Mengenal Kapal Selam Akula

247
338
image
Pada bulan Agustus 2014 ini, Rusia kembali merevitalisasi 2 kapal selam Akula class, yakni K-295 Samara (1995) dan K-391 Bratsk (1989) yang bertugas di Armada Pasifik, dikirim ke Severodvinsk untuk perbaikan dan modernisasi.

Dari tampak luar kapal selam Akula class mirip dengan Kapal Selam (KS) modern negara Barat, dengan teardrop type pressure hull design, yang memberikan keuntungan hydro dynamic paradox. Namun masih tampak beberapa ciri khas yang akan membedakan kapal selam ini dari KS Negara Barat.

Perbedaan yang kelihatan adalah adanya celah pembuangan air dari ruang bebas genang (free flooding space), seperti anjungan, dan ruangan yang terletak antara badan tekan dan badan luarnya.

Perbedaan lainnya adalah bangunan anjungan yang luar biasa panjangnya, sebagai ciri khas kapal selam buatan Rusia. Ruang lebih yang disediakan di sini untuk penambahan peralatan tempur, antara lain seperti retracable pod bagi missile SAM (surface to air missile), bahkan SSM (surface to surface missile).

image
Dua kapal selam Akula class, K-461 Volk (1991) dan K-328 Leopard (1992) yang bertugas di Armada Utara juga dimodernisasi dan overhaul di Galangan Kapal Zvezdochka dari 2013 hingga 2015.

Perbedaan yang lainnya lagi adalah letak kemudi horizontal (hydroplane, kemudi selam timbul ), yang diposisikan di belakang.

Letaknya yang begitu dekat dengan propeller dan “segaris lurus” dengan ekor tegak lurus (point of metacenter, longitudinal), memberikan gambaran, bahwa kemudi ini akan bekerja dengan memberikan daya angkat penuh dengan kecincahan dalam bermanuver dan tentunya juga kecepatan saat menyelam dalam air.

Kalau melihat gambar di atas memang yang diperlukan sepertinya refurbish total, tapi jangan lupa kapal selam di atas sudah kopongan, di mana reaktor dan beberapa sistem sudah dipereteli terlebih dahulu. Ada beberapa spesifikasi teknis yang mesti diteliti secara detail lewat pengujian khusus, diantaranya adalah:

Pemeriksaan kelurusan/kedataran badan tekan: KS yang tidak pernah mengalami kejatuhan ke kedalaman di luar batas dalam selam yang diijinkan, dapat ditandai dari hullskinnya yang relative rata, dari frame terutama sampai kefrane terakhir.

KS dengan hullskin yang bergelombang, menggelembung negative (mblesek) diantara frame penunjangnya, menggambarkan situasi yang kurang favourable bagi kemampuannya untuk menyelam sedalam batas dalam selam yang semula dicanangkan untuknya.

KS yang mengalami situasi seperti ini, dapat diduga berat, bahwa kapal tersebut pernah jatuh kekedalaman yang diluar batas kemampuan selamnya, dan mengalami perobahan sifat material, menjadi plastis, dan tidak mampu kembali lagi kebentuk semulanya.

Pemeriksaan Getaran/vibrasi pada masing2 peralatan, radiated dan hidrodinamic noise : Keberhasilan operasi KS dihostile waters amat ditentukan oleh kemampuannya menyembunyikan kehadirannya sendiri. Hal ini amat dipengaruhi oleh noise atau suara yang ditimbulkannya, baik hidrodinamic noise, maupun radiated self noise.

Apalagi Akula Class ini menggunakan reaktor nuklir sebagai tenaga pendorongnya. Hidrodinamic noise tergantung dari bentuk badan kapal, sehingga tidak bisa diubah lagi. Radiated self noise dapat dikurangi, dengan menyempurnakan kembali keseluruhan sistem peredam getaran, baik yang menyangga peralatan pembangkit tenaga, maupun yang berfungsi sebagai flexible joint pada sambungan pipa.

Untuk mengamatinya secara lebih teliti, biasanya menggunakan vibrasi meter dari Bruel & Kjaer, atau Hewlett Packard, yang memiliki program lengkap guna melaksanakan analisa vibrasi, yang lalu juga dapat dipergunakan untuk “predicttive maintenance”, suatu cara penentuan kerusakan pesawat dengan memonitor perubahan perilaku vibrasi pada tempat tempat tertentu. Dan masih banyak pekerjaan lainnya  :mrgreen:

(by: Pocong Syereem)

*nb:  Bung PS tahu detil ya,  hal ikhwal ks Akula yang direvitalisasi 😀

247 KOMENTAR

  1. nanya bang pocong..
    kalo di tenk ntu ada kelas ringan medium n berat, lha kalo di kasel kita entuh ada kelasnya kagak bang..

    lingkari huruf pada pilihan jawaban berikut:
    a. cuman kelas ringan..
    b. cuman kelas medium..
    c. cuman kelas berat..
    d. campuran kelas ringan ma medium..
    e. campuran medium ma berat..
    f. campuran ringan ma berat..
    g. salah semua..

    waktu 5 menit dari skarang, tetooot..

  2. Betul juga ya [email protected] punuknya akula mirip generasi u214, padahal akula lahir 2 dekade lebih awal, visioner juga ya perancang russia…dulu mbahnya kasel jerman….emang mantabs kalau kombinasi kasel jerman ruski….bener juga teknologi kasel longterm….wong ragate akeh pisan…..

    omong improve akula sampai captivating cruiser nggak ya bung @ PS….lumayan buat ngacir sehabis ngelunch ..sub-misil

  3. Syukur banget klo memang benar2 nkri dijaga ks yang gahar2.. seperti memberi kucuran air saat dahaga mulai melanda. Memang sangat pantas dan seharusnya kita mempunyai alutsista yang gahar biar tidak gampang dilecehkan tetangga. Tapi seribu sayaang alutsista yang gahar tapi tidak dibarengi dengan elit politik yang nasionalis. Cukuplah golongan tua yang merusak dan membiarkan negeri ini rusak, tapi tidak untuk kita apalagi anak kita.

      • wuiss..kalau kita punya yg ini berarti kita diem2 TTM an ama Rusia dong ya Mas PS ? kalo India n Cina kan emang pacaran sama Rusia..kalau kita ama Vietnam lebih mesra mana dengan Rusia mas?..secara kan Vietnam Terang2an beli Kilo beberapa biji tuh…

        • pengadaan KS vietnam memang sengaja dibuka oleh pemerintahnya Bung, kalo kebijakan pengadaan KS kita ada yang dibuka ke publik seperti Changbogo ada juga yang tertutup yaitu… hehehe… ada banyak hal yang mendasari kenapa pengadaan alutsista strategis kita selalu tertutup :mrgreen:

          • Ya kami paham…1) menghindari arm race kawasan 2) scara deteren berlipat krn senjata strategis silent death makin mustery adversaries susah mengantisipasi 3)menyembunyikan kedekatan kita dg vendor, apalagi sang vendor dianggap trouble maker ketertiban dunia …..plus biar warjag ini rame…..ha ha ha

  4. Hello bung PS …

    Hmmm Bruel & Kjaer ya? Thanks to benda ajaib ini dalam membantu analisa dinamika struktur N250 dulu. Dulu kita pasang sampai 200 lebih sensor vibrasi dari B&K ini di sekujur tubuh N250. Data acquisition dilakukan serentak terhadap 200 sensor ini lalu diolah menggunakan Fast Fourier Transform (FFT). FFT akan mengubah data vibrasi time domain menjadi frequency domain untuk dianalisa power spectrum density (PSD) nya. Tujuan akhir proses ini adalah utk memvalidasi model komputer dinamika struktur, dimana stuktur pesawat dipastikan aman thd beban dinamik di udara. Setelah yakin aman, baru kita release untuk flight test.

    Kembali ke Akula. Kalau Bung PS sampai bisa tahu segala merk sensor vibrasi yg dipakai dalam refurbish KS Akula yakni Bruel Kjaer, maka saya bisa taksir bahwa tindak tanduk bung PS tidaklah main main, bukan suatu peristiwa yg kebetulan atau sekedar jalan jalan. Bung PS dan teamnya entah dari sebangsa pocong atau genderuwo saya prediksi ikut serta setidaknya mengawasi proses refurbish Akula.

    Dari analisa teknis saya tidak tahu apa tujuan bung PocongSyereem gentayangan di sekitar Akula. Namun dari analisa kebatinan, diduga kuat benda ini yg akan dibawa dimari. Para makhluk halus, … maklum wong Indonesia terkenal kehalusannya …, wajib tahu bahwa Akula ini direfurbish dgn benar dan menggunakan alat yg reliable, misalnya sensor vibrasi dari B&K ini.

    Demikian mohon maklum atas hasil terawangan ini. Sekiranya bung PS ada tambahan monggo …

  5. Bung ps kok ada nos nya di ks kayak mobil drag res ajah. Hehehe
    Malah saya ngebayangin kalo ada side rocket liquid hydrogen langsung dari penyaringan air laut plus dual propeler pasti keren tuh.
    Iya mau nanya apa yang baru2 udah pada pake sweet alloy apa masih baja komposit apa yang baru

  6. wuiss..kalau kita punya yg ini berarti kita diem2 TTM an ama Rusia dong ya Mas PS ? kalo India n Cina kan emang pacaran sama Rusia..kalau kita ama Vietnam lebih mesra mana dengan Rusia mas?..secara kan Vietnam Terang2an beli Kilo beberapa biji tuh…

  7. Bung PS…saya lg di pulo sebelah timur Batam….ini kok ada Paus nongkrong sama Kaprang di kejauhan..siapa ya….

    mau foto pake HP banyak yg pake kaos…KS…lg mau foto dideketin..serem…gedhe gedhe bener…(diarea Pantai Tri**** Bi****n)