Jun 172016
 

Selain harus mempunyai kemampuan bertempur dengan menggunakan senjata taktis, Prajurit TNI AD juga diwajibkan untuk menguasai Yong Moo Do, seni beladiri mematikan yang berasal dari Korea. Seni beladiri tangan kosong, Yong Moo Do merupakan gabungan dari sejumlah seni beladiri asal Korea.

berita_148317_800x600_Yongmoodo_(2)

Seni beladiri Yong Moo Do sendiri, resmi menjadi olah raga wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. sejak didirikannya Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI), seni beladiri asal Korea ini pun mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012.

Sejarah Yong Moo Do, dimulai pada tanggal 15 Oktober 1995, dengan nama The Martial Research Institut dari Yong In University Korea. Seni beladiri Yong Moo Do merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkido, Karate, Jiu-Jitsu dan Hon Sin Sul.

Istilah Yong Moo Do berasal dari kata Hankido yang dikembangkan di Korea pada tahun 1976. Kemudian namanya berganti menjadi Kukmodo dan tak lama kemudian berubah menjadi Yong Moo Do.

dscn11441

Yong Moo Do merupakan beladiri pertarungan jarak dekat yang menunjukan kemampuan pada pertempuran yang mengacu pada teknik perkelahian, pertahanan dan strategis, baik fisik, mental serta psikologis. Seni beladiri Yong Moo Do memerlukan latihan rutin untuk memperkecil resiko latihan yang bersifat fatal.

Untuk menjadi anggota seni beladiri Yong Moo Do diperlukan persiapan waktu yang cukup lama untuk menguasai teknik-teknik dasar. Setiap pelatih atau instruktur Yong Moo Do harus memiliki kemampuan untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi di dalam latihan, karena rawan terjadi cedera fatal.

Kemampuan beladiri Yong Moo Do, wajib dikuasai oleh prajurit TNI angkatan darat untuk melatih keberanian dan jiwa patriotisme, mengingat prajurit TNI merupakan garda terdepan dalam mempertahankan NKRI. (marksman/ sumber metrotvnews.com dan viva.co.id)

  41 Responses to “Mengenal Yong Moo Do, Seni Beladiri TNI AD yang Mematikan”

  1.  

    minyak tanah….

    •  

      Kok bukan pencak silat sih?

    •  

      Numpang bung…

      Sampe bosen saya ngejelasin yang komentar geng motor bla bla bla…

      Bayangkan anda sedang naik motor, jalanan lengang, penerangan remang-remang. Tiba-tiba sejumlah sepeda motor yang datang dari belakang anda, menghadang dan berhenti tepat di depan anda.
      Selang sepersekian detik, belati menembus punggung anda, yang ditusukkan oleh salah seorang yang menaiki salah satu motor dari kelompok kedua, yang sudah siaga…

      Sudah terbayang? Coba sebutkan dan jelaskan di mana celah untuk mempertahankan diri !

  2.  

    Sip

  3.  

    Pencak Silat, Merpati Putih, Satria Nusantara ???

  4.  

    wow

  5.  

    salah satu syarat utk pembelian T.o.T alutsista korsel yaitu Yong moo do

  6.  

    Mendingan syufu taesyukhan atau tifan po khan aja, lebih mematikan

  7.  

    Rawa rontek ajah padahal mah..

  8.  

    lw bung carin dan mbah bowo mah pake kho ping ho’o

  9.  

    Kenapa kaga pencak silat aja asli indonesia banyak gurunya gak perlu datengin guru dari korea

    •  

      rata2 mereka TNI sudah menguasai Pencak Silat Merpati Putih bung. Jadi kombinasi Yong Mo Do yg mengandalkan tenaga fisik dan MP yg menggunakan tenaga dalam menjadi kombinasi yg mematikan utk penjaga NKRI ini.

  10.  

    skalian ilmu mak lampir dan gerandong dikuasai…

  11.  

    PEMBINAAN MENTAL KARATE KYOKUSHIN KARATEDO INDONESIA. the strongest karate, full body contact system, tidak memakai pelindung kepala, tangan, kaki, tubuh saat bertanding, kecuali pelindung selangkangan. Oshi shinobu

  12.  

    teuteup silat nomer wahid made in indonesia

  13.  

    kalo mbah bowo bukan kopinghi tp anni arrow hakhakhak..

  14.  

    bisa buat lawan 20 geng motor gak???

  15.  

    @colibri, perguruan PEMBINAAN MENTAL KARATE KYOKUSHIN INDONESIA adalah pendiri Forki satu-satunya Karate full body contack system yg dikondisikan untuk pertarungan sesungguhnya lainnya adalah aliran Shotokan yg orientasinya lebih utk olahraga, bahkan pendiri Tarung drajat H. Ahmad drajat menguasai ilmu karate Kyokushin. Oss shinobu

  16.  

    saking banyaknya bela diri yg dilatih ..eeh pas di tempeleng lima jari seorang letkol di medan diam saja karna lupa beladiri apa yg harus di keluarkan..

  17.  

    Ilmu kebal sekalian…biar mantab…

  18.  

    Beladiri dari mbah bowo mantep ni yang berma SOO DO MI..bahkan murid mbah bowo yang bernama SAIFUL JAMIL pun masuk sel tahanan gara gara pake jurus terlarang mbah bowo SOO DO MI/CAO BU LIE

  19.  

    Tetap pencak silat lebih mematikan ketimbang yoo modar. Lebih ngeri sabeni, cingkrik, beksi, mustika kwitang, gerak gulung, silat harimau sumatra.. Yo modar dr korea : nothing

  20.  

    beladiri teknik pisau dan senjata tajam dong…..jangan lagi kopassus keok gara2 di tusuk geng motor…masak ama geng motor aja kalah…

  21.  

    Lol ngakak liat komen lo, logika yg aneh

  22.  

    barang impor lagi 👿

  23.  

    barang impor lagi. 👿

  24.  

    Setuju banget buat coment teman2 warjagers yang mau mendukung beladiri asli tanah air yaitu silat/pencak silat. Tidak semua beladiri silat tanah air pake tenaga dalam krn yg diutamakan tetap kemampuan beladiri fisik spt contohnya PS. Tarung drajat. Bukankah silat tanah air termasuk 10 beladiri paling mematikan di dunia. Apa yg mesti dibanggakan produk beladiri dari negara lain, kita lebih bangga kalo beladiri asli tanah air terkenal ke seluruh dunia.

  25.  

    knpa prajurit kopasus g praktekin kmampuan silat ktika ngadepin geng motor dan kjadian dlu jga ribut di diskotik hingga tewas juga.kita mlah jlas lihat di vidio wktu di diskotik anggota kopasus hanya pasrah di pukulin ga ada perlawanan smpe tewas ditusuk juga.sya harap para jendral kasih kewenangan buat semua anggota tni atau polri supaya kmana2 bawa senjata biar kl ngadepin kjahatan bisa bela diri

  26.  

    betul itu