Dec 222014
 
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP/East News)

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP/East News)

Penduduk dunia ini ada 7,2 miliar orang, tapi Amerika Serikat hanya takut terhadap satu orang—Vladimir Putin. Hampir di semua aspek Perang Dingin baru, Presiden Rusia itu mampu mengalahkan keroyokan Barat. Majalah Forbes kembali menobatkan Putin sebagai orang paling kuat di planet ini untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir.

Di Suriah, Krimea, dan Ukraina, Barat takluk pada pendekatan Putin dan mengalami kemunduran yang memalukan. Terkait energi, saluran pipa Rusia—bukan Barat—yang akan mendominasi wilayah Eurasia.

Namun alih-alih menghitung skor, kami bmencoba memahami bagaimana Putin berhasil menjaga posisi Rusia tetap unggul.

Putin Tahu DNA Musuhnya

Berbekal pengalamannya di KGB, Presiden Rusia memahami cara Amerika Serikat bekerja. Modus operandi Amerika adalah mengorganisasikan kudeta, pemberontakan, dan revolusi tandingan di negara-negara tempat pemimpin nasionalis berkuasa. Iran, Chili, Ekuador, Venezuela, Panama, dan Ukraina adalah beberapa contoh klasik.

Dalam “Confessions of an Economic Hitman”, John Perkins menuliskan bagaimana ia dan ‘hitman’ lain dikirim ke negara berkembang sebagai konsultan untuk menyuap atau memaksa diplomat, ekonom, dan politisi demi memenangkan tawaran Amerika Serikat. Mereka kerap berhasil, tetapi jika gagal, CIA akan menerjunkan para ‘serigala’—pembunuh terlatih profesional yang akan merekayasa kematian orang-orang yang menghalangi dominasi mutlak Amerika.

Satu-dua pukulan oleh para economic hitman dan pembunuh bayaran ini sangat efektif untuk melumpuhkan negara lain, sehingga Amerika Serikat jarang menggunakan cara lain. Hanya di Irak dan Libya Amerika terpaksa menggunakan kekuatan militer demi tujuan ekonominya.

Putin tahu AS pernah mencoba pendekatan serupa di Rusia. Sebagai mantan jenderal KGB di Jerman Timur, ia tahu para pembunuh bayaran selalu mengintai dirinya.

Perang di Ukraina jelas sebuah dalih untuk menarik Rusia agar masuk dalam konfrontasi militer langsung dengan angkatan bersenjata Ukraina, untuk menciptakan perang regional di Eropa.

Tanggapan Rusia bercabang dua. Pertama, Rusia menolak melakukan baku tembak dengan preman-preman Ukraina dan hal tersebut membuat Amerika frustrasi. Washington hanya bisa diam terkait Ukraina, dan hal itu secara brilian disebut seorang jenderal Tiongkok sebagai gejala “disfungsi ereksi” strategi Amerika.

Kedua, Putin menggunakan strategi asimetris untuk menghentikan—dan akhirnya meruntuhkan—kekuasaan Amerika. Tujuan utamanya adalah menggempur jantung kekuatan Amerika—dolar. Rusia—dengan dukungan BRICS—mulai beralih dari perdagangan dolar, langkah yang akan berdampak besar pada ekonomi Amerika yang nyaris tidak bertumbuh.

Vladimir Putin: Kami sadar dampak negatif ‘tirai besi’ bagi kami. Foto: Mikhail Metsel/TASS

Vladimir Putin: Kami sadar dampak negatif ‘tirai besi’ bagi kami. Foto: Mikhail Metsel/TASS

Menyasar Jantung Ekonomi

Menurut portal keuangan Zero Hedge, “Tindakan balasan Glazyev secara khusus menyasar kekuatan utama mesin perang AS, yaitu mesin cetak Bank Sentral. Penasihat Putin mengusulkan pembentukan ‘aliansi antidolar’ beranggotakan negara-negara yang mau dan mampu meninggalkan dolar dalam perdagangan internasional mereka. Anggota aliansi juga akan berhenti menyimpan cadangan mata uang dalam instrumen bersatuan dolar. Koalisi antidolar akan menjadi langkah pertama untuk pembentukan koalisi antiperang yang dapat turut menghentikan agresi AS.”

Situs tersebut juga menuliskan bahwa melihat upaya baru-baru ini yang dilakukan oleh para pemimpin bisnis Jerman, Prancis, Italia, dan Austria untuk menghentikan sanksi terhadap Rusia, penilaian penasihat Putin terbukti benar. “Hal yang agak mengejutkan bagi Washington ialah perang demi Ukraina mungkin akan segera menjadi perang demi kemerdekaan Eropa dari AS dan perang melawan dolar.”

Semua langkah Putin di papan catur geopolitik ini terbilang tepat, namun lawan-lawannya tak akan hanya duduk manis melihat kekuasaannya runtuh. Saat ini, nilai rubel terhadap dolar Amerika anjlok drastis, bahkan setelah harga minyak ditekan habis-habisan oleh Saudi—yang kemungkinan besar atas permintaan tuan-tuan Amerika mereka. Amerika tak akan berhenti berusaha menumbangkan Rusia karena Rusia adalah satu-satunya negara yang menghalangi Amerika Serikat untuk mendominasi dunia.

Akan tetapi, Putin adalah pejudo yang tahu cara menggunakan tenaga musuh untuk mengalahkannya sendiri. Bagaimanapun, yang perlu ia lakukan adalah mencegah kaum barbar di sana memasuki gerbang. Bantuan telah datang dari Timur dan kekalahan pasukan yang dipimpin Amerika hanyalah soal waktu.

Sementara itu, berikut ini papan skor untuk melihat bagaimana Putin mengungguli Presiden Barack Obama.

Suriah: Putin-1, Obama-0

Krimea: Putin-1, Obama-0

Ukraina: Putin-1, Obama-0

Saluran Pipa: Putin-2, Obama-0

Forbes: Putin-2, Obama-0

Artikel ini tidak merefleksikan opini resmi RBTH.

(indonesia.rbth.com).

Bagikan :

  70 Responses to “Mengapa AS Hanya Takut pada Putin ?”

  1.  

    Berbekal pengalaman di solo…. ehm

    •  

      Sudah pernah lihat live show belly dancer.. wow deh hehehe

    •  

      izin komentar bung sennopati

      sekarang serangan AS terhadap rusia menurut saya adalah harga minyak
      rusia penghasil migas terbesar ke 3
      dngan jatuhnya harga minyak dan produksi minyak rusia skrng yg terbesar ditambah harga jual mata uang rusia ke dolar juga turun membuat bank sentral rusia menaikan suku bunga acuannya 650 basis poin
      skrng suku bunga rusia mnjadi 17% phl di INA suku bunga 7,5%
      scra tdak langsung juga investor2 lari ke rusia karna suku bunga yg tinggi

      ini semua strategi bagaimana menjegal rusia dari percaturan dunia
      dngan jatuhnya harga minyak kmungkinan pndapatan negaa juga jatuh sngat dalam
      kontroversi tingkat dewa

  2.  

    PERTAMAX?

    •  

      Sangat disayangkan, Putin hanya memberikan reaksi terhadap aksi-aksi Amerika saja, tanpa memberikan inisiatif memberikan aksi terhadap AMerika.

      Cara brilian yang paling cerdas menurut saya adalah mengajak negara-negara lain untuk meng embargo Amerika, sperti Amerika mengembargo Rusia. Bahkan Dalam tingkat radikal, Rusia dengan negara-negara koalisinya mengembargo Amerika seperti layaknya AMerika mengembargo Kuba.

      Untuk menghancurkan Amerika, Rusia harus secara All-Out, jangan setengah-setengah.
      Dan jawaban atas hancurnya sendi-sendi Amerika malah ada di Republik Indonesia.

      YA pasti semua sudah tahu.
      FREEPORT..!!!!!

      Singkirkan Amerika beserta agennya dari Freeport.!!! Maka ia akan mengalami guncangan terdahsyat dalam sejarahnya. Rusia harus mencongkel Amerika dari Freeport.!! Mainkan politik bola bilyar, jangan hadapi AMerika secara face-to-face.

      Itu…!

  3.  

    Ini nih yg gue demen.. Agenda matiin amerika.

    •  

      “Aliansi anti dolllar” sangat masuk akal. Indonesia harus ikut. Terbukti kertas tissu Amerika bernama dollar bergambar Abe lincoln, washihngton dan lainnya sangat laris manis di seluruh dunia bahkan di Indonesia 1 dollarnya nilainya hampir 13ribu rupiah sekarang. padahal cuma kertas tissu dan amerika cuma produksi di pabrik cetakan tissu dan menjual kertas tissu dolar saja sudah bisa memberi makan penduduknya dan menguasai dunia.
      kemenangan aliansi anti dollar bisa menang terhadap dollar apabila di ikuti lebih dari 75 negara yg ada di dunia. dollar pasti ancur dan amerika akan pecah menjadi 2 lagi. hehe

  4.  

    Mudah-mudahan pertamax

  5.  

    @ pak admin tolong komen saya di atas dihapus.

    Rupaya Rusia Telah Berubah Menjadi Kekuatan Ekonomi GLobal, Bersama Cina, Brazil, dll,

    Mudah-mudahan Indonesia Lebih Hebat, Di mulai dari Kekuatan Ahlaknya Yang Baik, Ekonomi Yang Kuat, Pertahanan Yang Kuat.

    •  

      klmau bangsa kt hebat maju yg mesti di rubah ya pola pikirnya dl, mengingat selama ini dr jaman penjajahan pola pikir org kita uda dirusak, mmg butuh waktu sih tp gaka da yg gak mungkin kl mmg niat kita bulat.

  6.  

    Mungkin kita kuga harus ikut ikut gak usah pakek dolar. Pakek rupiah aj dlm transaksi internasional

    •  

      Hati2 kalo sembrono di gangbang sarang teroris, sarang Isis, sarang WMD,

    •  

      Rupiah gak ada nilainya mas diperdagangan export import. Kalau mau, kembali ke zaman dulu..pake sistem barter. Kita mau beli barang import bayarnya pake barang komuditas pertanian..bisa CPO, karet, gula, jagung, dll.

    •  

      Jgn jgn indonesia juga diserang nih- gara2 lagi deket ama paman2 brics

      •  

        @Zeroina
        saya sependapat ,
        emang mulai saat ini digencarkan seperti adanya upaya pelemahan-2 ,
        yang paling gampang adalah Barat (tidak semua barat ) dan As berupaya menyedot perhatian Indonesia dalam halnya alutista ,
        mereka ingin “menghabiskan ” dana MEF Indonesia dengan iming-2 Hibah .
        contohlah kata , penawaran F16 salah satunya , mereka terlambat sadar .. bahwa Ri membeli alutista dari banyak sumber , mereka juga terlambat istilahnya kedekatan Indonesia dengan timur ( Cina , Rusia ) adalah salah satu kekuatan penyeimbang

        bahkan di milist sebelah Indonesia dinobatkan sebagai Kerjasama Militer terbesar antara Rusia dan indonesia dibandingkan dengan yang lain

        sehingga upaya -upaya hibah F-16 , atupun hibah F5 taiwan itu tak lain adalah upaya membendung agar indonesia tidak berpaling ke blok timur .
        dan kekuatan militer Indonesia agar mudah di kontrol oleh AS seperti dahulu

        Btw ,bersyukurlah petinggi-2 kita paham dan sudah LUNAS statusnya dalam jual beli alutista , dangood bye … remote kontrol alutista RI

        mengutip dari milist sebelah

        kedua , pelemahan rupiah adalah upaya asing agar salah satunya pembelian alutista MEF 2,3 menjadi terkendala karena rupiah melemah
        Tapi indonesia sudah punya antidotnya ,
        sehingga MEF tetap jalan ( mudah-mudahan )

  7.  

    Ini lagi ada gelembung ekonomi yg cukup bahaya.. Bukan karena jatuhnya mata uang terhadap dollar. Jepang saja malah sengaja menurunkan nilai mata uangnya agar nilai exportnya samakin tinggi. Bisakah kita melakukan hal ini..:D

    •  

      Poling yuks. Harusnya jkgr buat fitur polling biar seru..
      Pelemahan rupiah karena?
      – terlambat antisipasi karena permainan pasar uang
      – sengaja menyambut masyarakat ekonomi asean

      Memang secara sosial dan psikologis kita sudah siapo dengan mea?? Mubgkin disini ada expert yang bisa berbagi silakan dengan hormat dan saya sangat berterima kasih.. kaitannya sangat erat. Dengan strategi ketahanan Indonesia

      Salam

      •  

        Banyak hal yg bisa diambil manfaat dari pelemahan rupiah, …. bukan hanya semacam “nilai raport positif” kayak jaman sebelum nya.

        Selain yg disebutkan Bung Seno dan Bung Marloboro maka hal lain yg bisa kita lihat adalah :
        1. perilaku komsumtif barang branded import di golongan menengah ke atas di indonesia sudah kelewatan. Contoh yg diberikan pak Dahlan dan Pak JK seperti ga ada artinya sama sekali. Itu dari segi beli barang, blum kita ngomong masalah Traveling Wisata dan kesehatan ….. dollar naik merupakan cambukan yg efektif.
        2. perilaku komsumtif BBM juga perlu triger yang keras agar semua WNI sadar bahwa BBM itu bakal habis dan memang barang mahal
        3. Kalangan Industri kita perlu di cambuk karena selalu memakai mesin-mesin buatan luar (aku sendiri ngalami) … dengan dollar naik mereka akan mencari alternatif mesin lokal dan secara ga langsung mentriger kreatifitas industri-industri lokal utk membuat sesuatu.
        saya banyak jumpai jika ada pilihan mesin/tools yg sama yg satu dollar yg satu rupiah pasti yg dipilih adalah yg dollar….

  8.  

    rusia hebat

  9.  

    Skakmat!!

    Lhoo emoticon kskus pd kmana kok g ada??

  10.  

    USA ADALAH TERORIS……!!!

    USA ADALAH KAMBING CONGEK….!!!!!

    USA ADALAH STANDAR GANDA……..!!!!

    USA ADALAH BIANG DARI SEGALA BIANG…..DARI KEROK HINGGA PROPAGANDA….!!!!!

    USA ADALAH ASU……!!!!!

  11.  

    Tulisan yang bagus bung,

    Cuma permainan belum usai, masih babak demi babak 🙂

  12.  

    Well Down Rossiya !

    Leadership Putin dalam membangkitkan Rusia Raya smg menjadi inspirasi kuat bagi Presiden RI kedepan

  13.  

    Saya salaut & pengagum paman Putiin,,sll berharap Rusia sll jd penyeimbang dlm tatatnan baru, “perang dingin baru”…dunia mesti ditata ulang, buka diatur semena2 oleh Amerika serta kroni2nya ,,fakta & data bnyk menunjukkan praktik mareika sangat buruk dlm hal Ham, kebijakan poltik, militer dll,,,mereka sama sj dng pemimpin tirani yg menurut amerika penindas rakyatnya sndiri,,namun faktanya stlh pd pertumbangan,,negara terkait macam,,Irak, libia, afganistan, dll hanya mendapatkan instabilitas dlm sgl bidang,,,kehuidupan sebetulnya jauh lebih baik ketika dibawah pemimpin yg dianggap tiran oleh amerika

  14.  

    Yah maklum lakh kalau pro Rusia…. Wong dari RBTH

  15.  

    dollar hampir memukul seluruh mata uang dunia termasuk rubel,pukulan telak buat rusia setelah thn 1998 krisis ekonomi besar2an melanda negri tsb..bgtupun anjloknya harga minyak dunia yg dgn mudahnya di atur oleh amerika,itu sdh menjadi ukuran betapa kuatnya peranan amerika dipentas ekonomi dan politik dunia..
    rusia cm mampu menyelamatkan krimea,namun secara keseluruhan ukraina tetap dibwh kendali amerika..bgtu jg negara2 eks pecahan soviet/eropa timur yg lbh memilih bersahabat dgn amerika/barat drpd rusia.
    rusia jg tdk mampu melindungi suriah dr kehancuran/perang saudara,terakhir kuba semakin mesra dgn paman sam dan memohon kpd amerika utk menghentikan embargo nya..
    Trus hebatnya rusia di mana ya hehe

  16.  

    mengenai skor kecanggihan teknologi militer, klo boleh saya nambahin yaa
    ALUTSISTA : Putin-1 : Obama -0.

  17.  

    apirmatip

  18.  

    Kapan ya negara kita bisa dipimpin pemimpin yang punya kemampuan seperti Putin….

  19.  

    artikel yang realistis

  20.  

    faktor pengalaman yg bikin putin unggul, dr awalnya mmg si putin uda kenyang sm dunia mata2 mknya dia tau betul seluk beluk negara dan mau dibawa ke arah mn hubnungan kitanya

  21.  

    Saatnya mem Protect Rupiah

  22.  

    Brovo rusia, sebagai negara penyeimbang barat dan asu.

  23.  

    langkah mudah sbg pembuka mustinya pemerintah kontrol penuh penerimaan ekspor dlm valas, semua eksportir hrs tukar valas hasil ekspor & disetor trus tukar ma rupiah.

    stop ekspor via trader upil … berlakukan aturan ekspor langsung ke negara tujuan, tdk boleh transhipment di negri upil, berantas perusahaan yg sering dagang under pricing.

    periksa kelakuan pengusaha kita yg sering transaksi dg upil tanpa barang yg nyata alias transaksi fiktif …

    •  

      wah setuju ….. kalo dagang ma si upil memang banyak underpricing…parahnya banyak wni milih buka warung di sana daripada di negeri ini…. mungkin Pemerintah kudu secara khusus melindungi eksportir dengan cara meringankan beban pajak serta mempermudah birokrasi eksprot….

  24.  

    klo amerika takut sm putin,koq amerika/barat berani memberi sanksi ekonomi kpd rusia dan amerika secara terang2an berani mencampuri urusan rusia-ukraine..itu namanya bkn takut tp berharap putin marah,biar ada alasan amerika utk mengirim militernya ke perbatasan rusia..
    tp putin tentu sangat berhati2 dlm menyikapi agresifitas amerika, dan tentu putin tahu konsekwensinya jk terlalu keras kpd amerika..putin nggak mau rusia terpecah belah lg seperti uni soviet dulu,amerika msh terlalu tangguh bagi rusia dan china

    •  

      Tdk selamanya.., krn tdk selama nya publik us dgn dolarnya masih menjadi budak hutang yg baik, meski tinggal mencetak dolar. Ingat the feed bukan dlm kendali us goverment. Tiap dollar yg dicetak & diedarkan, adlh dlm bentuk hutang. Hutang harus dibayar lengkap dgn bunganya… dan cobalah teliti.. bank sentral hanya mencetak uang, tdk sekalian bunganya. Akan selalu ada yg bankrut, tinggal kemampuan usa utk mengekspor hutang yg bisa mempertahankan dollar tetap cukup dlm peredaran. Ketika us dan publik us atau pengguna dolar telah mencapai peak kredit, mereka akan menjadi liabilities, dan liabiliteis tentu akan dilikuidasi. Tentu akan ada raider pengganti posisi us, tinggal siapa?

  25.  

    Kalau selama ASU bisa nge-PRINT duwit ya sami mawon, susah melawan, makanya pake emas buat alat tukar dunia tuh baru sip….ayo siapa berani?

  26.  

    PUTIN = MOELDOKO

  27.  

    ngemeng epe prof… diatas sama bawah berlawanan.

  28.  

    Yang Di takuti Amerika adalah Umat Islam,

    •  

      yang sedihnya malah dimanfaatin amerika untuk melawan musuhnya (rusia), jangan mudah terprovokasi negara arab yang mengatasnamakan islam demi kepentingan politik dan ekonomi amrik….

  29.  

    Dunia dibujuki alias ditipu amerika dan israel. . buat apa susah2 pembayara pake dollar. . lha wong amerika sendiri cetak duit dollar semau gue tanpa ada yang mengontrol. .
    Sebaiknya kembali ke system zaman prasejarah . . alat tukar yang valid itu hanya pake acuan emas . . sekarang siapa yang mau malsu emas . .?

 Leave a Reply