Feb 232018
 

Militer Korea Selatan dan AS mendemonstrasikan peluncuran rudal serangan presisi Hyunmoo II dan MGM-140. © Sinthia Rosario via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Ketika Korea Utara (Korut) mengadakan parade militer awal bulan ini, sama seperti para atlet dari seluruh dunia berkumpul di Pyeong Chang merayakan Olimpiade, perhatian kita tertuju kepada apakah Pyongyang akan menampilkan rudal balistik antar benua baru ke seluruh dunia, seperti dilansir dari laman Korea Herald.

Masyarakat internasional merasa lega setelah melihat sedikit bukti ICBM baru tentang apa yang digambarkan sebagai parade low-profile meski Korea Utara memamerkan ICBM kelas Hwasong 14 dan 15, yang berhasil diluncurkan tahun lalu.

Namun, ada sebuah rudal misterius yang meluncur di sana yang sebagian besar tanpa disadari. Dianggap belum pernah terlihat sebelumnya, rudal jarak dekat tersebut mirip dengan rudal balistik Hyunmoo II Korea Selatan, yang memicu spekulasi apakah Korea Utara telah mencuri rancangan rudal tersebut dengan cara hacking.

“Rudal Hyunmoo kami muncul di pusat parade militer Korea Utara”, menurut Chung Jin-suk dari partai oposisi utama Liberty Korea Party, yang merupakan anggota Komite Pertahanan Nasional.

Ini sama seperti Korea Utara yang memperkenalkan rudal Hyunmoo versi lanjutan dan mengadakan parade militer untuk mengejek kita, tutur Chung di sebuah pertemuan parlemen dengan Menteri Pertahanan Song Young-moo pada hari Selasa.

Dalam pertemuan tertutup berikutnya dengan Song, anggota parlemen menunjukkan kemiripan rudal tersebut dengan rudal Hyunmoo II, menunjukkan bahwa Korea Utara menyerang sistem militer Korea Selatan dan mencuri cetak biru atau blueprint rudal tersebut.

Menteri Pertahanan Korea Selatan mengakui bahwa rudal yang telah ditunjukkan pada parade militer tersebut terlihat sangat mirip dengan desain Hyunmoo II, namun rudal Korea Utara adalah rudal yang sama sekali berbeda karena itu menggunakan sistem pemandu yang berbeda.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan juga menolak spekulasi tersebut. Dalam sebuah pesan yang dikirim kepada wartawan dihari Selasa, kementerian tersebut mengatakan, “Tidak benar rudal Hyunmoo Korea Selatan muncul dalam parade militer Korea Utara”.

Sifat misterius rudal Korea Utara telah memicu sejumlah perdebatan di kalangan para ahli. Beberapa menyebut bahwa itu memiliki banyak kesamaan dengan rudal Iskander dari Rusia, yang memiliki sejarah membantu program rudal Korea Utara.

Justin Bronk, seorang ahli militer di Royal United Services Institute, mengatakan bahwa rudal misterius Korea Utara “sangat mirip rudal Iskander” dan bukan yang telah dilihat sebelumnya, menurut Business Insider.

Dalam sebuah artikel, Michael Elleman mengatakan meski ukuran serta fitur eksternal rudal Korea Utara menunjukkan bahwa hal itu didasarkan pada Iskander Rusia, namun juga memiliki banyak fitur yang ditemukan pada Hyunmoo-II Korea Selatan.

Dikembangkan oleh Badan Pengembangan Pertahanan yang dikelola negara, Hyunmoo II memainkan peran kunci dalam menghalangi ancaman rudal balistik dari Korea Utara dengan kemampuan serangan pre-emptive. Dengan jangkauannya yang mencapai 800 km, ini mampu mencapai seluruh wilayah Korea Utara.

  10 Responses to “Mengapa Rudal Korut Bisa Mirip Desain Rudal Korsel?”

  1.  

    Amankan

    •  

      Jawaban sebenarnya sangat simple…….. karena mereka berdua bersaudara.

      Mereka berdua satu nenek moyang, budayanya juga sama, kulinernyapun hampir sama……. seandainya sampe desain rudalnya-pon juga sama saya tidak heran, karena secara fisik laki2 korea punya ukuran rudal yg tidak jauh berbeda.

  2.  

    Mockup mungkin.

    •  

      Pengertian Mockup :
      Mockup adalah model skala utuh. (kamuslengkap.id)
      Mockup adalah sebuah media visual atau preview dari sebuah konsep desain “datar” yang diberikan efek visual sehingga hasilnya sangat tampak atau menyerupai wujud nyata, mockup dapat memberikan gambaran nyata dari sebuah konsep desain bagaimana konsep itu akan terlihat nantinya jika sudah diaplikasikan menjadi benda nyata apakah terlihat bagus atau kurang sesuai. (primecybr.com)
      Mockup adalah sebuah media grafis yang tersusun atas beberapa layer yang berfungsi menampilkan hasil desain agar terlihat nyata. (excelent-branding.com)

      jadi ini mockup, prototipe apa produk jadi bung Agato…?

  3.  

    namanya jg bersaudara, gen nya sama, moyangnya sama, mungkin kejeniusan otaknya jg sama aja, jadi rudal punya desain bentuk sama jg wajar tapi daleman nya kan blm tentu sama persis … hehehe !!!

 Leave a Reply