Mengenal Skyshield, Penjaga Udara Indonesia

74
176

Suatu kebanggaan bagi TNI Angkatan Udara/TNI sebagai pengguna pertama senjata pertahanan udara Skyshield 35 mm MK-2 selain negara pembuatnya Swizeland, senjata ini dibuat tahun 2014 oleh pabrikan senjata Swiss Oerlikon Contraves Rheinmetall.

Skyshield 35 MK-2 (Skyshield Gun Missile) untuk memenuhi kebutuhan Paskhasau melengkapi satuan jajaran sebagai senjata pertahanan udara yang akan dioperasikan oleh Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) Paskhas.

Skyshield Gun System, sebuah sistem pelindung udara milik TNI AU.
Skyshield Gun System, sebuah sistem pelindung udara milik TNI AU.

Skyshield Gun System, sebuah sistem pelindung udara milik TNI AU. Merupakan jenis sistem pertahanan udara titik (Short Range Air Defence/ SHORAD) , sista ini dikembangkan oleh Swiss Oerlikon Contraves sebuah perusahaan milik Rheinmetall Jerman. Sistem artileri udara tersebut menggunakan istilah baterai dalam pengelompokannya. Bemil.chosun.com

Istilah Baterai dalam dunia artileri sudah sangat lama dipakai, bahkan ketika dunia militer mengenal istilah artileri itu sendiri.
Istilah Baterai dalam dunia artileri sudah sangat lama dipakai, bahkan ketika dunia militer mengenal istilah artileri itu sendiri.

Istilah Baterai dalam dunia artileri sudah sangat lama dipakai, bahkan ketika dunia militer mengenal istilah artileri itu sendiri. Baterai merupakan istilah satuan unit setingkat kompi, satu baterai terdiri dari 2 sampai 6 kompi yang dipimpin seorang kapten. Baterai dapat merupakan bagian dari detasemen, batalion ataupun terpisah. Bemil.chosun.com

Sistem senjata Skyshield terdiri dari, dua unit meriam revolver kaliber 35 mm (1,38 inci), satu sistem sensor pengendali/radar dan pos komando.
Sistem senjata Skyshield terdiri dari, dua unit meriam revolver kaliber 35 mm (1,38 inci), satu sistem sensor pengendali/radar dan pos komando.

Sistem senjata Skyshield terdiri dari, dua unit meriam revolver kaliber 35 mm (1,38 inci), satu sistem sensor pengendali/radar dan pos komando. Beberapa Lapangan udara di Indonesia sudah dilengkapi dengan sistem ini diantaranya, Denhanud Paskhas Lanud Supadio Pontianak, Denhanud Paskhas Lanud Halim Perdanakusuma dan Denhanud Paskhas Lanud Sultan Hasanuddin sudah dilengkapi dengan sistem yang biasa disebut, Penangkis Serangan Udara (PSU/Firing Unit). Bemil.chosun.com

Pemerintah melalui kementrian pertahanan membeli sistem udara Skyshield, pada pertengahan 2013 dengan nilai kontrak 113 juta Euro.
Pemerintah melalui kementrian pertahanan membeli sistem udara Skyshield, pada pertengahan 2013 dengan nilai kontrak 113 juta Euro.

Pemerintah melalui kementrian pertahanan membeli sistem udara Skyshield, pada pertengahan 2013 dengan nilai kontrak 113 juta Euro. Lalu dilanjutkan dengan pengadaan sistem kendali penembakan SkyMaster, kehadiran sista ini jelas sangat dibutuhkan mengingat Indonesia masih mengoperasikan sistem pertahanan udara yang tidak terintegrasi. Skyshield dioperasikan dengan sistem komputer, dan dilengkapi dengan radar. Bemil.chosun.com

Sistem udara skyshield ini mampu menembakan 1000 peluru dalam satu menit, dengan menggunakan sistem revolver
Sistem udara skyshield ini mampu menembakan 1000 peluru dalam satu menit, dengan menggunakan sistem revolver

Sistem udara skyshield ini mampu menembakan 1000 peluru dalam satu menit, dengan menggunakan sistem revolver. Dilengkapi radar dan SFCU (Skyshield Fire Control Unit) menjadikan unit artileri ini mematikan, dan mampu ditempatkan dimana saja. Jika sistem SFCU ini di jamming, maka kendali optik akan menjadi backupnya dengan jangkauan deteksi radar hingga 25 kilometer. Sky shield juga dapat ditempatkan di atas kapal laut. facebook/TNIAU

AHEAD (Advanced Hit Energy & Destruction) adalah amunisi standart milik Skyshield, merupakan jenis amunisi pecah di udara.
AHEAD (Advanced Hit Energy & Destruction) adalah amunisi standart milik Skyshield, merupakan jenis amunisi pecah di udara.

AHEAD (Advanced Hit Energy & Destruction) adalah amunisi standart milik Skyshield, merupakan jenis amunisi pecah di udara. Peluru tersebut dilengkapi dengan besi baja atau biasa disebut pellet, 152 pellet (sub proyektil) berbahan tungsten. Jika ditembakan ratusan besi kecil tersebut akan pecah membentuk perisai (Metal Spin-stabilised Projectiles) , akan menembus bagian pesawat ataupun rudal, kemungkinan target lolos dari tembakan skyshield hanya sebesar 10 persen. Bemil.chosun.com

Satu Firing Unit (FU) Skyshield Gun Misille terdiri dari dua unit meriam revolver kaliber 35 mm (1,38 inci), satu sistem sensor pengendali/radar dan pos komando secara terpisah, juga dilengkapi dengan dua rudal darat ke udara jenis Chiron buatan Korea Selatan yang sudah terintegrasi dengan Skyshield Gun Sistem sehingga membuat jangkauan radar lebih luas dan efektif, sehingga sekaligus mengembangkan pertahanan titik menjadi pertahanan wilayah/area.

Skyshield Gun Missile dapat ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan dengan sistem mobail dengan menggunakan empatย  truk yang sudah dilengkapi dengan derek, masing-masing truk memuat satu pos command, dua meriam revolver 35 mm dan satu sistem sensor kendali/radar, sedangkan Chiron dapat ditempatkan hingga sejauh 5 km dari Command Post.

Rudal Oerlicon Skyshield Revolver Gun 35 Milimeter Paskhas (Sindonews/Saiful Munir)

Sumber : tempo.co,ย  tni-au.mil.id

74 KOMENTAR

  1. PESEN MBAH SEBAGAI ORANG YANG SUDAH SEPUH.

    DARIPADA CAPEK-CAPEK KRITIK PEMERINTAH MAKA MBAH KASI SARAN.

    1, KUMPULKAN BERAS 1 KG PER KK TIAP RT TIAP BULAN, DAN BERIKAN KEPADA WARGA MISKIN DI RT TERSEBUT. DIJAMIN AKAN MERINGANKAN BEBAN PEMERINTAH.

    WARGA MISKIN BUTUH BERAS DEK, SITU ENAK SUDAH BERKECUKUPAN.

  2. mnrut aku mending hrga bbm gx ush turun orang tarif angkutan umum plus sembako z gx ikut turun..mending biarin z 8500/ltr saatnya kita mandiri bbm tnp subsidi..mending alihin sbsidi nya buat petani+nelayan+ infrastruktur..sisanya beli s300+s400..
    udah ah pda ngaco koment nya gx sesuai topik..bla e o..

    • Astros itu roket artileri. yaitu murni ground attack rocket alias roket serang artileri. gak ada sensor radar di seekernya, roket astros itu mekanismenya sama dgn peluru meriam yg ditembakan kesasaran dgn menggunakan GPS dan elevasi kemiringan berapa derajat dan di kalibrasikan dgn jarak jangkau roket tsb. Jd roket astros gak bisa menjejak pesawat dan missil balistik alias bukan rudal SAM. dan astros sangat berbeda jauh dgn S400. tolong dibedakan apa itu rudal dan apa itu roket, ok?

      Salam..

    • Kill rationya lbh tinggi skyshield ini dibanding pantsir S1 dan bukME dan Tor-M. krn pantsirS1, BukME dan Tor-M. krn masih menggunakan rudal berkecepatan /-1 mach. perkenaan target msh disekitaran 80%, dan berita terakhir russia akan mengganti rudal2 tsb dgn kecepatan yg lbh tinggi diatas 2 mach lebih. kalau versi terakhir baru seimbang dgn skyshield. skyshield kill rationya tinggi krn memakai sistem peluru ahead. yg akan pecah diudara dan akan merupai tirai/jaring yg membuat rudal dan pesawat musuh sprt berhadapan dgn dinding penuh pecahan peluru ahead. walaupun berbasis canon skyshield gak kalah dgn rudal2 berbasis manpads sprt yg diadopsi pantsir, bukME dan tor-M.

      Salam..

      • Betul bung pedro baretta.
        Teknik AHEAD ini sebenarnya teknik sederhana namun jitu. Ibarat menangkap ikan dengan jaring.

        Sedangkan rudal itu ibarat menangkap ikan dengan panah / tombak.

        Filosofi dasar kerjanya Skyshield ini agak mirip dengan CIWS Phalanx, Goalkeeper CIWS, Kashtan, dan AK-630, yaitu menghujani lawan dengan proyektil. Tetapi Skyshield ini bisa lebih efisien dan efektif. Dengan laju tembakan yang lebih rendah, Skyshield bisa dapat menyamai efektivitas Phalanx dkk.

  3. kalau utk urusan pajak2 tersebut sih memang semua bayar pajak, hanya kalau yang dimaksud dengan memiliki npwp?! Nah semua orang belum tentu punye, dimana saat ini yang punya npwp baru sebanyak 2juta orang atau kurang dari 2 persen penduduk indonesia; pertanyaannya sekarang sudahkah kita memiliki npwp tersebut?!

  4. Maaf… anda ngawur bung..
    Data dari mana kalau peluru perlu 25 detik baru sampai kesasaran (pesawat) sprt anda katakan? Logikanya, peluru AHEAD yg dipakai oleh skyshield punya jarak tembak efektif sejauh 3 s/d 4 km utk menjatuhkan benda apa sj yg terbang diatasnya. dan kecepatan projektil AHEAD mencapai 1440 meter perdetik. Nah.. kalau sprt anda katakan peluru punya waktu 25 detik mencapai sasaran berarti jarak peluru sdh mencapai 25 detik dikali 1440 maka sama dgn 36000 meter atau = 36 km ??
    Sementara jarak tembak terjauh skyshield cuma 8 km. bgmn bisa, dia mampu menembak sejauh 36 km sprt anda katakan? Datanya drmn bung kalau peluru skyshield butuh waktu 25 detik utk mencapai sasaran, sehingga ada jeda waktu setiap 25 detik utk bermanuver mengelak? dan pesawat tsb berada pd jarak brp bung?
    BTW, skyshield tdk akan menembak jk radarnya menghitung sasaran blm mencapai jarak tembak efektif dibawah 8 km. sebelum mencapai jrk tsb radar sdh mengunci sasaran dan menembak stlh mencapai jarak jangkau peluru AHEAD. jika jarak tembak skyshield mencapai 8 km, maka skyshield hanya perlu waktu 5,5 detik utk menembak jatuh pesawat dan rudal dan jika sasaran berada pada jarak yg lbh dekat, katakanlah di jarak 3 km maka skyshield hny perlu waktu merespon dan menjatuhkan sasaran dgn waktu hanya 2 detik saja, dan itu tdk akan bisa dielakkan oleh pesawat dgn manuver ekstrem sekalipun. dan dikabarkan oleh oerlikon bahwa skyshield mampu menembak rudal, pespur dan heli yg terbang skimming termasuk peluru meriam serta roket mlrs dan mortir. dan skyshield jg bisa digabung dgn flatform rudal shorad chiron buatan south korea. jd hampir mirip dgn pantsir cm skyshield ditempatkan statis sebagai pertahanan titik strategis sdg pantsir ditempatkan di flatform bergerak (mobile).

    Salam..