Aug 072017
 

ilustrasi : Kapal siap angkut kebutuhan masyarakat (RRI.co.id)

Cilacap –  Kapal perintis yang menyusuri perairan Selatan Pulau Jawa dari Sukabumi di Jawa Barat sampai Banyuwangi di Jawa Timur akan dioperasikan Kementerian Perhubungan .

“Kalau jalur laut, mungkin angkutan perintis bisa kita laksanakan mulai tahun depan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sesudah selesai meninjau terminal bus tipe A dan Pelabuhan Tanjung Intan pada Minggu 6-8-2017 di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Budi Karya Sumadi menyambut baik harapan 11 orang Bupati yang mempunyai wilayah di pesisir pantai Selatan Jawa untuk menghidupkan jalur laut guna memperlancar arus barang.

Budi Karya Sumadi mengatakan distribusi logistik di Selatan Pulau Jawa terkendala akses sebab tidak ada pelabuhan besar, kendati ada Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap yang besar tetapi masih sebatas untuk angkutan minyak dan Batubara.

“Yang namanya logistik itu harus menggunakan kapal. Kalau menggunakan darat atau kereta api itu tidak lazim,” ujar Menteri Perhubungan  menegaskan.

Jika ada angkutan laut, maka produk-produk dari Jawa bagian Selatan bisa langsung dikirim ke luar daerah sehingga tidak perlu lagi diangkut dulu ke Jawa bagian Utara dengan angkutan darat, ujar Menteri Perhubungan.

Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan membangun pelabuhan untuk menjadi pelabuhan pengumpul di Selatan Jawa.

“Kita mau membuat koneksitas antar kabupaten di Selatan Pulau Jawa,” ujar Budi Karya Sumadi menegaskan.

Budi Karya Sumadi berharap para Bupati berkoordinasi untuk menentukan barang-barang yang akan dikirimkan ke daerah lain apabila jalur laut perintis Selatan Jawa itu beroperasi nantinya.

Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto mengatakan 11 Bupati di Jawa bagian Selatan akan segera bertemu dengan Menhub untuk membicarakan jalur laut itu.

Tatto Suwarto optimistis Cilacap akan menjadi pusat industri nasional sebab mempunyai pelabuhan alam terbesar di Jawa bagian Selatan jika pemerintah pusat membantu membuka jalur angkutan barang di Selatan Jawa.

Selain jalur laut, Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah juga akan membangun tol untuk memperlancar akses di Selatan Jawa. Jalur tol akan dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tahun 2018, mulai Tasikmalaya, Cilacap, Purwokerto hingga Yogyakarta akan mulai di bangun tol. Dirilis Antara 6 Agustus 2017.

  4 Responses to “Menghidupkan Kapal Perintis di Perairan Selatan Jawa”

  1. tes

  2. ehh salah bukan istilah itu tapi menurut saya tuh… : “the special one”

  3. gelombang lautnya dan muka pantainya banyak yg terbuka kelaut lepas menjadikan dermaga minim utk berlindung dr hantaman ombak

  4. Lautnya ganas bro ga takut tengkurep kapalnya…

 Leave a Reply