Sep 062014
 
Upacara Militer Pemakaman Shigeru Ono (photo: Tempo.co)

Upacara Militer Pemakaman Shigeru Ono (photo: Tempo.co)

Shigeru Ono, eks tentara Jepang yang bergabung dengan Indonesia, merupakan penyusun buku taktik perang gerilya untuk militer Indonesia di masa revolusi. Kini Ono telah meninggal dunia pada 25 Agustus 2014, akibat penyakit tifus dan pembengkakan pembuluh darah.

Ketika kalah melawan Sekutu, banyak tentara Jepang bingung; kembali ke negerinya atau bertahan. Tak sedikit yang melakukan harakiri (bunuh diri untuk memulihkan kehormatan). Shigeru Ono, serdadu Tentara Ke-16 Angkatan Darat Jepang di Jawa, pun sempat tergoda namun mengurungkan niatnya.

Ono, yang lahir pada 26 September 1919 di Furano, Hokkaido, memutuskan bertahan di Indonesia. “Indonesia sudah banyak membantu Jepang. Kami ingin memberikan yang tidak bisa dilakukan oleh negara kami,” ujarnya dalam Mereka yang Terlupakan: Memoar Rahmat Shigeru Ono, Bekas Tentara Jepang yang Memihak Republik karya Eiichi Hayashi.

Ono keluar dari ketentaraan Jepang. Atas saran Kapten Sugono, komandan polisi militer Jepang di Bandung, dia mengganti pakaiannya dengan sarung dan peci, melumuri tubuhnya dengan lumpur agar kulitnya terlihat lebih gelap, dan menambahkan “Rahmat” di awal namanya: Rahmat Shigeru Ono.

Shigeru Ono when was young

Shigeru Ono when was young

Sempat melatih pemuda Indonesia, Ono kemudian menyingkir ke Yogyakarta. Dia menjalankan tugas penting dari Markas Besar Tentara untuk membuat buku rangkuman tentang taktik perang dan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Atas perintah Kolonel Zulkifli Lubis, petinggi militer Indonesia yang kelak menjadi pejabat KSAD, Ono juga menyusun buku tentang taktik khusus perang gerilya.

Selain itu, bersama eks tentara Jepang dan pejuang Indonesia, Ono bergerilya dari satu tempat ke tempat lain. Salah satunya, menyerang markas KNIL di Mojokerto pada Juni 1947.

Pasca Perjanjian Renville, ada kesepakatan untuk menangkapi semua eks tentara Jepang yang masih di Indonesia. “Pada Juli 1948, untuk menghindari penangkapan, serdadu Jepang berkumpul di Wlingi, Blitar, Jawa Timur untuk membuat satu pasukan. Yang tercecer dikumpulkan,” tulis Wenri Wanhar dalam Jejak Intel Jepang: Kisah Pembelotan Tomegoro Yoshizumi.

Ke-28 eks tentara Jepang yang hadir itu lalu membentuk Pasukan Gerilya Istimewa (PGI) pada 24 Juli 1948. Arif Tomegoro Yoshizumi jadi komandan dan Ichiki Tatsuo wakilnya. Wilayah operasi mereka di Dampit, Malang Selatan, dan Wlingi, Blitar. Ono bertugas di Dampit. (Baca: Tomegoro Yoshizumi, Intel Negeri Sakura dan Ichiki Tatsuo, Kekecewaan Seorang Jepang).

Shigeru Ono

Shigeru Ono

Pertempuran pertama PGI adalah ketika menyerang pos tentara Belanda di Pajaran, Malang, semasa gencatan senjata. Aksi mereka berisiko mencoreng nama Indonesia di dunia internasional, namun PGI beralasan Belanda lebih sering melanggar perjanjian.

Sepeninggal Tomegoro Yoshizumi dan Ichiki Tatsuo yang gugur dalam pertempuran, PGI bergabung dalam kesatuan militer formal dan mengubah namanya menjadi Pasukan Untung Suropati 18.
Usai pengakuan kedaulatan pada akhir 1949, Ono menetap di Batu, Malang, Jawa Timur. Dia mengisi hari-harinya dengan bercocok tanam. Pada Juli 1950, Ono menikah dengan Darkasih dan dikaruniai lima anak.

“Dia dijodohkan Sukardi, orang Jepang juga, kawan papi,” ujar Erlik Ono, putri kelima Ono, kepada Historia. Sukardi bernama Jepang Sugiyama.

Ono pernah bekerja sebagai salesman lampu, pegawai perusahaan peternakan di Jakarta, dan perusahaan eksportir rotan di Kalimantan. Setelah pensiun pada 1995, dia kembali ke Batu dan mengisi waktu dengan bertani, menerima wartawan, serta mengunjungi keluarga atau kenalan yang sakit. (Historia.co.id).

  50 Responses to “Mengenang Pejuang Shigeru Ono”

  1. Pertamax???

  2. siang. . .

  3. ApSen 4

  4. Selamat Jalan Bung Shigeru Ono. We always remember you.
    Arigato Gozaimastha…..

  5. Seandainya ada sineas indonesia menjadikan kisah ini film

  6. Selamat jalan Samurai..

  7. Selamat jalan pahlawan,semoga jasa jasa mu pada negeri ini menjadi amal dan diterima tuhan yme….

  8. salam hormat untuk anda bapak Rahmat Shigeru Ono
    Subete no anata no sabisu o arigatogozaimashita

  9. ping..!!

  10. hhmmm
    kalo sudanco supriadi si samurai x ada ceritanya ngga bung diego

  11. Terima kasih bung admin saya baru tahu kalo ada seorang jepang yg turut membantu perjuangan RI salut deh ga nyangka aja sama halnya ada seorang belanda yg membelot ke ri yakni Mr Dowesdekeer. Ternyata perjuangan rakyat indonesia penuh liku liku ga semudah yg di bayangkan saya makin bisa menghargai jasa jasa mereka terima kasih kami haturkan

    • Betuk bung nyoto, ternyata banyak sekali orang-orang yg sering kita sebut sebagai “bukan orang Indonesia” yang turut membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia secara langsung ataupun tidak langsung bahkan sampai kehilangan nyawanya.
      Saya jadi teringat cerita prajurit-prajurit gurkha yang bersimpati dengan perjuangan tentara gerilya Indonesia krn merasa salut dan hormat terhadap tekad sesama orang Asia yang ingin merdeka. Kesatuan gurkha ini sedikit2 melonggarkan penjagaan. blokade dan bahkan membantu logistik pada pasukan gerilya.
      Lalu teringat juga pemogokan bule2 Australia kaum buruh di pelabuhan yg menolak membongkar logistik kapal2 Belanda/ Sekutu yang akan menyerbu ke Indonesia sebagai dukungan mereka terhadap perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan.
      Semoga jasa2 mereka dibalas setimpal oleh semesta raya.

  12. seandainya sekutu tak mengalahkan jepang apa ia akan bergabung dengan para pejuang kita? seandainya pada waktu itu jepang kembali mengalahkan sekutu dan kembali menjajah indonesia kira2 ia ada diposisi mana? tapi biar bagaimana pun saya berterima kasih kepada beliau karna pada akhirnya ia sadar dan memilih berjuang dgn rakyat indonesia dan menetap hingga akhir hayatnya dinegri ini. terkadang perlu suatu kejadian untuk mengingatkan kita

  13. sambil nyimak absen dulu

  14. Thanks for your service to our country..Ono San

  15. Selamat jalan pahlawanku, kami akan selalu mengenangmu mengisi kemerdekaan dengan berkarya untuk ibu pertiwi, seorang naturalisasi yang mencintai negara keduanya…harusnya kita orang indonesia bisa lebih dari itu bakti pada nusa bangsa…

  16. secara personal saya salut dan menghormati pengorbanan beliau, tetapi tidak secara politik kenegaraan. Penjajahan bangsa Jepang telah mengorbankan harta, jiwa dan kehormatan bangsa Indonesia yang tidak dapat ditebus dengan apapun.

  17. Turut berduka cita …

  18. Buat biografinya dong. Yg ebook jual di google playstore

  19. Maaf agan2 semua hanya sekedar mengingatkan bahwa penjajahan jepang di asia sangatlah kejam mereka jauh lebih kejam dr pd belanda dan serdadu mereka doyan memperkosa wanita negara yg dijajahnya!! Bukankah wanita indonesia jg banyak yg diperkosa era penjajahan jepang!! Dan ingat penjajahan jepang di nanking china hampir habis perawan disana!! Cukup adilkah kiranya kita menganggap dia sebagai pahlawan kita apabila dibandingkan dg kekejaman jepang semasa penjajahan!!

  20. Selamat jalan bung, jasa-jasamu akan kami ingat dan kami wariskan ke anak cucu. Semoga bangsa Indonesia tetap satu demi kejayaan nusantara, tdk mudah dipecah oleh asing yg ingin melanggengkan penjajahan di bumi pertiwi ini, aamiin.

  21. Jangan lihat dia keturunan siapa. Tapi lihat lah apa yg tlah diperjuangkan utk rakyat indonesia. Dia membelot bkn tanpa resiko,resiko teringan adalah kehilangan hak dia sbg tentara seperti gaji,pensiun,tunjangan dll. Blm lg keluarganya jg kehilangan
    Setiap Perang pasti melahirkan luka, karena Saat Perang terlihat lah jiwa binatang nya. Perang adalah jalan keluar terakhir setelah mediasi & negosiasi gagal

  22. Slamat siang semua.Klo kita perhatikan,banyak sekali orang asing yg ingin tinggal&wafat disini.Bagi mreka yg sdh mlanglang buana,tdk ada negri seindah& sebaik indonesia.Dalam Al-quran juga trtulis negri yg diberi rahmat( hujan) sepanjang thn.Negri yg diatasnya ditumbuhkan berbagai tanaman,dibawahnya disediakan bahan2 utk makhluk hdp&dialirkan sungai2 yg tdk prnah kering.Adakah kita brsyukur menikmati srta mnjaganya? InsysaAllah.

  23. Slamat jalan,, trimakasi atas pengabdian dan dedikasi buat negara ke dua anda INDONESIA

  24. Meskipun kita dilukai oleh bangsa jepang kita jgn pernah lupa pengorbananya.sebab tdk semua orang buruk dan ada beberapa dari mereka yg tergerak hatinya untuk indonesia.

  25. Kok banyak amir ya yang kena penyakit jiwa. Apa maju pileg kagak jadi 😆 😆 😆 . Hadeuh tepok apaan yah yang enak

  26. Terima kasih bung Ono atas jasa dan persembahan atas NKRI. Selamat jalan semoga menjadikan seorang Roji’un dalam menuju Kehadirat Illahi. amin.

  27. “Selamat jalan sensei Rahmat Shigeru ono”
    Jgn dilihat dari mana dia datang,tapi lihatlah apa yang dia sudah berikan untuk negeri ini.

  28. selamat jalan pahlawanku.kami bangga pdmu

  29. iya lupa yah. bung BIN2xBLACKCODE apa pak rahmat ono kakek anda perasaan kalo ngga keliru dari Hokkaido. Muslim kah. kalo iya. Innalillahi wainna ilaihi roji’un

  30. Selamat jalan pejuang sejati namamu akan selalu kami kenang.

  31. jadi ingat film ronin

  32. Usul nama buat salah satu kcr kita KRI sigheru ono, untuk keberanian sang samurai

  33. Selamat jalan pahlawan yang hilang’pengabdianmu akan kami kenang .

  34. sangat jelas beliau pahlawan terlepas dr bangsa mana asalnya dan kelakuan negaranya,namun peribadi beliau merupakan sosok prajurit sejati.dan beliau berani berkorban membela bangsa indonesia. dibanding saya yg belum dpt memberikan pengorbanan kpd bangsa indonesia sebagai tanah lahir ssya.

  35. Adakah yg tahu informasi tentang laksamana Soichio Maru,beliau juga salah seorang perwira jepang yg ikut berjuang bersama RI.

  36. kapan hari semobil dengan Ibu Erlik Ono, rekan kerja di instansi kami, iseng saya tanya..bu, bisakah ibu bahasa Jepang..? jawab bu Erlik “Wah Kalau saya babar blas gak iso, 🙂 .”
    terus pas saya tanya perihal famili dari Jepang, bu Erlik menjawab pernah sekali keponakan2nya dari Jepang datang ke rumah di Batu..belaiu muslim..
    Innalillahi wainaillaihi rojiun …
    semoga arwah beliau diterima di sisi Allah SWT…

  37. Innalillahi wainaillaihi rojiun Selamat jalan pahlawan, jasamu membantu negri ini semoga diterima Alloh SWT, amin

  38. Inn’alill’ahi wa’inaillaihi rojiun selamat jalan Pahlawan Shigeru ono, semoga anak cu’ tidak melupakan jasa perjuangan pahlawan bangsa.

  39. Semoga amal ibadahnya diterima Alloh SWT, dan ditempatkan disisiNYA……… Amiiin

 Leave a Reply