Jan 232015
 
Piranha-T dapat menyerang target pada perairan yang dangkal.

Piranha-T dapat menyerang target pada perairan yang dangkal.

Mari kita mengenal kapal selam midget Rusia PIRANHA ( dulu dibangun pada masa Uni Soviet), Walaupun kapal selam mini ini telah di scrap pada tahun 1999 oleh Rusia namun ada spekulasi Rusia terus mengembangkan kapal selam ini. Spekulasi ini sempat dihembuskan beberapa media Swedia, terutama sejak penampakan kapal selam misterius di perairan Swedia beberapa waktu lalu.

Spesifikasi kapal selam midget Piranha

Spesifikasi kapal selam midget Piranha

Piranha dibangun oleh Admiralty Shipyards berdasarkan pengembangan Biro Teknik Kelautan Malathite pada akhir tahun1980. Bagian lambung Piranha terbuat dari titanium alloy, paduan titanium alloy yang non magnetic dan tingkat elektromagnetik yang rendah diklaim mampu meminimalkan pantulan sonar dan jejak deteksi magnetic dari musuh, keunggulan lain dari Piranha adalah penggunaan baling-baling terselubung yang low noise sehingga disamping minim dari kebisingan juga aman saat menyelam diperairan yang dangkal dan daerah pesisir. Piranha diawaki oleh empat orang kru dan bisa membawa enam orang pasukan katak, selain dipersenjatai oleh dua torpedo Piranha juga membawa ranjau laut dalam wadah khusus. Dengan bobot 218 ton dan panjang 28,3m Piranha bermanuver sangat lincah bahkan penggunaan 2 propulsi cadangan kecil memungkinkan Piranha untuk “berputar arah ditempat” sehingga efektif apabila menyelinap diperairan yang sempit dan dangkal untuk melakukan misi pengintaian dan sabotase. Walaupun berdimensi imut Piranha bisa menyelam hingga kedalaman 200m dengan ketahanan hingga 20 hari.

Proyek kapal selam midget 865 Piranha (LOSOS:penamaan NATO)

Proyek kapal selam midget 865 Piranha (LOSOS:penamaan NATO)

Piranha dapat dilengkapi dengan Air Independent Propulsion (AIP) modul sel bahan bakar yang secara signifikan meningkatkan jangkauan terendam kapal selam. Penggunaan inovasi teknologi penggerak ini memungkinkan Piranha mampu menyelam selama tiga minggu terus-menerus tanpa muncul ke permukaan atau snorkling. Special Boiler Design Bureau yang berbasis di St. Petersburg mengembangkan pembangkit listrik sel bahan bakar AIP 130 kW Kristall-20 di akhir 1980-an. Pembangkit listrik AIP Kristall-20 menggabungkan generator elektrokimia yang menghasilkan energi dari hidrogen dan oksigen. Efisiensi penggunaan sistem AIP dengan generator elektrokimia ini mampu menghemat energi listrik dari baterai sebesar 70-75%. Sementara itu, menurut para ahli dari Central Research Institute Krylov, kapal selam dilengkapi dengan generator elektrokimia memiliki daya tahan menyelam lebih besar 450% daripada kapal selam diesel elektrik biasa. Kapal selam yang dilengkapi AIP bahkan lebih unggul daripada kapal selam bertenaga nuklir di wilayah pesisir.

Desainer Malathite terus bekerja mengembangkan berbagai macam ukuran kapal selam dengan bobot dari 130 ton sampai 1000 ton. Meski berbobot ringan Piranha dapat membawa berbagai senjata termasuk torpedo dan ranjau laut, sementara kapal selam yang lebih besar seperti P-550S, P-650S dan P-750s dapat dipersenjatai dengan rudal Club-S atau rudal jelajah anti kapal Yakhont. Dengan kata lain dalam kondisi tertentu kapal selam ini dapat melakukan berbagai misi strategis.

Piranha P-550

Piranha P-550

P-550 yg dilengkapi dengan modul sel bahan bakar AIP berubah menjadi P-650E

P-550 yg dilengkapi dengan modul sel bahan bakar AIP berubah menjadi P-650E

image008

Kapal selam yang terbesar.Piranha -750 dipersenjatai dengan delapan tabung torpedo 400mm. P-750 dapat membawa hingga 24 ranjau laut dalam wadah tempel. P-750 juga dilengkapi dengan empat peluncur rudal sistem VLS, peluncur rudal dapat diinstal rudal Club-S 3M-14 ataupun rudal anti kapal Yakhont.

image009

Spesifikasi Piranha yang lebih besar dan modern

Sumber :

http://old.nationaldefense.ru/5380/5522/index.shtml?id=5452
http://en.wikipedia.org/wiki/Losos-class_submarine
http://news.usni.org/2014/10/21/swedes-searching-covert-russian-midget-sub
http://defense-arab.com/vb/threads/73972/

Pengirim : Pecinta Wanita, JKGR biro Jepara

Bagikan Artikel :

  56 Responses to “Mengenal Mahluk Halus dari Rusia”

  1. Bagus nih kalau kita punya.

    • Ayo lisensi produksi yg banyak. kecil2 cabe rawit. cocok utk perairan dangkal Indonesia. Melihat pencarian airasia yg melibatkan peralatan pendeteksi sangat canggih saja masih kesulitan, jadi berpikir bahwa kapal selam kecil adalah armada yg sangat ampuh dan senyap serta sangat menakutkan musuh.

  2. bungkuss

  3. Nyimak aja

  4. Keren juga ini midget… bisa dilengkapi VLS..

  5. Cocok buat perairan Indonesia Barat

  6. bukankah kita juga punya proyek midget jugaa yaaah…??
    nunggu pencerahaan ndan PS ajaa deeh…

  7. KS midget. Salah satu strategi hantu laut kita

  8. Mantab sekali

  9. minta ToT ini aja om….

  10. ada motto yg bagus dr salah satu comen di atas BERSAMA RUSIA TNI KUAT

  11. semua bagus klo kita punya…. :p

  12. midget bknya kt jg ada kl gak salah panjang 22 meter yah apa itu namanya

  13. Beli 2 kilo + 1 amur minta tot miget ber vls

  14. Beli KS nuklir dong lebih SILENT. KS AKULA saja. kilo dan amur mental.

  15. Kalo kaya gini, kaya.a indonesia punya deh .. Mirip2 sotong .. ! Hhehe 😀

    analisa orang pinggiran, maaf kalo lancang ! 😛

  16. gimana kelanjutan yg Indonesia punya

  17. Gila itu kapal…., kalo di lengkapi seri club jelas target seranganx adalah kapal induk

  18. P 750, harganya brapa ya? He he……………….., KS benar2 diciptakan untuk silent. Klo tetangga pada beli F 35, kita bisa imbangi denga armada KS yg tangguh. Sama2 silent he he…, mohon maaf jika salah kata

  19. timur bukan “musuh” dan barat bukan “kawan” ; semua samo sajo asal tidak bertentangan dengan kepentingan NKRI

  20. Pendek aja..,Yang penting beli dari Rusia..

  21. Sangar pol..midget bisa meluncurkan yakhont

  22. bung bear, tolong bungkusin P750E … 8 biji … kagak pake lama ya …

  23. judulnya kurang pas ini bung, seharusnya:

    “MENGENAL MAHLUK HALUS DARI RUSIA YG BERKELIARAN DI INDONESIA”

    ini baru mantab bung, salam knl.

  24. Penasaran dengan AIP nya. Di sini ada yg bisa mbikin ga ya?

  25. lumayan TOT buat ngembangin midget made in ITS.lagian berharap kilo ga bakal datang secara lini produksi sudah tutup.

    • Kalau soal midget, tidak hanya ITS saja atau BPPT, bahkan salah satu perusahaan di Serpong, Tangerang Selatan malah sdh mempunyai prototype “Midget”di Galangan Kapalnya di Banten.

  26. tak kira rusia mau bersaing sama Tukul Jalan-jalan

    #glodag

 Leave a Reply