Jul 072019
 

Sistem S-400 Rusia. (Russian MoD)

Jakartagreater.com. Kementerian Pertahahanan Rusia menyataikan sistem pertahanan rudal S-400 menembakkan rudal anti-pesawat untuk melumpuhkan target yang kecepatan tinggi.

Rusia terus menguji kemampuan S-400 termasuk sistem rudalnya. Antara lain dilakukan di Kapustin Yar training ground, pada November 2018.

TIga tahun yang lalu Rusia pun telah memasang sistem S-400 di Hmeymim airbase Suriah. S-400 ini untuk melindungi aset militer Rusia yang berada di wilayah konfllik Suriah.

Kini Turki segera memiliki sistem pertahanan udara S-400.

Berikut ini perkiraan radius coverage S-400 Turki jika dipasang nanti:

Rudal S-400

Dalam catatan Wikipedia.org Sistem rudal pertahanan udara S-400 menggunakan empat jenis rudal baru disamping menggunakan rudal dari sistem S-300PMU.Rudal pertama yang dipasang pada sistem ini 48N6DM (48N6E3),ini merupakan varian penyempurnaan dari rudal 48N6M dengan sistem propulsi yang lebih kuat.Rudal itu dapat menghancurkan target udara pada kisaran 250 km.Rudal 40N6 S-400 memiliki jangkauan 400 km dan diklaim menggunakan radar homing aktif untuk mencegat target udara pada jarak yang lebih jauh.dengan demikian dapat diarahkan terhadap target AWACS,J-STRARS,EA-6B sport jammers dan target yang berada jauh diketinggian lainnya.S-400 juga dapat meluncurkan rudal darat ke udara menengah 9M96E dan 9M96E2.Rudal dapat menyerang target yang bergerak cepat seperti pesawat tempur dengan probabilitas hit yang tinggi.Rudal 9M96 memiliki jangkauan maksimum 120 km.

Kontrol

Komando dan sistem kontrol 55K6E S-400 Triumph didasardkan pada kendaraan pos komando Mobile Ural-532.301.Pos komando dilengkapi dengan konsol LCD untuk memproses data surveliansi wilayah udara,radar kontrol dan monitor jarak jauh,melacak aktivitas yang merupakan ancaman udara,mengkoodinasikan dengan baterai lainnya.Sistem ini mampu bertukar data dengan sistem lainnya seperti SA-12,SA-23 dan S-300.

Radar

Kontrol tembak dan radar pelacak target S-400 adalah 92N6E.Radar diinstal pada kendaraan MZKT-7930 8×8.Radar 96L6 adalah radar opsional yang dibawa oleh kendaraan yang sama ketika baterai S-400 digunakan secara mandiri.Radar 91N6E dapat mendeteksi dan melacak pesawat,helikopter,rudal jelajah,rudal pesawat dan rudal balistik dalam jarak 600 km dan juga dapat melacak secara sekaligus hingga 300 target.

Cerita Akhir

Perdebatan antara Pemerintah AS dengan Turki tentang mengapa harus membeli S-400 Turki telah berlangsung panjang. Berbagai alasan dikeluarkan untuk memperkuat argumen atau menangkal pendapat pihak lain. Pemerintahan Amerika Serikat di bawah Trump mendesak agar Turki membeli sistem Patriot. Namun, Turki yang sudah sempat kecewa karena tidak bisa segera mendapatkan sistem pertahanan Udara mumpuni saat itu, kini beralih ke S-400.

  31 Responses to “Mengapa Harus Sistem Pertahanan Udara S-400 ?”

  1.  

    Moga2 turki bosan dan dihibahkan kesini

  2.  

    Lap dulu iler ente, biar komennya agak bener. Turki aja pingin ngajak Rusia joint produksi utk system hanud ini kok.

  3.  

    Asix bang rusky sama kang kolibri debat neh…!!!

  4.  

    nyimak

  5.  

    he he … nyimak…….

  6.  

    Judulnya mantul, mbah agato… Ko ga komen wkwkwkwkk

  7.  

    Dah mulai belom yaa…???

  8.  

    Turki memilih negara yang komitmen yaitu Rusia. bukan negara yang ketika senjata dijual kemudian diembargo akibat faktor X. tetapi dibalik itu Turki harus siap siap karena amerika pasti akan menekan turki dari segi perdagangan dan politik.

  9.  

    kenapa harus S-400
    karena rudal ini paling camggih yg sda saat ini

  10.  

    Jenis target yang sanggup diserang oleh S-400 :
    – Pembom strategis seperti B-1, B-2, FB-111 dan B-52H
    – Pesawat perang elektronik seperti EF-111A dan EA-6
    – Pesawat pengintai seperti TR-1 – Pesawat radar peringatan dini seperti E-3A dan E-2C
    – Pesawat tempur seperti F-15, F-16, F-35 dan F-22
    – Rudal jelajah strategis seperti Tomahawk
    – Rudal balistik (rentang hingga 3.500 km)…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2018/12/kehebatan-s-400-triumf-sistem-rudal.html

  11.  

    Karna rudal s 400 jauh lbh berkualitas dibandingkn thaad & patriot
    😆 😆

  12.  

    Siapa juga yang berdebat ma bung ruskye ,la wong saya cuma berharap hibAh turki kok? Namanya saja tukang php ya selalu memberi harapan pada para fansboy

  13.  

    Siapa juga bilang kamu debat sama bang rusky…namanya juga orang iseng…suka suka lah ngomong…!!!

  14.  

    Xixixixi…maaf lupa tawanya…

  15.  

    Sudah-sudah buat Sesepuh saya Mau tanya inggih. Intinya yang Bakalan datang ke Indonesia itu S 400 atau THAAD ? Matur suwun…

  16.  

    Neh tukang bakso banyak ganti nama seh…!!!
    Suka suka yang buat kebijakan lah…dia yang buat aturan dia juga punya kemauan dan kemampuan…kalo tni yaa nerimo tok…itu juga kalo dikabulkan permintaanya….!!!
    Lagian liat arah mata angin…angin barat apa angin timur…jadi sesuai musim…kalo kata pasti siapa yang berani menentukan…kalo komentataor kan cuma ikut perkiraan dan kemauan sendiri…jadi bisa dibilang…omdo tox….!!!
    Termasuk saya…nanti ada yang trrsingung lagi…!!!

  17.  

    Banyak orang sekarang gede rasa dan tinggi hati…jadi sulit menerima pendapat orang lain walau itu masuk diakal…!!!

  18.  

    @aming lee Jadi intinya Om ?

  19.  

    Sulit dimengerti…sesulit menerkanya…!!!
    Yang jadi pertanyaanya siapa yang bilang kita mau datangkan kedua sista tersebut…???
    Belum ada rencana kesana…masih memenuhi sam jarak pendex yang itu juga terbatas angaranya…kjadi kuantitas yang tidak memadai…kita butuh ratusan miliar dolar angaran baru ada gigi untuk dipertontonkan…jadi jangan unjuk gigi kalo ompong…!!!
    Yang jadi permasalahan adalah kita negara besar dengan angaran kecil…kecuali kita negara kecil…!!!
    Jadi kita selalu membandingkan dengan yang kecil kecil…yang besar jauh untuk dikejar apa lagi diperbandingkan…!!!
    Aaaahhhh gue juga engak ngarti apa yang gue tulis….mungkin lelah atau ngantuk kali yaa…!!!

  20.  

    @aming lee Yo wes kalo ngantuk Bobok aja Om. Biar yang Muda aja yang Begadang hehehe… Matur suwun atas Penjelasannya….

  21.  

    based on the sophisticated S400 performance, indonesia has to buy at least 5 units of S400 systems; ignoring the expensive price, I strongly sugessted, indonesia give more attention to buy the system rather than SU-35 fighter for guarantee our air security…
    remember that future war will not depend on land army force, but more long distance war superiority…

  22.  

    Yang jadi pertanyaan nya lagi apa kamu ngarti dengan penjelasan daku…???
    Bohong kalou kamu ngarti…xixixixi….
    Wong saya yang nulis aja kagak ngarti…apa isi yang tak tulis…mosok situ ngarti…!!!

  23.  

    banyak juga bersliweran diskusi mengenai cara antisipasi S400 ini. dan kata kuncinya adalah Harga Rudal S.400 ini begitu mahalnya. Klo tak salah dalam komen saya beberapa bulan lalu , Rudal S400 sekitar harga IDR 10 M klo tak salah (males cari datanya lagi).

    Artinya dengan di salvo rudal-rudal yang lebih murah, maka S400 akan kehabisan napas dan duit.
    Untuk itu S400 mutlak di backup Arhanud pendek dan murah seperti Pantsir. Beberapa pendapat memberikan komposisi 1 S400 di back minimal 3 Pantsir di sekitarnya.

  24.  

    Masalahnya kita kurang wang bung seno…tapi pertahanan dan keamanan tidak bisa diukur dengan wang….berapa pon harganya…!!!
    Tapi masih tidak cocok bila kita selalu mengandalkan inport untuk sista strategis…karna rawan dan riskan…!!!

  25.  

    hehehe, iya Bung Aming….. Masalah Anggaran memang yang utama.
    Tapi sekedar ilustrasi misal kita Banyak Wang , apakah kita Instant/cepat beli vs Develop/lambat ?

    Contoh yang paling sederhana :
    Peluncur MLRS GRAD RM70 kita saat ini sukses diisi oleh RHAN 1200, dan tinggal menunggu waktu saja Roket ALtross di subtitusi. Memang perlu waktu, tapi daripada kita jor-joran beli ?

    Instant/cepat beli jika kita dalam kondisi perang, dan ada duit gampang itu di pasaran.

    Tapi teknologi sendiri sekarang ini dibutuhkan secara efektif untuk Deterent, bukan untuk perang.

  26.  

    Hehe.. Orang tanya serius malah jawaban sendiri gk ngerti.. Sepertinya smpyn iki kudu dikawinkan sama @huha… Biar agak sehat.. Hehe

    Sorry bercanda bung@Aming.. Habis comment mu lucu.. Tp klo mau sih gk papa sy siap jd saksi.. Hehe

  27.  

    Setuja bung seno…kalo gitu…!!!

    Bang preman bisa aeee…xixixixi
    Kalo dia beneran mau sih engak masalah…wkwkwwk…
    Tapi dia kayak nya jenis ampibi…deh…!!!

  28.  

    Mari kita rakyat patungan utk beli mercon s400 ini.

  29.  

    Kalo S400 mercon…lalu yang lain nya apa…???…karna ini mungkin yang paling mumpuni…entah kalo dilapangan…atau medan perang sesunguhnya…!!!
    Kalo masalah sumbangan seh engak masalah…yang jadi masalah kan siapa yang pertama nyumbang…biar saya jadi bendaharanya…wkwkwkwk…ini omdo tok yoo le…

  30.  

    Saya siap jadi sekretarisnya Bung Aming lee. Trus yang Jadi ketuanya siapa ya ???

  31.  

    Kamu mau jadi tukang catet tox…???