Mengenal Kemampuan Kostum Pilot Siluman T-50

t-50-8

Pakaian khusus untuk pilot jet tempur siluman Rusia Sukhoi PAK FA (yang juga dikenal sebagai T-50) telah dikembangkan oleh para insinyur dan ilmuwan Rusia. Pakaian pilot ini dirancang khusus dan diklaim akan menjadi revolusi teknis dalam hal kelengkapan pilot.

Pakaian dirancang untuk membuat pilot merasa nyaman selama penerbangan kecepatan supersonik. Dilengkapi dengan sistem anti-G dengan selang yang menghubungkan pesawat dengan pilot.

Pakaian juga dilengkapi kantong untuk dokumen penerbangan. Di daerah perut terdapat pelat logam yang menekan tubuh pilot untuk menjaga aliran darah ke kepala.

Kostum ini dikembangkan dan sedang saat diuji oleh pusat R & D Zvezda di kota Tomilino, dekat Moskow. Selain itu, fasilitas ini juga menguji helm pilot, bagian teknis paling canggih dari pakaian.

Diproduksi dari bahan komposit seperti pesawat PAK FA, helm ini sangat ringan dan dapat menahan overloads selama ejeksi pada kecepatan pesawat lebih dari 1.000 kmh.

Helm secara digital terhubung ke kamera foto dan video yang mengirimkan data visor PAK FA. Akibatnya, semua informasi penerbangan akan bisa dilihat di depan mata pilot. Konsep yang juga dikembangkan pada helm untuk pilot F-35 Amerika.

“Ketika kepala pilot bergerak gambar [pada layar di helm] akan menyesuaikan. Sistem ini mampu mendeteksi gerakan untuk penargetan otomatis,” kata salah satu pengembang kepada saluran TV Zvezda. Selain itu, survival kit baru telah dikembangkan untuk pilot PAK FA.

Jika pilot harus keluar dari pesawat di daerah asing kit ini satu-satunya kesempatan untuk bertahan hidup. Paket ini berisi panci, antena, cermin sinyal, 16 potong gula, kit pertolongan pertama, pistol sinyal, botol air 1,5 liter, pisau, sinyal radio, dan radio portabel. Bila diperlukan wadah dari kit dapat dengan mudah berubah menjadi perahu atau kantong tidur.

PAK FA adalah pesawat tempur kursi tunggal dua mesin dan pesawat operasional pertama dalam pelayanan Rusia yang menggunakan teknologi siluman. Pesawat ini dirancang oleh Biro Desain Sukhoi untuk mencapai superioritas udara dan membantu dalam serangan darat.

Selain kemampuannya untuk terbang dengan kecepatan di atas Mach 2, T-50 menawarkan fitur-fitur lainnya, seperti tembus pandang untuk radar dan senjata mematikan.

Pada bulan Desember 2014, Rusia United Aircraft Corporation mengumumkan bahwa produksi pesawat tempur siap dimulai pada 2016. Sebanyak 50 jet PAK FA akan memasuki layanan di Angkatan Udara Rusia pada tahun 2020.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar