Mengapa Serangan Iran ke Pangkalan AS Tidak Ada Korban?

Al-Asad, Jakartagreater.com  –  Pasukan Amerika Serikat di pangkalan udara Al-Asad di Irak menyadari bahwa serangan Iran akan segera terjadi, yang memungkinkan mereka untuk berlindung dua setengah jam sebelum misil menyerang pada hari Rabu, CNN diberitahu selama tur eksklusif ke situs yang hancur, dirilis CNN, 11-01-2020.

Sebagian besar pasukan diterbangkan keluar dari pangkalan atau berlindung di bunker pada pukul 11:00 malam. waktu setempat Selasa – tak lama sebelum serangan pertama dari empat salvo rudal dimulai tepat setelah pukul 1:30 pagi hari Rabu, para petugas mengatakan selama tur pertama kepada para wartawan di pangkalan udara.

Serangan itu berlangsung sekitar dua jam, hanya menargetkan area pangkalan udara AS, yang terdiri sekitar seperempat dari pangkalan Irak.

Petugas menyebutnya sebagai “mukjizat” bahwa tidak ada korban di lokasi ledakan, dengan rudal mendarat hanya beberapa meter dari bunker, dan beberapa personel penting yang tersisa di luar.

Ini adalah pertama kalinya pasukan di pangkalan itu berbicara secara rinci tentang saat-saat sebelum serangan, mengungkapkan bahwa mereka dapat mencari perlindungan di bunker tak lama sebelum rudal menyerang.

Pasukan AS tahu akan ada serangan di pangkalan mereka hanya tidak tahu apa sifat serangan itu.

Serangan Iran terhadap pangkalan udara Al-Asad adalah satu dari dua pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS pada hari Rabu. Serangan itu sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak di bandara Baghdad yang menewaskan komandan militer Iran yang paling kuat, Qasem Soleimani.

Presiden Donald Trump mengatakan Soleimani merencanakan “serangan yang akan segera terjadi dan menyeramkan” terhadap orang Amerika, meskipun ia tidak dapat menerangkan kerangka waktu kapan hal ini akan terjadi.

Perdana Menteri Irak Adil Abdul Mahdi sebelumnya mengatakan Iran mengirim Irak pesan lisan resmi bahwa serangan “telah dimulai atau akan segera dimulai,” di lokasi militer AS yang tidak ditentukan.

Sumber diplomatik Arab juga mengatakan kepada CNN bahwa Irak memberikan peringatan dini kepada AS tentang “pangkalan mana yang akan dipukul” setelah para pejabat Iran menyampaikan informasi tersebut.

Serangan pertama terjadi pada pukul 1:34 pagi dan setelah jeda singkat sekitar 15 menit, salvo berikutnya dimulai. Dua salvo rudal diikuti selama dua jam berikutnya.

Saat fajar, petugas akhirnya muncul dari bunker untuk menemukan skala kehancuran skala penuh.

Pangkalan udara Al-Asad, yang menampung pasukan AS, adalah salah satu pangkalan militer terbesar dan tertua di Irak, yang terletak di provinsi Anbar, markas aktivitas ISIS di Irak barat antara 2014 dan 2017.

49 pemikiran pada “Mengapa Serangan Iran ke Pangkalan AS Tidak Ada Korban?”

  1. Itu menunjukkan bahwa US tau serangan Iran takkan menjadi serangan total mengarah perang. Iran takkan berani mengambil resiko perang meletus makanya serangan yg dilakukan hanya serangan simbolis dan serangan rudal biasa. Jadi wajar US takkan menempatkan Patriot disana.

    Yah, kita liat apakah Iran akan berani ambil langkah perang atau hanya gertak sambal aja. Hhhhhhhhhh Hhhhhhhhhh Hhhhhhhhhh Hhhhhhhhhh

    • Iya kan dah dikasih bocoran sama Irak, cuma waktu nya kapan yg tidak bisa dipastikan maklum khas rudal keluarga C705 suka2 rudalnya mau luncur kapan walau tombol ignition sudah dipencet dan ditinggal beli rokok sama operatornya tentara Iran ke warung HIK sebelah pangkalan

    • Alasan… kalau sampai serangan bisa masuk begitu mudah ke area pangkalan militer, ya apa artinya pangkalan militer??? mestinya sebuah pangkalan militer memiliki kemampuan mempertahankan diri yang cukup, sehingga meminimalisasi serangan yang masuk… masak dari belasan rudal yang ngga nyampai cuman karena eror… bandingkan dengan yang terjadi di Suriah yang sama kasusnya, mendapatkan informasi juga tetapi tetap mampu melakukan tindakan penangkisan…
      Waktu kejadian di Suriah sebenarnya juga hampir sama, karena memang sebenarnya target sudah diketahui dan evakuasi sudah dilakukan…
      Justru menjadi pertanyaan besar, apakah hanya mengandalkan sekelas Patriot saja dan tidak memiliki yang lain??? atau memang tidak cukup mumpuni???

      • Itu pangkalan Irak dan US hanya menempatkan personel disana untuk menghadapi perang melawan ISIS. So, kalo ente tanya kenapa tuh pangkalan gak punya hanud ya tanya aja ke Irak bukan ke US. Kecuali kalo Irak mengijinkan pangkalan yg ditempati personel US boleh dipasang hanud macam Patriot itu beda ceritanya.

        • Hla kok malah suruh tanya ke Irak… yang punya kepentingan USA apa Irak??? yang mau dilindungi siapa???
          Lagian disana saja ditempatkan banyak personil dan perangkat militer kok, kalau dipasangi hanud ya pasang saja… Irak juga pastinya hepi2 saja… Emang pernah Irak menolak??? kalau menolak kenapa mereka begitu ingin membeli S-300???

        • yang komen ini aliran wahabi, tuannya dia arab saudi, jadi kekuatan iran yang dahsyat tetep dia anggap remeh temeh. gpp bro tetep jd wahabi biar jidat lue makin item

          SEJAK KAPAN AMERIKA LAWAN ISIS ? YANG BASMI ISIS (ALIRAN WAHABI ) KELOMPOK SYIAH SUNNI DAN KURDI IRAK BERSATU LAWAN ISIS, …

          itu pangkalan irak yg sudah di ambil alih US sejak lama … bahkan USA minta IRAQ bayar biaya operasional nya …

          otak wahabi memang di dengkul

    • Sudah diserang lg tuh mbah Gatol.
      Cuma pake rudal unyu2 aja, rudal tipe Katyusha. Itupun sdh buat tentara Amerika kocar kacir terkencing kencing ketakutan…..xicixicixicixici

      Skor 5 – 0 tanpa balas nih mbah…atau mending si mbah menyerah minta ampun aja, biar gak kalah malu, jauh2 merantau keluar negeri, hasilnya cuma di gankbank di JKGR aja.

  2. Mungkin rudalnya masih keluarga rudal C705 atau C806 jadi tidak memberikan efek kerusakan yg parah hanya mengakibatkan kebakaran pos penjagaan itupun dari sisa bahan bakar roket rudal itu sendiri yangbterbakar…mungkin lho masa dibombardir rudal 4 biji gak ngefek sama sekali dan tentara Amerika tetap bisa santai ngopi sambil makan tempe mendoan dan masih sempat mainan game

    • Harapannya sih semoga tidak ada konflik bang disono tapi apa boleh buat, mungkin kalau kita kuat, kaya secara finansial dan mampu produksi senjata2 sendiri seperti negara2 maju dan kompak bisa jadi kita juga berupaya untuk tampil berpengaruh di kawasan.

    • Jika ente bisa memprediksi balasan dan sasaran mana yg akan dituju, ya lebih baik menghindar daripada buang buang duit buat masang hanud dan luncurin rudal AAW kan.

      Balasan sepadan dari kematian jendral Iran itu adalah perang total dan US tau Iran takkan berani ambil resiko ini, paling mungkin hanya menyerang pangkalan militer Irak yg ditempati pasukan dari US, itupun sudah diantisipasi dg baik. Makanya sebenarnya Iran rugi besar saat ini.

    • Bener jg tuh. Kl dipikir-pikir dgn kompetitor rudal hanud sepopuler S-series ga ada serangan yg layak dibiarkan. Apalagi ni yg nembak Iran yg terang2an mereka anggap musuh.

      Kalo di bola derbi london Palace vs Chelsea yg jelas2 ga imbang kalo Palace bs cetak 1 gol aja artinya pertahana Chesea bloon meskipun striker mereka bikin 4 gol ke gawang Palace.
      Buat tim besar ketika lawan tim gurem clean sheet tu soal harga diri.

        • 3 poin kalau masih babak penyisihan lawan ecek2 ya biasa saja, karena yang lainya tim kuar juga bakalan dapat 3 poin dari tim yang sama… masalahnya ketika menghadapi tim yang sama2 kuat dengan sistem pertahanan yang meragukan ya hancur lebur… dalam adu strategi pertahanan itu sangat vital… menang lawan tim gurem itu lumrah… atau memang beraninya lawan tim gurem???

          • Ibarat sebuah liga, kehidupan itu terus bergerak. US dari awal merdeka Ampe sekarang baru “mengalah” sekali lawan Vietnam, Imbang lawan Korut-China-Soviet. Kalo tanding uji coba mungkin cuman kalah di Kuba, Nikaragua dan Somalia. Sisanya menang.

          • Yang namanya Liga itu modelnya round Robin. Walopun kalah lawan tim besar kalo poinnya tertinggi tetap aja jadi juara.

  3. Rudal yg diluncurkan bukan tipe rudal yg khusus bisa menembus ketebalan bunker atau menghancurkan bunker, hanya rudal khusus dan bom khusus yg bisa hancurkan bunker jd wajar tak ada korban’ tp apakah kerusakan mereka/us publikasikan???? Tapi iran emang masih berfikir panjang untuk bener2 memutuskan perang total, pertimbangan adalah kehidupan rakyat iran akibat perang dan us yg hoby main keroyokan.

  4. Mengapa Serangan Iran ke Pangkalan AS Tidak Ada Korban? Judul sama isi artikel kayaknya hak nyambung karena ada kata tanya didepannya “kenapa” kirain ngebahas alasan rudal iran gak makan korban dari pihak amerika

Tinggalkan komentar