Jul 132016
 

Kapal induk Charles de Gaulle milik Angkatan Laut Prancis akan menjalani perbaikan dan modernisasi selama 18 bulan yang akan dimulai pada Februari 2017.

Charles de Gaulle akan menjalani penyempurnaan pada jaringan komputer, peralatan komunikasi, sistem sensor dan upgrade pada sistem tempurnya.

Kapal induk Charles de Gaulle terhitung sudah melakukan perjalanan mengelilingi dunia sebanyak 30,5 kali (1.218.838 km) dan beroperasi selama 2071 hari di laut (lima tahun) tanpa gangguan.

Tercatat sebagai kapal induk terkecil diantara kapal induk negara-negara lain dengan daya angkut 30 pesawat tempur atau 40 pesawat dengan beban maksimal.

Komposisi sayap udara terdiri dari jet tempur omnirole Rafale untuk pertahanan udara dan pesawat penyerang sedangkan Super Etendard sebelumnya digunakan sebagai pesawat serang maritime. Charles de Gaulle juga mengangkut pesawat peringatan dini E-2CS, helikopter anti kapal selam AS365 Dauphin dan helikopter Cougars sebagai unit SAR.

Sama seperti kapal induk sekelas CVN (Aircraft Nuclear Propulsion), Charles de Gaulle menggunakan sistem penerbangan dan pendaratan CATOBAR yang terdiri dari 2 ketapel. Ketapel yang digunakan mirip dengan yang digunakan pada kapal induk Nimitz milik AS.

Charles de Gaulle merupakan satu-satunya kapal induk nuklir diluar AS yang masih aktif hingga saat ini. Charles de Gaulle ditenagai oleh 2 reaktor nuklir K-15 yang menggerakkan dua baling-baling yang juga dikombinasi dengan tenaga generator diesel.

Charles de Gaulle dilengkapi rudal pertahanan udara menengah Aster 15 dan peluncur Simbad dengan rudal jarak dekat Mistral SAM.

Berbagi

  27 Responses to “Mengenal Kapal Induk Nuklir Andalan Perancis, Charles de Gaulle”

  1.  

    Wouw?

  2.  

    Blue Water Navy.

  3.  

    Poros maritim harusnya bisa membuat the real mothership.

  4.  

    Kapal induk gajah mada nunggu majapahit berdiri lagi,xixiixiii…

  5.  

    Kapal induk gaul..

  6.  

    Hahaha Indonesian next time.. nek de deet

  7.  

    Kalau Indonesia diserang,… untuk menghilangkan sumber gangguan maka butuh menyerang pusat gangguan itu agar perang bisa cepat dihentikan. Untuk masuk ke wilayah musuh dibutuhkan kapal induk sebagai pusat komando dan menjadi payung bagi prajurit di wilayah musuh.

  8.  

    Kalau Indonesia diserang…. maka untuk segera menghentikan perang butuh menyerang pusat gangguan itu agar perang segera selesai. Untuk itu dibutuhkan kapal induk.

  9.  

    Kapal induk bisa digunakan untuk “pre emptive strike” atau menyerang musuh sebelum masuk teritorial Indonesia…. Bisa juga untuk kekuatan diplomasi.

  10.  

    Kapal induk juga sangat efektif untuk operasi militer selain perang.

  11.  

    destroyer aja gk pnya kok kapal induk..mimpi kali ah…xixixi

  12.  

    Klo masalah indukan, lebih baik pilih yg lokal lebih tahan penyakit dan dagingnya lebih empuk…. ini indukan Ayam lohh…. bukan indukan Kapal….

  13.  

    Kapal induk juga efektif untuk.. operasi militer selain perang.

  14.  

    poros maritim, pakde.

  15.  

    Kapal induk heli alias LHD aj buat Indonesia jika real fregate sudah dibanyakan.

  16.  

    bisa bikin, cuma belum ada yang pesan, ini serius

  17.  

    ya udah situ aja jadi presiden, pengen tau jadi apa ni negara

  18.  

    memang kapal ada induknya??!!!!

  19.  

    Sabang-merauke itu lebih dari london-moskow, Indonesia negara nomor 4 terbesar dunia dari jumlah penduduk,… selain itu ada amanah Pembukaan UUD’45 yakni… “ikut melaksanakan ketertiban dunia”…oleh karena itu ada masanya wajib punya aircraft carrier.

  20.  

    Bukannya admiral kuznetzov juga kapal induk nuklir ya,? bukan cuma charles de gaule ini doang diluar amrik.

  21.  

    indonesia buat kapal induk? karna indonesia luas dan punya banyak pulau dan punya banyak musuh potensial di sekitarnya maka harus buat yg banyak jangan cuma satu bisa dibayangin berapa mahal biaya yg dikeluarkan, mending buat nuklir mahal tapi efeknya mengerikan biarpun cuma dipamerin

  22.  

    Mantappp

  23.  

    ngomong2x harus dicoba tuh kapal buat main sepakbola liga indonesia sesekali buat sensasi baru, habisnya besar banget kalo perumahan itu jadi berapa kavling ya???

  24.  

    Real fregat aja 60biji…
    Kcr60 120biji…
    Kcr40 120biji…
    Dijamin bengong smua tuh tetangga jauh ama dekat yg jaguh2…
    Semua itu bisa jd pager kuat…
    Lum backup dr korps hiu kencana 12kilo/amur….

 Leave a Reply