Sep 102019
 

Kapal selam midget Yugo class (foto : Hisuton)

Selama ini banyak yang mengetahui kalau Angkatan Laut Vietnam hanya memiliki kapal selam Kilo class Project 636 buatan Rusia, tapi banyak yang tidak mengetahui kalau Vietnam juga memiliki kapal selam mini, sepeti dilansir oleh Kienthuc.

Menurut laporan yang dirilis SIPRI, pada tahun 1997 Vietnam membeli dua kapal selam kecil YUGO class dari Korea Utara dan menempatkannya di pangkalan Angkatan Laut Cam Ranh.

Tidak banyak yang mengetahui spesifikasi kapal selam mini Yugo class, hanya yang pasti kapal selam itu dibuat di Korea Utara kemungkinan pada tahun 1980-an berdasarkan desain asli yang berasal dari Yugoslavia.

Kapal selam mini memiliki berat perpindahan 90 ton saat mengambang, dan 110 ton saat menyelam, panjang 20 meter dan lebar 2 meter. Kapal dilengkapi dengan mesin diesel poros tunggal untuk kecepatan 4 knot / jam, mengambang pada kecepatan 10 knot / jam, membawa 4-6 pelaut atau pasukan khusus angkatan laut. Senjata juga tersedia tetapi hanya ada dua torpedo 533mm yang dapat dimuat, dan tidak cukup ruang untuk membawa amunisi cadangan.

Secara umum dengan fitur terbatas seperti itu, kapal selam mini seperti Yugo tidak cocok untuk pertempuran di laut. Namun, berkat ukurannya yang kecil, Yugo dianggap yang paling cocok untuk operasi khusus dan penyusupan, jauh ke pangkalan musuh, dan Korea Utara telah berhasil menunjukkan misi ini.

Pada bulan September 1996, Korea Utara mengirim kapal selam mini Sang-O class yang membawa 26 tentara secara diam-diam masuk ke Pantai Timur Korea Selatan tanpa terdeteksi. Sayangnya, ketika kapal selam itu terdampar, kapal selam segera ditangkap oleh militer Korea Selatan, sementara sekelompok tentara Korea Utara mencoba menginvasi garis perbatasan DMZ melalui darat tetapi gagal, 24 orang tewas, 1 ditangkap dan 1 lainnya hilang.

Meskipun misi tugas Korea Utara tidak berhasil, mereka dengan jelas menunjukkan bahwa kapal selam mini sangat cocok untuk operasi sabotase, pengintaian dan invasi. Amerika Serikat dan Korea Selatan juga mengakui dan selalu waspada terhadap kapal selam mini Korea.

Yang menarik, Sang-O dianggap versi yang lebih baik dari kapal selam Yugo yang disediakan oleh Korea Utara ke Vietnam. Sang-O memiliki perpindahan 275 ton saat mengambang, 370 ton untuk menyelam, panjang 34 meter, 9 knot untuk kecepatan menyelam, dan jangkauan 2.800 km.

Karena ukurannya yang besar, Sang-O dilengkapi dengan lebih banyak peralatan seperti radar pengintaian pasif, sistem deteksi pengintaian, dan dua torpedo 533mm. Setidaknya 40 kapal selam Sang-O dibangun oleh Korea Utara untuk melakukan operasi tempur misterius.

 Posted by on September 10, 2019