Nov 122014
 

image

Belum ada yang menyamai kapal cepat rudal hovercraft buatan Rusia dari sisi spesifikasi teknis yang dimiliki. Namun para ahli berpendapat kecil kemungkinan Rusia kembali memproduksi kapal tersebut untuk armada lautnya, karena harga pembuatan kapal tersebut terlalu mahal.

Dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam, Samum dan Bora dapat melakukan serangan pre-emptive (serangan kilat pendahuluan) terhadap satuan kapal induk musuh. Kapal ini memiliki delapan roket antikapal kelas Moskit yang tidak dapat terlihat oleh sistem pelacak milik senjata pertahanan udara. Tidak ada satu pun kapal catamaran (kapal dengan dua lambung yang simetris) di dunia ini yang memiliki persenjataan roket kelas berat

Kapal Catamaran Perusak

SAMUM merupakan kapal kedua di kelas Sivuch setelah yang pertama diberi nama BORA.

Awalnya kapal-kapal kelas Sivuch diciptakan oleh RADUGA DESIGN BIRO Uni Soviet pada 1984 untuk menghadapi kapal-kapal penjelajah milik NATO. Kapal Bora dan Samum pertama kali meluncur di perairan pada 1989-1990, ketika diuji coba oleh Armada Laut Hitam Rusia. Uji coba kapal tersebut selesai dilaksanakan pada 1997 dan 1999.

Tujuan utama pengembangan kapal Samum ialah penciptaan kapal multirezim. Pada kecepatan rendah, kapal ini dapat bergerak layaknya catamaran biasa, namun ketika bantalan udara digembungkan kapal ini dapat bergerak dengan kecepatan sangat tinggi untuk menyerbu musuhnya secepat kilat. Bila dibutuhkan, kapal ini juga dapat bergerak dengan kecepatan yang sangat pelan berkat adanya sepasang mesin disel mandiri untuk menggerakan kapal dan menggembungkan bantalan udara.

Pengalaman menggunakan kapal rudal ukuran kecil dalam menjalankan misi militer di Laut Mediterania telah menunjukkan bahwa kapal dengan ukuran tersebut memiliki keterbatasan ruang untuk menempatkan senjata. Untuk mengatasi masalah tersebut, prinsip kapal catamaran yang memiliki geladak kapal yang luas digunakan dalam kapal sehingga memberikan keleluasaan lebih untuk memposisikan dan menggunakan senjata di kapal.

Selain itu, kapal ini juga memiliki daya jelajah perairan yang tinggi. Dua mesin turbin gas berdaya 60 ribu horse power dapat meningkatkan kecepatan kapal hingga 55 knot pada ketinggian gelombang laut dua meter, sedangkan pada saat skala angin mencapai angka lima dan ketinggian gelombang laut 3,5 meter, kapal ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 40 knot. Kecepatannya yang tinggi membuat kapal ini menjadi sangat sulit terkena serangan torpedo lawan.

Kolumnis Voenno-Morskoy Portal Sergey Severin menjelaskan bahwa kapal peluncur roket ini dirancang untuk menghancurkan kapal gerak cepat di dalam skuadron musuh (formasi tempur kapal laut), melakukan operasi mata-mata, serta memberikan perlindungan bagi kapal pendarat. Kapal ini efektif digunakan untuk menyelesaikan masalah mobilisasi di perairan.

Severin menambahkan bahwa kapal ini memiliki persenjataan antikapal yang mengesankan. Kapal ini dilengkapi rudal penghancur yang dashyat, yakni delapan unit peluncur roket antikapal 3M80 Moskit rudal jelajah supersonic bertenaga ramjet. Jumlah tersebut sama dengan jumlah Moskit yang diangkut oleh kapal Perusak proyek 956 milik Rusia dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada Samum. Kapal ini juga dipersenjatai dengan sistem peluncur rudal Osa-M

image

image

image

image

image

image

Loading rudal Moskit

image

Rudal Moskit (ss n 22 sunburn) Barat menjuluki rudal ini Pembunuh kapal induk (carrier killer) Memiliki bobot 9.920 pon dengan jarak jangkau 120 km mampu melaju dgn kecepatan 2 Mach

image

image

Kapal memiliki panjang 64 m dan lebar 18 m

image

Meriam AK-176 (76 mm full otomatis)

image

CIWS AK-630 mampu menghancurkan sasaran udara maupun permukaan sejauh 4000 -5000m,dengan daya sembur 4000 -5000 proyektil per menit

image

Rudal 9K33m “Osa M” (SAN 4 Gecko) rudal taktis jarak pendek untuk pertahanan udara

image

Dua turbin gas dapat bekerja baik secara terpisah dan bersama-sama. Dengan demikian, kecepatan akan tersedia dalam situasi apa pun

image

Radar system

image

image

image

Navigasi dan Komando kapal dikendalikan di sini

image

Periskop

image

Akomodasi untuk 68 kru

image

Ruang mesin

image

image

Ruang kendali mesin

image

image


Sumber : Naval Force,artillery,jkforum.net,englisrusia.com

Pengirim : Pecinta Wanita (Biro Jepara)

Bagikan :

  43 Responses to “Mengenal Catamaran Mematikan dari Rusia”

  1.  

    Wow keren
    TNI sudah punya ni barang2?
    Amin

  2.  

    Sangar tenan

  3.  

    semi hovercraft ya..sangar betul tapi kalau di laut bergelombang tinggi seperti pasifik apa masih lincah?

    •  

      Dari artikel ini, kalau gelombang 3,5 m dan kecepatan angin skala 5, kapal masih bisa melaju 40 knot. Mungkin ada komposisinya antara angin dan gelombang. Tapi menurut logika saya, kapal ini masih lincah di laut bergelombang tinggi

  4.  

    Rusia memang jagonya dalam alutsista, Harus di bagi nih ilmunya ke Indonesia.

  5.  

    Mantap kapan kita punya?

  6.  

    Sebelum tidur diberondong artikel smp muntah2.kapal nya sangar!

  7.  

    Ada yang tahu gak kelebihan dan kekurangan catamaran dan trimaran?

    •  

      Assalamualaikum wr.wb.
      yang saya tahu saja ya dari pengamatan saya
      trimartan mempunyai 3 hull yang dimana bagian hull tengah selalu maju kedepan untuk mendapatkan efek membelah ombak yang dimana di harapkan kapal dapat melaju lebih cepat, sedangkan 2 hull lainnya sebagai penyeimbang kapal didalam melakukan manuver. sehingga diharapkan kapal dapat melaju dengan cepat serta dapat melakukan manuver yang ektrem sekalipun, wuehehehe :mrgreen:

      sedangkan catamartan mempunyai 2 hull dimana 2 hull ini memberikan efek untuk sebagai penyeimbang kapal didalam mengarungi ombak yang ekstrem, panjang hullnya sealu sama.
      selain itu kapal catamartan atau trimartan pembagian total gravitasinya harus seimbang di setiap hullnya, selain itu dari pembagian tersebut di harapkan berat kapa berkurang sehingga mampu menjelajah di laut dangkal,

      hehehe itu sih menurut pengamatan saya saja tapi
      kalau salah ya maaf 😀

      •  

        serta menjelajah di laut bergelombang tinggi sekalipun

      •  

        Terimakasih Bung WongNdeso,
        Jadi kapal trimaran lebih baik dalam hal manuver ya?

        •  

          manuver itu tergantung dengan center of gravitynya bung serta posisi lunasnya.

          sedangkan kelebihan trimartan hullnya ada 3 dimana yang tengah untuk memecah gelombang/ombak 2 lainnya menjaga kapal tetap stabil dalam ombak yang tinggi dan dalam kecepatan tinggi.

          sedangkan catamartan cuma 2 dimana bagus untuk menjaga kestabilan saat gelombang tinggi dan dalam kecepatan tinggi.

          kapal hull yang lebih dari satu biasanya lebih ringan dan stabil dari kapal dengan satu hull. karena pembagian berat kapalnya terbagi dalam masing-masing hull.

          seain itu saya belum pernah melihat atau mendengar kapal catamartan dengan model hull siluman.
          itu menurut saya

          kalau salah ya maaf 😀
          maaf oot 😀

  8.  

    KaLau untuk TeknoLogi Hover Craft kita sudah bisa bikin , namanya KARTIKA , tapai ARMANENT nya itu Lho??? Panjangnya hampir sama ya karateristik KCR kita ! Untuk senjata AK 630 nya kita bisa kerja sama dengan PLA , tapi kalau untuk RudaL Moskit dan Osanya itu yang susah , mungkin kita bisa kerjasama dengan SAAB dan FRANC :mrgreen: 😉

  9.  

    Waah Keren dan Sangar Nih Kapal, Mudah2an kita beli dapat TOT.

  10.  

    SANGAAARR… Semoga tni ku juga cepet punya.. Biar ditongkrongin terus di ambalat..

  11.  

    barang ciamik. semoga indonesia punya proyek rahasia serupa dengan kapal ini, gak cuma trimaran

    salam

  12.  

    Kapal sudah tua cuba kamu lihat kapalnya ia pak. Rusia ada rencaan tukar kepada kapal baru, system aje pakai 70an . Kapal ini gak sesuai untuk perang moden. Rusia akui angkatan tentera laut berhadapan kekangan kowangan . Rusia terpaksa minta bajet lebih dari putin memulihkan angkatan nya . Saya ingat lagi peralatan pesawat russia yang di jual lebih canggih dari bagi pada tentera russia sendiri sendiri sedar perkara ini . Dan ia cuba ubah nya Putin itu sikit demi sikit ia

    •  

      @System Baru:
      Maaf, bahasa malaysia kamu itu sulit dimengerti. susah bacanya, betul kata orang, bahasa malaysia itu adalah bahasa aneh dan belum sempurna.

      •  

        he he.. bung @BR kalo boleh sy bantu maksud koment dari tetangga kita itu @system baru kurang lebih begini ;

        coba anda lihat itu kapal (versi fisiknya) model lama/jadul. Russia ada rencana mengganti kapal baru tapi systim mesinnya produk tahun 70 an. Sehingga untuk perang modern sudah tidak sesuai lagi. Russia mengakui dalam menggarkan rencana pembaruan kapal yg modern dihadapkan pada kendala keterbatasan anggaran negara. Untuk memulihkannya, pihak militer Angkatan Laut Russia agar Putin dapat sdengan segera meningkatkan anggaran. Saya ingat lagi bahwa peralatan militer Russia untuk pesawat tempur yang dijual kenegara lain lebih canggih ketimbang untuk pasukannya sendiri sehingga pihak militer Russia mencoba mengingatkan Putin perlunya modernisasi angkatan udara secara bertahap.

    •  

      bung system baru,… bener juga sih… mungkin kalau sistem persenjataannya sih masih mumpuni, tapi apakah system mesin, design, dan lainnya juga masih bisa di “terima” atau “diperbandingkan” dengan system dan design yang ada sekarang ini (yang cendrung “stealth”).. mohon pencerahan dari para sepuh dan rekan-rekan….

    •  

      Ane ga faham bahasa ente pak cik, ente ngomong apa cie. Mendingan cari pesawat mh aja yg ilang . Ga usah banyak bicara.

      •  

        ga usah gitu kang somay pesawat MH ilang kan musibah kita ga boleh tersenyum diatas penderitaan org lain….org sunda bilang “kabeh dulur”
        hapunten bilih aya basa nu teu merenah kana manah 🙂
        salam

  13.  

    rudalnya itu loh……

  14.  

    Kalo gak beli satu set komplit kapal ya setidaknya boleh borong rudalnya aja tuh buat di install di kapal2 KRI

  15.  

    Sekelas sama KCR 60 kita dan Trimaran kita y..Arsenalnya yg ga tahan full banget..tapi bisa dipacu 100 km per jam dilaut..wow..semoga KCR kita arsenalnya ditambah biar lbh gahar, jd selain berfungsi sbg kapal patroli jg sbg kapal serangan kilat pendahuluan..

  16.  

    Kalo gak salah liat di kapal itu ada bendera merah putih, kira2 artinya apa ya?

  17.  

    Biasa aja masih bagus desainnya klewang….

  18.  

    Menakjubkan

  19.  

    Kalau dari segi desain seh … Bagusan trimaran kita karena lebih ‘siluman’ … Keunggulan desain trimaran adalah bila salah satu hull kapal terkena ‘serangan’ masih bisa ‘stabil’ karena masih ada dua hull lagi … IMHO …
    Cuma yang punya rusia itu senjatanya yang mantap … Ga kuat bro …

  20.  

    Kalau bentuk kapalnya si ga ada yg istimewah . Tapi senjata ma perlengkapan yg dibawa wah banget . Bikin jantung berdebar2. Kalau di kasih tot boleh neh

  21.  

    yg ini baru mntapsss!!

  22.  

    Salah satu dari sekian alutsista Rusia yg patut diperhitungkan, persenjataan lengkap untuk Bertahan dan menyerang.

  23.  

    mending si moskit d pasang d kri bung tomo class aj terus jaga natuna sama tarakan jgn lupa ngajak si yakont sama brahmos arahkan k pangkalanx malaisia sama singapore pasti mereka diam…coba aj hehehe..

  24.  

    ini sih peningalan perang dingin.anggota trio misteri bersama TU 144 dan rudal R-16.disebut misterius dan maut karena keberadaanya sulit diketahui,dapat muncul dimana saja(mobile) dan sangat mematikan.tidak seperti UDALOY,TOPOL&TU 160 yang walau mematikan tapi keberadaanya mudah terdeteksi.untuk itulah NATO berusaha menghancurkan atau minimal memperlambat produksinya …dan ternyata…BERHASIL diantara ketiga anggota trio soviet deadly & mysteryus weapon ini,tidak ada satupun yang diproduksi masal.R-16 dihancurkan bersama pabriknya. TU 144 & BORA Class berhasil dihentikan produksinya dengan alasan pembiayaan.

 Leave a Reply