Jun 242019
 

Sistem Pertahanan Udara Khordad 3 Iran. (@ Tasnimnews.com)

Tehran, Jakartagreater.com     –    Iran merilis sebuah video yang menunjukkan sebuah Rudal menyerang pesawat tak berawak MQ-4C Triton milik Angkatan Laut AS.

Militer Iran telah merilis video yang menunjukkan saat itu sistem pertahanan udara Khordad 3 dari Pasukan Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Angkatan Aerospace menembakkan Rudal darat-ke-udara ke pesawat mata-mata AS yang mengganggu, dirilis Tasnimnews.com, 21-6-2019.

Khordad Air Defence System. (Courtesy of @irMilitaryTube)

Video itu memperlihatkan sistem pertahanan udara bergerak meluncurkan Rudal dari lokasi yang dirahasiakan di bagian Selatan Iran pada dini hari Kamis 20-6-2019. Rudal itu berhasil mengenai sasarannya di dalam wilayah udara Iran di atas provinsi pesisir Hormuzgan.

Beberapa jam kemudian, para pejabat militer Amerika mengkonfirmasi bahwa pesawat tak berawak MQ-4C Triton milik Angkatan Laut AS telah ditembak jatuh di “wilayah udara internasional” dekat Selat Hormuz, di Teluk Persia.

IRGC telah menyatakan dalam sebuah pernyataan sebelumnya bahwa Drone itu berasal dari varian RQ-4 Global Hawk. Triton adalah versi Global Hawk yang sedikit dimodifikasi dan sebagian besar dibuat dari komponen-komponennya.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengumumkan di kemudian hari bahwa Iran telah menemukan bagian dari Drone di perairan teritorialnya.

Khordad 3 adalah desain domestik Iran yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014.

Dilengkapi dengan radar array bertahap yang kuat, sistem ini dapat menghadapi hingga 4 target pada saat yang sama dan menembakkan total 8 Rudal ke arah mereka.

Khordad Air Defence System. (Courtesy of @irMilitaryTube)

Sistem ini memiliki jangkauan operasional antara 50 dan 75 kilometer dan dapat mencegat target di udara setinggi 25 hingga 30 kilometer.

Menurut catatan @BabakTaghvaee, SAM 3-Khordad jarak menengah yang ditembakkan Iran menggunakan Rudal Sayyad SD2C . Sayyad 2 dikembangkan berdasarkan RIM-66 SAM yang didapatkan dari AS sebelum kerusuhan 1979.

Khordad Air Defence System. (Courtesy of @irMilitaryTube)

Iran baru-baru ini membuat terobosan besar di sektor pertahanannya dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan dan perangkat keras militer meskipun menghadapi sanksi dan tekanan ekonomi Barat.