Apr 252017
 

Su-35 (Photo: wikipedia)

Dalam wawancara antara Direktur Kerjasama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec, Victor Kladov dengan media Ria Novosti, sedikit terungkap bocoran mengapa Malaysia tidak memilih pesawat tempur Su-35 ataupun Su-34.

Menurut Victor Kladov, Angkatan Udara Malaysia lebih menyukai pesawat tempur dengan kursi ganda seperti yang dimiliki Su-30MKM.

Menurut doktrin dari AU Malaysia, dengan kursi ganda, satu pilot dapat berkonsentrasi pada sistem navigasi dan persenjataannya, sedangkan pilot yang lain bisa lebih fokus pada pengendalian pesawat.

Padahal pesawat tempur modern kini sudah lebih terkomputerisasi dan lebih memudahkan penanganan oleh satu pilot saja, namun menurut Victor Kladov, Malaysia tetap tidak menerimanya. Itulah sebabnya Malaysia tidak menjadikan Su-35 sebagai pilihan dalam program MRCA (Multi-role Combat Aircraft).

Termasuk ketika disodorkan pesawat pembom Su-34, dimana menurut Victor Kladov, Malaysia belum membutuhkan tipe pesawat pembom tempur dengan kemampuan muat senjata yang sangat besar, dan Victor meyakini Malaysia tidak akan menjadikan Su-34 sebagai pilihan untuk saat ini.

Ria Novosti / Defencestudies

  144 Responses to “Mengapa Malaysia Tidak Tertarik dengan Su-35 dan Su-34?”

  1. Waheeed

  2. Karna mau bangkrap

  3. Taak mauu karna beruuk tak mampuu beli kahkahkahhhh..

  4. karena tak ada uang

    • Karena kuatir Bingung Dan Tidak bisa merawat ….
      Kalau macam nya banyak….
      F5 E tiger .. F/A 18 hornet ..Mig 29 Dan Hawk …Plus Sukhoi 30… sudah Berapa macam itu ?
      Akhir nya ada yang Dirombeng Dan Dijual bekas ..squadron nya mau tutup ..yaitu squadron Mig 29.. kesimpulan nya…mungkin lebih baik pengganti nya tetap Sukhoi 30 atau F/A 18 hornet saja …

  5. Karena Pilotnya ga mau repot (dimanja) dan karena ga Pede kalo pilotnya sendirian ngadepin pespur lawan…….

  6. Disodorin SU35, malon bilang “pengin pespur yang tandem”…… giliran disodorin SU34, malon bilang lagi ga butuh pembom…..

    Malon ngeles mulu, terus maunya malondog itu apa ??……

    Kalo ga punya duit jangan suka nawar barang, bikin malu lon !!….. 😆

  7. Halaaaahhhh….Malaysia Pinter Juga Berkelitnya…Muter muter kaya Gangsing….Bilang Saja Terus Terang !!!…..Bilang Saja …MALAYSIA TIDAK PUNYA DUIT…..BANGKRUT….JATUH MISKIN…..

  8. karena pilotnya blo’on…..

  9. Tidak tertarik karena Tak Da Wang.. xixixi..

  10. Bakalan rame nih dan bakalan jdi tranding topic
    Soalnya berita nya tentang s beruk tukang ngeles

  11. pada bloon ada pilot malon nya.. MANJA. xixixixi

  12. Pilotnya gak punya nyali terbang sendiri, takut ketingggian hhhhhhh

  13. Macam saya Akan cerita mengapa Malaysia gak mahu beli su-35 lebih memilih su30mkm
    1)kos latihan dapat kurangkan dengan mengunakan pasawat Sama dapat melatih dapat guna berperang. Kos lebih tinggi terpaksa tanggun Kerana paksa Beli Pesawat latihan untuk atau terpaksa menghantar pilot Baru ke russia melatih pilot rawak Baru.
    2)dapat kurang kepenatan rawak pilot 1 sekira Lelah, pilot ke 2 akan ambil alih rawaknya.
    3)pilot 1 jaga radar udara, pilot 2 Akan jaga opitik darat.
    4)sekira tercedera rawak 1 pilot cedera atau kecelakaan semasa dogfight, rakwak pilot kedua Akan ambil alih

    • Semasa..pulang kat rumah…pilot sudah ditungguin ..istri ganda….dalam bilik ganda…

    • Encik @Makam

      Alasan pada point 1 masih bisa diterima. Tp pada point 2,3 dan 4 sepertinya alasan yg diada2kan. Mengapa begitu.?
      – Point 2, Kepenatan dari apa.? bukankah ini sdh bukan jaman PD II yg setiap pesawat perlu melakukan perjalanan panjang krn kecepatan pesawat spt saat jepang menghancurka Pearl Harbour. Dng adanya mesin jet jarak menjadi singkat menuju target. Kecuali saat patroli.
      – Point 3 Setiap misi pertempuran yg melibatkan pesawat tempur, tidak dilakukan secara tunggal melainkan terdiri pespur air superiority dan serang darat. Biasanya pespur air superiority membebaskan udara dr serangan pespur lawan. Baru setelah itu pesawat serang darat dikerahkan.
      – Point 4, Tidak sempat mengalami cidera karena dogfight, krn pesawat hancur berkeping2 dihantam rudal jarak pendek. Dan saat ini peluru dr kanon pespur punya daya hancur yg tinggi. Kesempatan pilot hanya eject dng kursi lontar sebelum pesawat meledak atau rontok dng terjangan peluru kanon.

      Jd alasan yg anda buat kurang tepat kiranya. Salam nasi lemak tak gurih…xixixi

      • Alasan Yg Sangat Bodoh… No 2,3,4 Gk Masuk Akal… 😛 … Masa Dogfight Pilot Cuma Cidera Yg Pasti Klau Dah Dogfight Pasti Pesawat Itu Hancur Karena Kena Rudal Jarak Pendek Atau Kena Serangan Kanon…

      • Begitulah adanya tabiat malon jika sering makan nasi lemak bung heheheee….

        harapan terakhir malont utuk mendapatkan pespur canggih sekarang ada pada 3 negara pilihan :

        JEPANG. Mengharapakan pesawat hibah Pespur Siluman terbaru Jepang X 2 (HIBAH dg Barter Nasi Lemak)

        IRAN. Mengharapakan pesawat hibah Siluman terbaru IRAN QAHER 313 (HIBAH dg Barter Nasi Lemak)

        KOREA / INDIA Tertarik dg KFX atau TEJAS

      • Senjata utama Dogfight Ialah canon 30mm yg Ada yg Ada Dalam pesawat, pesawat sekarang beda dengan perang dunia kedua, Pesawat Sekarang di lekapi jamming Dan umpan missile bola api untuk menjatukan rudai kendalian ‘ketika itu kamu kehabisan missile habis digunakan ,pilihan terakhir kamu canon 30mm.
        Missile air to air Ada kelemahan jika kena jamming Dan kena umpan bola api api.jika mahu gunakan Missile rudai udara jika mahu tembak gak boleh tembak jarak terlalu dekat kamu pasti gunakan konon 30mm ketika Dogfight
        Kalau gak tahu pasal pesawat jangan jadi f16 goblock
        Alasan ini Malaysia memilih sukhoi 30 mkm. Tanya pada rusia yg banyak melakukan pembom darat gunakan su-30sm disyria apa su-30sm bakal hadapi konon darat zu-23 Dan zu-30 Dan missile manpads sehingga kini gak Ada Satu pun Pesawat su-30sm jatuh tembak, sekira Pesawat mereka terkena tembakan peluru 30mm atau 23mm Pesawat gak jatuh pilot 1cedera rawak kedua Akan akan ambil alir ,ketika Amerika melakukan kesilapan Dimana Pesawat Amerika Kalah dengan Russia setelah terkena conon 23mm ,ketika di Vietnam rudai kendalian jet f4 phantom kehabisan amerika terpaksa Lari ketika dogfight dengan mig21 Dan mig19 .
        Su-30sm gak Ada apa2 masalah Syria Dan gal Ada masalah taknikal. Atas Sebab ini Malaysia memilih su-30mkm jika Amerika, perancis Dan british gak mahu jual pesawatnya.
        Kamu tahu gak sebab apa Amerika bilang top gun Raja segala dogfight Ada konon Ada pada pesawat

    • Hello makan,

      Point 2 : kepenatan ?

      Justru Su-34 di kursinya ada alat pijatnya.

      Sudah pilotnya 2 orang, jangkauan jauh, ada kursi pijatnya pula, kok masih ditolak.

      Bilang aja tak ade wang, beres. Jangan malu lah.

    • Hello makan,

      Point 2 : kepenatan ?

      Justru Su-34 di kursinya ada alat pijatnya.

      Sudah pilotnya 2 orang, jangkauan jauh, ada kursi pijatnya pula, kok masih ditolak.

      Bilang aja tak ade wang, beres. Jangan malu lah.

      😆 😆 😆

      • Hihihi… Padahal Fasilitas Kenyaman Di SU-34 Itu Udah Super Loh… Coba Bayangkan Sudah Kursi ganda,Kursinya Kursi Pijat,Penghangat Ada,Plus Tempat Buat Masak Dan Kencing Pula

    • Pak cik, pesan saja pesawat tempur berkursi tiga, kursi paling belakang minta dilengkapi kasur dan bantal, bila 2 pilot sdg dog fight pilot ke 3 bisa molor utk memulihkan stamina, kalo msh kurang bisa juga minta bagasi utk menaruh pisang.

  14. Pilot malon bodoh2..males2..mau gampangnya aja

  15. Biarkan kalau SU 35 kita sdh datang nanti kita sengat kasi pelajaran.

  16. Memang lebih baik Malaysia beli Typhoon saja. Rafale sangat mahal.

  17. dah miskin kali MIG 29 aja di tuker spare part wkwkwkwkwk HIDUP NAJIB

  18. 1. I.Q. pilot malon jongkok bro
    2. Tak ada wang
    3. Kembali ke no 1
    4. Kembali ke no 2
    5. Kembali ke no 3
    6. Kembali ke no 4
    7. Tanya bung @Colibri

  19. malaysia pantas aja g tertarik sama pespur su 35/34 ..percuma juga g bisa di pake ..bisanya juga di tuker sama sparepart. begitu info yg bisa sy sampaikan bung colibri..master perberukan..hehehe

  20. Yang iyanya Rusia jg emoh ks teknologinya ke Malay takut diserahkan ke AS untuk dibongkar mencari kelemahan dan kelebihannya untuk antidot pespur Rusia!

  21. Utk apa beli su35 jika malay sdh punya MKM..india juga tidak tertarik krn sdh punya MKI..aljazair juga nambah MKA dari beli su35..MKI/MKM/MKA Su30 varian upgrade gak jauh bezanya sama Su35

  22. janggal sih

  23. hargai dong malaysia nggak beli su 35/34, selain harganya mahal.. teknologinya juga gak muat diotak mereka.
    ibarat kakek2 dikasih smartphone khan percuma teknologinya ga dipake

  24. tetangga apa2 jg cari teman..
    tidak bisa mandiri..
    masih bingung operasikan pespur jadi harus ada teman..
    lebih mahal pasti..
    takut di bawa kabur mungkin..
    dan yg trakir biar bisa curhat sambil ngopi bareng..
    jhaa

  25. negara paling jaguh di kawasan…,mig29 aja barter ma part bekas india,koar2nya mw akuisi rafale-lah,g mw beli s34/35-lah,dsar malon otak kebo tp mulutnya buaya.
    -tentaranya lembik
    (otak pilotnya lembik)

  26. Eject kat hangar.
    Kwaaaaaakkkkkkkk…..
    Maklum otak malon tdk siap menerima iptek masa kini

  27. mungkin pilot malaysia ingin ada temanya kalo mau mati pas di lock sama rudal musuh jadi matinya nggak sendirian wkwkwk, justkidding

  28. Mungkin karena takut diembargo dan diblokade Amerika. Kan Mamarika langganan mereka. Wkwkwk

  29. banyak nama2 baru yg keluar akibat pancingan bung diego,.
    mungkin hanya skedar mengeluarkan uneg2 gara2 ulahnya yg kurang menyenangkan x ya,.
    jhah..

  30. malon kere petingkah.

    noh beli saja su31. pas buat angkut2 pisang…. ada dananya gak?

  31. Duuh malay mati kutu. Mo komen pasti di gangbang. Xi xi xi

  32. Punya Indonesia Itu SU-30 MK2 Bukan MKM…

  33. ALASAN NYA MUDAH…MEREKA TAU KALAU SUKHOI PENGHISAP ANGGARAN INI HANYA PESAWAT JADUL YG MEMILIKI RADAR JAMAN TANDUN ( BELUM AESA )

  34. tak de wang

  35. Point utamanya utk apa beli su35 jika malay sdh punya mkm..india juga tidak tertarik pada su35 krn sdh punya mki..aljazair juga nambah mka dari beli su35..mki mkm mka itu su30 varian upgrade gak jauh beda sama su35..

  36. Bingung mau bayar pake apa??

  37. SUKHOI Malaysia cuma di parkir di hanggar, di elus elus, jadi pajangan Doank..!! beda dengan SUKHOI Indoneasia…udah keliling dari natuna sampai papua…!!

  38. alasan utama adalah tak da wang lah pak cik

  39. alasan yg tdk masuk akal hanya masalah kursi sekalian nggak usah pake kursi cukup di tunggangin saja

  40. wedew

  41. suka yg tandem biar nanti slh satu pilotnya bsa jagain tuh enjin yg ad d blakang entar ilang lgi tuh enjin… klo pilotnya sndirian

  42. Knp Malaysia lbh suka pesawat tempur kursi ganda. Jwbanny gampang. Pilot Malaysia paling berpengalaman dlm hal eject, jd PD saat pilot pertama TDK sengaja eject Dr pesawat msh ada pilot ke 2 utk mengendalikan pesawat.

  43. beruk suka yg tandem karena kalo eject kat hanggar kan bisa seru kalo berdua..

  44. bikin kopi dulua ah,..bakal rame nih lapak,…xixixi

  45. wah klo lebih memilih tandem berarti SDM malon terbatas.

  46. Pilih aja su 35 fersi penumpang

  47. Pilot kuno…barelet..belet bin bego..hoh

  48. Test

  49. Unggulnya cuma diatas kertas, Sukhoi malon ora pernah miber…… xixi….

  50. kasian ya malon

  51. Salam hormat saya, buat rekan2 warjag yg sudah komen di artikel ini…..

    Tidak lupa, saya sampaikan terima kasih buat bung Muhidin, bung Admin dan kawan2……….

    Semoga sehat dan sukses selalu bersama anda2 semua, amin.

    *dah malem, saya mau bobo……

  52. Test

  53. Mungkin Om Victor Kladov ketawa terkencing* mendengar pernyataan dari Malon…ngelesnya minta ampun…

  54. Kebanyakan ngecengin didepan tv acara UPIN dan IPIN sehingga Pilot harus ber dua dan ditambah biar lebih berani ngadepin PLA … he he pissss

  55. Bung Admin dan Rekan Warjager, bagi ilmu dong buat avatar biar kita juga punya … please ..

  56. fail is part of success … gara hara jaringan lemot

  57. kerana malon tak der wang alias bangkrap !!!

    habis citer !!!

    tak payah ler bagi alasan ke hulu ke hilir … kikikikikih …

  58. Disamping tak punya uang, Paling menhan malon takut, saat berlatih di Russia bukannya pesawat dibawa terbang malah dibawa ngapung wkwkwk

  59. Iyaa udah dateng…dalem mimpi

  60. Sudah….., jangan ribut…….. omong doang…..
    Ayo buktikan….. Di lapangan……..

  61. Rusia ga doyan pisang, makanya Malaysia ga mau beli

 Leave a Reply