Mar 062017
 

Di saat yang hampir bersamaan, Angkatan Udara Indonesia berhasil menelurkan penerbang-penerbang pesawat tempur. Ada lima penerbang dari dua tipe pesawat tempur berbeda yang berhasil lulus, dan yang unik hanya satu orang dari penerbang pesawat tempur F-16 dan empat penerbang lainnya dari pesawat tempur Su-30MK2.

Menurut ANTARA, untuk penerbang F-16 pada tahun ini mencetak satu, yakni Lettu Pnb Fulgentius Dio Prakoso. Sedangkan untuk pesawat tempur Flanker ada empat penerbang yang berhasil lulus, yakni Mayor Pnb Reza Muryaji, Mayor Pnb M.Yunus, Mayor Pnb I Kadek Suta A. dan Mayor Pnb Apri Arfianto.

Foto : Antara

Padahal dimasa mendatang, justru armada pesawat tempur F-16 refurbished yang akan segera datang memperkuat Angkatan udara Indonesia, yang menurut berbagai pemberitaan dari media nasional ada 10 unit yang akan datang pada tahun 2017. Sedangkan dari armada pesawat tempur Sukhoi sendiri masih belum diketahui kedatangannya.

Pilot pesawat tempur adalah aset Angkatan Udara yang paling berharga. Untuk di Indonesia, dana pendidikan seorang pilot pesawat tempur selama 2 hingga 3 tahun bisa memakan biaya lebih dari 10 miliar rupiah

Untuk satu jam terbang latih dengan menggunakan pesawat tempur F-16 bisa menghabiskan biaya 50 juta rupiah, sedangkan untuk pesawat tempur Sukhoi Su-30 menghabiskan biaya 91 juta rupiah, dan semuanya ditanggung oleh negara.

Sekolah penerbang TNI AU biasanya berlangsung selama 18 bulan. Siswa lulus kemudian berlatih di kesatuan selama enam bulan. Setiap siswa kemudian diberikan pilihan ingin menjadi pilot pesawat tempur, pesawat transport atau helikopter. Para pilot kemudian disiapkan lagi untuk latihan operasi perang selama 6-12 bulan.

Author : Muhidin

  96 Responses to “Mengapa Indonesia Cetak Lebih Banyak Pilot Flanker?”

  1. Pertamax

    • selamat untuk bung TN PhD πŸ˜€ lagi gak mood pertamax nih bung

      • Iya ya kenapa yang lulus lebih banyak pilot Sukhoi ya ? 4 orang lagi.

        Padahal F16 punya RI khan sudah 24 unit, tetapi yang untuk latih seri B dan D ada berapa unit ya ? Dikit kali ya ? Mungkin kurang dari 10 unit ya ?

        Apa Su-30 punya RI memang sudah ada 24 unit ya ?
        Itu Su-30 saja lho…

        Ups kayaknya keceplosan nih…xixixixi

        • Untuk melatih penerbang Sukhoi sepertinya memang waktunya lebih pendek karena gap-nya ga jauh, makanya dalam jangka waktu yang sama bisa “dilahirkan” 4 penerbang. Coba liat deh penerbang Sukhoi yang baru2, pangkatnya udah Mayor. Artinya sebelumnya mereka udah punya jam terbang tinggi dengan pesawat lain (Entah F-16, F-5 atau Hawk misalnya). Jadi disini “gap” nya ga terlalu jauh untuk bisa pegang Sukhoi.

    • selamat jg bung phd,anda mendpt vcher mkn gratis di warteg sebelah..

  2. kenduro

  3. flangker goib akan segera menampakkan dirikah???

    • Flanker?
      Kagak moncer ini barang.
      Indonesia harus mencetak pilot pespur siluman F-35. China akan ngacir lihat F-35 berkeliaran di laut Natuna.
      Sir yes sir…..!!!
      Muhehehehehehe

  4. Bung diego kenapa gak muat artikel A400M udah mampir di halim. monggo di muat bung diego

  5. Skr sdh pada tau jika melatih seorang pilot itu bs mencapai 10 miliar rupiah, maka dr itu jgn beri mrk jet tempur yg hibah dan bekas pakai krn terlalu riskan dan trlalu beresiko utk nyawa sang pilot…skr kita tau bahwa anggaran pertahanan itu bukan sekadar utk membeli alutsista, msh banyak kebutuhan tni yg belum di publis….salut utk tni, bravooo

  6. karena ada 2 Squad-ud baru… hehhehehehe katanya lhoo…

  7. semoga mereka menjadi pilot su 35

    • Ya bung, bakal jadi pilot Su-35 di skuadron 14

      • Hehehe AKAN jadi pilot SU-35 di skuadron 14 ya om TN

        • Su-35?
          Kagak moncer ini barang.
          Sudah saatnya Indonesia mencetak pilot pespur siluman F-35.
          China akan ngacir dari laut Natuna bila F-35 patroli disana.
          Sir yes sir……!!!
          Muehehehehehe

          • F-35? Kagak moncer ini barang sama bledeg aja takut. Sudah saatnya indonesia mencetak pilot pespur heavy fighter SU-35.
            Aushit dan Singaporn akan ngacir bila SU-35 di taruh di natuna dan papua.
            Sir yes sir … …!! Kahkahkah

  8. Jawabanya karena flankers AKAN lebih banyak dari pilot flanker

  9. Karna sukhoi 27/30 indonesia itu ada 24 biji dan pembelian Su-35 akan lebih dari 1 skuadron,jadi wajar dong indonesia lebih banyak mencetak pilot sukhoi

    • Asiiikkk su 27/30 milik tni ada 24 unit, tp utk pembelian su35 ga mungkin lbh dari 1 skuadron bung, 8 unit boleh, 10 unit suka, 12 unit seneng bgt, jika belinya 1 skadron…itu berarti party di warjag!!,he he he…utk second layer nya mungkin fa 50 atau tejas (biar bung anu seneng aja) dan su35 ditemeni jas 39 gripen ng…cucok ga?..

      • Edodol @ dalam pembelian Su35 indonesia meminta kpd rusia agar diberikan TOT sekian persen atau offset…kalo kita berpikir dgn logika mungkinkah indonesia bisa diberikan TOT sekian persen atau diberikan offset bila indonesia beli SU35 cuma 8 biji,gak mungkin kan bro….muehehehe

      • 12 – 14 unit bung, prediksi saya.

        namun coba lihat para penerbang baru itu pangkatnya Mayor semua, artinya sudah lama (bertahun-tahun) jadi penerbang tempur pesawat yang bukan Sukhoi.

        Jumlah 4 orang Mayor itu persis sama jumlahnya dengan 4 orang perwira dari skuadron 14 yang mengikuti kursus intensif bahasa asing (KIBA) gelombang kedua yang diberitakan pada bulan Oktober 2016.

        Artinya 4 orang Mayor itu pasti dari skuadron 14 ex penerbang F5 Tiger yang sudah grounded ini.

        Xixixixi

        • TN PHD@ Kalo menurut logika saya,indonesia akan beli su35 mungkin sekitar antara 20-24 biji bung soalnya selain ditempatkan di skuadron 14 magetan 1 skuadron,sisanya akan ditempatkan di kaltara dan papua soalnya sudah sangat mendesak sekali karena wilayah udara disana sering dimasukin pesawat2 negara pakcik najib dan ausy,jd mesti dicover segera bung…mengenai pilot skuadron 14 sepertinya ex pilot F5 lebih dari 20 orang bung,F5 kita mungkin ada 10 biji berarti pilotnya mungkin ada 20 …muehehehe

          • 24 pilot yang bakal ditempatkan di skuadron 14.

            Sabar saja bung, kelihatannya bakal nambah kok.

            Yang saya curiga adalah mengapa PINDAD dan PT PAL bekerja sama dengan inhan negara UAE, lalu sesudah itu ada deal pembelian Su-35 oleh UAE.

            Dugaan saya adalah UAE dibujuk oleh RI untuk bersama-sama membeli Su-35 sehingga harga patungan antara RI dan UAE bisa lebih murah.

            Bisa jadi unit Su-35 yang akan dibeli RI kali ini 14 + 16 = 30 unit dan mungkin UAE beli juga sekitar 30 unit, sehingga total patungan beli Su-35 paling sedikit 60 unit sehingga mendapat TOT untuk joint produksi dan design pesawat gen 5 single engine.

            Jadi sama-sama untung.

            Ini hanya prediksi saya saja.

          • Yup bisa jadi feeling anda bener bung TN Phd

          • Nggak apa single engine juga asal bisa siluman seperti F35.

            TOT dipublish desain Rusia dan UAE padahal mungkin ada andil RI di dalamnya sebagai plan B jika KFX macet atau diembargo.

        • Pertanyaannya :

          bagaimana dengan para penerbang dari skuadron 14 yang kursus bahasa di gelombang pertama yang berjumlah 6 orang ?

          Apakah kelulusan mereka tidak dipublikasikan ?

          Apakah nanti dalam 3 tahun ini akan ada total 24 penerbang Sukhoi yang baru ?

          Tunggu saja dalam 3 tahun ini.

          • Tidak semua dipublikasikan bro baik itu jumlah pilot dan jumlah pesawatnya…ya sama seperti publikasi SU30 kita yg diberitakan cuma ada 1 skuadron padahal jumlah sebenarnya 24 biji,begitu jg SU35 diberitakan indonesia hanya beli 8 padahal sebenarnya belinya lebih dari 8,gitu bro.
            .muehehehe

        • tetap 32 SU35BM ha ha ha
          penempatan:
          Lanud Supadio, Pontianak 8 su35 tipe A
          Lanud Roesmin Nurjadin pekanbaru 8 su35 tipe A
          Lanud El tari kupang 8 su35 tipe B
          Lanud Merauke 8 su35 tipe B
          asik kan!!!!!

          dalam memenuhi MEF 2 dibutuhkan pengadaan 4 skadron pespur
          1 ska dah diisi Pengadaan 1 skuadron F16 blok 52 tawaran hibah batch 2

          3 ska ini diisi apa sampai 2019… ayo ayoooo

          • Lha Iswahyudi mau diisi apa kalo seluruh Su-35 untuk yang lain ?

            Supadio itu cocoknya FA-50 di situ sebagai basenya, namun akan disebar ke beberapa titik di seluruh RI.

            F16 hibah bukan untuk isi salah satu dari 4 itu bung.

            24 Hibah semuanya ke RSN, namun yang cadangan seri AB dan CD ke Iswahyudi untuk genapkan yang 10 AB jadi 16 unit F16.

            FA-50 ke Supadio untuk gantikan Hawk yang ditarik ke RSN.

            Sekarang tinggal EL tari dan Merauke bakal diisi skuadron baru, nggak tahu diisi apa.

          • Lanud Iswahyudi diisi :
            skadud 3, F16 1 flight
            skadud 14 ,F16 1 flight dari hibah bach 2 saja dulu
            skadud 15 T50 GE.

            pespur yg kita punya dan aktif
            23 Hawk
            15 T50i
            15 Super Tucano
            12 F16 MLU
            23 F16 setara 52.
            4 F16 blok 25 sebagai cadangan.
            16 Sukhoi.

            harapan saya demikian bung TN,,
            kita meletakkan pespur terbaik langsung di depan jidat
            aus dan PNG di selatan

            dan tepat di leher singa dan malay di utara.. tentunya terutama untuk LCS.

            itu baru penempatan dari hasil pengadaan,,
            MEF 2 untuk pengisian lanud masih ada 5
            Pengisian 1 skuadron tempur di Biak
            Pengisian 1 skuadron tempur di Kupang
            Pengisian 1 skuadron tempur di Gorontalo
            Pengisian 1 flight tempur di Banda Aceh
            Pengisian 1 flight tempur di Natuna (dg pola pikir saya berarti sudah di penuhi oleh 8 SU35BM)

            jumlah yg nantinya 11 skuadron masih jauh panggang dari api….
            MEF 2 untuk pespur ini apakah bisa dipenuhi kontrak pembeliannya sampai 2019… mari kita resah dan gelisah wkwkwk

          • Natuna mau diisi apa?

          • Berarti tejas di taro di sukarno-hatta buat provider

          • @bhisma :Su-35 ndak ada type B bung, yg double seater khusus sukhoi angka genap
            @bung TN : merauke sih bagusnya ya sukhoi family bung, apa lg klo d tambah tentengannya pake jamer knirti model terbaru, bisa bwt nakut2in pesawat ma kapal perang asing

      • xixixi…notes;biar bung anu seneng aja…

  10. Putin

  11. Mungkin nambah lagi su30 n’ su27

  12. Yg di test utk f16 paling asal2an biar ga lulus… TERRRLALLLU beresiko kali..sorry komeng sotoy mumpung bisa.

  13. Maaf beribu maaf…mohon ijin Pocong mau bertanya:

    1. Apakah harga avtur dan sparepart sukhoi sudah turun shg bung muhidin menyebutkan biaya operasi sukhoi perjam terbangnya hanya 90 juta…padahal dulu katanya menyentuh angka 500 juta?

    2. Menurut info yang beredar dikalangan Pocong, kuntilanak, banaspati, wewe dan gendruwok…konon disini sukhoi-35 sangat digandrungi, sampai2 ada yg menamai anaknya dg nama “SUTRIMO” yang kepanjangan dari Sukhoi-Tri/Tiga-Mo/lima.

    Lha rak malah lupa pertanyaannya…sik-sik-sik? Oh iya, kalo begitu kenapa belum sekalipun si Sukhoi-35 ini datang kemari untuk memuaskan rasa penasaran pd pesawat supermanuver ini….padahal A-400 sdh 2 kali kesinil ho,rafale juga sdh pernah geal-geol dilangit halim dan maospati, dan gripen serta typhoon sdh memboyong simulatornya kesini. Hayoooo kenapa…?!!!

    3. Nah yang terakhir ini bukan nanya tapi mewakili paguyuban Pocong Pondok Rangon, Pocong mau komen kenapa kita meluluskan lebih banyak pilot flanker….jawabnya sederhana saja, karena flanker awaknya ada 2 tiap pesawat. Gitu aja kok repot…..ih-ih-ih !!!!

  14. utk lulusan flanker kalau boleh tau pesawat latih yg digunakan apa ya?

  15. Ahoy..ga..ribet loging lg ..loging lg ..pakai akun facebook..persiapan kedatangn su 35..

  16. klo di pikir2…,jarak waktu antara kelulusan pilot flanker series dgn akan dtgnya pesawat pasti sdh dekat,sesusai dgn yg diberitan oleh media nasional rusia bhwa thn 2018 akan datng 2 peswat su 35 untuk indonesia dri 10 yg di pesan.

  17. alamak 1 (F16) banding 4 (sukhoi) jumlah pesawatnya.

    kalo jumlah skr F16- 24 biji berarti sukhoinya ada … 96

    hehehee edisi ngarep niiiihhh….. semoga terkabulll…..

  18. Sekarang enak koment:D

  19. Idealnya 1 pilot 1 pesawat tempur…berarti akan banyak berdatangan sukhoi, bisa sukhoi 35 atau sukhoi 30 mki

  20. Coba dicek parkiran timur

  21. Waduh… baru ditinggal tidur sebentar sudah penuh komennya πŸ˜†

  22. Karena eh karena.. AKAN ada mainan baru πŸ˜€

  23. Akan lagi

  24. saya mau ikutan kursus pilot sukhoi,boleh nggak?..

  25. Oh begitu

  26. menanti 21 penerbang baru Su-35 …

    edisi ngarep mode on … kikikikikih …

  27. Tes

  28. semua udah di jabarin bung” di atas, bingung mau coment apa nih.. derita anak bangun ksiangan..

  29. Su 35 jadi pesawat siluman jadi jadian. Gak keliatan eh tiba-tiba terbang ??

  30. jadi jangan pernah bilang lagi ” duite sopo ? ”
    mencetak 1 pilot aja habis 10miliar. bbm avtur dan maintenance kena berapa?
    selama kita masih bisa tidur nyenyak. berarti punggawa negeri berhasil menjaga negara ini. amiin

  31. 8-12 SU 35..Yg Laennya SU 27/30 mutant total 16-24 Sukhoi paketannya,mediumnya 6-8 F-16 viper baru,24 Gripen…10 milyar perpilot..Bukan angka yg kecil,berarti tidak tiap negara bisa mengoperasikannya,bisa beli Tp sopirnya gak mahir…(mungkin pespur Sukhoi kita dikit,tapi pilotnya spesialis tempur)

  32. F-16 refurbished silakan tanya ke Teddy!

  33. lha yg jd pilotnya adiknya su35 siapa hayo( su34 ).menghayal tingkat tinggi

  34. kalo tidak salah
    istilah mencetak pilot tempur dan pilot sipil seperti kutub selatan dan utara…
    antar pesawat tempur pun akan mempunyai karakter yang sangat berbeda
    bila mencetak pilot..memang betul dari baling-baling kemudian ke mesin jet..
    tapi mencetak pilot sukhoi..ya latian nya pake sukhoi lagi…dan apabila pilot pespur lain akan menerbangkan sukhoi..maka mreka kudu konversi (belum tentu lulus juga)….
    hanya bermimpi..suatu saat..indonesia bisa 1 pilot 1 pespur..kaya di amerika sono..wkwk

  35. Yang iya pilot indonesia pilot serbaguna bisa F16 bisa Sukro……, klo dah bisa terbangkan sukro, F16 apa lagi πŸ™‚ Indonesia is the best

  36. Razia KTP MOD.
    Yang terjaring baru 2.
    Bung TN dan Bung Lingkar.

    maaf ane baru nyimak pemilihan mod.
    soalnya berita JKGR gak update di browser saya.
    Terpaksa pakai mode Incognito.

    “Selamat ya atas terpilihnya kalian berdua :). Kalau kaosnya kekecilan bisa kasih saya :P”

  37. Untuk para momod saya pengen lihat kaosnya boleh kirim pict lewat komen? Hehehe πŸ˜€

  38. Menunggu 35 su 35 xixixixixi

  39. Imho ini hanya mengindikasikan bahwa akan lebih banyak flanker yang akan datang.

  40. joss

  41. mantap

 Leave a Reply