Mengenal Kendaraan Tempur Terbaru Bumerang

Moskow, Jakartagreater.com  – Rusia mulai mempromosikan ekspor kendaraan lapis baja platform tempur terbaru, Bumerang, dengan target penjualan sekitar $ 1 miliar, ujar Rosoboronexport, Kamis 23-4-2020.

Rosoboronexport (bagian dari Rostec) mulai mempromosikan platform tempur standar Bumerang terbaru yang dikembangkan dan diproduksi oleh Perusahaan Industri Militer untuk pasar luar negeri.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev mengatakan, negara-negara Afrika, Timur Tengah, Asia Tenggara dan CIS telah menunjukkan minat mereka pada kendaraan tempur Bumerang.

“Kami memperkirakan ekspor platform ini sekitar $ 1 miliar di masa mendatang,” ujarnya dirilis TASS.

Platform tempur Bumerang telah dikembangkan atas perintah Kementerian Pertahanan Rusia. Sebagai keuntungan uniknya, platform ini dapat digunakan sebagai dasar untuk membangun berbagai kendaraan dengan berbagai senjata dan peralatan.

“Kendaraan tempur Amfibi Boomerang 8×8 menyediakan kemampuan untuk menghadapi berbagai misi tempur dan bahkan tugas-tugas masa damai: Memukul mundur agresi musuh potensial, mempertahankan perbatasan negara dan memerangi kelompok-kelompok teroris, serta membantu penduduk jika terjadi bencana alam, “kata pernyataan itu.

Rosoboronexport mengatakan bahwa platform tempur Bumerang memiliki skema tata letak baru yaitu :

  1. Kompartemen mengemudi terletak di kiri depan.
  2. Kompartemen mesin di kanan depan.
  3. Kompartemen pertempuran di tengah.
  4. Kompartemen pasukan di bagian belakang kendaraan.
  5. Bumerang dapat menampung hingga 11 personel.
  6. Pasukan masuk dan meninggalkan kendaraan melalui atap dan pintu belakang (ramp).

BTR Bumerang (@ Dmitriy Fomin from Moscow, Russia – commons.wikimedia)

Persenjataan Bumerang.

Stasiun senjata dapat dipasang di platform tempur tergantung pada tujuan fungsional dan tugas. Bumerang dapat dilengkapi modul tempur yang dikendalikan dari jarak jauh ataupun oleh awak dengan senapan mesin, meriam, atau persenjataan gabungan : Meriam otomatis 30mm dan senapan mesin koaksial 7,62mm, Peluncur granat 30mm otomatis dan 2 peluncur dengan 2 Rudal anti-tank dengan kendali di masing-masing, serta senapan mesin Kord 12,7mm (dalam versi armored personnel carrier), Rosoboronexport ditentukan.

Untuk mendapatkan tembakan yang akurat, Bumerang dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan digital modern mencakup two-plane weapon stabilizer, multi-channel electro-optical sighting system with a built-in laser rangefinder dan automated gunner’s and commander’s workstations dengan tampilan multi-fungsi dan komputer balistik terintegrasi.

“Tergantung pada persenjataan yang dipasang, kendaraan tempur Bumerang berbasis pada sasis platform tempur roda universal, dapat secara efektif menghadapi berbagai target musuh (prajurit, pos bersenjata, target berlapis baja dan soft-skinned targets, termasuk target udara berkecepatan rendah) dari yang sedang hovering, bergerak dan terapung dalam segala cuaca, siang atau malam, “kata pernyataan itu.

Kendaraan tempur dapat dengan mudah mengatasi berbagai hambatan, mencapai kecepatan lebih dari 100 km/jam di jalan raya dan memiliki jarak jelajah setidaknya 800 km, kata Rosoboronexport.

“Kendaraan Rusia ini memungkinkan untuk melalui hambatan air Sea State 3. Selain itu, mengembangkan kecepatan setidaknya 10 km/jam di atas air, memiliki daya tahan pada air hingga 12 jam, “kata pernyataan itu.

Daya survival kendaraan di medan perang ditingkatkan dengan disruptive camouflage painting, sistem aerosol atau layar asap, sistem perlindungan kebakaran, dan sistem perlindungan NBC (nuklir, bahan kimia biologis). Sistem khusus dan solusi teknis memastikan kelangsungan hidup kru tempur ketika kendaraan menabrak ranjau, kata Rosoboronexport.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar