Mengenal Kapal Patroli Baru Rusia Vasily Bykov

Kapal Patroli Baru Rusia Vasily Bykov. (Russian Ministry of Defence)

Angkatan Laut Rusia menugaskan kapal pertama dari kelas baru Project 22160 pada tanggal 20 Desember 2018. Kapal patroli Project 22160  Vasily Bykov, bergabung dengan Armada Laut Hitam dalam upacara commissioning yang diadakan di pangkalan angkatan laut Novorossiysk tanggal 20 Desember 2018, dirilis Russian Minsitry of Defence.

Kapal patroli Vasily Bykov dibangun oleh Pabrik JSC Zelenodolsk (A.M. Gorky) dan merupakan kapal utama dari project 22160. Kapal ini dirancang dan dibangun menggunakan konsep senjata modular.

Pabrik JSC Zelenodolsk sedang membangun enam kapal patroli project 22160 class untuk komando Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia. Kapal-kapal ini dirancang oleh perusahaan perancang kapal JSC Severnoye Design Bureau dari Rusia.

Kapal ini ditujukan untuk tugas-tugas seperti patroli, pemantauan dan perlindungan di zona ekonomi eksklusif (ZEE) dan perairan teritorial Rusia di laut terbuka dan tertutup. Kapal juga dapat digunakan untuk menawarkan perlindungan bagi kapal yang sedang transit, wilayah perairan serta pangkalan angkatan laut terhadap serangan musuh di masa perang.

Misi lain dari kapal patroli adalah pencarian dan penyelamatan, bantuan untuk korban bencana, pemantauan lingkungan, dan memerangi penyelundupan dan kegiatan pembajakan.

Kapal Patroli Baru Rusia Vasily Bykov. (Russian Ministry of Defence)

Dengan menampilkan desain modular, kapal patroli kelas Project 22160 memiliki panjang 94m, lebar 14 m, dan tinggi 3,4m, memiliki perpindahan standar 4,550t, dan dapat menampung hingga 80 personel, dirilis Naval-technology.com.

Kapal dilengkapi dengan hanggar teleskopik dan dek helikopter dengan fasilitas di buritan untuk memfasilitasi lepas landas, pendaratan, dan pemeliharaan satu helikopter penyelamat 12t seperti Kamov K-27 PS. Perahu karet dapat dibawa untuk tugas-tugas patroli dan transportasi.

Project 22160 class dipersenjatai dengan satu senjata artileri angkatan laut 57mm ?-220? di haluan geladak utama. Dengan laju tembakan 300rpm, kanon ini dirancang untuk mengalahkan target udara, permukaan, dan pantai. Dua senapan mesin berat 14,5mm dipasang di dek jembatan.

Kapal ini juga dilengkapi dengan dua peluncur granat DP-65 dan satu turret mount rudal pertahanan udara Gibka, dipersenjatai dengan delapan sistem pertahanan udara portable-man Igla. Kapal ini secara opsional ditawarkan dengan satu sistem rudal terintegrasi Club-N serta satu sistem pertahanan udara Shtil-1 dengan dua peluncur modular 3S90E.1.

Kapal Patroli Baru Rusia Vasily Bykov. (Russian Ministry of Defence)

Project 22160 class juga dilengkapi Sistem pengeluaran umpan jarak dekat PK-10 (decoy) yang menawarkan perlindungan terhadap senjata dan radar yang dipandu secara elektro-optik. Sistem penanggulangan elektronik berbasis kapal TK-25 digunakan untuk menipu sonar, radar dan laser.

Kapal patroli Project 22160  Vasily Bykov dirancang untuk patroli dan menjalankan tugas di zona laut dan laut jauh.

Setelah dimasukkan dalam Armada Laut Hitam Rusia, para kru akan mulai kursus dan tugas-tugas khusus, setelah melewati  itu mereka akan mulai melaksanakan kegiatan pelatihan tempur yang direncanakan.

Tinggalkan komentar