Mengenal Pesawat Tempur F-16 – Perangkat Bird Slicer Untuk Identifikasi Teman Atau Musuh

26
7
F-16 Block 52 Singapura dengan Blid Slicer AN/APX-126, targeting Pod Sniper dan Conformal fuel tank
F-16 Block 52 Singapura dengan Blid Slicer AN/APX-126, targeting Pod Sniper dan Conformal fuel tank

Mungkin kita pernah melihat tampilan pesawat tempur F-16 yang berbeda setiap variannya, seperti varian F-16 block 52 milik Angkatan Udara Singapura yang dilengkapi sirip-sirip kecil tepat di depan kokpit.

Unik karena tidak semua F-16 dilengkapi perangkat tersebut. Sirip kecil tersebut ternyata adalah susunan antena khusus sistem Teledyne / E Mark. XII salah satu seri perangkat IFF (Identification Friend or Foe) yang disebut AN / APX -126. Sistem ini terdiri dari empat antena kecil yang mendapat julukan “Bird Slicer”.

wder
Bird Slicer pada pesawat tempur F-16 Block 52 Angkatan Udara Singapura

Perangkat IFF tersebut sangat berguna teutama untuk membedakan pesawat tempur yang berada di dekatnya apakah teman atau musuh, bagi AS yang kadang sering beroperasi bersama pesawat tempur sekutunya, perangkat tersebut sangatlah vital, tentu agar tidak terjadi insiden salah tembak teman sendiri.

Beredar rumor, bahwa perangkat IFF pada pesawat tempur F-16 sudah dikunci untuk tidak bisa menembak pesawat tempur Sekutu, yang berarti F-16 Indonesia misalnya tidak akan bisa mengunci dan melepaskan rudal terhadap pesawat tempur milik Sekutu AS.

Beberapa waktu lalu Turki menyatakan berhasil menginstal perangkat IFF buatan dalam negeri untuk menggantikan perangkat IFF buatan AS, dengan penggantian tersebut pesawat tempur F-16 Turki kini bisa menembak jatuh F-16 Israel setelah sebelumnya ‘terkunci’ oleh perangkat IFF buatan AS (yang mendeteksi pesawat tempur Israel sebagai ‘teman’).

26 COMMENTS

  1. Dng kata lain, F-16 block 52 Singapore jg tdk bisa mengunci dan melepaskan rudal AMRAAM sekalipun terhadap pesawat F-16 block 15 yg dikatakan jadul dan bekas rongsokan, walaupun telah terdeteksi ratusan km krn F-16 TNI AU kalah canggih.
    Kalau sdh spt itu maka pilihannya adalah pertempuran ala Dogfight dng andalan kanon di masing2 pespur.
    Lalu jika F-16 Singapore vs F-16 TNI AU, siapakah yg menjadi last man standingnya.?

  2. @aditya
    ya bisa lah tinggal di copot saja tuh antena atau kalau paten tinggal di potong,trus ganti siripnya,,heeeee…indonesia kan tukang modifikasi,,asal ada order ama fulus pasti tokcer,,sok tau gue,,,

  3. Tenang itu hanya rumor, mungkin nyatanya f16 block 52id kita bisa menembak pesawat apapun di dunia termasuk pesawat as dan china. Dan jgn2 sisa f16 kita yg sebanyak 15 unit itu diisi perangkat mirip f16 singapore jg, agar tdk biaa menembak pesawat sekutu as, jika hal itu benar, as memang licik, curang dan jahat!!!

  4. Ya kalo buatan as buat nglawan buatan as..hasilnya terletak pada hidden program yang diinstal pada pesawat ataupun rudalnya..
    Kalo ada perangkat tambahan seperti yg dibuat turki bisa jadi itulah jawaban untuk anti hidden program tsb..
    Buat sendiri lebih baik krn tau a sampe z termasuk trik trik yang tak terduga..

  5. F16 punya TNI AU sementara fungsinya hanya untuk parade sj,ato intercept black flight…
    klo harus utk perang,yaaa…. teori-teori baru dan strategi dg dukungan teknologi terbaru yg didukung sdmnya lah yg bicara!

  6. artikel menyesatkan yang sumbernya dari “katanya”. klo emng kyk gitu, knp stiap ada latihan perang simulasi udara kyk pitch black, sesama anggota nato bisa saling kunci ? dan ga ada juga laporan yg nulis ga bisa lock psawat nato, insiden bawean juga hornet us bisa tuh lock f 16 indonesia. klo nulis tuh jgn pake “katanya”. malu..

LEAVE A REPLY