Nov 082013
 
Lomba Renang Binsat Marinir

Lomba Renang Binsat Marinir

Kemampuan TNI secara personal maupun team, baik AD, AL dan AU sudah terbukti kuat, jauh sebelum adanya program MEF 1, dikarenakan nyali dan kemampuan uji kombatan personel, lahir dengan karakter kombat, bukan dari “laskar hentak bumi ”
apalagi begitu ditambahkan alutista cukup mumpuni.

Hal ini membuat negara-negara lain takut dan segan karena mereka banyak mengandalkan alutista modern, tetapi skill rendah. Contoh , US Navy Seal berguru ke Indonesia dalam hal surviving, tactical lead di Hutan Banongan, Situbondo Jawa Timur. Pengakuan kualitas tentara Indonesia di atas rata-rata, juga datang dari beberapa negara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mereka latihan bersama dengan Indonesia.

Mengenai kapal selam, alutsista itu merupakan benteng pertahanan terkahir RI dan bersifat senyap, mematikan serta unsur rahasia.

Pernahkah kalian mendengar unsur lambung KS 402 dan KS 401 adalah punya turunan ?. Hanya petinggi TNI AL yang tahu membedakan mana yang Rusia maupun mana yang Jerman.

Kemampuan TNI dalam mengutak-atik alutista dan mengkombninasikan/ meng-gado-gado alutista sudah tidak usah dipertanyakan lagi. Contoh KRI OWA buatan Belanda tahun 1968 (NATO) dapat dikonversikan dengan rudal Yakhont buatan Rusia. Kepiawaian inilah salah satu unsur kemampuan matra TNI. Belum lagi nanti korvet kelas sigma dari Belanda, dikonversikan dengan rudal R-han buatan indonesia dan juga rudal C-705, unsur radar maupun peluncur.

Ujicoba Penembakan Yakhont dari KRI OWA

Ujicoba Penembakan Yakhont dari KRI OWA

Belum lagi helikopter Anti-Kapal Selam (AKS) nantinya akan ” menuntun” Rudal yakhont, maupun C705 buatan China,
karena alutista biasanya di ”lock” unsur sofware maupun hardwarenya oleh negera penerbit. Hal ini mudah dilakukan oleh TNI.

Kembali lagi kisah KS indonesia era Presiden Sukarno, berjumlah 12 unit. Satu ”terdampar ” di Surabaya untuk museum degan lambung 410. Lalu bagaimana kisah Kapal selam lainnya ?. Bisa jadi akan diutak atik oleh TNI untuk bisa beroperasi. Sampai saat ini, Hiu semua kelas Whiskey yang note bene di atasnya KILO class tentu masih misteri dan tidak ada beritanya, apakah kapal tersebut dijual maupun di”sekolahkan ”.

Belum lagi TNI AU mencampur beberapa rudal dan bahkan bom dalam negeri agar bisa masuk di pesawat F-16 , maupun Sukhoi. Pemasangan rudal dan persenjataan tentulah disesuaikan dengan tugas operasi.

Roket RX 550 Lapan (photo: Audrey)

Roket RX 550 Lapan (photo: Audrey)

MLRS Astross II. Kenapa Indonesia membeli sekitar 40 truk peluncur beserta baterainya ?. Hal ini memang akan disinergikan dengan rudal buatan dalam negeri seperti R-Han,Rx420,RX550. Indonesia hanya kekaurangan teknologi pemandunya saja, untuk bisa sejajar dengan India, China dan Rusia. Jarak jelajah rudal Indonesia bisa kisaran 3 digit.

Dari ulasan saya di atas, kesimpulannya adalah: Biarkan TNI saja yang tahu alutistanya, baik kekuatan maupun operasinya. Justru yang berbahaya adalah, komponen-komponen bangsa yang ” mati ” akan cinta NKRI maupun cinta tanah air dan bangsa. Sudahkah anda saat mengibarkan bendera merah putih ?. (Adi).

  54 Responses to “Meneropong Teknologi Militer Indonesia by Adi”

  1. ulasan yang menarik dan setuju dgn isi yg terkandung didalamnya.. terutama ulasan “kapal selam, alutsista itu merupakan benteng pertahanan terkahir RI dan bersifat senyap, mematikan serta unsur rahasia”…

  2. Ingin rasanya bertapa di pantai laut selatan biar jumpa “nyai roro kidul”, mau tanyain tentang KS indonesia dia pasti tau yg sebenarnya, biar tidak penasaran terus…ada yg mau ikut tidak,biar ada saksi?

  3. terus -terusan membahas kapal selam memang tidak ada habisnya ( namanya juga silent killer) tetapi tetap hot di warjag ini ! klw kita lihat di gambar/foto kri cakra 401 ada yang satu tiang dan ada juga yang tiga tiang terus apakah tiang ini bisa di bongkar pasang, siripnya juga ada yang miring ada juga yang tegak lurus by om kenyot,makanya ada isu induk cakra dan ada anak cakra tapi wuallahualam hanya para petinggi TNI lah yang tau persis termasuk personil hiu kencana itu sendiri,( mungkin ada yang punya saudara dari hiu kencana tolong share di sini biar semuanya jadi jelas dan supaya tidak menimbulkan praduga )

    • walau sekalipun anak KSAL,,gag akan pernah dapat data akurat apakah si Cakra dan Nenggala punya induk atw tidakmas bro…hanya waktu yg akan menjawabnya.. membeberkan 1 data rahasia sama saja dengan menghianati negara dan itu hukumannya berat termasuk beban mental keluarganya.

  4. Saya pikir kok tulisan ini agak lebay ya.
    Misal ‘US Navy Seal berguru ke Indonesia dalam hal surviving’. Bukannya AS & Indonesia tentaranya sama2 saling ‘berguru’ alias latihan bersama dalam posisi setara?

    Tapi harus diakui, tentara Indonesia terkenal nekat & militan (nah, kalo ini diakui oleh Jepang & AS yg geleng2 kepala kok mau2nya orang Indonesia terjun payung di belantara Irian selatan. Mereka aja gak mau). Kondisi serba susah juga bikin tentara (& rakyat) kita kreatif-inovatif, penuh akal & gigih.

    Hanya mungkin kita perlu juga refleksi tentang kekurangan & hal2 yg perlu diperbaiki. Biar gak kayak tentara AS yg KO di Vietnam.

    Btw, ulas lagi donk nasib Nakhoda Ragam class? Bukannya tahun depan udah dipake Indonesia? Masih heran kenapa banyak negara nolak (bahkan juga Filipina) tapi Indonesia terima.

    Juga senjata2 bikinan Indonesia yg dipake negara lain (Timor-Timur & negara2 Afrika jadi beli gak?).

    • masih aja percaya kopassus urutan no 3 dunia hahahahahaha…..emangnya olimpiade hohohohoho

      • om dudes
        kenyataanya kopasus juara3 pasukan terbaik dunia,,banyak bukti di artikel sebelumnya di jakarta greater. Silahkan anda gogling sendiri,
        kami percaya kalao kopasus juara 3.TAPI KAMI TIDAK PERCAYA KALAU ANDA ADALAH BANGSA INDONESIA,AGAU BAHKAN JIN DARI SEBELAH,,SOALNYA NAMA ANDA BELU TERCANTUM ATAU BELU DI PUBLIKASIKAN,JADI KAMI JUGA SULIT UNTUK PERCAYA DENGAN KATA” ANDA.. 😀

      • Trus menurutmu om dusdes .. kopassus urutan berapa misal bener3 ada olimpiade pasukan khusus dunia ?

    • Sedikit tambahan info..pada AASAM 2012…tim marinir amerika turut serta dengan menyertakan pula senapan baru mereka m27. M27 sendiri diproyeksikan sebagai senapan mesin ringan tembak bahu dengan mobilitas dan akurasi yang lebih baik dari m249 minimi. Hasilnya indonesia juara umum dengan mengandalkan ss-2.

      • terima kasih infonya gan..
        Berarti secanggih apapun alutsistanya tergantung dgn skill dari prajuritnya,,
        perang vietnam Usa memiliki alutsista yang lebih canggih dari vietnamh,tapi kenyataanya?
        Indonesia dengan belanda jaman dulu walao bammbu runcing mmasih bisa mmengusirnya,skali lagi skill,dan rasa nasionalisme yg tinggi dan militan ..
        Jaya terus NKRI

        • sama-sama gan patech…itu juga saya heran membacanya di sebuah majalah. Padahal seri itu produk Heckler & Koch yang segera diserap marinir dan AD US. Menafikan bahwa yang dikirim ke turnamen itu bukan yang terbaik dari marine recon mungkin saja. Hanya, yang dikirim indonesia pasti juga bukan yang paling baik. Jadi itu hanya gambaran umum tim tembak padu atau boleh dikata marksman tim. Tentu saja itu sangat baik bagi standar latihan pasukanTNI.

      • Sy orang awam tentang informasi militer, ketika melihat data hasil pertandingan sniper tim dr Indonesia tdk muncul? apa memang TNI tdk mengikut sertakan tim sinper?

  5. yang ngomong itu bukan dari mulut orang indonesia sendiri tetapi menurut DISCOVERY CHANNEL OF MILITARY dan pernah juga di tayangkan di INDO SPOT di TRNAS 7 !

    http://fazhaji.wordpress.com/2009/08/10/208/

    • agan errik, mohon maaf tidak disertakan data pak. Tapi kalau tidak salah kemampuan tersebut diturut dari standar kemampuan prajurit secara manual tanpa bantuan piranti elektronika, dst. Diantaranya parameter, Mountaineering, Survival, Surveilance, SAR, SERE, Pathfinding. Tentu national geographic menggunakan parameter yang dirujuknya dari berbagai masukan yang reliable dari standar silabus pendidikan dan masukan veteran militer. SAS pun sudah pernah merasakan kesulitan bertempur saat jungle warfare kampanye dwikora.

      • Yg bikin pemeringkatan National Geographic ato Discovery Channel?
        Nah, Mossad makin gak masuk tuh kalo pake parameter Mountaineering, Survival, Surveilance, SAR, SERE, Pathfinding karena keahliannya bukan disitu.

        Posisi saya masih ragu kecuali kalo prajurit2 itu diuji secara langsung kayak di AARM ato AASAM ato kayak yg di Deadliest Warrior: Gurkhas VS Warrior French Foreign Legion di mana unsur sejarah pertempuran dimasukkan (secara total, gurkha yg menang).

        Oia, ngomong2 soal Kopassus, kemungkinan tahun depan salah satu kisah operasi pembebasan sanderanya bakal makin sering diangkat di publik. Salah satu capres kan punya peran amat penting dlm Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma. Tapi ada ‘catatan yg cukup jelek’, soal Insiden Penembakan Timika yg dilakukan oleh anggota Kopassus sendiri. Cukup jelek karena korbannya gak main2, Komandan Detasemen 81 Kopassus (total ada 16 orang, tiga perwira Kopassus, delapan ABRI tentara dan lima warga sipil). Saya duga insiden ini akan makin diangkat untuk imbangi klaim ‘keberhasilan’ yg akan dipake si capres. Memang Kopassus yg paling banyak dilibatkan (& berperan penting) di operasi itu tapi sebetulnya penyandera2 itu mati dlm kontak tembak dgn Batalion 330 Kostrad (bisa dikatakan, sandera bebas di tangan Kostrad). Moga2 saja catatan2 jelek itu gak ditutup2i biar kita bisa belajar jadi lebih baik & hebat.

        Bagaimanapun, Kopassus (ato Kopassandha) keliatan lebih ‘cantik’ daripada GIGN ketika tangani pembajakan pesawat (Air France Flight 8969 Hijacking http://www.youtube.com/watch?v=Q7a5D3sMJKM). Bandingkan dgn video pembebasan Woyla di mana personil Kopassandha berjalan dgn tenang & ‘santai’ layaknya mau piknik ke pantai tp gak sampe 5 menit semua beres :D.

        • Ternyata yg operasi GIGN itu sampe dibikinin jd film. Situasinya bener2 ‘chaos’ –> The Assault – film of the GIGN Assault on Air France 8969 in 1994 http://www.youtube.com/watch?v=izL5T_4UPpQ

        • Peristiwa hanggar Timika sulit ‘digoreng’ untuk menjatuhkan nama korps (atau danjen saat itu) karena melibatkan seorang individu yang stress/kalap melihat jenazah sahabatnya yang gugur (klo gak salah didaerah Wamena, dalam kondisi sangat mengenaskan /luka2 bacok, yang transit di Tmk dalam perjalanan menuju daerah asal).

          Secara hukum seseorang dalam kondisi kejiwaan yang terganggu tidak bisa dituntut. Ybs menunjukkan gejala2 mirip penderita PTSD yang sangat banyak ditemukan di kalangan militer AS.

          Post-traumatic stress disorder (PTSD) is an anxiety disorder caused by very stressful, frightening or distressing events.

          Numerous studies have shown that repeated deployment is a “risk factor” for the disorder.
          Veterans with PTSD are two to three times as likely to be physically abusive of their wives and girlfriends as those without the diagnosis. They’re three times as likely to get into fistfights when they go to college. One study showed they are especially prone to “impulsive aggression,” (Washington Post).
          A NEW THEORY OF PTSD AND VETERANS: MORAL INJURY
          But new ideas are vying for legitimacy, a whole new theory of war’s worst ravages. It’s called “moral injury,” and it comes from clinicians who spend their days speaking with soldiers who have been in battle. These veterans rarely mention fear. Instead they talk about loss or shame, guilt or regret. They had tried to be heroes, to protect the weak, SAVE THEIR BUDDIES, take the hill. But then they mistakenly killed civilians, forced themselves to drive past wounded children, sometimes missed their moment of truth (Newsweek).

          • Letnan Dua Sanurip udah dijatuhi hukuman mati 23 April 1997 (berarti dia kena tuntutan hukum).

            Yap, salah satu yg amat penting buat pasukan khusus/elit (& mmbedakannya dgn pasukan lain) adalah ketahanan mental-psikologis agar mereka bisa menjalankan tugas sangat berat dengan baik.

          • Dihukum mati itu tidak menjamin bahwa proses peradilannya benar. Dulu ada kasus Sengkon-Karta, polisi pernah menangkap seseorang atas kasus pembunuhan yang ternyata pelakunya Ryan si jagal Jombang.
            Kasus Timika sangat berbeda dari kasus Cebongan yang sangat terarah, 4 orang tewas dari sel berisi puluhan tahanan, sementara di TMK banyak korban sipil yang tidak jelas kaitannya/tidak terarah/random, sehingga motif pelaku sangat tidak jelas (kecuali stress/kalap).
            Pasukan khusus tidak imun thd PTSD, walaupun latihan mental dan fisik sangat berat, tapi seakan tidak ada batas max thd very stressful, frightening or distressing events yang mungkin dialaminya dalam tugas.

            To determine the rates of Post-traumatic Stress Disorder (PTSD) positive symptom scores in Special Operations Forces (SOF) personnel, an anonymous survey of SOF was employed, incorporating the PTSD Checklist (PCL-M) with both demographic and deployment data. Results indicate that all SOF units studied scored above the accepted cut-offs for PTSD positive screening.

          • hmmm… makin nambah catatan jelek donk…. (–> menghukum mati orang yg diduga kena PTSD yg secara hukum tidak bisa dituntut melalui proses peradilannya yg yg diragukan kebenarannya)

            Yap, memang gak tentara yg imun PTSD. Makanya seleksi pasukan khusus terkait itu amat ketat agar menghasilkan tentara yg bisa menjalankan tugas sangat berat dengan baik. Poinnya, insiden Timika jgn sampe terulang.

          • Catatan Mahmil mungkin….

            Kalau dipikir ada yang lucu dari angka2 di bawah:

            Total korban tewas serangan 9/11 di New York: 2,753 orang
            Reaksi atas serangan ini adalah Operation Enduring Freedom di Afghanistan.

            Statistiknya:
            2,235 American military personnel have been killed and over 17,500 have been wounded since
            the beginning of the war in Afghanistan

            A record-setting 349 veterans died by suicide in 2012, compared to 310 who died in combat.

            Approximately 22 veterans will die by suicide every day, that’s one death every 65 minutes.

            Over 2,000 current and former service members have died by suicide in the last decade.

            Total Military Involvement: 63,000 U.S. troops, 32,000 Other International troops

            Air Conditioning Afghanistan Troops Costs $20 Billion Per Year

            Total cost for wars in Afghanistan and Iraq: $4-6 Trillion
            Asumsi: setengahnya biaya untuk Afghanistan = $2-3 T

            Semua itu hanya untuk memburu <100 members of al Qaeda in Afghanistan
            (According to Leon Panetta, Secretary of Defense, there are fewer than 100 members of al-Qaeda in Afghanistan
            -siapa bilang perang gerilya konsep jadul?).

            Ironinya:
            July 2012 James E. Holmes memberondong penonton yang memenuhi movie theater di Aurora, Colorado, menewaskan 12 dan melukai 70 orang.
            Salah satu senjata yang digunakan adalah semi-automatic weapon dengan barrel magazine berisi 100 peluru.

            Jadi 2,753 korban tewas di twin tower WTC NY mengakibatkan tewasnya ribuan prajurit AS di medan tempur, ribuan lagi akibat hal2 lain terkait PTSD, biaya perang trilyunan $.
            Dan jumlah 2,753 orang tewas tsb perlahan tapi pasti 'dicicil' dan diimbangi oleh korban tewas mass shootings seperti di Colorado.
            Hingga hari ini kepemilikan senapan serbu oleh warga sipil di AS tidak dilarang, akibat dihambatnya rancangan peraturan tentang hal itu oleh para politisi di Kongres.

        • Upps!!..ha..ha..benar gan discovery channel. Mungkin Mossad ditinjau sebagai semacam socomm. Baru saja mereka mengukuhkan Depth Corps sebagai kesatuan elite-elite mereka. Jadi semacam Socomm juga.

    • Kopassus belum tentu peringkat 3 dunia yg dikabarkan menurut Discovery Channel, karena semua sumber yang memberitakan hal ini, bersumber dari blog dan merujuk ke blog yang lainnya.
      Beberapa tahun yg lalu (sewaktu isu ini pertama kali saya dengar), selama sebulan saya sempat bongkar2 archive serial yang pernah ditayangkan Discovery Channel dan National Geographic di websitenya, yg kira2 ada nama Ultimate Soldiers atau apalah (pokoknya tentang komparasi pasukan infantri), tapi hasilnya hanyalah komparasi antara 2 SF yg berbeda negara (beberapa seperti yg ditulis agan erikk diatas), bukannya perankingan SF secara random untuk memperoleh siapa yang terbaik.
      Saya sangsi sekaligus sependapat dengan agan erikk, bahwa Kopassus belum tentu terbaik no 3 didunia, parameternya tidak jelas, berbeda dengan ajang AARM baru2 ini.
      Saya justru setuju dan bangga jika TNI dikatakan (militan + kreatif) * nekat, melebihi pasukan manapun. TNI seharusnya begitu, rakyat Indonesia harus dilindungi, sekalipun nyawa taruhannya.

  6. pernahkah kalian mendengar unsur lambung KS 402 dan KS 401 adalah punya turunan ?. Hanya petinggi TNI AL yang tahu membedakan mana yang Rusia maupun mana yang Jerman. <- jangan lebay om, barang gede seperti itu, ga bisa di sembunyikan identitasnya, yang namanya tulisan rusia dan jerman kan beda, mosok ga ada tulisannya di sparepartnya.

    • ya kapal selam kalau buatan rusia semua petunjuknya biarpun di konversi kedalam bahasa indonsia/inggris tetap saja masih ada satu dua bahasa rusia dibalik sparepartnya, mengenai ak 47 dari mana om tahu saya tidak pernah lihat? nih clue aja ya, saya sekolah dimana adik kelas saya yang terlibat narkoba dulu itu anak K***d S, so gosip beginian itu dikelas malah mereka banyak tahu loh hi hi hi

  7. Jangan bilang lebay kalau anda sendiri belum pernah melihat turunan no. Lambung tersebut, kalau anda sendiri belum pernah melihat berarti fakta dong barang segede itu bisa disembunyikan.

  8. Waduh repot juga kalau semuanya harus lihat sendiri ???

    Sama saja dengan pernyataan “BUMI ITU BULAT”, apa betul bumi itu bulat ??? lha wong kita belum pernah melihat dengan mata kita sendiri khok ???

    Hanya Neil Amstrong DKK yang tahu betul bahwa bumi itu bulat…………………….

    Yang bener adalah kita berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin Informasi, dan berusaha memilahnya dengan akal fikiran kita, kemudian men sharing nya ke publik agar didapatkan REVISI, jangan di “pendam” sendiri karena bisa abnormal

  9. apa benar Neil Armstrong pernah ke bulan ?

  10. lumrah jika kita mengklaim yg terbaik milik kita,anda jg pasti punya fikiran yg sama jika anda adlh wn malaysia/singapura/thailand dll,sdh brg tentu negara anda adlh yg terbaik,anda bebas mengurai teori apa saja sbg pembenaran atas klaim negara anda..tidak ada bukti dan dasar yg menyatakan jika byk nagara2 yg “takut” kpd indonesia,apalg disini dikatakan militer amerika yg jelas terbaik didunia bs “takut”kpd kita hahaha lucu! Soal latihan bersama itu sdh biasa didunia,mereka bs latihan dimana saja dan dgn siapa saja krn mereka punya dana operasional yg mendukung,kita jg bs latihan di negara2 lain cm kita terbentur dana jd dgn latihan brsama di indonesia bs menekan biaya operasional..bkn krn tni hebat tp lbh bersifat saling tukar ilmu,pengalaman dan budaya..menyombongkan diri dgn mengatakan “saya hebat”,adlh upaya seseorang utk menutupi kekurangannya!

    • Emang hobbynya ‘tebar racun’, biar aja entar mati sendiri…

    • Hahaha salah satu korban propaganda AS nih. Kalau anda bilang bahwa tentara amerika punya peralatan yang lebih canggih/hebat saya masih bisa setuju, tapi kalau bicara soal skill individu apalagi mental…. eeiiit nanti dulu!. Jumlah tentara Amerika yang stress sepulang dari Irak aja seabreg apalagi dari Vietnam. Makanya om jangan nonton film rambo melulu atau Navy Seal, Delta Force dll. Mereka cuma jaguh di film….

      Silahkan baca artikel ini semoga bisa membuka wawasan anda http://jakartagreater.com/aasam-2013-awesome-tni-ad/

    • Liat tuh komen2 warga Indonesia sejati, ternyata ‘bau’ lo memang tidak bisa disamarkan 😀

    • Maaf bung Frans, apakah ada yang ingin anda tanyakan di warjag ini?? atau kalau belum tau silahkan anda baca-baca dulu cari referensi yang banyak, baru nanti anda komentar disini. oke bung frans……. salam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia itu maksudnya NKRI) saya harap anda memang warga negara Indonesia

  11. keturunan mbah BOWO kali………..

  12. Wkwkwwk Mbah Bowo lagiii. Iya betul, mungkin antek antek mbah bowo masih banyak yg berkeliaran disini, hilang satu muncul mbah mbah yg laen hahaha

  13. Bung Diego , sy usul sudah waktunya blog jkgr/ warjag ini memberikan ID kpd anggota warjag . Jd yg anggota yg punya I D yg boleh comment.
    Skrg byk “penyusup” yg ingin mengobok2 blog2 termasuk warjag ini.
    Terima kasih .

    • Jangan dunkz um, justru karena begini banyak yang ikutan nimbrung disini, coba diforum sebelah… cuman baca doank…. kayaknya ga ada rasa memiliki forum.
      Kalo disini, uneg2 kita lepas.. masalah kontroversi… itu yang bikin rame dan bikin pengen lihat terus nih warjag….. gimana komen kita apakah sudah ada yang tanggapin apa belom.. hehehe
      Tapi itu hanya saran saya… kalo keputusannya ya…. ditangan yang empunya situs/forum ini donk… hehehe…wassalam..

  14. Klo ane baca ini artikel kayaknya murni “asumsi” dari saudara Adi.

    Nasionalis boleh tapi hindari chauvinist yg berlebihan. TNI memang hebat tapi nggak usah terlalu dihebat-hebatkan dengan tambahan “ditakuti oleh tentara negara lain”. Navy SEAL memang pernah berguru ke kita terutama jungle survival, tapi kita juga pernah berguru ke mereka terutama taktik perang (banyak juga perwira kita dikirim kesana). Jangan terlalu meremehkan angkatan negara lain meskipun itu “Tentara Jaguh”, begitu2 juga mereka tetap dilatih standar militer sama dengan negara lain. Apalagi sampai meremehkan Tentara Ameriki yg jelas2 sudah kenyang pengalaman tempur.

    Ane sangat shock dan terkejut ketika mas Adi mengklaim bahwa Whiskey class itu diatas Kilo kemampuannya. Sekiranya bisa dipaparkan hal kelebihannya itu ane akan berterima kasih sekali. Lalu masalah 401 dan 402 ada turunannya dan hanya petinggi TNI yg bisa membedakannya, apa ini benar? Apa punya info valid? Atau sama dengan kami2 disini yang cuma berdasar asumsi pribadi..

    Terus masalah OWA di”konversi” ke Yakhont. Konversi itu peralihan atau bisa diartikan “replace”, klo salah penempatan kata bisa bikin bingung nubie yg baca. Mungkin lebih tepat pake kata koneksi dalam arti sistem Nato dikoneksi dengan sistem Rusia. Masalah R-han akan dipasang ke Sigma nanti menurut ane malah berlebihan karena sama sekali nggak ada berita yg mendukung. Sama dengan heli AKS yg menuntun Yakhont, kecuali diheli tersebut ada kombinasi sistem ASW dan OTHT. Yakhont sendiri jenis fire and forget, dengan pengaturan titik koordinat saat ditembakkan dia akan memilih sendiri targetnya (kapal dengan nilai RCS paling besar).

    Masalah pengembangan R-han dan litbang Rudal di Lapan bukan hanya masalah guide-nya saja, pengembangan propelant juga masih berjalan, selain bahan baku yg masih impor dan belum bisa bikin sendiri juga mereka masih berkutat bikin komposisi bahan. Apalagi klo mau bikin mesin peluncur rudal ramjet atau turbofan ane yakin masih belum dimulai pengembangannya. Kita masih berharap dengan apa yg akan didapat dari proyek lisensi C-705 China dan diharapkan bisa mengatasi problem2 diatas.

    Tidak ada yg salah dari kebanggaan terhadap apa yg dimiliki bangsa ini, tapi chauvinist yg berlebihan justru akan membunuh potensi yg dimiliki bangsa ini. Kritik membangun justru lebih penting, yg pedas sekalipun, karena pedang yg tajam itu dibikin bukan dengan dielus-elus tapi ditempa dengan palu dan bara yg panas.

    Mohon maaf jika kurang berkenan. Salam.

    • Yang bener sih Whiskey class diatas Kilo umurnya. Satu terdampar di Surabaya (monkasel) mungkin sisanya terdampar di Madura (jadi besi tua) hehehe

    • Setuju & mantap Bung infonya!

    • Lebih kurang ini adalah pandangan dari penulis tentang MEF kedepan, judulnya saja “Meneropong…. dst “

    • “Karena pedang yg tajam itu dibikin bukan dengan dielus-elus tapi ditempa dengan palu dan bara yg panas.”.

      Ane setuju sekali dengan komen satu ini. Bahkan yang terbaikpun tetap harus berlatih. Kritik itu penting. Jadi ingat ucapan seorang mantan supir truk yang akhirnya jadi bintang film action top. “Saya menerima kritik seperti orang yang berteriak di telinga saya dengan menggunakan pengeras suara. Alih2 mundur saya akan terus berusaha”.#SilvesterStallone

  15. Barusan browsing2 ketemu situs perorangan yang membahas the best 10 ten of special forces. “UNTUNG” nya Kopassus masih rahasia kemampuannya, jadi tidak masuk hitungan. Silahkan dibuka di http://listverse.com/2010/01/11/top-10-badasses-of-the-worlds-special-forces/

  16. PADA RIBUT SOAL KAPAN SELEM….
    YA SEH SAPA YANG GAK PENASARAN MA TUH BARANG, IDENTITASNYA ADA ATAU GAK.

    CUMA YANG SAYA TAU KAPAL SELEM INDONESIA BANYAK TERUTAMA DI PALEMBANG.
    JADI MENDING KITA CARI AJA YOK DI PALEMBANG.

  17. “Belakangan ini, Marinir malah ada yang bekerja di luar tugasnya, yaitu menjaga stasiun-stasiun kereta api. Seakan, rakyat tak bisa tertib tanpa “todongan” senjata. (Edna C Pattisina):

    Sorry saya sebagai pengguna KRL yang setiap hari naik KRL AGREE TO DISAGREE dengan kalimat di atas. Benar bahwa ada satgas marinir di stasiun kereta jabodetabek. Tapi menurut pengamatan saya mereka cukup simpatik dan sopan menghadapi ribuan penumpang terlebih ketika ada penumpang yang kesulitan tapping di pintu masuk/keluar. Frase ‘seakan tak bisa tertib tanpa todongan senjata’ itu menurut saya berlebihan. Terima kasih.

  18. Salut buat militer Indonesia… Sebaiknya info atau data tentang kekuatan militer kita jgn di ekspos secara detail krn itu merupakan rahasia pertahanan negara… NKRI harga mati.. Jaya Indonesia ku…

  19. Hiu semua kelas Whiskey yang note bene di atasnya KILO class?

    Kelas Whiskey itu versi zaman baheula, KILO Class jauh lebih muda, dan sudah ada teknologi AIP dan lainnya… kok bisa-bisanya dibilang diatasnya KILO? dari segi apa bung adi menilai?
    Lalu US Navy Seal tidak pernah berguru ke TNI, banyak negara yang ingin latihan bersama TNI karena itu sudah satu paket dengan perjanjian bilateral, dan perjanjian lainnya. Bukan karena TNI jauh lebih hebat dari negara manapun.
    Lalu mengenai penyematan angka 401 dst, bukan digunakan untuk pembedaan dari negara mana, melainkan kelas dan urutan angka. 4 itu untuk kapal selam, 01-12 adalah nomor urut sikapal selam tersebut.

    Bung adi mohon diberikan dari mana anda bisa meneropong teknologi militer TNI? karena jakartagreater dari dulu saya lihat sering copas dari link orang dan asal-asalan dalam menilai.

 Leave a Reply