Sep 092014
 
©REUTERS Presiden Uruguay, Jose Mujica berpose di depan rumah yang sederhana di tanah pertanian di luar Kota Montevideo.

©REUTERS
Presiden Uruguay, Jose Mujica berpose di depan rumah yang sederhana di tanah pertanian di luar Kota Montevideo.

©REUTERS Jose Mujica memperlihatkan kendaraan pribadinya mobil VW Beetle tahun 1987 di dalam garasi rumahnya.

©REUTERS
Jose Mujica memperlihatkan kendaraan pribadinya mobil VW Beetle tahun 1987 di dalam garasi rumahnya.

©REUTERS Sejak dilantik menjadi presiden pada tahun 2010 lalu, pria berusia 79 tahun ini mendapat gelar 'presiden termiskin' di dunia.

©REUTERS
Sejak dilantik menjadi presiden pada tahun 2010 lalu, pria berusia 79 tahun ini mendapat gelar ‘presiden termiskin’ di dunia.

©REUTERS Presiden Uruguay, Jose Mujica merapikan pakaian di kamar rumahnya yang minimalis dan sederhana.

©REUTERS
Presiden Uruguay, Jose Mujica merapikan pakaian di kamar rumahnya yang minimalis dan sederhana.

image

©REUTERS Jose saat keluar dari rumahnya. Di tempat kediamannya tidak ada penjagaan ketat dari pasukan khusus kepresidenan. Rumahnya hanya dijaga oleh dua polisi dan anjingnya yang hanya memiliki tiga kaki bernama Manuela

©REUTERS Jose Mujica mengendarai traktornya saat bertani di lahannya.

©REUTERS
Jose Mujica mengendarai traktornya saat bertani di lahannya.

©REUTERS Jose Mujica keluar dari traktor usai keliling membajak lahan pertanian.

©REUTERS
Jose Mujica keluar dari traktor usai keliling membajak lahan pertanian.

©REUTERS Jose Mujica bersama istrinya Lucia Topolansky dan hewan kesayangannya duduk di pekarangan rumahnya.

©REUTERS
Jose Mujica bersama istrinya Lucia Topolansky dan hewan kesayangannya duduk di pekarangan rumahnya.

©REUTERS Presiden Uruguay, Jose Mujica mengambil setangkai bunga di tempat lahan pertaniannya.

©REUTERS
Presiden Uruguay, Jose Mujica mengambil setangkai bunga di tempat lahan pertaniannya.

©REUTERS Jose Mujica saat bertemu dengan (alm) Presiden Venezuela Hugo Chavez (kanan) dalam acara jumpa pers di Montevideo, pada 30 Maret 2011.

©REUTERS
Jose Mujica saat bertemu dengan (alm) Presiden Venezuela Hugo Chavez (kanan) dalam acara jumpa pers di Montevideo, pada 30 Maret 2011.

Jose Mujica bersama Presiden AS Barack Obama

Jose Mujica bersama Presiden AS Barack Obama di Oval Office Washington 12 Mei 2014

Jose Mujica setiap bulan selalu mendonasikan 90 persen gajinya untuk membantu rakyatnya yang kesusahan dan kegiatan amal. Jose Mujica dikenal sebagai Presiden termiskin di dunia, namun semua orang hormat padanya. (Merdeka.com).

Bagikan:

  65 Responses to “Mengenal Sosok Jose Mujica”

  1.  

    ini baru pemimpin..

    •  

      Hormat untuk Presiden, yg paling disegani dan dicintai rakyatnya..

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      ada lagi presiden yang termiskin yaitu mantan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.
      saya menilai bukan dari syah atau sunninya lo namun dari kepribadiannya, mungkin karena sejak lahir dia mempunyai lingkungan syah jadi yang diyakininya syah. namun dilihat dari kesungguhan sikapnya yang sederhana sepertinya dia ingin mengabdikan diri tapi kembali ke lingkungan sekitar, menurut saya lingkungan sangat berengaruh besar terhadap syah atau sunninya dia terutama orang tuanya.

      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

      •  

        miskin mana dengan Rasulullah SAW ?? Aisyah, Ummul Mu’minin, pernah mengatakan bahwa perut Rasulullah tidak pernah kenyang barang sehari saja selama hidupnya. Kendati begitu, beliau tidak pernah mengadukan perihalnya kepada seorangpun. Sebab, kondisi miskin lebih dicintai beliau daripada memiliki harta yang melimpah.

        ”Bergembiralah dan berharaplah dengan apa-apa yang menyenangkan kalian, demi Allah bukanlah kemiskinan yang paling aku takutkan menimpa kalian, akan tetapi aku yang aku takutkan adalah dihamparkan kepada kalian kekayaan dunia, sebagaimana telah dihamparkan kepada umat sebelum kalian, lalu kalian berlomba-lomba mendapatkannya sebagaimana mereka berlomba-lomba mendapatkannya hingga kalian binasa sebagaimana mereka binasa.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

    •  

      Bung diego dan bung gue ane titip surcin cek PM
      hehehehe

    •  

      presiden miskin………baguslah……..sepadanah dengan negaranya yang miskin……….tapi klo di negeri ini ya …..jangan…….masa presiden kita kalah sama walang(pengemis ngetop)

    •  

      Dulu pernah nonton di tipi ane salut dan hormat luar biasa pada nih presiden….kapan Indonesia punya presiden seperti inih,mungkin mirip soekarno?

    •  

      presiden ini siap kaya, krn siap miskin. sedang presiden di negara2 lain umumnya tidak siap miskin, krn umumnya hidupnya glamour.

  2.  

    Selamat malam…!!!

    •  

      Pagi warjager… bung M numpang bonceng..
      Barusan di tivi ada berita bu Risma menolak tawaran jd menteri, beliau msh mau menyelesaikan tugas sbg walikota surabaya yg diamanahkan warga surabaya.
      Tipikal pemimpin spt bu risma ini yg hrs ditiru oleh org2 yg diberi amanah mjd pemimpin.
      Jgn spt tetangga sblh rmh, belum selesai menjabat ketua RT sdh loncat ikut pilihan ketua RW, lha sdh terpilih baru bbrp saat loncat lg ikut pilihan kasun.
      Hanya bisa berdoa smg Allah senantiasa memberi hidayah dan keteguhan hati agar berhasil memimpin org2 se dusun. 🙂
      Salam bung Mirza… berharap bocoran resep pertamaxnya bung… 🙂

  3.  

    mantap..

  4.  

    Patut dicontoh oleh pemimpin kita baik yang di legislatif maupun eksekutif 😀

  5.  

    absen malam dulu ah…

  6.  

    M0ga aja pmimpin negri ini kyak beliau….

  7.  

    Itulah seorang Pemimpin yang punya jiwa Kepemimpinan “ing ngarsa sung tuladha”!!respect..

  8.  

    Kelihatan kok yg mana Natural, mana yg pencitraan. Salut buat Mr. José Mujica

  9.  

    Kalo smua pemimpin spt ini,dunia akan jauh lebih baik,lebih indah..

  10.  

    Semoga berikutnya jokowi meniru sosok orang mulia jose mujica

  11.  

    Maantaab..!! Ada contoh/pembelajaran dari artikel ini, bukan sekedar pencitraan semata. Tetapi hal yg sepele ini sangat susah dijalanin apelagi sekelas president seperti presiden uruguay ini..kita bisa ambil sisi positifnye & juga buat presiden dinegeri ini..toh pertanggungan jawabnye di hadapan Allah sangat berat bila jadi seorang pemimpin. Presiden negeri ini akan diminta pertanggungan jawab terhadap rakyat ini yg berjumlah sekitar 250 juta jiwa diakherat nanti, apakah bisa adil..?? Masih adakah yg kelaparan..?? Dsb..!!! Jgn merasa senang wahai presiden negeri ini ingat nanti dihadapan tuhanMU..!!! Apa yg harus kau jawab nanti..!! Berlakulah jujur,adil dan bijaksana..!!!

    …NKRI HARGA MATI…

  12.  

    jiwa sosial itu timbul dari hati bukan pncitraan..bnyk org2 skrg yg mnyumbal amal dmi pncitraan melalui tv,smua dmi sstu yg besar..lbih baik tangan kanan memberi tangan kiri gk tau..salam

    •  

      Setuju dengan anda bung Jpr, masih banyak yang motifasinya lain Dari asli yang ditunjukkan alias udang dibalik bakwan. Banyak yang méngejar jabatan untuk menjadi kaya Dan bukan karena keyakinan untuk menjalankan amanah Dari jabatan itu sendiri. Kalo tujuannya mau kaya ya pasti nanti korupsi

  13.  

    salut… benar” merakyat…

  14.  

    Pantas jd panutan.. setidaknya bs mewakili karakter masyarakat di negaranya.. tp mungkin.. hmmm mungkin masalah di negaranya ga sekompleks masalah negara kita..

  15.  

    roisuul qoum khodimuhu !!!

  16.  

    contoh satria piningit..

  17.  

    Tetapi Presiden Jose Mujica ini termasuk Presiden yang tidak terkena penyakit kanker ,,
    Disaat banyak Presiden dari Amerika selatan yang menentang asu pada kena penyakit kanker termasuk Hugo chaves yang meninggal
    hehehehehe

  18.  

    Sudah Mulai Berdatangan

    Analisis (MI)

    Tahun ini adalah tahun akhir pemerintahan SBY setelah selama 10 tahun memberikan warna bangkitnya perekonomian negeri ini. Hasilnya saat ini adalah kekuatan ekonomi Indonesia berada di 15 besar dunia, nomor 1 di ASEAN, pendapatan per kapita mencapai US $ 4.000,- pertumbuhan ekonomi rata-rata di kisaran 5-6 % per tahun. Bandingkan dengan 10 tahun yang lalu. Ini fakta tak terbantahkan dan yang merilis laporan ini adalah berbagai lembaga keuangan internasional.
    Daftar Belanja Militer RI dari SIPRI tahun 2013
    Di bidang pertahanan selama 5 tahun terakhir telah diupayakan memperkuat militer negeri kepulauan ini dengan berbagai asupan gizi alutsista. Karena ternyata selama ini dibanding negara sekitar ternyata kita kurang gizi alutsista alias ketinggalan jauh. Maka sebuah perencanaan dan strategi besar diungkap oleh Pangti SBY di awal masa jabatan keduanya tahun 2009. Dengan memprediksi kondisi kawasan yang dinamis dan tak terduga di hadapan petinggi Kemhan, TNI dan DPR dicanangkan belanja alutsista secara besar-besaran dengan anggaran 150 trilyun untuk masa lima tahun (2010-2014). Ternyata kemudian prediksi itu benar, kondisi Laut Cina Selatan bergolak, tetangga selatan bertingkah. Darwin, Christmas, dan Cocos jadi basis militer frekuensi tinggi.
    Program belanja alutsista ini kemudian dikenal dengan sebutan MEF (Minimum Essential Force) yaitu program pemenuhan alutsista untuk standar minimal yang dipersyaratkan. Meski semua belanja alutsista yang direncanakan itu di rekapitulasi selama lima tahun ini sesungguhnya kekuatan alutsista kita belumlah memenuhi standar berkecukupan apalagi ideal. Artinya meski belanja alutsista bernuansa revolusioner selama lima tahun ini ternyata belum mencapai standar kecukupan karena memang selama 15 tahun terakhir atau sejak reformasi 1998 belanja alutsista TNI dinomorsekiankan.
    Meski saat ini kita sudah diperkuat 16 Sukhoi dengan persenjataan rudal lengkap tapi dibanding Singapura dan Australia kita masih kalah kelas jumlah dan kalah kelas. Atau kepemilikan jumlah kapal selam kita yang hanya dua itu, bandingkan dengan Singapura yang punya 5 unit dan Australia 6 unit. Kondisi idealnya mestinya karena kita negara kepulauan harus punya minimal 12 kapal selam. Tapi jangan pesimis dulu, ini kan kondisi MEF I yang tentu akan berlanjut di MEF II (2015-2019).
    Kita nikmati saja dulu hari-hari dimulai berdatangannya sejumlah alutsista yang sudah dipesan beberapa waktu lalu. Setelah 18 unit KH179 itu akan tiba pada tahun ini 12 Pesawat coin Super Tucano, 8 Jet tempur F16 blok 52, 4 UAV Heron, 2 Pesawat angkut berat Hercules, 5 Pesawat angkut sedang CN295, 6 Helikopter serbu Cougar, 20 Helikopter serbu 412EP, 4 Radar, 11 Heli Anti Kapal Selam, 3 Kapal Korvet Bung Tomo Class, 3 Kapal Cepat Rudal 60m PAL, 3 LST, 2 BCM, 40 Tank Leopard, 40 Tank Marder, 50 Panser Anoa, 36 MLRS Astross II, 37 Artileri Caesar, sejumlah peluru kendali SAM, sejumlah peluru kendali anti kapal, Simulator Sukhoi dan lain-lain.
    Kedatangan alutsista paket MEF I tentu tidak berakhir di tahun 2014. Tahun-tahun berikutnya masih akan terus berdatangan sesuai kuantitas pesanan. Misalnya pesanan Tank Leopard, Jet tempur F16. Bahkan ada pesanan MEF I yang belum datang yaitu 3 kapal selam Changbogo Korsel yang diprediksi datang mulai tahun 2016. Yang jelas kedatangan alutsista sepanjang tahun 2014 akan dipergelarkan dalam upacara militer besar-besaran tepat pada HUT TNI 5 Oktober 2014 di Naval Base Surabaya.
    Nah di MEF II (2015-2019) nanti diprediksi pemenuhan kebutuhan alutsista sudah bisa memenuhi standar berkecukupan. Tetapi syarat utamanya tentu ada anggaran belanja yang mampu memenuhi standar berkecukupan itu. Kita berharap pagu anggaran belanja senjata dan rawat senjata untuk MEF II nanti bisa mencapai 200 trilyun. Angka ini bukan angka impian karena prediksi kekuatan PDB dan kekuatan daya beli Indonesia terus meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Sekedar catatan prediksi beberapa lembaga keuangan internasional pada tahun 2020, kekuatan ekonomi Indonesia mampu menembus 12 besar dunia dengan pendapatan per kapita US $ 8.000,-
    Kunci utama dalam kelanjutan MEF II adalah political will dari pemerintahan yang baru. Siapa pun yang menjadi RI 1 nantinya diharapkan dapat melanjutkan program MEF ini agar kebutuhan alutsista kita memenuhi standar kecukupan. Lebih penting dari itu dengan kekuatan militer yang kuat, maka posisi diplomatik Indonesia akan semakin kinclong dan diperhitungkan. Lebih utama dari semua itu jika ada yang mau mengusik teritori NKRI akan berpikir ulang atau mengukur diri. Maknanya memiliki kekuatan militer yang gahar diniscayakan mampu meminimalisir terjadinya pelecehan teritori, konflik bersenjata atau perang terbuka antar negara. Dan alangkah baiknya pula pada hari-hari ke depan ini kita menikmati sajian kedatangan beragam alutsista sembari berucap Alhamdulillah.
    sumber : Analisis

  19.  

    Memang model pemerintahan yg baik adalah dengan pola yang dikembangkan oleh Rosullullah SAW dan para Sahabat RA. Tak terbantahkan. Rosullullah sebelum diangkat sebagai Rosul, adalah Saudagar Kaya. khalifah Abubakar Siddiq RA, juga seorang yang kaya raya. Umar Ibn Khattab RA juga seorang yang kaya. Usman Ibn Affan, juga seorang yang kaya. Kecuali Ali Ibn Abi Thalib yang tidak kaya. Persoalannya bukan pada kaya atau tidak kaya. Tapi kekayaan tersebut diperoleh dari mana, digunakan untuk apa. Apakah hak fakir miskin dan anak2 yatim sudah dipenuhi dari harta tersebut. Kita diajarkan bahwa di dalam harta kita Ada hak kaum miskin Dan anak yatim. Persoalannya kan kita ini mau tidak. Ingat sairnya Grupnya Madina: orang kaya mati, orang miskin mati, raja2 mati, rakyat biasa mati. Semuanya pasti menghadap Illahi, dunia yang dicari tak kan berarti…….. Semoga bermanfaat. Amin….

  20.  

    Sebaliknya pemimpin juga tidak perlu menjadi terlalu kaya untuk dihormati.
    Pemikiran, kerja keras, pengabdian dan kecintaan yang tulus terhadap manusia yang dipimpinnya yang akan membuat ia dihormati, dicintai dan dikenang.

  21.  

    Demikian juga dengan sistem pengkaderan seorang peminpin. Betul betul disiapkan. Pada saat2 mendekati ajalnya, Rosullullah SAW, telah menyiapkan Abubakar RA sebagai pengganti beliau sebagai imam sholat. Demikian juga dengan Abubakar RA, saat beliau merasa waktunya sudah dekat, beliau menanyakan para Sahabat yang lain, apakah Umar RA cocok Dan pas menggantikan Beliau. Bahkan beliau menanyakan ke Umar RA. Bersedia tidak untuk menggantikan beliau. Pemimpin yang baik, tidak pernah meminta untuk dijadikan pemimpin, tetapi ketika ditunjuk, akan melaksanakan amanah sesuai dengan ajaran agama. Semoga Kit bisa. Amin……

  22.  

    Semua orang bisa menghadapi kesengsaraan
    Jadi untuk menguji karakter atau watak seseorang
    Berikan lah dia kekuasaan yang besar…

    #Abraham Lincoln

  23.  

    Jose mujica pemimpin yg patut buat tauladan pemimpin dunia..

    “Kalau rakyatku kelaparan aku ingin orang pertama yg merasakannya,kala
    u rakyatku kekenyangan aku ingin orang terakhir yg menikmatinya”#Umar bin khatab.

    Umar bin khatab seorang presiden yg berani menghukum cambuk putranya sendiri sampai meninggal karena minum2an keras…Presiden yg setiap malam berkeliling melihat rakyatnya yg kelaparan dan memberi makanan dengan memikulnya sendiri….

    Kapankah Indonesiaku tercinta..?????

  24.  

    Jd ingat Soekarno-Hatta, semua pemikiran dicurahkan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan RI.
    Rela dibuang sbg bentuk kecintaan thd negara ini..
    Bpk Soeharto, bpk pembangunan dgn GBHN..PELITA..Era tinggal landas..

  25.  

    cerita yang mengispirasi dan sangat kontras dengan negeriku

    •  

      betul bung, belum kerja aja (bahkan belum dipilih), mercy udah disiapkan.

      padahal klo nengok ke belakang dikit (gak usah jauh2), 3 oknum dari kelompok yang diberi crown royal saloon telah atau terancam status extraordinary criminal / penjahat luarbiasa
      (korupsi = extrarodinary crime)…

  26.  

    JAKARTA (RIAUPOS.CO) –
    Menjelang akhir masa
    jabatannya, Presiden Susilo
    Bambang Yudhoyono (SBY)
    mendapat banyak tawaran dari
    berbagai organisasi
    internasional. Satu per satu
    organisasi tersebut mulai
    mengajukan tawarannya lebih
    serius kepada SBY. Salah satunya
    organisasi internasional yang
    bermarkas di Seoul, Korea
    Selatan (Korsel), Global Green
    Growth Institute (GGGI).
    Organisasi itu menominasikan
    SBY sebagai presiden GGGI yang
    baru, menggantikan Presiden
    GGGI saat ini Lars Lokke
    Rasmussen, mantan perdana
    menteri Denmark. Selasa (9/9)
    delegasi GGGI mengunjungi SBY
    untuk menyampaikan secara
    langsung tawaran memimpin
    GGGI itu. ‘’Saya ada tugas baru,
    mengurus bumi,’’ kata SBY
    kepada wartawan saat
    menunggu kedatangan delegasi
    GGGI di Kantor Presiden kemarin.
    Begitu delegasi GGGI yang
    dipimpin Direktur Jenderal
    (Dirjen) GGGI Yvo de Boer tiba,
    SBY menyambut rombongan
    tersebut dengan hangat. SBY
    menyatakan, pihaknya
    mengapresiasi kedatangan GGGI
    ke kantornya. ‘’Saya ucapkan
    selamat datang di Jakarta. Saya
    sangat senang menerima Anda
    semua. Sepuluh hari lalu saya
    bertemu Sekjen PBB Ban Ki-
    moon di Bali dan kami
    membicarakan banyak hal. Saya
    dan para pemimpin lainnya bisa
    merasakan bahwa ada arus
    perubahan dan berharap makin
    baik (perubahan tersebut,red),’’
    paparnya saat menyambut
    delegasi GGGI.
    Pertemuan antara SBY dan GGGI
    itu berlangsung sekitar satu jam.
    Seusai pertemuan, Staf Khusus
    Presiden Bidang Hubungan
    Internasional Teuku Faizasyah
    memastikan bahwa SBY
    menerima tawaran yang
    diajukan GGGI untuk
    dinominasikan sebagai presiden
    GGGI. ‘’Bapak sudah menerima
    nominasi itu. Nanti akan ada
    pengumuman resmi di New York
    dan bisa melakukan kunjungan
    awal ke Seoul pertengahan
    November,’’ kata Faiz dalam
    konferensi pers di Kantor
    Presiden kemarin.
    Sementara itu, Dirjen GGGI Yvo
    de Boer mengungkapkan bahwa
    SBY dinilai sebagai orang yang
    tepat untuk memimpin GGGI.
    Alasannya, presiden keenam RI
    tersebut dinilai mampu
    mengatasi persoalan lingkungan
    sekaligus kemiskinan.(jpnn)

  27.  

    Patut di contoh,smoga orang no 1 di Uruguay ini mendapat hidayah,amiiin.

  28.  

    Dari Ibnu mas”ud beliau berkata:”Barangsiapa yg datang kepadamu dengan kebenaran maka terimalah kebenaran itu darinya meskipun ia adalah orang yg jauh dan dibenci dan barangsiapa yg datang kepadamu dengan kebatilan maka tolaklah meskipun ia adalah orang yg dicintai dan dekat”.

  29.  

    Supertinya Su27 Dan Su30 di buat no Urut yang berbeda, mungkin karena rencana jumlah untuk masing-masing cukup banyak nanti nya. Smoga saja yaa

  30.  

    Ai bung Danu sudahlah. Kan kita sudah menentukan pilihan…………….he he he he…….

    •  

      hehehe bung AMX, ini nyambungnya ke komen #27 ?

      klo iya masalahnya ada pembonceng gelap, kita sudah menentukan pilihan, tapi masih ada yang membonceng ikut ‘membuatkan’ keputusan bagi pemimpin berikutnya, dalihnya sih udah merupakan tugas…

  31.  

    Jabatan pada masa sekarang ini bukan dipandang sebagai amanah tetapi sebagai ajang politik untuk bagi bagi kursi bagi pendukung dan mengisi pundi pundi partai dan anggotanya.jika satu amanah saja pertanggungjawabannya sangat berat.bgmana mungkin ia meminta amanah yg lebih besar?kpd ibu risma semoga menjalankan amanah sampai selai dan tdk meninggalkan cacat dlm sejarah.bakti ibu lebih besar dipandang oleh warga surabaya jika ibu berhasil membawa keberhasilan surabaya sampai selesai.lb baik berjuang demi rakyat daripada demi kepentingan sesaat partai.jika diberhentikanpun saya yakin msh banyak partai yg menghargai ibu.contoh yg dilakukan oleh mas muji(jose mujica) itu lebih dekat dengan islam.sayang ia tdk mempunyai timbangan amal disisi tuhannya,jika ALLAH berkehendak ia akan di beri hidayah.untuk saat ini cukuplah kesehatan dan ketentraman batin baginya sebagai balasan.

  32.  

    Bung @satrio benarkah para pemimpin amerika latin yg menentang asu kena kanker?tapi bhn penyubur kanker memang telah dimasukkan oleh asu ke dlm produk makanan dan minuman dgn dosis sedikit.tanpa kita sadari gula buatan juga bisa memicu kanker ,blm lagi bhn bhn lain yg bisa menghambat kecerdasan anak indonesia.sebenarnya kitalah bangsa tercerdas didunia.hanya saja makanan,dan pendidikan kita tdk benar.contoh banyaknya jajanan anak yg mengandung formalin,pewarna tekstil

  33.  

    Tuhan sangat sayang ama kita …… di jaman modern ini beberapa manusia di pilih dan dijadikan pemimpin dengan gayanya yg mirip Nabi Muhammad . Dan terbukti Prsesiden Jose sangat dicintai rakyatnya. Nah kurang apalagi …. jika pemimpin kita bisa copy paste perilaku Nabi Muhammad .. di jamin deh negeri ini adil sejahtera dapat tercapai….. JikaTuhan yang memberi jaminan…. maka jaminan tsb akan terbukti 100%

 Leave a Reply