Mengenal Pesawat Tempur F-16 – Perangkat Bird Slicer Untuk Identifikasi Teman Atau Musuh

Mungkin kita pernah melihat tampilan pesawat tempur F-16 yang berbeda setiap variannya, seperti varian F-16 block 52 milik Angkatan Udara Singapura yang dilengkapi sirip-sirip kecil tepat di depan kokpit.

Unik karena tidak semua F-16 dilengkapi perangkat tersebut. Sirip kecil tersebut ternyata adalah susunan antena khusus sistem Teledyne / E Mark. XII salah satu seri perangkat IFF (Identification Friend or Foe) yang disebut AN / APX -126. Sistem ini terdiri dari empat antena kecil yang mendapat julukan “Bird Slicer”.

Bird Slicer pada pesawat tempur F-16 Block 52 Angkatan Udara Singapura

Perangkat IFF tersebut sangat berguna teutama untuk membedakan pesawat tempur yang berada di dekatnya apakah teman atau musuh, bagi AS yang kadang sering beroperasi bersama pesawat tempur sekutunya, perangkat tersebut sangatlah vital, tentu agar tidak terjadi insiden salah tembak teman sendiri.

Beredar rumor, bahwa perangkat IFF pada pesawat tempur F-16 sudah dikunci untuk tidak bisa menembak pesawat tempur Sekutu, yang berarti F-16 Indonesia misalnya tidak akan bisa mengunci dan melepaskan rudal terhadap pesawat tempur milik Sekutu AS.

Beberapa waktu lalu Turki menyatakan berhasil menginstal perangkat IFF buatan dalam negeri untuk menggantikan perangkat IFF buatan AS, dengan penggantian tersebut pesawat tempur F-16 Turki kini bisa menembak jatuh F-16 Israel setelah sebelumnya ‘terkunci’ oleh perangkat IFF buatan AS (yang mendeteksi pesawat tempur Israel sebagai ‘teman’).

Leave a Reply