasih target, 2017 harus bisa bikin rudal sekelas Iscander misalnya, di berikan budget yang sesuai, pasti jadi. Jika perlu di merger dengan pindad, sekalian jadi maju.Mosok bikin pesawat bisa, bikin rudal ora isok….kebangeten iki…

  26. Setiap negara kita mau maju pasti akan ada rongrongan yang siap mematikan ny,di dalam maupun dari luar,jaya trus bangsa ku

  27. Ingat tujuh program industri strategis yg diprioritaskan Indonesia, utk kemajuan industri pertahanan, rudal adalah salah satunya!, Dari tujuh program industri strategis, enam industri silahkan di ekspos dan di babar, klo industri strategis rudal….nanti dulu…silahkan di ekspos tapi rudal yg kecil2 aje, yang gede gmn?…..jawabannya ntar dulu.( Indonesia ga mau menanggung obat dan rumah sakit klo tetangga pada meriang…xixixi) faham!!! ( Ngupi lagi ah…)

  28. Rahsia negara..!
    Cukup TNI n lapan yg tau..
    Kalau masih penasaran coba blusukan langsung k gudang senjata TNI..(…kalau berani…)
    Aq numpang mw lewat k perumahanx aj lgsung d suruh push up 10x..

  29. GEK TERUS NYAPO?????

  30. Selain KPK yang ada, mungkin perlu dinentuk : komisi anti penghalang kreatifitas Bangsa / KaPKB siapa saja yg menghalangi kreatifitas baik langsung atau tak langsung bisa terkena pidana, untuk pasalnya DPR jago buatnya.

  31. tetap berdoa semoga pengembangan Roket Rudal Nasional berjalan lancar..

  32. Terus pantau

  33. Tidak adanya kemauan keras jadinya ogah2an, karena tidak didukung oleh dana yang memadai untuk riset/pengembangan, jadinya seperti jalan ditempat, …….. miris para petinggi RI lebih tertarik pada rudal delay C-705 buatan cinak !!!

  34. Kangen tulisan bung JALO.

  35. Perasaan pernah baca ni artikel di perpus sebelah……?????

  36. saat riset masih fase roket dulu itu, satu tantangan terbesar yah merancang nozel yg tahan panas

  37. Yang penting teknologi nya sudah dikuasai, jika kemandirian produksi propelan sdh dimiliki kita, baru kita bikin produksi massal roket dan rudal sebanyak-banyaknya, info nya roket Lapan sudah berhasil uji coba roket sampai 500 km, bahkan bocorannya pernah uji coba bisa nyampai 1000km.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)