Apr 252019
 

Sukhoi Su-22 Vietnam tabrak tembok landasan (foto : acquired by VnExpress)

Sebuah pesawat pembom tempur Sukhoi Su-22 Angkatan Udara Vietnam menabrak dinding ketika mendarat di pangkalan udara di Provinsi Yen Bai, dan pilot dilaporkan tidak terluka akibat insiden itu.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 02:30 siang hari Selasa pada pesawat Sukhoi Su-22M4 dengan pilot Letnan Kolonel Phan Trung Hai dari Resimen ke-921, Divisi Angkatan Udara ke-371 yang sedang dalam misi pelatihan.

Ketika mencoba mendarat, pilot dilaporkan tidak dapat mengeluarkan roda pendarat dan meminta izin untuk mengurangi ketinggian untuk menggunakan roda pendaratan darurat.

Dengan roda pendaratan darurat yang berhasil dikeluarkan, pilot Hai melanjutkan untuk mendarat di landasan pacu dan mengeluarkan rem parasut. Tetapi karena kecepatannya masih terlalu tinggi, tali parasutnya putus dan pesawat terus melesat melewati ujung landasan pacu dan menabrak dinding.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Nasional mengatakan bahwa “pilotnya aman, pesawatnya mengalami kerusakan ringan.”

Pihak berwenang Distrik Tran Yen di provinsi utara, lima jam di barat laut Hanoi, mengatakan seorang perwira darat bertugas memandu pesawat yang akhirnya mengalami kerusakan.

Menurut warga setempat, daerah tempat kejadian terjadi dulunya berbukit dan tidak berpenghuni. Militer Vietnam baru saja meratakan beberapa bukit untuk konstruksi dasar landasan pacu.

Kementerian dan Komando Tinggi Angkatan Udara Vietnam telah memerintahkan penyelidikan untuk mencari penyebab insiden tersebut.

Juli lalu, sebuah Sukhoi Su-22 milik resimen yang sama jatuh ketika dalam misi pelatihan rutin di provinsi tengah Nghe An yang mengakibatkan kematian kedua pilotnya.

VNexpress

 Posted by on April 25, 2019

  5 Responses to “Mendarat Darurat, Su-22 Vietnam Tabrak Tembok Landasan”

  1.  

    Hebat ini pesawat jadul masih kenceng juga larinya…sampe bablas

  2.  

    kaki rodanya jarang di kasih pelumas kalo bro
    technisi ya lupa ga di olesi WD 40 tuh.

  3.  

    Su-17M4 (S-54, “Fitter-K”) Versi ekspornya diberi nama Su-22M4 (pabrik S-54K).
    Versi produksi akhir dengan avionik yang sudah diupgrade, termasuk navigasi RSDN (mirip dengan LORAN), navigasi suar, navigasi inersial, pengintai laser, kompas radio, dan SPO-15LE yang lebih kuat (Klyon), dan SPO-15LE “) Sistem peringatan radar. Inlet fuselage tambahan (termasuk saluran masuk ram-air di dasar sirip) untuk memperbaiki aliran udara pendinginan mesin, fixed air intake shock cone. Banyak pesawat dilengkapi untuk penggunaan TV untuk peluru kendali dan BA-58 Vjuga pod untuk rudal anti radiasi. Mesin AL-21F-3…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2017/06/sukhoi-su-17-20-22fitter-pesawat-serang.html

  4.  

    Pespur sampah, loakin aja tuh ke Madura… Banyak yg minat, sekalian ama Sukhoinya. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh