Mengenal Penyembur Api TOS-2 Tosochka Rusia

Moskow, Jakartagreater –  Penyembur Api Flamethrowers berat TOS-2 ‘Tosochka’ terbaru yang meluncur melalui di Lapangan Merah Moskow untuk pertama kalinya selama Parade Kemenangan pada 24 Juni 2020 akan tiba untuk pasukan Rusia pada akhir tahun, ujar Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu pada Jumat 21-8-2020, dirilis TASS.

Kendaraan penyembur api TOS-2 ‘Tosochka’ menggunakan roket yang dilengkapi dengan hulu ledak pembakar dan termobarik yang mampu menghancurkan pasukan musuh di kota, bunker, dan terowongan. Roket-roket ini mencampurkan bahan bakar dan udara di awan yang ketika diledakkan, menciptakan efek panas dan tekanan yang sangat besar.

“Sistem flamethrowers berat TOS-2 yang baru yang ditandai dengan peningkatan jangkauan dan daya tembak akan tiba untuk pasukan hingga akhir tahun,” kata kepala pertahanan pada pertemuan dewan kementerian.

Selama latihan komando dan staf strategis Kavkaz-2020 (Kaukasus-2020), pasukan akan berlatih menembakkan flamethrowers baru, kata Shoigu. “Sistem ini akan sangat meningkatkan kemampuan tempur pengelompokan pasukan di daerah strategis,” kata kepala pertahanan itu.

Upaya untuk mengembangkan pasukan perlindungan nuklir, kimia dan biologi (NBC) yang akan dipersenjatai dengan flamethrowers berat TOS-2 tetap menjadi area utama aktivitas Angkatan Bersenjata, kata Shoigu. “Pada akhir 2025, angka ini (porsi senjata canggih dalam pasukan NBC) akan mencapai 85%,” kata kepala pertahanan itu.

TOS-2 ‘Tosochka’ adalah turunan dari sistem flamethrowers berat TOS-1A ‘Solntsepyok’ (‘Scorching Sun’) dengan karakteristik kinerja yang ditingkatkan. Dibandingkan dengan pendahulunya, truk ini dipasang pada sasis beroda truk Ural dengan kemampuan angkut dan lintas negara yang ditingkatkan.

Flamethrowers TOS-2 Tosochka (@ Russian MoD)

Sistem ini memiliki peningkatan jangkauan peluncuran roket. TOS-2 memiliki sistem penglihatan, penembakan, dan pengendalian tembakan yang sepenuhnya otomatis.

flamethrowers berat ini dilengkapi dengan crane dan, oleh karena itu, tidak memerlukan kendaraan transporter-loader. TOS-2 juga dilengkapi sistem peperangan elektronik melawan senjata presisi.

Sistem penyembur api Rusia pertama TOS-1 dirancang dan dibuat pada awal 1980-an. Ini mewakili kompleks kendaraan tempur – peluncur, roket dan transportasi, dan kendaraan pemuatan.

Sistem penyembur api TOS-1 dipasang pada sasis track tank T-72 dengan platform putar yang dilengkapi dengan wadah empat lapisan dengan total tabung peluncur roket 30 x 220 mm, lapisan atas memiliki enam tabung peluncur sementara tiga lapisan bawah memiliki enam tabung peluncur. Ini memiliki jangkauan efektif dari 500 hingga 3.500m.

Satu pemikiran pada “Mengenal Penyembur Api TOS-2 Tosochka Rusia”

Tinggalkan komentar