Mar 082014
 

(U-212A Project)

Ya…judul di atas agak janggal, kita ambil dari press realese Dispenarmatim dalam berita berkaitan Komando Armada RI Kawasan Timur yang akan menggelar kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL dalam waktu dekat di dermaga Koarmatim Ujung Surabaya. Berikut petikan beritanya:

” Kemudian kapal perang jenis korvet,frigate,destroyer vanspeilk kapal patroli cepat (Fast Patrol Boat) buatan PT PAL Indonesia, Kapal Cepat Rudal dan Kapal Cepat Torpedo (KCT),kapal Penyapu Ranjau,dan Buru Ranjau (BR),kapal bantu,Kapal Selam Kelas Kilo buatan Jerman dan berbagai macam kapal perang lainnya  “

Semua formiler tahu Kapal selam jenis Kilo adalah buatan Rusia dan menimbulkan pertanyaan kapal selam yang mana yang dimaksud oleh Dispenarmatim, yang jelas-jelas tahu akan seluk beluk alutsista yang dipakai, karena mereka adalah usernya.

Kapal Selam Kilo Indonesia
Dalam release resmi terakhir pengadaan kapal selam jenis killo masih dalam tahap peninjauan team TNI AL ke pangkalan  Northen Fleet Rusia pada february lalu dan belum diputuskan akan
mengambil berapa buah kapal selam killo dari yang dihibahkan. Sehingga bila menganut statemen resmi dari pemerintah maka KS Kilo belum berenang di wilayah kedaulatan kita dan belum menjadi alutsista TNI AL.

Sedangkan bila  menurut analisa dan rumor yang berkembang di forum militer bahwa KS kilo sudah beroperasi dan sudah lama menjadi Arsenal TNI AL. Ada yang menyimpulkan TNI AL sudah mempunyai 2 unit KS Killo bekas dan 2 unit KS Improve Killo 936 yang terakhir datang pada tahun 2013 tetapi Informasinya dirahasiakan. Bila memang Informasinya dirahasiakan keberadaannya, kenapa KS Killo akan ditampilkan dalam gelar alutsista TNI AL?.

Kapal selam kelas Kilo buatan Jerman (disingkat menjadi KSK2BJ)
Yang menarik adalah mengulas kapal selam jenis ini. Bila informasi ini merupakan jenis informasi background dari pemerintah maka kita hanya bisa menganalisanya. Analisanya adalah yang dimaksud oleh Dispenarmatim itu, KS setara Killo buatan Jerman. Jenis KS buatan Jerman yang setara dengan KS Kilo adalah KS type U 212/U 214.

Kapal selam U212 adalah pengembangan dari kapal selam U209 yang ber AIP. Kapal selam baru buatan Jerman U-212 A ini hampir tidak bersuara. Juga hampir tidak memancarkan radiasi panas dan sepenuhnya terbuat dari logam non magnetik. U-212 A merupakan kapal selam tercanggih di dunia karena menggunakan sel bahan bakar hidrogen yang dikembangkan oleh galangan kapal angkatan laut Jerman Howaldtswerke Deutsche Werft, yang mengklaim itu menjadi “puncak teknologi kapal selam Jerman.”

Kapal super-stealth ini adalah yang pertama dari jenis yang akan diaktifkan oleh sel bahan bakar hidrogen revolusioner yang memungkinkan itu pelayaran tanpa kebisingan atau knalpot panas. Desain struktur sirip kemudi belakang yang berbentuk silang atau huruf “X”, mampu menyelam di perairan dangkal, bahkan hingga kedalaman hanya 15 m! Cocok sekali buat peran “sea denial” ALKI dengan kedalaman laut dangkal. Lambung atau hull menggunakan non magnetic steel, dilengkapi dengan anechoic tiles atau pelapis penyerap gelombang akustik.

Menurut Bernd Arjes, seorang kapten di Angkatan Laut Jerman. ”Kami beroperasi di perairan pesisir sekitar Eropa dan kapal selam ini dirancang khusus untuk menemukan kapal selam. Jika Anda ingin menemukan kapal selam lain tentu saja anda harus tak bersuara,” katanya. Dengan teknologi terbaru, ia menambahkan, “Kapal selam ini hampir tidak terdeteksi”. U-212 A tidak seperti kapal selam konvensional, yang perlu udara untuk membakar solar, fuel cell tidak memerlukan oksigen untuk beroperasi. Ini berarti dapat tetap terendam selama berminggu-minggu – menahan napas berkali-kali lebih lama dari sepupu kapal selam yang menenggak solar.Sebagai kapal selam pemukul kapal selam dipersenjatai 12 torpedo kelas berat yang dipandu, masing-masing mampu menghancurkan sebuah kapal perang atau menonaktifkan sebuah kapal induk.

Setelah Angkatan Laut Italia memesan 2 unit KS U 212 A versi ekspor selanjutnya diberi nama type U 214 yang diekspor ke beberapa negara diantaranya Yunani, Korea selatan,Turki dan Portugal.

KS U214 Yunani
Kontrak pertama ketika HDW memenangkan tender pembuatan tiga kapal selam diesel kelas U214 dan satu option di bawah program Archimedes pada Februari 2000. Kontrak ini merupakan kontrak pertama untuk kelas U214. Kapal selam dilengkapi dengan sistem AIP (Air-Independent Propulsion) membuat sebuah kapal selam diesel mampu beroperasi dibawah permukaan air lebih lama. ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) sebagai induk perusahaan HDW membeli HSY pada Januari 2005, menanamkan investasi yang besar untuk memodernisasi galangan kapal tersebut agar mampu membangun kapal selam modern. Saat ini, HSY menjadi galangan kapal selam konvensional terbesar dan termaju di kawasan Mediterania. Kapal selam pertama dibangun di HDW sedangkan sisanya dibangun di HSY. Konstruksi kapal selam pertama dimulai Februari 2001 dan diluncurkan di Kiel April 2004. Kapal selam pertama diberi nama HS Papanikolis S120, sedangkan kapal ketiga dan selanjutnya diberi nama HS Pipinos S121, HS Matrozos S122, dan HS Katsonis S123.

Pemerintah Yunani menolak menerima kapal selam pertama HS Papanikolis S120 dari HDW pada 2006, dengan alasan ditemukan masalah teknis dan rancangan yang cacat. AL Yunani menemukan kinerja sistem AIP yang buruk, sistem pertempuran ISUS bermasalah, isu sistem hidraulik serta buruknya kemampuan muncul dipermukaan pada high sea. AL Yunani meminta HDW untuk memperbaiki kelemahan tersebut. HDW telah melakukan perbaikan pada HS Papanikos, tetapi kapal selam masih berada di dok di Kiel sejak 2006, menunggu pemerintah Yunani menerimanya. Akan tetapi Yunani tetap tidak menerima meskipun kapal selam telah memenuhi persyaratan bahkan dalam beberapa kasus ada yang melebihi. Sebagai tambahan HS Papanikos telah mendapatkan sertifikasi dari Bundesamt für Wehrtechnik und Beschaffung (BWB). HDW meminta pembayaran HS Papanikos Juli 2007 tetapi Yunani menolak membayarnya.

HDW dan HSY mengadakan beberapa kali pertemuan dengan pemerintah Yunani lebih dari dua tahun tetapi tidak diperoleh penyelesaian. Kedua perusahaan bermaksud mencatatkan masalah ini ke arbitrase internasional.Sementara itu, tiga kapal lainnya dilaporkan telah berada pada tahap akhir penyelesaian. HS Pipinos diluncurkan April 2007, HS Matrozos 2008 dan terakhir HS Katsonis 2008. HS Okeanos S118 merupakan kapal selam pertama yang yang diluncurkan di HSY setelah dimodernisasi di bawah program Neptune II pada 26 Februari 2009.

Sebuah situs pertahanan Yunani memberitakan pada 28 Mei 2009, KASAL Yunani Laksamana George Karamalikis mengatakan AL Yunani akan menerima tiga kapal selam yang dibuat di HSY sedangkan Papanikos tidak akan diterima, sebagai gantinya akan dipesan satu kapal selam baru untuk memenuhi kebutuhan empat unit. HDW diijinkan untuk MENJUAL Papanikos kepada negara lain. Karena alasan sesungguhnya Yunani lagi dilanda resesi ekonomi berat sehingga tidak sanggup membayar pembelian Kapal selam tersebut,

HS Papanikos di HDW, Kiel, Jerman (Foto: evworld.com)

Andai KS kelas Kilo buatan Jerman itu HS Papanikolis S120
Indonesia sebagai negara pengguna KS U209 dan mempunyai hubungan baik dengan pemerintahan Jerman pastinya ditawari Kapal selam U214 yang tidak terbayar milik Yunani tersebut. Kedatangan Presiden SBY ke Jerman pada tahun 2013 menghasilkan beberapa kesepakatan pembelian alutsista.yang diungkap ke publik diantaranya pembelian 103 MBT Tank Leopard dan 50 unit Marder,18 unit Pesawat Latih Grob,pembelian material khusus untuk pasukan khusus dan pemeliharaan baterai kapal selam dan menghasilkan sebuah Memorandum of Understanding (MoU) kegiatan dalam bidang pertahanan. Sedangkan pembelian alutsista strategis lainnya bisa saja tidak diungkap ke publik karena Inodnesia dan Jerman mempunyai MOU perlindungan Informasia.

“Telah ditandatangani MoU tentang perlindungan informasi guna keperluan pengembangan industri pertahanan agar keperluan informasi industri pertahanan dapat dikelola dan dijaga oleh kedua pihak,” ujar Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin dalam keterangannya di Berlin, Jerman, pada hari Selasa tgl 5/3/2013

Bila kontrak pembelian KS U214 eks Yunani tersebut dibuat pada tahun 2013 maka pada tahun ini 2014 adalah saat kedatangan KS setara Kilo buatan Jerman dan ikut gelar alutsista TNI AL. Sebelum dikirim pastinya pihak TNI AL menginginkan perubahan perubahan speck sesuai yang diinginkan, misal penginstalan missile IDAS. IDAS (Interactive Defense and Attack System for Submarines) adalah misil anti pesawat pertama di dunia yang bisa ditembakkan dari bawah permukaan laut. IDAS menjadi salah satu ancaman P8 Poseidon karena jangkauannya cukup jauh, 20 km.

Gelar kekuatan Alutsista TNI AL pada minggu depan adalah ajang pergelaran Alutsista yang sudah dimiliki TNI AL pada periode 2004-2014. Gelar tersebut sebagai bentuk Inspeksi kesiapan Alutsista TNI AL dalam menjaga keutuhan NKRI dan Kita akan menunggu manuver KS kelas Kilo buatan Jerman atau dengan cal sign KSK2BJ

Sebagai rakyat yang cinta akan TNI yang kuat menuju Indonesia jaya tidak akan menolak bila Pemerintah mengambil kebijakan membeli KS U214 eks Yunani mengekor sukses  pembelian Usman Harun Class. – (By Satrio)

  354 Responses to “Mengintip Kapal Selam kelas Kilo buatan Jerman.”

  1. numpang nyimak…
    duduk rapi

    • HHHMMMMMM……….akhirnya wiro sableng akan muncul juga dengan kapak naga geni 212.
      tinggal melancarkan pertahanan dengan PUKULAN MATAHARI..
      dengan strategi PUKULAN KUNYUK MELEMPAR BUAH

      • kali ini anda mempunyai komentar yg pintar non angel eyes, singapura membeli kapal selam 2 “Type 218SG”, yang diproyeksikan akan diserahkan tahun 2020.
        Dengan harga 1 milyar euro.
        Nah gitu dong.

        Menurut saya langkah singapura ini juga krn melihat Indonesia akan mengakusisi improved kilo dan tipe 214 submarine.

        Tapi kombinasi changbogo + improved kilo + tipe 214 class akan lebih unggul

        • ia..ia..ia…mas …saya tak pintar mas gatot….tetapi cuman sy modal bolpen bintik putih mas

          ks U 214…..??……mudah2 han…….xixixi

        • Kalo untuk kilo class 90% pasti.. apalagi sudah ada duluan yang berenang disini. Tapi untuk tipe 212/214 mungkin kita liat lagi nanti karena kalo platform sepertinya TNI lebih suka yang tipe 209 walopun jeroannya bisa setara tipe 218nya singaporn

        • Bung EA, Type 212 itu desain hull-nya baru, sedangkan Type 214 itu desain hull-nya dari Type 209 tetapi sistem di dalamnya mengambil dari type 212, coba deh diperhatikan lebih dekat foto2 di artikel di atas, mulai yang paling mudah yaitu sirip belakang Type 212 berbentuk “x” sedangkan Type 214 masih bersirip “+” sama seperti type 209.
          Kalo nggak salah lho, ya 🙂

    • Ada kemiripan kasus kasel u214 dengan kasus frigate Bung Tomo Class yah yang akhirnya dibeli Indonesia, wah mantap iki bakalan have nice dream (telat nyadar.com) 🙂

  2. Wow Pertamax plus….
    apakah info A1

  3. bung @Satrio, entah mengapa ada formating yang susah diedit. (spasi,line, dll) saya posting saja sambil nyari2 tau bagaimana benerinnya.

    ##test##

    • maaf bung @Satrio, beberapa kali editan tetap saja spasinya ga mau rubah.

      • apakah perlu saya email ulang bung now

        canggihan sergio neh :MRGREEN:

        • bung satrio,,sori sy OOT,,
          sy lihat di kaskus mengenail KRI TNIada gambar mengenai helikopter panther di atas geladak salah satu korvet Sigma..
          apakah itu asli rekayasa atau asli,,??
          mohon tuntaskan agar ini malam bisa tidur nyenyak 😀

          • Wis tidur lah dengan nyenyak ya ,,
            helikopter Pather asli ada di Armatim hari ini

          • Heboh malah dari beberapa tahun yg lalu dengan angka keramat 11 unit yang ditafsirkan akan membeli seasprite bekas .
            dan memang sempat ditawarkan dan mau diakuisisi si emprit tetapi saat itu kemenhan lagi galau karena mahalnya maintenance bisa 7 milyar perbulan/ unit
            walaupun pembelian diikutkan pengadaan Apache.

            Dan alhamdulillah pilihan jatuh ke Tiger dan skuadron 100 penerbal sudah mulai diaktifkan
            IMHO,,wis ndang turu

          • tapi kedatangan heli ini diam2 eh sudah nongol di atas KRI 😀
            salut deh bwt pemerintah sekarang meski ada kekurangannya tp tetap bisa memberikan yang terbaik baik TNI..
            tinggal info kaselnya yang masih belum jelas,,
            sudah berusaha menangkap yg tersirat tp belum bisa melegakan rasa super duper penasaranQ, 😀

      • 😀 saya gaptek bung. Bisa saya posting ulang baru tapi saya khawatir komen warjagers tidak termuat karna ga tau cara mindahinnya, apa bisa langsung atau harus manual

  4. walaupun singkatannya ribet KSK2BJ tapi turut berbahagia aja lah…moga2 bener2 ada penampakannya di gelar alutsista….bersama KS2K2BR…

  5. dua tahun lalu muncul rumor rencana pembelian ks kelas kilo atau setara u-214 sebanyak 10 unit. beberapa bulan ke belakang isu tersebut muncul kembali dalam bahasa yang berbeda (rencana hibah 10 unit ks kilo). jika rumor bremen class mengerucut, kemungkinan pembelian ks u-214 kans-nya akan semakin menguat. seperti juga akuisis leo yang bonus marder, akankah akuisisi ks u-214 4ea berbonus bremen 4 ea juga ? biarlah waktu yang membuktikan kebenarannya.

  6. akhirnya keluar juga artikel mengenai type212 nya Yunani…missil IDAS ini peluncurannya melalui VLS kah ya??

  7. Mbah hanya bisa bilang Eling … Eling …. Sadar atas kemampuan diri sendiri yang masih carut marut ….Jangan terlalu tinggi berkhayal … sakit rasanya ketika bangun nanti … Hehehehe..

    Fokuslah lah memperbaiki infrastruktur pangkalan yang kebanyakan sisa kolonial Belanda itu …pangkalan yang sudah bobrok dan lokasinya sudah tidak cocok lagi sebagai pangkalan TNI-AL …

    Mbah bangga jika cucu Mbah bisa berpikir cerdas dan visioner … seperti cucu-cucu mbah lainnya. Stop-lah berkhayal … mulailah bekerja secara rasional untuk mencapai apa yang dimimpikan itu …

    • hahaha, jelas aja si bowo harus ganti nama, kemarin2 katanya harus siap perang lawan China, sekarang protes klo RI mengincar KS canggih, bowo…bowo…

      lagu lama, dulu protes soal kilo sambil bawa2 nasib guru…

    • Gak penting pangkalannya yg penting isinya.ngapain pangkalan kayak aussie bgs2 cm buat nyimpen KS collins rusak.dari 6 cm ops satu itu pun ngos ngosan.situ kebanyakan ngunyah tembako murahan sih jd oleng ndasnya.koplak!

    • mbah mbah hahah…supaya anda tau setiap kalimat yg diungkapkanbsesepuh warjag yg lain.
      Khususnya cermati kata2 bung satrio.
      Baca uraian di warjag yg tempo dulu…
      Bung satri nulis kayak gitu berarti bung satrio udah tau,laen kale mbah ikut bung sartrio ke jerman,.
      ikut ngrunding fregat teranyar milik jerman yg siap di pinang oleh indonesia,atau ikut ngunding leopard stadium II. Biar gk kejang*
      Supaya anda melek .. 😀

      Colek bung satrio 😀

  8. SATU KATA “A1.COM”…MEMANG SELAMA INI KITA TERLALU MENDEWAKAN KS PRODUK RUSIA. MUNGKIN SELAMA ERA PERANG DINGIN ARMADA KS RUSIA PALING BANYAK DIDUNIA. SEDANGKAN AS KAPAL INDUKNYA YANG PALING BANYAK. NAMUN SEJARAH “PERANG BENERAN” (SIMETRIS) MUNGKIN PRODUK JERMAN YANG PERNAH TERBUKTI “KEAMPUHANNYA”. LIHAT SEJARAH PD II JERMAN DENGAN ARMADA “U-BOAT” NYA. BEGITU DITAKUTI OLEH ARMADA SEKUTU DI ATLANTIK PADA MASANYA.

  9. Pegawai Tinggi tentera Indon pun tak tau Kilo buatan negara mana… Wakakakaaaa

  10. “Sebagai rakyat yang cinta akan TNI yang kuat menuju Indonesia jaya tidak akan menolak bila Pemerintah mengambil kebijakan membeli KS U214 eks Yunani mengekor sukses pembelian Usman Harun Class,” ujar Satrio.
    “Sbgai rakyat Indonesia yg cinta akan TNI perkasa dan gahar menuju Indonesia Jaya, juga tidak akan menolak jika pemerintah mengambil kebijakan dgn membeli KS U214 ditambah 5 unit KS Kilo Rusia, mengekor pula pengambilan Su 35 serta S300,” wedus menambahkan.
    Hahahahaaa… Bung Satrio, mantaaaabbbb…!!!!

  11. Kalau melihat krisis ekonomi jerman dan yunani serta sdh keluarnya modal awal buat bangun KS sangat wajar jerman ingin segera melepas kapal ini.singapork jg pesen nih KS tp mana mau dia terima KS yg sdh di stigma cacat produksi?mereka maunya perfect biar gak kena kick parlemennya.nawarin sekutu usa pd gak punya duit.nah indonesia yg gak terlalu banyak menuntut,lg bangun arsenal dan pasti ada duitnya sdh selayaknya segera di tawari nih KS siap operasional.berharap semoga karena jerman tdk pernah bikin produk gagal.pastinya cespleng kalau kita beli

  12. Analisisnya mantabs bung… semoga itu semua benar adanya.. pagi ini jadi terasa makin nikmat minum kopi sambil ngrokok leyeh2… josgandoss

  13. peristiwa 31 agustus 2012 di perairan ambalat sekali lagi malaysia kebingungan, krn meliahat sebuah benda lonjong yang mengapung dgn sudut kemiringan sekitar 45′ dalam waktu hampir 25 – 30 menit. kapal patroli malaysia hanya mengitari dari kejauhan utk memastikan benda apa itu krn hanya menagpung kelihatan ujungnya saja . ABK KRI yang menyaksikan kejadian itu tertawa melihat ulah malaysia dari posisi bersebrangan.
    dari pemebicaraan antar kapal patroli malaysia yg berhasil disadap slah satu KRI , para ABK malaysia kebingungan memastikan benda apa itu, sebagian dari mrk sebenarnya sdh menduga kalo itu adalah lontong indonesia, tapi mrk g yakin krn lontong indonesia yg pernah dilihat malaysia moncongnya g spt itu. dan ABK malaysia jg heran bgm sebuah ks mampu mengeluarkan moncong selama itu tanpa menyembul kepermukaan. tp yg bikin ABK KRI tertawa adalah dari penyadapan komunikasi itu ada seorang perwira malaysia bilang kalo itu moncong ikan paus.
    bukannya ini salah satu lontong indonesia yg jarang dan hampir g di ketahuai orang banyak?.

  14. kita tunggu pagelarannya…!!!
    @bung angel eyes, trmkh krn sdh tdk mnjd sales you tube lg 🙂

  15. bung @Satrio, jika ada waktu tolong ulas mengapa Singapura dengan wilayah seuprit beli KS medium, pesawat tempur double engine dan belum lama ini juga beli Airbus A330 multi-role tanker transport, sebanyak 6 unit.

    “Singapore has already signed a contract to acquire six A330 multirole tanker transports (MRTT), Airbus Defence & Space has confirmed, the day after its customer announced the selection of the type.”

    http://www.flightglobal.com/news/articles/airbus-confirms-singapore-tanker-deal-signed-396752/

    Dengan kemampuan air refueling jangkauan RSAF bisa sangat jauh. Apa kebutuhannya kecuali offensive? kenapa Indonesia negara besar harus merahasiakan senjata berjangkauan jauh sementara little red dot pamer otot dan jangkauan ?

    btw, mengenai spasi sepertinya adalah karena saya posting artikel, edit dan langsung posting tanpa disimpan dulu di draft. edit setelahnya jadi susah hanya 1-2 revisi yang termuat. (mungkin lho 🙂 saya juga agak gaptek)

    • bung nowy, akhir2 ini dirjen perencanaan pertahanan RI marsdya tni soelistyo mengatakan , Indonesia berencana akan membeli jet tanker dan pesawat AEW@C. Kemenhan sedang menjajaki dua jenis pesawat tsb.

      • Kita sih jelas sangat membutuhkan bung @gue, sementara singapura yang luasnya paling 60×40 km perlu air tanker buat apa? sangat provokatif bagi tetangga-tetangganya. Sama perumpamaannya jika kita punya ICBM 12.000 km

        • gak ada yang perlu dikawatirkan dari singapura bung now
          Mereka sudah lama punya 4 unit pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara KC-135R.
          “Pada tahun 2030, tanker udara KC-135R kita telah akan digantikan dengan tanker Airbus A330 multiperan.
          jadi bukan jenis alutsista baru yang ada penggantian yang lama .

          Sedangkan KS sampai 6 biji mereka bener bener menerapkan Sea denial untuk menjaga rapat zee nya dan mengawal fregatnya dalam operasi penghadangan armada musuh yang akan menyerang.

          • Maaf bung Satrio..bukannya ZEE itu hanya berlaku untuk negara kepulauan?. Kan Singapura bukan negara kepulauan. CMIIW

          • Zona Ekonomi Eklusif adalah zona yang luasnya 200 mil laut dari garis dasar pantai, yang mana dalam zona tersebut sebuah NEGARA PANTAI mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, terbang di atasnya, ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa.

            Pada dasarnya semua teritori pulau bisa menjadi ZEE
            yang tidak mempunyai ZEE adalah negara yg tidak mempunyai pantai.
            IMHO ..maaf kalau salah bisa dikoreksi

        • Kurang kerjaan z nih sing, yg dikhawatirkan tiba2 melakukan pre emptive strike.
          justru pada saat kondisi harmonis,

          Kebijakan ATC mesti diambil alih secepatnya ini.

          • Singapuranya sendiri memang tidak perlu dikhawatirkan, tapi Aus dan US satu paket dgn Sg dalam strategi militer, kita tidak bisa bisa hanya memandang ke satunarah dan melupakan arah yang lain. 3 negara itu berada dalam satu polar

          • hu’um…
            jadi cara pandang kita bukan sing-nya tapi perpaduan fpda-nya ini baik secara letak geografis dan keseluruhan asset alutsista nya..

            Jika dalam tema wacana panco :
            singapore ga bisa dipandang remeh terutama tata letaknya yg dekat dgn ibukota, pola deploy dari selatan berbarengan dari arah thailand dan sing sendiri, jelas diperlukan air tanker.
            dlm pemikiran gue kalo positif adu jotos dgn fpda, negara upil ini lebih baik dilenyapkan tuntas diawal skenario.

            # adanya kogabwilhan memang jawabannya.

        • bung@nyd
          setuju bung, dalam pengadaan alutista seyogyanya kita memperhatikan kanan-kiri sehingga tidak menimbulkan perlombaan “senjata”

          bung@bung Satrio
          berbeda sedikit, justru red dot tersebut yang harus diwaspadai dimasa akan datang, kenapa?reklamasi tanah akan mengikis zee kedaulatn kita , dan tidak mungkin akan terjadi “perbedaan” border dalam zee, tentunya dibalik red dot tersebut terjejer negeri rakus.

          sederhananya negara dengan sekecil itu tapi alutistanya melebihi kapasitas hankam mereka, usa dkk adem ayem,

          coba kalau indo anggaran saja naik sedikit aja udah dipelototin apa lagi naik anggaran yang bisa mencover langsung meef 3 (mudah2an) seperti china , ya mesti para puh tahu lah usa dkk nanti sikapnya gimana

          cuma pendapat
          maaf cucu lancang

    • IMHO- harusnya kita yang mengambil arah tindakan ini. Bulan Pebruari kemarin Singapura mengumumkan anggaran pertahanan yang meningkat (12.5 milyar USD), hanya saja tidak akan bisa dihindari pada beberapa waktu ke depan Indonesia akan segera melewati kemampuan anggaran mereka walau anggaran kita tetap di 1% GDP.

      Menurut saya, bisa jadi ada hubungannya juga dengan perkembangan militer Australia. Mereka berusaha menekan kita dari 2 arah. Dan Kogabwilhan adalah reaksi Indonesia terhadap ancaman sekeliling.

      anyway.. draft posting baru hasilnya rapih, tapi saya ragu mau publish karena khawatir komen ilang. colek bung @Diego.
      Mau coba diganti posting baru yang rapih bung? biar bacanya lebih enak mumpung belum lama posting. Bisa jadi mengganti posting lama atau malah ada dua posting dengan judl sama. i don’t know 🙄

      • Sorry lagi tidak pegang laptop. Sebaiknya tidak usah diposting ulang, karena akan double. Kalau mau masuk ke halaman lama. Delete isi postnya dan paste yg baru. Photo/image diupload ulang dari media library.

        Atau secara manual, masuk ke post…edit..pilih menu txt di kanan atas, bukan html. Dari situ naskah gampang dirapihkan termasuk spasi yg berbeda, atau yg lainnya. Sorry belum sempat masuk ke halaman admin dan. Praktis JKGR dijalankan Bung Nowyoudont seorang. Thanks a lot Bung NYD

        • sama2 bung @Diego. mengenai posting susah edit sudah saya hapus dan muat ulang sbg plain text dan edit ulang, tapi update tampilannya hanya menyertakan sebagian perubahan.

    • Juga kalo berkenan Bung Satrio..untuk merilis update berkala /3 bulan.

      Perbandingan Jumlah dan Kualitas alutsista YU versus FPDA, dibatasi yg pokok2nya z.Misal :
      Udara : Hanya Perbandingan Heavy Fighter, Missile strategis
      Darat : Hanya Perbandingan MBT, Howitzer, MLRS
      Laut : Hanya Perbandingan Fregat-Destro dan KS

      kadang mengetahui progres kesetaraan dgn tetangga bikin NGERI2 SEDAP,
      sudah sampai dimanakah kita..?
      😀

      • @Bung donie
        Insya Allah kalau lagi senggang..
        kadang kalau kumat males atau lagi blank hilang mood
        biasanya menghilang seperti akhri tahun kemarin 😀

    • @nowyoudont,
      coba baca bukunya Tim Huxley : “Defending the Lion City – the Armed Force of Singapore”
      mungkin buku ini bisa dijadikan referensi untuk mengetahui doktrin militer negara Singapura dimana mereka menyadari :
      – Singapore is located in the heart of the Muslim Malay world, yet 78 per cent of its population is ethnically Chinese
      – Singapore relies on outside sources for virtually all its water (70%) and food
      – The prosperous city-state that has no access to the high seas, on which it depends for 85 per cent of its trade, except through its neighbours’ waters.
      – Only twenty kilometers of sea separate Singapore from the nearest Indonesian territory
      – Singapore’s government has met its deffence needs with characteristic determination, building powerful, well-equipped and highly-trained armed forces based on a relatively small professional core and much larger numbers of conscript and reservist citizen soldiers

      buku ini menampilkan penilaian ttg kemampuan dan gambaran strategis akan kebijakan Singapura, menganalisa peran, struktur, pelatihan dan pengaturan logistik dari tiap matra,
      juga menampilkan skenario jika mereka diserang dari Utara (Malaysia) atau dari Selatan (Indonesia) kemana presiden dan kabinet akan diungsikan, termasuk skenario menyerang Malaysia sampai dimana mereka harus berhenti dan menunggu peran PBB.

      buku yang menarik, bahkan di Malaysia sempat heboh di koran-koran setempat sewaktu dahulu pertama kali diterbitkan (2001)

    • salut buat bung satrio, selain ahli dalam taktik bangsa tionghoa, juga ahli dalam analogi perjandaan.
      salut juga buat senior jkgr yang lain, yang tidak pelit berbagi ilmu & pengetahuan, krn ada segelintir orang yang merasa sudah sangat pintar dan tidak mau berbagi dengan junior yang lain.

  16. bung satrio, dulu waktu saya membuat analisa di artikel terdahulu di jkgr (http://jakartagreater.com/perkiraan-kekuatan-kapal-selam-tni-al-10-tahun-mendatang/) dgn analisa sbb:

    Asumsi target minimum mef 12 ks

    1. 2 ks cakra class diperbaiki menyeluruh (overhaul and retrofit), (disini juga diracik dgn bumbu yg sedap klo ada clue soal induk cakra…)
    2. 3 ks improved changbogo class
    3. 2 ks project 877 kilo submarine bekas angkatan laut rusia ( disini ada yg bilang sudah berkeliaran sebagai siluman dasar laut indonesia dan ada yg bilang sesuai rilis resmi kemhan+tni al msh dlm tahap peninjauan dan negoisasi). Disisi lain seperti pernah dikutip klo nggak salah dlm situs rosoboronesport (21c), indonesia mengoperasikan 2 ks latih dan 2 ks operasional dari rusia yg akan diupgrade (nggak tau benar atau tdk krn tdk ada rilis resmi dari kemhan atau tni al).

    Nah yg ini sbg kelanjutannya melengkapi target mef kemungkinan akan diakusisi
    4. 2 ks tipe U214 class. (dari analisa saya kyknya cocok dgn analisa bung satrio soal ks setara kilo buatan german seperti artikel diatas)

    Terakhir yg bisa membuat cetar membahana hi hi hi…
    5. 3 ks amur 1650 class new

    Asumsi tercapai ideal di mef mungkin target 24 ks, maka yg 12 ks tambahan dari produksi dalam negeri sendiri (termasuk pengganti ks cakra class kemungkinan 2020 akan pensiun mjd ks latih bahasa rahasianya begitu).

    Terima kasih

    • Asumsi saya sih dalam MEF I sudah terpenuhi minimum kebutuhan KS 12 unit
      teridiri dari : 2 KS U209 + 3 Changbogo +3 U214 + 2 Kilo second +2 Improve Kilo baru
      (ada satu unit U 209 yg dijadikan KS Latih)

      Di MEF ke 2 baru penambahan sampai jumlah ideal 24 unit.
      2 Amur + 4 U214 + 6 changbogo PT PAL.

      Imho maaf ngelantur

      • 3 ks jerman untuk tutup mulut itu ada hubungan dgn turkey apa nggak?

        • Waduh kurang tau bung….maaf sy bukan ring satu infonya..ring banyak :)).

          Kemungkinan yang 6 biji sudah berenang 4 rusia + 2 jerman….colek bung satrio deh, bener ga asumsi sy?

          meski bekas tp deterrence malay takut aus ditantang.

          Maaf kalo salah….just IMHO

        • Waduh saya bukan yg punya ifo A1 hanya sekedar analisa saja .
          malah bung java ini yg suka keluyuran di PT PAL.

          Asumsi saya 4 ks rusia sudah berenang,sedangkan KSK2BJ baru datang satu berenang ,yang dua biji lagi datang thn 2015 dan terus datang sampai total 6 biji jumlahnya

          Betul kompensasi kasus cbg makanya jerman tidak protes,
          Dan Konon yang 3 eks yunani dikasih discount gede gedean oleh tante merkel,dan diterofit nambahin IDAM

          Ingat kata bung melekteck ausy tidak takut dengan Kilo malah takutnya nya dengan yg buatan Jerman
          hehehehe

        • @Bung satrio….berarti yg satu kena macet di jalan :D. Semoga cpt sampai dg selamat sehingga asumsi 4 rusia + 2 jerman segera terwujud dlm waktu sesingkat-singkatnya.

        • perkiraan awal saya hanya 3 ks 214 yg akan diambil trnyata smpe 6 unit toh..mantap dah klu bgtu bung satrio.

          gimana pengerjaan retrofit bremen bung satrio,apakah berjalan sesuai schedule.?

      • klo masuk mef 1, mungkin pembelian rahasia 3 ks u214 + 2 improved kilo new menggunakan dana on top, tapi dana lagi kosong baru bisa masuk th 2015, dgn asumsi 2 ks kilo second sudah berkeliaran……
        IMHO maaf ngantur juga…..

        • Dg langkah persis pendahulu kita Ir. Soekarno saat era dwikora. Mengundang langsung pihak rusia utk melatih di perairan Indonesia….sambil berlatih sambil patroli sekalian hand over. Mungkiiiiin….namanya jg asumsi. IMHO

          Berarti menunjukkan keadaan yang genting….AL tidak mau kecolongan kehilangan muka dr tetangga yg selonongan membahayakan teritori menginjak2 harga diri TNI AL.

          Makanya sy marah kalo ada yg komen main2…bukan sy sok pinter. Sy pengen yg main2 apalagi yg sudah jd antek utk memecah belah indonesia dan melenahan Indonesia dikarungin aja. Maaf

      • maaf bung java… anda punya info ngak tentang kapal selam mini 22 meter & 15 Meter.. hasil pengembangan litbang tni AL,BPPT & PT. Pal…

        terima kasih…

        • bung@ali
          benar sekali jadi ingat apa tidak sebaiknya indo memperbanyak kapal selam mini seperti dilakukan iran.(cmiiw)

          cuma pendapat
          maaf cucu lancang

        • Tidak punya bung @li oncom…..maaf bung.
          Orang BPPT kayanya bung. Maaf sy profesi cuman pedagang keliling ke kantor2 ato pabrik….harap dimaklumi n anggap angin aja komen saya. Serius sy bukan abdi negara atau pegawai bumn/bumnis

        • yah.. sayang sekali.. bung Java .. padahal jenis kapal selam mini (Midget) adalah sarana yg paling efektif dan senyap untuk pendaratan Marinir dan sabotase…

          .. armada AL amerika paling takut dengan kapal selam ini … terutama milik Korea Utara dan Iran..

          Jepang & Jerman banyak mengoperasikan Kapal selam jenis ini Pada perang dunia II… dan sangat sukses dalam menghancurkan kapal musuh

      • Berita yg beredar tentang kapal selam untuk TNI selalu menjadi kabar yg menarik bagi para pecinta dan pengamat formil baik dalam maupun luar negeri baik itu yg cinta pada kedaulatan NKRI maupun yg tidak suka terhadap kedaulatan NKRI.

        Saya berharap keberadaan alutsista yg masih menjadi rahasia negara tetap dijaga kerahasiaanya, sampai tiba waktunya dan pada waktu yg tepat kita mendapatkan kabar tersebut sudah waktunya di publikasikan oleh pemerintah bahwa kita telah mempunyai alutsista stretategis yg mampu menyeimbang posisi kekuatan TNI untuk menjaga geopolitik keamanan negara tercinta kita ini 😀

        Ada kabar bahwa anggaran militer kita akan terus digenjot hingga semaksimal mungkin, untuk tahun-tahun depan pemerintah telah melakukan rumusan formula untuk meningkatkan sumber-sumber pendapatan negara sehingga akan mendongkrak APBN, Newmont th 2017 akan habis masa kontraknya dan mereka masih belum mau mengikuti UU minerba sehingga pemerintah membuat rencana A, B, C dstnya….. salah satunya yaitu tambang yg selama ini dikelola oleh Newmont akan diambil untuk dikelola oleh BUMN dan bekerja sama dg pihak swasta baik dalam dan luar negeri, Freport thn 2021 jga akan habis masa kontraknya tetapi mereka saat ini sedang mengajukan tawaran penawaran perpanjangan kontrak, membangun smestel yg lebih besar dan juga menaikan pajak yg tadinya hanya 1% menjadi 3,75% dibayar dimuka apabila pemerintah mau memperpanjang kontrak Freport di papua.

        Dana anggaran Alutsista TNI pasti akan medapatkan porsi khusus untuk menjaga kedaultan NKRI

        Marilah kita berdiskusi dg cara yg baik, tanpa mengabaikan pendapat semua penghuni warjag disini baik yg pro maupun yg tidak pro terhadap kemajuan alutsista TNI. Kabar daftar lis belanja alutsista untuk MEF 1,2 & 3 atau kogabwilhan tentu sudah sering kita baca(ARC.web) malah bisa jadi lis tersebut hanyalah rencana belanja minimum yg tentu akan dilipatgandakan pada saat pembelianya, misalkan contoh: kebutuhan kapal selam rencana awal 12 biji, bisa jadi belinya 16 atau 24 biji dg berbagai tipe kapal selam sesuai kebutuhan TNI, di di Rilis dimedia TNI baru membeli 3 kapal selam changbogo dri korsel pada saat bersamaan TNI membeli kapal selam dri negara sahabat ..xxx… Biji yg tentu tidak akan di publis karena ini strategi jitu untuk mengamankan dana agar tidak disabotase beberapaihak tidak pro dg kemajuan TNI. saya yakin pemerintah bisa memenuhi rencana MEF tersebut plus diselipkan beberapa alutsista strategis yg tidak di publis.

        Semoga TNI semakin Jaya

      • Menurut sy koment tercerdas adl tentang STOPnya ribut2 ToT Changbogo yg sempat dipermasalahkan Jerman dan Turki. Sy termasuk orang yg tidak berani terlalu berharap spt Bung Satrio dan Bung2 Warjag yg lain. Orang yg masih menyisakan sedikit kewarasan di kepalanya pasti melihat peristiwa stopnya ribut2 ini secara tiba2 merupakan hal yg aneh. Tapi apakah penyebabnya adl krn spt analisis Bung Java (yg katanya mau jadi silent reader aja, heeheheheh) dan analisis Bung Satrio sy tidak tau, wallahu alam. IMHO.

  17. Apa ada hubungannya dengan video kapal 3nahkoda ragam class..di youtube..sempat terlihat 1 kapal selam di galangan lursen jerman bersamaan 3 nahkoda ragam class yang dibeli tni al..apakah kpal selam 212??..

  18. mohon pencerahannya komparasi 212 vs kilo. Kira kira herder-an mana yaaa?

    • menurut saya yang HERDER itu U 212
      dan kilo itu jenis DOUBERMAN….
      LEBIH HEBAT DOUBERMAN LAH DI BANDINGKAN HERDER

      • Bung angel eyel..
        Kok bisa lebih hardrer U 212 , dan dooberman kilo…bagaimana rincianya .tolong berikan pencerahanya…..
        Spy kami tau,,

        dari spesifikasi senjata,kesenyapqnya ,mohon diulas 😀

        • ehhh profesor cupu….

          HERDER kurang garang ….! jauh lebih garang an DOUBERMAN

          kalau harder tidak berani ngelawan tuannya..
          nah kalau doeberman …..,tuannya bukan di lawan..tetapi di makan…!!!!
          demikian ulasan saya pak profesor..

          • Ayank beb oke lah naik daun bin naik darah..
            Kis dulu ah…
            Muaaaaahhhhh…

            KAlao cbg mengusung klub s 6 th yg akan datang apa masih harder..???

  19. alhamdullilah udah bisa dibuka lagi artikel ini, tadi hilang, jd bingung semua hi hi hi….

  20. test

  21. dapat menembak pesawat dari dlm air dgn jangkauan 20 km.
    wah berabe tuh, ancaman yg nyata buat pesawat anti kapal selam.
    bisa melumpuhkan kapal induk dengan super torpedonya.
    ngeri bgt.
    super siluman,wah mempunyai kemampuan mirip malaikat pecabut nyawa.
    datang tak terlihat, merampas nyawa tanpa bisa di cegah.
    weleh2. . .
    eyang sinto gendeng sampe leletkan lidah

  22. Permisi sepuh2. SR mw nanya.. melenceng dari ks BTW apa kabar ya KCR Siluman kita. mohon penjelasanyya mungkin ada yg tau beritanya…

  23. KS(212-214) yg dari Gr keberadaanya kemungkinan hoax belaka yg ada hanya 209 kimci rasa jeroan meatball ala swedis…yg dibutuhkan dari rusky adalah kilo yg sudah dimodifikasi, buatan rusky(Project 636), kelas Type-209 (Changbogo) dari kimci, Type-209 Gr, dan kelas Scorpene dari Pr,dan tidak semua jenis kapal selam mungkin ideal bagi perairan Indonesia.

    Hanya kelas kelas menengahlah seperti kelas Type-209/1300, kelas Kilo, kelas Agosta, atau kelas Upholder.
    akan tetapi combat system-nya belum maxsimal masih minimal harus setara dengan kapal selam yang dimiliki oleh negara tetangga, atau sedapat mungkin lebih canggih. harus dilengkapi dengan persenjataan yang modern dengan daya hancur tinggi.

    Memang dan pastinya Kehadiran kapal selam tentunya memerlukan sarana pendukung yang sangat memadai. Terutama sarana pangkalan, karena ciri yang khusus dari kapal selam dan berbeda dengan kapal permukaan. Kapal selam sebaiknya memiliki pangkalan yang khusus dengan rancang bangun yang berbeda dengan pangkalan kapal permukaan. Tentunya hal ini akan memerlukan alokasi anggaran yang tidak sedikit.

    Dapat kita bayangkan NKRI dikelilingi KS :

    MALAYSIA

    Scorpene – DCNS Perancis

    Scorpene memiliki keunggulan antara lain; teknologi yang sudah mutakhir, didukung dengan persenjataan yang memadai seperti rudal Sm-38 Exocet (enam peluncur rudal), 21 tabung torpedo untuk meluncurkan torpedo jenis “Black Shark” (Advanced Heavyweight Torpedo) jenis SUT/Surface and Underwater Torpedo. Persenjataan dikendalikan dengan Advanced Combat System (ACS). ACS memungkinkan kendali persenjataan bekerja bersama dengan rangkaian perangkat sensor secara simultan, hal ini berpengaruh terhadap penanganan persenjataan lebih cepat, senyap dan fleksibel. Dengan sistem ini setiap tabung peluncur dapat meluncurkan rudal dengan aman dan senyap di kedalaman laut. Didukung dengan SUBTICS (Submarine Tactical Integrated Combat System).

    SINGAPURA
    Aangkatan Laut Singapura antara lain memiliki kapal selam jenis kelas Challanger (refit eks-kelas Sjöormen Swedia). Dan, kelas Archer (aslinya dari kelas Västergötland, dan akan direfit menjadi kelas standar Södermanland dari Swedia).

    AUSTRALIA
    Memiliki enam unit kapal selam kelas Collins type 471 yang khusus dirancang oleh galangan Swedia Kockums untuk Angkatan Laut Australia. Empat unit diantaranya sudah di upgrade dan selesai pada Maret 2003. Antara lain dengan penyempurnaan pada combat system. Collin class memiliki kapasitas persenjataan hingga 22 rudal jenis Harpoon dan torpedo 533mm.
    RRC

    Memiliki puluhan jenis kapal selam dari kelas Golf, Romeo (Wuhan), Kilo, Song, Han, Xia, Shang, sampai kelas Jin.

    TAIWAN
    Taiwan memiliki dua kelas kapal selam yaitu kapal selam latih kelas Hai Shih (Tench atau GUPPY II), dan kelas Hai Lung (Zwaardvis).

    INDIA
    India memiliki kapal selam kelas Foxtrot, Shishumar (Type 209), Sndhughosh (Kilo), Scorpene, dan Akula. Saat ini India sedang membangun kapal selam modern (Nuclear Powered Ballistic Missile Submarine) yang diharapkan selesai pada tahun 2010.

    JEPANG
    Jepang memiliki armada kapal selam kelas Ko-hyoteki (midget), KD1 sampai KD7, J1, J2, J3, C1, C2, C3, A1, A2, A modifikasi, B1 (seri I-15), B2, B3, Sen Toku (aka I-400), Kaichu, Kaisho, Sen Taka’ (aka I-200), KRS, D1, D2, Sen Ho, Sen Ho Sho, dan LA.
    Untuk Pasukan Bela Diri Maritim memiliki kapal selam kelas Gato, Hayashio, Natshushio, Oshio, Uzushio, Yushio, Harushio, Asashio, Oyashio, dan kelas S?ry? class

    KOREA SELATAN
    Korea Selatan memiliki kapal selam kelas Chang Bogo (Type 209), dan kelas Son Won-il class (Type 214)

    KOREA UTARA
    Korea Utara memiliki kapal selam kelas Romeo, Sang-O, dan Yugo (midget submarine)

    PAKISTAN
    Kapal selam Pakistan diantaranya; kelas Hashmat (Agosta 70), Khalid (Agosta 90B class submarine), dan 3MG110 class.

    Kembali kepada konsekuensi sebagai Negara kepulauan, apakah NKRI kita memerlukan kehadiran kekuatan angkatan laut yang kuat dan disegani..?

  24. artikelnya lucu gan.. izin ngakak ya… wkwkwkw

    lanjutkan mimpi dan hayalannya gan… hihihi

    • di warjag sini ngakak nggak perlu ijin kyk di formil ha ha ha…….. Tapi akhirnya semua pada baca juga khan, trus entar lg muncul dech di blog2 militer ha ha ha……. Itulah kehebatan jkgr dan warjag.

      • iya bener.. bentar lg bakalan di kopas blog blog yg sama gajebonya.. wkwkwkw

        coba kalau ada yg kopas ko formil kaskus… pasti pesta kembang api.. pecae

        • @Juragan formil
          Artikel asli yg di hasilkan dari kaskus itu yg mana ya?
          Dan artikel judulnya apa dri kaskus yg prnh dicopas blog lainnya,,,dsna suka homo homoan ya kan dan saling bata
          Yg dbanggain dri sana apa ya bung

          Anda seperti suporter bola banggain club nya
          Emang gini warga dri sana
          Ckckckck

          • santai aja gan.. saya malah minta klo ada yg berani kopas artikel ini ke formil kaskus…

            bakalan diketawaain.. hehehe peace…

            btw, silahkan dilanjutkan hayalannya bro…

          • Lu jgn sok sokan
            Malu maluin warga kaskus aja
            Mslh Bremen prnh diketawain pd akhirnya bnyk yg dukung disana.
            Gua sering dikaskus kagak kayak lu mentalnya

            Coba tnya tsnya napa kgk mau kekaskus

          • ampun juragan… saya minta maaf ndoro jg saya lancang…

            coba kasih tau kenapa TS nya ga mau ke kasksus? apa karena kalah argumentasi atau apa? hehehee

            trs coba tebak, kenap sumber JKGR kebanyakan di ketawaain di sana …? hehehe

            salah satunya ya ngayal tingkat dewa… heheh peace… udah dulu ya mau ke kaskus…

          • Takut mentalnya seperti lu

          • ah saya mah cuma newbie disana.. newbie aja bisa bilang mau ketawa baca komen n artikel ini.. gimana komentar sesepuh disana ya..

            hehehe peace…

        • ikut tertawa……..xixixixi

        • Ha ha ha bung juragan formil, endingnya akhirnya anda juga gabung dgn anggota warjag disini tho ha ha ha…… Nggak usah malu. Biasanya yg suka jelekin warjag atau jkgr itu krn blognya nggak laku krn pada lari jadi anggota warjag. Dan lama lama akhirnya jatuh hati deh dgn warjag.

          Itu non oke lah atau angel eyes itu jatuh hati banget dgn warjag ha ha ha

        • Sudah neng gak usah ngaku jdi juragan formil
          Da kelihatan kok
          Kalau lu gak berhenti gua telanjangi lgi identitas lu

        • ngeri, rupaya HOMO… masak main telanjangi aja.. mau di tusbol kayaknya neh…

          ora sudi

    • Jangan… usil.. lagian banyak kok yang betah nongkrong disini…

      dan jangan lupa.. semua kemajuan didunia saat ini berawal dari mimpi…

      orang yg ngak punya impian ..orang yg putus asa…

      • memang bener, mimpi bareng bareng rame rame itu seru.. hehehe

        silahkan lanjutkan mimpinya gan… tp jangan lupa bangun dari mimpinya kalau udah pagi ya..

        peace..

      • Siapa yang mimpi bareng ?. Mimpi itu…sama dengan khayalan, imajinasi. Dari mana anda tahu TS berimajinasi, tentu anda komparasikan dengan pengetahuan anda. Saya lihat pengetahuan/ info anda sangat dangkal, sehingga anda menuduh orang lain berkhayal.

        Jangan terlalu yakin dengan info yang anda miliki, kecuali jika anda sudah berbicara langsung dengan yang punya alutsista. Kalau hanya dengar-dengar dari pihak lain, itu masih absurd.

        Saya tidak ingin hebat hebatan, cepat cepatan dan sebagainya. Kita di sini hanya mau berdiskusi dan tukar pikiran.

        Tapi setelah membaca komentar anda. 100 % ANDA tidak tahu sama sekali tentang kekuatan laut Indonesia.

    • Ya ampunnnn juragan formil ,masih makai sebutan gan
      Mental babu belum hilang
      kasihan dri formil yg terjajah

      • Ampun ndoro Merdeka… saya mental babu ini hanya merasa geli dan mau ketawa sama khayalan khayalan tingkat dewa agan-agan yg sudah merdeka di mari…

        ampuni saya ndoro… soalnya saya yg mental babu ini terbiasa mikir realistis.. dan ga mampu menghayal tingkat dewa seperti agan agan semua..

        maka dari itu, ampuni saya ndoro jika saya ngakak ya ndroro…

        • ikutan lagi tertawa………xixixixi

        • Saya mau tanya. bagaimana anda tahu bahwa anda berpikir realistis. Realistis itu artinya berpikir dengan pijakan fakta yang ada. Kalau anda tertawa seperti itu, saya jamin 100 %, anda tidak tahu apa apa tentang KS Indonesia.

          Hidup Cakra Nenggala:D

          • All hail to om The Almighty Diego yang tau 100% KS Indonesia…
            sembah bagi baginda Diego

            salam kecebong

          • Sudah kita cooling down saja. Gini kawan, jangan terlalu cepat menuduh orang berbicara hoax, kalau kita sendiri tidak punya data pasti tentang yang kita tuduhkan itu. Karena saya tahu, TS punya info itu.

            Salam Hangat Juragan Formil

          • Bung juragan formil alias penganut faham no pict = hoax

            Anda bisa mentertawakan analisa seseorang, maka anda pasti memiliki ilmu atau bukti untuk membantah analisa tersebut

            Jika anda hanya minta ijin untuk tertawa lalu tertawa sendiri. saya kepikiran justru anda yang “bermasalah”

            Ra po pok sampeyan?

      • juragan Formil… lagi strees forumnya sepi pengunjung… putus asaa..

        • Iya neh ndoro.. di kaskus diskusinya serius semua.. saya susah ngakak disana… kalau disini saya puas ngakak setiap baca komen komen ngayal tingkat dewa di mari…

          ya lumayan lah gan sebagai lawak lawak dari pada di kaskus serius terus wkwkwkw

          ampun ndoro.. jgn dibata saya.. eh disini ada bata ga ya.. hehehe

          • Terusin

          • di teruskan kemana ndoro? jangan telanjangi saya ndoro, saya bukan homo…

            ampun ndoro.. jangan tusbol saya ndoro…

          • Emang bener susah buat ngakak di kaskus. Ane juga suka maen ke kaskus, tapi tiap abis dari kaskus ane malah tambah sebel sama komen-komennya yg pendek-pendek dan gak mutu. Bagaimana mau ngakak coba.

        • betulll……..lama2 jadi kuburan berhantu …dia kalah saing dengan jkgr……..xixixi

        • Kalau hal-hal yang dibaca sependek nalar memang mudah untuk mengklaim paparan bung satrio. Tapi dari fakta-fakta yang disampaikan media tahun-tahun lalu ini sudah diungkap. Bukan hayalan kalau kemudian ada perubahan dikemudian hari, mengenai deal-deal yang menyangkut indonesia. Termasuk perkuatan militer kita. Tanpa melihat postingan baru waktu lalu mengenai cvn klas elizabeth misalnya, 9 tahun yang lalu pun sudah teraba bahwa ada proyek-proyek yang akhirnya harus ditawarkan inggris kepada negara lain. juga diantaranya pensisihan armada typhoon tranche 2. Jadi kalau ada istilah “Dewa-dewa”..itu tidak relevan. Penampil paparan-paparan di sini merangkai fakta yang ada, opini dan akhirnya rumor terbaru. Jadi tidak heran jika kemudian hal itu menjadi terealisasi..karena terdapat hal yang memungkinkan pemerintah indonesia terlibat di dalamnya. Demikian Bung Satrio teruskan paparan anda. Saya mendukung.

          • Sy dah mengenal blog ini bbrp tahun, dan selama ini sy sebagai silent reader sj. Dan akhirnya sy mengambil kesimpulan bahwa diskusi di blog ini jauuuuuh lbh konstruktif dr ‘forum sebelah’ yg penuh dengan ALAY MEWEKERS dan orang2 SKEPTIS yang mengaku realistis…

            Salam…

    • Chauvinis sempit….
      Inilah kenapa bangsa ini gampang terpecah belah, gampang di adu domba.
      Mahasiswa tawuran antara mahasiswa. Gara2 bola saja sampai hilang nyawa.
      Memang seharusnya dijajah saja bangsa ini, barulah kalian berasatu.

      MEMALUKAN!!!

      • bung@juntriaji
        setuju bung untuk komen anda (kecuali …seharusnya di jajah..)
        memang bangsa ini mudah sekali menghina,mengeje dan merendahkan….dan lebih mudah lagi…..dipecah belah,

        bung@juragan formil

        ayolah berrdiskusi seandainya forum ini menurut anda sekedar mimpin, maka berikan opini disini yang realistis menurut anda…biar disini bangun..

        saya tunggu opini anda…kalau anda tidak ada opini yang bisa menambahkan wawasan…situ bikin malu formil kaskus.

        “jangan hanya mengkritik tapi berilah sesuatu yang nyata”
        maaf cucu lancang

        • haha itu mah bukan kritik lagi itu namanya ngenye alias menghina. kalau anda2 punya waktu maen deh ke formil kaskus, kebanyakan diskusi disana ngeributin repost,ngeremehin bangsa sendiri, ujung2nya ngebahas homo panjang lebar 🙂

          • itulah kenapa mereka di sebut porn-mil bukan formil 😀

          • Setuju dg bung mr.sas. Ane sering kelayapan cari formil yg enak. Baru benar2 senang formil di JKGR. Formil kaskus sama sekali tidak menambah nasionalisme ke pembacanya, ujung2nya malah tambah sebel.

    • Halo bung juragan Formil ,
      tentunya anda mempunyai anti teori dari teori yang diajukan bung satrio , untuk itu silahkan kemukakan . Bila tidak anda sekedar mempermalukan diri sendiri .

    • Iki id berantaz nyak kalau di kaskus. Shunghuh Therlhalhu

  25. breaking news, pesawat Malaysia hilang, 12 WNI on board

    • pesawatnya jatuh di LCS…

      Jangan Jangan Ada skenario / konspirasi.. yg akan menuduh cina menembak kapal tersebut… lcs bisa semakin memanas… ini bisa dijadikan pemicu peperangan…

      mudah.. mudahan dugaan Saya salah…

      • sy kira murni kecelakaan bung @li. tp kalaupun sabotase tidak akan ditembak jatuh, karena peluncuran SAM munhkin akan terlacak oleh pihak2 lain. LCS ini wilayah “padat perhatian”

        • ooo.. bgitu bung now… tapi sampai sekarang pihak malaisia airlines belum bisa memberikan penjelasan tentang jatuhnya pesawat tersebut.. pihak keluarga korban yg minta penjelasan ttg nasib keluarganya tidak di layani / ditemui.. karena tidak ada perwakilan dari malaysia airlines, itu saya lihat diberita tv sore ini…(tvri jm 7mlm)

          mereka yg protes adalah keluarga korban dari warga negara china..

          makasi ya penjelasannya…

          • di culik UFO kali yah…?

          • cuma pendapat pribadi saja bung @li. Pesawat baru 2 jam take off ketika hilang hubungan, masih di perairan Malaysia. Dan China tidak butuh cara semacam itu untuk menantang perang masih banyak cara lain. Baru2 ini saja mereka menerapkan larangan mencari ikan di LCS 😀 belum lagi rencana penerapan ADIZ di LCS yang bisa tambah panas suasana

    • mungkin rudal dari garut overshoot gan 🙂

  26. # Oot dari bahasan nih..

    * Pre -emptive strike *

    kita sering mendengar istilah ini, tapi batasan tindakan seperti APA sudah masuk kategori Pre-emptive strike ini, sehingga tanpa harus mikir panjang, Komandan Operasi militer terkait bisa memutuskan untuk merespon aksi pre-emptive negara Musang ??

    # Mohon pencerahannya z sesepuh…

    • A preemptive strike is a military action which is designed to neutralize a potential threat, or to gain a distinct advantage against an enemy. The legality of preemptive strikes is questionable, as they are generally considered offensive actions except in very specific circumstances. For example, a preemptive strike against troops massing near a nation’s border might be considered justified, while a random airstrike on a known enemy might not be legally acceptable. Despite debates over the legality of such actions, many nations throughout history have used preemptive attacks as military tools.

      When a preemptive strike is considered, several things are usually incorporated into the decision. The first is a careful examination of the nature of the threat, with concrete threats like troop buildups or detonations of nuclear devices being considered justifications for preemptive attacks. Analysts also think about the likelihood of an anticipated attack from an enemy, weighing things like public announcements, intelligence information, and historical activities by the enemy.

      Generally, governments are also encouraged to consider alternatives before moving on to a preemptive strike. When weighing the decision to make such a strike, government officials look at other options like diplomacy, sanctions, and other tools. Ideally, an aggressive action should only be undertaken if all other options have been exhausted. Finally, analysts may consider legal and ethical justifications for such a strike, to see if it conforms with the terms of the United Nations Charter.

      http://www.wisegeek.com/what-is-a-preemptive-strike.htm

      pre-emptive strike adalah sebuah sumber hukum internasional yang telah diakui keberadaannya namun masih rancu dalam penafsiran, demikian pula dengan penggunaannya. Karena itu doktrin tersebut masih dapat disalah gunakan oleh pihak yang berkepentingan. Pada masa yang akan datang diharapkan bahwa doktrin tersebut mempunyai kejelasan dan kepastian hukum sehingga dapat digunakan sebaik-baiknya demi keamanan dan perdamaian masyarakat internasional.

      https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=86476

      cuma copas
      semoga benar..

    • bantu jawab :
      pre-emptive strike digunakan untuk melemahkan/menghancurkan kekuatan/instalasi lawan sehingga pasukan penyerang yang maju mengalami kerugian minimal

      target yang biasa dihancurkan :
      barak militer, pangkalan udara, pertahanan udara, flotilla, pembangkit listrik, jembatan, jalur kereta api, akses jalan raya tertentu, gudang amunisi, instalasi komunikasi,dll

      jika suatu negara menggunakan pre-emptive strike terhadap negara lain maka sudah dipastikan :
      1.negara musuh tidak mempunyai kekuatan counter strike yang besar (atau sudah dapat dihancurkan dlm sekali serangan)
      2.lainnya : tidak mempunyai kemampuan nubika (nuklir,biologi,kimia) yg masih aktif, mempunyai aliansi yg kuat, masih mempunyai ICBM terutama yang mempunyai nuklir warhead, mempunyai kemampuan scramble fighter yg baik (kebanyakan pre-emptive strike dilakukan melalui udara),dll

      konsep kontemporer yang umum dikenal sekarang yaitu “shock and awe” http://en.wikipedia.org/wiki/Shock_and_awe
      yang digunakan Amerika ketika melakukan invasi ke Iraq (2003)

      sekalipun pre-emptive strike sukses dilaksanakan, mayoritas yang dapat dihancurkun adalah angkatan udara dan angkatan laut, esensi dari peperangan akan kembali kepada angkatan darat dengan asymetric warfare, gerilya dan yang terpenting adalah keberanian setiap prajuritnya-hal yang sudah kenyang dialami oleh tentara Indonesia-dalam melakukan perlawanan….

    • All friends..terimakasih respon nya,
      Btw disini gue ingin sekali mengetahui, sebuah military action dimasukan ke dalam kategori PRE-EMPTIVE sehingga menjadi alasan pula bagi Kita untuk merespon supaya Langkah Pre -emptive tadi gagal total.

      mungkin dalam contoh berikut lebih jelas :
      Sng vs Yu,
      untuk mengurangi kekuatan Yu, jelas Sng memerlukan Pre-emptive kepada Yu, tapi bagi YU alangkah lebih baik jika mengetahui sng sedang melakukan pre-emptive,
      ekstremnya begini Bila perlu, ketika sng mau bombardir Jakarta, pilot2 sing baru bangun pun udah dihabisi oleh pasus.
      Hanya masalahnya ada sangkut paut dgn hukum international, apa betul Pilot2 sng baru bangun ini bisa dijadikan BUKTI HUKUM..??

      atau YU menunggu semua pilot2 SNG sudah melakukan foxtree dan menyebabkan kerusakan dikota riau , batam ataujakarta, baru YU melakukan respon, tentu ada kenaifan disitu.

      @ colek bung Nowyou, Satrio Suroboyo, Diego, dan sesepuh lainnya.
      kesuwun sebelumnya

      • IMO- untuk mencegah kemampuan preemptive strike lawan adalah dengan mempunyai kemampuan lebih besar, obviously :mrgreen: demikian besarnya hingga lwan akan berpikir ulang karena. cara seperti ini dilakukan oleh China yang secara teknologi dan kemampuan masih dibawah blok barat, mereka memproduksi rudal balistik dalam jumlah besar da tersebar hingga ancaman tidak akan bisa dihilangkan oleh kemampuan preemptive strike. Russia juga menghidupkan kembali rail based strategic misile yang mobile dan susah dilacak untuk bisa dieliminasi oleh serangan preemptive.

        Untuk Indonesia, IMHO- bisa dimulai dengan (lagi lagi) kemampuan pertahanan yang mumpuni. minimal untuk objek2 vital dan strategis. bentuknya yang mendasar adalah kemampuan pertahanan udara, rudal anti kapal permukaan dan kemampuan ASW. Sementara usulan saya sebelumnya adalah menerapkan squadron tempur mini dengan jumlah 8-12 pesawat per squadron namun banyak jumlah dan lokasinya. Hal seperti ini akan lebih menyulitkan upaya serangan preemptive karena target lebih banyak dan tersebar hingga jika 1-2 down yang lain ada waktu untuk bereaksi membalas

        Singapura adalah bagai satu sayap dari pasukan besar militer asing. Mereka sadar pada akhirnya -setelah lama superior dalan kekuatan militer- mereka akan segera tersusul oleh Indonesia atau bahkan Malaysia di masa depan, dan itu sangat menakutkan bagi mereka. keterbatasan mereka ditutupi dengan berlindung dibawah kekuatan US. Penempatan Marinir di Setokok juga langkah maju bagi TNI, menurut saya itu ditujukan bagi Singapura dan pangkalan militer US, sama seperti rencana pembangunan kekuatan militer di Papua yang menyikap Australia (dan lagi-lagi US). Sementara di Natuna adalah ditujukan bagi theatre yang lebih luas yang mencakup Sg, Malaysia juga dan LCS (Vietnam, China)

        • trims bung nowyou…

          dlm pemikiran gue, kontrol ruang udara sekitar sing (ruang udara nkri tentunya), harus secepatnya bisa kita ambil alih, sekalipun harus membangun infrastruktur ATC yg setara, demikian pula dgn pelabuhan kapal2 dagang sedikit demi sedikit mesti nkri yg menjadi regulator nya.

          yups…alutsista setokok yg akan pertama kali menyalak jika sing mulai NGACO, tapi indikasi ngaco nya ini yg menjadi pertanyaan, akan berbentuk seperti apa..?? (ini lebih tepatnya mungkin prediksi dini ya )

          analogi cara berfikir gue dlm hal ini kira2 seperti Bruce Lee menghadapi lawan2nya, “bergerak belakangan tapi memukul lebih cepat “

          • ikut nimbrung dong..he
            disamping pemaparan bung diego dan bung donnie,ada satu lagi keunggulan negri kita,kita dikaruniai negri kepulauan yang dalam postur militer merupakan kelebihan menyangkut kemampuan preempitive strike, bayangkan saja jika negri ini dikeroyok sekalipun, saya yakin dalam penyerangan skala besar ditenggarai raksasa militer seperti us..maka yang mungkin bisa dilemahkan ga lebih dari 50% kekuatan RI,karna sangat sulit menyerang banyak target dalam satu waktu ditambah sistem penggamanan berlapis (dalam artian pulau terluar adalah lapis pertama) artinya bakalan banyak fighter tumbang sebelum sampai target (diasumsikan penyerangan dilakukan pada bangunan2 vital yang terdapat di pulau jawa). hanya dalam posisi ini riskan untuk serangan militer dari arah selatan..tapi sekalipun arah serangan hadir dari selatan maka kampanye militer yang dilakukan harus sangat besar,karna postur militer di jawa pun cukup kuat untuk menahan serangan.
            mungkin ini kenapa soekarno pernah punya cita2 memindahkan ibukota ke palangkaraya..hehe sekedar analisa kecil2an,maaf sebelumnnya klo bahasanya kurang baik..hehe

            sejatinya kekuatan terbesar sebuah negara adalah semangat persatuan dan nasionalismenya,,coba ingat lagi proses kemerdekaan negri ini,apa kita punya fighter,fregat,korvet,kapal selam atau roket??

            PERSATUAN bukan berarti sebuah ikatan yang dipaksakan melainkan sebuah IDEAL, yang hanya bisa dicapai apabila bangsa ini mampu mewujudkan kesejahteraan umum, kecerdasan bangsa, dan perlindungan bagi segenap bangsa.
            KARNA,
            PERSATUAN bukan realitas empiris melainkan hipotetis yang perlu DIPERJUANGKAN bersama!!

          • eh sory maksudnya bung now sama bung donnie..hehe maaf

          • Silahkan bung Sikorsa…

            gue sendiri lagi nyantri nih sama sesepuh disini..
            Iya betul dan sependapat PERSATUAN lah, senjata utama kita,

            Hardware alutsista boleh garang dan massive, tapi jika tidak ada software persatuan malah menjadikannya neraka bagi republik ini.

            ini juga jadi target pembangunan mental sesepuh disini, umumnya bagi segala lapisan rakyat nkri, Persatuan itu yg paling utama.
            Senjata boleh ngutang jika tidak punya uang, tapi ga ada istilah ngutang persatuan …hehe..

            * in my opinion, tetap saja kualitas dan kuantitas per luas area pertahanan menjadi tolok ukur. *

            NKRI tidak bisa menempatkan militernya sama dgn tetangga, tapi harus lebih besar dan lebih berkualitas, itu baru seimbang.

            * Jika kualitas dan kuantitas termasuk scale MEDIUM dlm militer power, banyaknya pulau2 yg harus dikawal malah menjadi kelemahan.

            Tidak ada pilihan lain TNI harus lebih powerfull dibanding negara2 tetangga sekitarnya, atau setara dgn negara pemegang kawasan lainnya.

            # maaf kalo ngawur

        • Saya setuju Bung NYD,
          serangan pre emptive sangat susah dihindari . Bila musuh menargetkan untuk melumpuhkan 70% kekuatan kita, maka kita harus berpikir 30% sisanya masih mampu melakukan perlawanan atau bahkan membawa perang di daerah musuh . Kelebihan kita dengan luasnya wilayah harus dimanfaatkan dengan penyebaran kekuatan . Memang butuh biaya yang tidak sedikit namun tidak sebesar kehilangan kedaulatan .

          • jadi lebih baik kita yg menyerang daripada bertahan.

            lebih baik lagi kita mulai mengasah kemampuan Pre-emptive itu sendiri daripada mengeluarkan sejumlah budget untuk alutsista dan obvit hanya untuk dijadikan sasaran pre-emptive musang.

            Kombinasi kemampuan telik sandi yg tajam dan pasus mumpuni, jelas dibutuhkan dlm menangkal pre-emptive musang.

      • Menurut saya utk mencegah pre emptive strike, kita hrs mempunyai intellegent yg kuat disamping rudal dan sistim pengendali peringatan dini termasuk juga drone pengintai. Setiap ada gerakan walaupun baru rencana dgn mempunyai intellegent yg kuat, saya yakin pre emptive strike tsb dpt dihindari.

        • hu’um…sependapat, para sandi telik yg tajam dan awas.
          bahkan mampu mengendus perubahan niat para tetangga binaan siberat ini,
          secara terukur

          trims responnya.

      • bung@donnie

        sayang hukum tersebut mandul, oleh kekuatan negara pemegang hak veto.

        maaf cucu lancang

        • ya itulah realitanya..

          tapi maksud gue di atas adalah sebagai HUKUM PERANG z (membela diri), ada alasan terukur untuk melakukan pencegahan atas niat pre-emptive strike

          # trimakasih respon nya.

    • Mencoba menjawab bung donie maaf kalau ngawur analisa nubi..

      Pre emptif strike adalah Aplikasi dari doktrin pre emtif
      Doktrin pre-emptif mengatakan bahwa kita harus menghancurkan musuh di tanah musuh itu sendiri, sebelum musuh itu menjadi kuat dan menyerang kita. Doktrin ini memang bersifat agresif, yaitu menghancurkan pihak lain di tanahnya sendiri, karena dicurigai akan membahayakan kita.
      Amerika Serikat adalah salah satu negara yang menganut doktrin ini,
      Doktrin perang yang pre-emptif sangat membutuhkan operasi intelijen yang sangat akurat, karena jika informasi intelijen yang diperoleh itu keliru dan membuat operasi militer salah sasaran, maka kecaman yang bertubi-tubi akan diterima.
      Jadi, doktrin pre-emptif sifatnya adalah menghacurkan potensi ancaman sebelum ancaman itu sempat terjadi.

      Doktrin preventif mengatakan
      bahwa kita harus menghancurkan musuh dalam perjalanannya menuju wilayah kita.
      Ini berarti sudah ada suatu gerakan yang mengancam yang terjadi dan bukan hanya sekedar potensi. Biasanya musuh dihancurkan melalui serangan udara atau pertempuran di lautan sebelum menyentuh tanah wilayah kita.
      Jika perang terjadi dengan negara yang memiliki perbatasan darat dengan kita, maka musuh dihancurkan di wilayah musuh yang menjadi jalan menuju wilayah kita. Hampir semua negara dengan kekuatan militer yang cukup, memiliki doktrin seperti ini. Jadi, doktrin preventif sifatnya menghancurkan gerakan agresi musuh di perjalanan sebelum mencapai tanah wilayah kita.

      Doktrin defensif
      mengatakan bahwa kita menghancurkan musuh begitu dia memasuki wilayah kita. Ini biasanya dilakukan oleh negara-negara yang tidak memiliki kekuatan militer yang cukup untuk menghadang musuh di perjalanan. Jadi, musuh ditunggu sampai di tanah wilayah kita, baru kita lawan. Doktrin militer defensif ini biasanya juga melibatkan masyarakat sipil dalam peperangan jika diperlukan. Jadi doktrin ini sifatnya mempertahankan diri dari serangan musuh dan tidak ada niat untuk melakukan tindakan agresif ke tanah wilayah orang lain.

      Ok sudah jelas ya definisinya ,,sekarang Indonesia menganut doktrin Defensif Aktif
      Bila ada musuh yang melakukan Pre-Emtife Strike
      yang bisa kita lakukan adalah MENUNGGU Opfor (agresor ) masuk kewilyah teritory kita dan akan kita tindak sesuai prosedur

      Bila dalam kondisi damai
      Jika ada pespur yang membawa persenjataan masuk teritori pasti akan dilock dulu dengan sishanud kita , dan bila tidak menunjukan etikat baik dan mengabaikan peringatan bisa kita tembak jatuh, hal tsb tidak berlaku untuk UAV pengintai,,pasti akan langsung ditembak jatuh tanpa peringatan,
      Demikian Juga dengan Kapal selam yang menyusup bisa langsung dishotdown bila tidak mau menimbulkan diri kepermukaan.,Kapal selam yang melewati teritori negara lain harus meminta ijin dan harus berlayar dipermukaan tidak boleh menyelam.
      Sedangkan kapal perang yang melewati ALKI harus meminta ijin dulu dan harus dalam kondisi green bukan dlm kondisi Red dan tidak boleh menerbangkan pesawat tempur dan heli yang digotong kapal perang tersebut,

      Kewenangan diatas diemban oleh Pangkogabwilhan untuk menindak dulu agresor (licence to kill) sebelum agresor menghancurkan obvit ,tanpa menunggu konfirmasi dari pusat

      Bila Kondisi Perang (maklumat perang disetujui konstitusi)
      kita bisa langsung merubah doktrin dengan memakai doktrin preventif bahkan pre emtife strike

      IMHO

      • Catatan;

        menurut unclos KS harus ‘menimbulkan diri’ dan mengibarkan bendera di laut teritorial suatu negara -12 nm dari pantai,

        Article20
        Submarines and other underwater vehicles
        In the territorial sea, submarines and other underwater vehicles are required to navigate on the surface and to show their flag.

        AS (mungkin juga ada negara2 lain) tidak mengakui/meratifikasi unclos dan konsep archipelagic sea, dan berbuntut pada insiden bawaean, karena menganggap laut jawa teritori RI hanyalah selebar 12 nm dari jawa, kalimantan dsb.

        Article19
        Meaning of innocent passage

        2. Passage of a foreign ship shall be considered to be prejudicial to the peace, good order or security of the coastal State if in the \territorial sea/ it engages in any of the following activities:

        (e) the launching, landing or taking on board of any aircraft;

      • salam Bung Satrio,
        sampai saat ini ada sedikit ganjalan di hati mengenai lika liku kekuasaan Singapore terhadap ruang udara kita di sekitar Batam . Apakah ada hal yang tak terungkap dimasa lalu selain yang diketahui masyarakat pada umumnya ? Sebagai orang awam saya hanya mengerti Indonesia menyerahkan begitu saja ke Singapore . mungkinkah ada harapan untuk kembali merebut kedaulatan ruang udara kita disana ? Terima kasih tanggapannya .

      • @Bung Satrio, Penjelasan yg PULEN bung..!

        wacana pre-emptive dan turunannya, tentu saja akan semakin di asah dan dikembangkan dalam format kogabwilhan ini.
        alhamdulillah bisa memancing penjelasan yg mantep, terutama mengenai handling uav/ucap dan ks yg nyelonong.

        Pertanyaan lanjutan, jangan bosen ya 😀
        1.Jika negara yg berbatasan darat, batasannya adalah patok darat begitu juga ruang udara diatasnya, kalo case yg ini jelas, tapi bagaimana dgn uav/ucav dan ks di wilayah laut (zee), apa sudah berhak di shutdown ?

        2. Katakanlah ada kasus Sing diasumsikan meluncurkan missile jelajah ke jakarta (menurut inteligence dan pembuktian tangkapan radar), yg jadi pertanyaannya :
        sekian detik dari peluncuran missile, selain respon penangkalan, apakah kogabwilhan terdekat bisa langsung melakukan bombardemen massive negara upil ini ??
        atau hanya melakukan penangkalan (intersept missile jelajah sing ).

        # kesuwun…

        • Mau nanggapin bung 2 D dulu biar gak salah persepsi
          @Bung donie
          1.Yang jelas kalau UAV sudah agresi (masuk teritory kita) bisa dihutdown.
          nah batas zee ini bagi negara yang tidak meratifikasi Unclos masih jadi perdebatan akan batas batas teritori

          2.Kalau Sing melakukan tindakan itu Kogabwilhan berhak menshote down ancaman rudal tersebut,tanpa menunggu konfirmasi pusat
          Kalau menyerang balik bombardir dlsb itu tidak boleh,

          @bung Danu
          Bener Amerika tidak meratifikasi Unclos sehingga terjadi peristiwa bawean
          amerika ngotot berada dilautan internasional dan menerbangkan pesawatnya,dari kapal induknya
          Kalau sekarang mereka lebih menghormati Indonesia dan setiap lewat ALKI mereka mematuhi peraturan Unclos,
          Menunggu maklumat perang dan perintah dari pusat,

          @Bung Awan
          Salam kenal balik
          kalau yang anda maksutkan kendali lalulintas udara dipegang oleh singapura adalah FIR (flight information region) itu memang akan direbut kembali oleh Indonesia dengan peningkatan modernisasi sisitim ATC (air trafic control) di bandara bandara Indonesia agar di percaya memegang FIR oleh FAA (federal aviation adminitration)

          kebijakan menyerahkan FIR ke singapura didasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 1996 tentang Ratifikasi Perjanjian FIR (flight information region) dengan Singapura.
          Perjanjian ini mengatur sistem navigasi Timur di Indonesia dikuasai Singapura selama 15 tahun

          pakai cmiiw yg banyak dan maaf kalau ngawur

          • Bung Satrio,
            Apa saja plus minus FIR tetap ditangan Singapore atau kembali ke Indonesia ? Bayangan saya yang awam, apabila penguasa FIR tetap Singapore, maka Singapore akan diuntungkan untuk serangan pre emptive karena dapat mengatur scramble pesawat tempur tanpa diketahui Indonesia .

          • plus minus banyak ruginya kekita
            Selain ijin lalu lintas pesawat komersial yg melewati wilayah Fir harus meminta ijin ke otoritas singapura .
            Pesawat militer pun harus meminta ijin walaupun sedang latihan diwilayah udara indonesia,

            gak bener tu makanya harus direbut

          • Wah, kalau seperti itu harus segera diambil alih segera . Paling tidak dengan pengguasaan FIR , kita dapat sedikit tambahan waktu untuk merespon pre emptive strike dari arah Singapore . Terima kasih Bung Satrio pencerahannya.

          • bung satrio dstu trtulis hanya 15 tahun tp kok smpe skrg msh di pegang singapura.?apa perjanjiannya sudah diperbarui.?

  27. Mbah tidak setuju pembelian Kapal selam kecuali Changbogo yang murah meriah.

    Kapal selam kayak gini tidak artinya saat perang dengan china, nanti malah menyusahkan karena selalu di kejar-kejar helicopter anti kapal selam PLAN yang beroperasi dari LHD mereka.
    kapal selam kayak beginian banyak ngumpetnya kalau perang. Lha kalau ngumpet terus kapan perangnya. SANGAT-SANGAT TIDAK EFEKTIF.!!!!!

    Mbah menginginkan nkri segera berkoalisi dengan amerika serikat, pasti dibantu Alutsista canggih untuk menghantam china. Berkoalisi belum tentu bersekutu, karena bila china sudah di gebuk tuntas, maka tugas selesai dan USA wajib angkat kaki dari Papua.

    Tugas armada laut kita saat perang itu terjadi adalah :
    1. Menyingkir sejauh jauhnya ke timur, biarkan PLAN menghantam Malaysia, Australia dan Vietnam terlebih dahulu, biarkan mereka yang berperang kehabisan tenaga,
    2. Jangan pernah mengganggu dan menantang Konvoy PLAN yang menuju selatan, kalau itu dilakukan maka armada kita akan habis dalam hitungan hari.
    3. Tunggu sampai seluruh kekuatan amerika serikat datang dari timur, baru serang secara bersamaan.
    4. Jangan biarkan Warga negara keturunan china kabur dan mengungsi ke luar negeri saat terjadi perang, tutup semua bandar Udara, enak saja dagang disini, cari uang disini giliran perang mengungsi, WAJIB BELA NEGARA. Semua warga negara Khusunya pejabat wajib di dalam negeri dan menunggu sampai perang selesai, Para pejabat jangan enak-enak saja sedangkan TNI sedang bersabung nyawa.
    5. Setelah perang selesai, wajib kita meminta bayaran kepada USA yaitu nasionalisasi freport, dan tambah-tambang mineral milik asing di seluruh pelosok indonesia.

    Bisa diterima ?

    • dMohon.. agar para warjagers tidak menanggapi Komen.. MBah Bowo…!!

    • mbah..
      changbogo itu awal dari pemerintah dalam hal TOT jangan dilihat dari sekarang tapi generasi yang akan datang bisa R&D dan buat lontong…….apalagi dengan bujet minim dan luas lautan nkri yang perlu di isi untuk mengisi kedaulatan dan menutup celah, untuk ‘”urgent” saya yakin pemerintah “mungkin” sudah ada 2 kilo dan akan tambah 10 kilo dari rusky ( hibah ) CMIIW
      lah kalau beli langsung bisa aja yang modern, tapi kan tar ga bisa nutup,
      apa usa dkk mau berbagi TOT, lha wong beli aja kasih embargo ko, apa lagi mau berbagi TOT,
      USA dan Rusky itu pelit TOT jadi yah pintar2nya saja pemerintah mumpung masih jadi pemuda tampan.

      “dimanapun negara mempunyai sejarah “kerajaan” kuat, maka di masa yang akan datang dia akan kembali “berjaya” seperti masa lalu”

      cuma pendapat
      maaf cucu lancang.

    • @ mbah bowo

      anda paling hebat….
      pasukan ini yah bekingan mbah bowo….serem amattttt…..apa rusia dan china berani…?

      http://www.youtube.com/watch?v=T9sDxvsbsnA#aid=P-McNHtnT28

      salut buat mbah bowo….tapi jamu nya jangan lupa di minum yah mbah….xixixi.

    • Mbah, jangan pernah remehin CBG korea, sejarah membuktikan armada kapal kura-kura ( *Geobukseon) 20 unit mampu menahan dan menghancurkan arrmada 100an unit jepang di abad 14,..dan th 2004 CBG meraih penghargaan tertinggi di RIMPAK dengan menggelamkan 10 kapur usa

    • bodo kok dipamerin;

      >Kapal selam kayak gini [U 212] tidak artinya saat perang dengan china, nanti malah menyusahkan karena selalu di kejar-kejar helicopter anti kapal selam PLAN yang beroperasi dari LHD mereka.

      >Mbah tidak setuju pembelian Kapal selam kecuali Changbogo yang murah meriah

      jadi “yang murah meriah” malah tidak “menyusahkan” ?

      untung cuma guru gadungan, gak punya murid,..

      • ada murid tunggal dia mas, ya si juragan formil.

      • betul bung danu
        simbah gak punya pengetahuan militer jadi sok tau

        sekedar tambahan U 212 adalah kapal tersenyap bahkan tidak mengeluarkan udara panas dari pembuangan.
        P8 poseidon akan tdk berguna menghadapi KS ini
        Karna bila untuk mendeteksi kilo P 8 mempunyai teknologinya
        Saat KS harus snorkling guna charge baterai, problem dengan gas buang memang cukup rawan karena bisa diendus oleh sensor IR/hydrocarbon P-8A poseidon yg sangat peka (mampu deteksi konsentrasi senyawa hidrokarbon di udara dalam rentang >= 5000 ppm/square feet).

        jadi U 212 lebih unggul karena memakai teknologi AIP yg tidak bisa diendus P8
        imho

        • gue kira si mbah gadungan ini cukup ngerti bung Satrio…

          justru dgn mengertinya itu dia mencoba membelokan opini peruntukannya, karena dikiranya koment2 dia akan di amini oleh kebanyakan Silent Reader.
          dia juga berasumsi banyak leader nkri yg sesekali memantau warjag ini.
          paling tidak, para pengambil keputusan menangguhkan apa2 yg masih menjadi polemik, itu yg diharapkan si bengal 😀

          orang ini mencoba menimbulkan konflik social dgn menampilkan komen2 kebutuhan dasar grass root untuk merontokan/mengcounter bahwa penguatan militer tidaklah perlu
          .

  28. KASEL Alutsista TNI dari Rusia/Eropa yang penting Teknology/Daya Tempur bagi TNI. KASEL Alutsista TNI dari kelas Ringan hingga Berat.

  29. Kapal selam konvensionil / bukan nuklir, disebut juga kapal selam diesel, mempunyai keterbatasan kinerjanya pada waktu menyelam, karena tergantung pada system propulsi baterenya.

    Teknologi Air Independent Propulsion (AIP) adalah pilihan system propulsi kapal selam ketika menyelam, sehingga mempunyai kecepatan dan jarak tempuh yang lebih besar dibandingkan dengan system konvensionil batere. Jadi AIP adalah bukan fitur siluman (stealth) kapal selam, meskipun ada interaksi antara keduanya. Pada saat ini ada 3 sistem dasar AIP yg sudah diproduksi, yaitu closed cycle steam turbines, Stirling engines, dan fuel cells – dan masing2. selain cukup mahal harganya, juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Namun semuanya masih menggunakan bahan bakar LOX yang bersifat zat mudah terbakar.

    Closed cycle steam turbines, seperti sistem ‘Module d’Energie Sous-Marine Autonome’ (MESMA) Perancis, menawarkan output daya jangka pendek tertinggi dari setiap AIP, tetapi memiliki efisiensi terendah dan konsumsi bahan bakar tertinggi.

    Sirling engines, seperti yang digunakan pada kapal selam kelas Gotland Swedia misalnya, sederhana dan senyap, yang keduanya adalah nilai plus untuk penggunaan kapal selam, tapi relatif besar untuk output dayanya.

    Sel bahan bakar Membran polimer elektrolit (PEM), seperti yang dipasang di Howaldtswerke-Deutsche Werft Kelas 212A yang revolusioner, memiliki potensi terbesar untuk memperpanjang daya tahan menyelam dan produk buangan utamanya adalah air, tetapi dalam bentuknya saat ini, outputnya rendah.

    Sumber utama yg mempengaruhi kesenyapan/ stealth kapal selam adalah noise/sound pressure level sistem propulsi (mesin diesel, pompa, turbin, motor listrik), baling2 kapal, dan suara awak kapal. Dalam hal ini system AIP Sel bahan bakar Membran polimer elektrolit (PEM) adalah yg paling kecil karena mempunyai paling sedikit peralatan yg berputar/ bergerak seperti pompa, dan motor listrik. Selain itu gelombang sonar musuh, seperti pada gelombang radar yang mengenai pesawat siluman, dapat diredam dengan cara melapisi badan kapal selam dengan material penyerap seperti karet.
    Pilihan lain tentunya teknologi system propulsi nuklir. Tapi jangan dikira bahwa kesenyapan kapal selam nuklir itu bagus, karena dia masih memerlukan juga pompa, turbin, motor listrik yang tetap merupakan sumber noise.

    Jadi kapal selam konvensionil diesel, dengan AIP, adalah lawan tangguh kapal selam nuklir terutama di perairan macam ALKI yang banyak selat dan laut internalnya.

  30. kalau alutista dari jerrman saya yakin berkualitas , apa lagi penggunaan alutista buatannya sudah terbukti dalam PD, semoga jerman berkenan memberikan ilmu ( ttot ) dibidang alutista…

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  31. @all,

    sepertinya banyak yang sudah ngejunk,spam dan sejenisnya, saya harap tidak usah di tanggapi kededepannya,
    dan
    bung@diego biarkan saja selama tidak ada komen sara tidak usah di banned,
    anggap aja warna dalam forum.

    cuma saran
    maaf cucu lancang

    • Mudah2 Tambah terus KS canggih nya.
      Si mbah bewo ini tmbah ngawur. Ya udah Kampanye nya jngan disini. klihtan Jurkamnya Presiden Partai Lumpur Lap****do. kwannya USA cs.

  32. Mantap @Bung Antonov setuju pemikiran anda,Apa yg dipikirkan oleh Pemerintah & jajaran TNI udh melalui proses panjang baik diagnosa,pengalaman tempur dan laen sebagainya..Utamanya Saya mndukung apapun keputusan pemerintah dlm membangun militer kita karena Indonesia dikelilingi Negara2 Munafik yg adakalanya bersikaf manis & lembut tp bermuka Badak tnp menghargai serta menghormati kita sebagai Negara Kepulauaan Terbesar yaitu NKRI Harga Mati…

  33. Kapan ya anak cucu mbah bisa kayak gini …..

  34. Tadi saya di tanjung perak, lagi lihat2 persiapannya…
    Ada alutsista2 TNI terbaru…. Lebih bagus nunggu info resmi minggu depan aja, kalau cerita sekarang jadi gak W.A.H…. Hehehehehehehe

    Info terbaru khusus pencinta tank dalam negeri, beberapa hari lalu ada tim pindad dan litbang TNI pota-poto kendaraan lapis baja Marinir di Brigif 1, Sidoarjo…

    Apakah ada kaitannya dengan tank SBS atau kerjasama dengan Turki, nanti saya akan coba tulis di warungnya bung diego ini…

    Salam…

    • wah jadi pnasaran nih 😀 ditunggu beritanya bung @Jalo

      • Siap bung nowy

        • bung jalo ditunggu ulasannya….. Yg pasti soal kejutan soal keberadaan artikel diatas yg ditulis bung satrio serta ttg detroyer.

        • Bung gue dan bung nowy, sebenarnya acara minggu depan itu tidak menjawab berita yg digembarkasi dispenarmatim melalui websitenya… Untuk besok kapur yg akan ditampilkan dari kelas sigma… Nah untuk penjaga bawah laut tetap dari kasel yg sudah terpublikasi (cakra/nanggala)… Besok yg mungkin ditampilkan dari sista jenis rudal dan beberapa kapal cepat rudal (kcr)..

          Nah yg sista tersembunyi2 td saya di sana blm dpt info…

          Cuman c-705 dan yakhont yg gw terkesima…

          Mungkin teman2 lain punya infonya…

          • Ga masalah bung @Jalo, berita yang tidak melalui redaksi dan photo kadang lebih informatif 😉 ditunggu pencerahannya bagi kami2 yang ga bisa liat langsung

        • maksudnya digemborkan…

          Maaf, autotext selalu mengganggu..
          Maaf juga, kalau info saya membuat semangat kita turun…
          Tapi proyek rahasia banyak, mudah2an kasel ini masuk dalam proyek rahasia…

          Tadi saya ketemu seorang perwira Al, dia ngomong kalau untuk destroyer masih dalam tahap penjajakan.. Nah, saran dia lebih bagus nunggu ultahnya TNI, disitu bakalan banyak info terbaru salah satunya tentang bremen class. Kalau kapal selam tadi gw nanya anggota hiu kencana, katanya masih menunggu yg dari korea… Tapi dia bisik2 nanti ada kapal selam yg datang bertahap.

        • Jd penasaran jg, mudah2an bisa dikasih list alusista terbaru dan foto2nya.

      • Wah komen bung jalo bikin semangkaaa… Semangattt.. Ada kasel yg datang bertahap selain cbg..
        Kira* Apa tho bung 😀

        Kata bung satrio destroy nya dateng skalian komodo sail, datengnya dan pulangnya gak ikut, karena betah di indonesia. Heheehe 🙂

        • Nah itu bung, belum berani menjawab saya bung… Takut salah, pernyataan satu perwira belum tentu ada benar.. Soalnya harus nunggu info resmi atau bocoran dari kemenhan. Mungkin itu hanya harapan beliau…

          Kalau soal destroyer mudah2an tahun ini sudah ada yg datang… Waktunya kapan itu saya belum dapat bocoran, maaf ya bung

        • Kasih bocorwnya dikit aja hung jalo.
          Supaya saudara tua kita mbah bowo tambah cenat cenut ngarang ceritanya.. 🙂

          Ane aminin aja lah,
          Supaya cepet terealisasi..

        • Wah, rahasia apa ya…

          Mungkin pengembangan teknologi rudal jarak sedang yg rencana selesai pada tahun 2016 dan rencana ks changbogo pt. PAl menjadi 1600 ton bagus gak bung? Hehehehehe

          -IMHO

    • Salam juga bung Jalo

      Saya nyimak bung Jalo aja……drpd salah.
      He he
      Sy cuman rakyat sipil biaea yg ga ada akses secara formal ke masalah alutsista apalagi yang rahasia, drpd nanti salah info.

      • Salam juga bung java, saya juga rakyat sipil mungkin info bung jasa ada benarnya juga…

        Seperti yg saya tulis diatas bung, TNI punya banyak rahasia mungkin 2 ks yg dilihat supir perusahaan bung java merupakan salah satu sista rahasia… Hehehehe, maaf ya bung jika ada kata2 saya membuat anda tersinggung

    • Wah gak boleh ngambil gambar bung, gladi bersih pada hari senin besok pun dilakukan secara tertutup… Sabar aja, hari rabu gak lama kok

    • Kalo berani ambil foto silahkan bung minor. Kalopun sy ada ga akan berani publikasi….bisa2 ga bisa nyari duit saya. Dilarang photo2…..

      @bung jalo sy tidak tersinggung ……sy takut salah krn tugas dan wewenang atau kompetensi sy yg resmi sesuai pass bukan di”situ”….jd sy bukan org yg kompeten utk bahas alutsista. Yg diatas cuman laporan pandangan mata krn kita sudah hapal biasanya yg nongol di ujung pas ada acara yah cakra/nanggala….cuman istimewa sopir bilang lihat 2 biasanya 1 seperti terakhir acara hari armada….yg nongol 1 doang. Lah kmrn 2 biji dan terlalu sering menurut sy cakra nanggala ikut dlm acara2 parade…..masak ga ada yg siaga seperti pespur entah sukhoi ato yg lain….sisa ikut parade atau latihan sisa pasti siaga. IMHO

      • Mungkin bener bung, sewaktu penyerahan pesawat T-50 saya dan teman2 bisa mengambil momen gladi bersihnya… Nah yg acara minggu depan dilakukan tertutup… Nah ada apa gerangan? Apa mungkin terkait ledakan gudang amunisi kemarin? Saya pikir kayaknya gak deh? mungkin terkait alutsista, bisa jadi…

        Maaf ini opini pribadi, mudah-mudahan bener ya bung java… Salam kenal

      • Maksudnya mungkin terkait alutsista rahasia

  35. Om TS, izin copas ke Formil kaskus ya.. hehe pengen tau komen para kaskusser.. hehehe

    • Yo bole… jangan nyampah lagi ya… klo mau ngupi bilang aja dari tadi… 😀

    • @juragan formil : lho tadi ngetawain…koq malah ijin mau copas om??dagelan sampeyan ini…nanti balik sini lagi ya om, biar jadi hiburan juga disini 🙂

    • formil dari tadi bilang aja mau copas gitu khan enak, nggak usah koar2 disini…….ha ha ha

    • iya neh.. mau kopas di kaskus besok.. biar ada Thread lelucon dan bahan ketawaan anak anak formil.. sya kira artikel ini bisa lah menjadi bahan lelucon disana..

      anak anak formil butuh hiburan lelucon segar seperti artikel dan komentar ini..

      peace

      • Setiap orang bebas untuk berpendapat bung. Dari mana anda bisa menyimpulkan bahwa pendapat diatas itu adalah bahan lelucon?

        • bung@juragan formil

          mana opini anda….saya tunggu yah…biar tambah wawasan……soalnya anda pintar, pintar mentertawakan tanpa kontribusi yang real…..
          sorry bung saya lagi mimpi jadi yang “bangun” harap maklum.
          tar kalau udah copas kasih link yah…saya juga mau tahu ulasan dari mereka positif thinking aja…semoga nambah wawasan

          bung@jalo
          setuju n santai aja..

          maaf cucu lancang

      • Neng okelah lu sirik amat.

        Gua tunggu postingan lu di kaskus
        Pingn tau nick lu disana
        Jgn gede bacot lu gw tunggu postingan lu

        Klau lu jantan pkai nick lama ya jgn klonengan
        Pingin tau kbranian anak goroxxxxo gmana.
        Yg suka sirik

        Lu jgn adudomba antar formil
        Gwa datengi tempat lu Gwa injak pala lu ntar
        Mulai lgi kelakuan lu

      • Saya juga biasa dikaskus dan suka posting artikel bung satrio
        Teman teman dsana jga banyak yang posting analisa bung satrio
        Yg terakhir saya posting mslh kogabwilhan
        Dan mereka menanggapi wajar dan gak mentertawakan
        Cek ajja disana
        Mrka bmyk yg beranggapan bung satrio punya dua suriken.
        Dan mrka segan

        Juragan formil anda merendahkan anak kaskus.

        Saya tunggu postingan anda disana

        • kalau g salah bung masac kan yg mosting tulisan bung Satrio tentang akuisisi bremen di kaskus. awalnya banyak yg ngetawain tulisan bung satrio tp bgtu slh satu sepuh mereka memberikan clue yg mirip ama bung satrio akhirnya mereka pada percaya kalau g lama lagi bremen akan kebeli.

      • Kawan juragan formil. Saya jadi penasaran. Anda tampaknya hebat banget. Coba kasih sedikit gambaran tentang kekuatan bawah laut Indonesia. Apa anda punya gambarannya ?

        Saya jamin kepada Anda. TS Sudah punya gambaran tentang itu.

        Silahkan coba dipaparkan sedikit, @juragan formil…….(saya tunggu)

        • agan @juragan formil saya juga pemakai kaskus saya mau lihat postingan anda tak tunggu..

          Salam NKRI

        • cuekin aja ignorant fool seperti dia dan komunitasnya,

          prinsip ini jelas menyedihkan,
          apa2 yang tidak diketahui = tidak realistis = hoax

          pertanyaan; apakah harga 3 NR yang dibayar RI realistis?

          bahkan AS yang sangat maju dalam transparansi kebijakan, juga sangat kental dengan black project, jika belum pernah dengar saya bantu,

          In the United States and United Kingdom, a black project is a highly classified military/defense project, unacknowledged publicly by the government, military personnel, and defense contractors. Examples of U.S. military aircraft developed as black projects include the F-117 Nighthawk stealth attack aircraft and the B-2 Spirit stealth bomber, both of which were highly classified and denied to exist until ready to be announced to the public.
          In the United States the formal term is Special Access Program (SAP).
          A black site is a location where a black project takes place.

        • @diego biarin aja om, palingan di sono dia cuman alay meweker. Kalo ditanyain data apalagi disuruh bikin tulisan mana bisa dia…

          Salam

        • wah Om TS nya punya gambaran 100% KS Indonesia dan nanya langsung ke pamen alias usernya..

          izinkan saya menyembah om TS nya…

          btw, nama pamen yg ditanya om TS siapa ya mau jumpain.. kok bisa kasih info gajebo…

          • Sabar bung Diego.. yang mogel gini nih yang bikin JKGR jadi nggak kondusif.. mending dibanned aja lah..

    • oyy. udah ada yg copas tu, maka jangan lenjeh lo..

    • Alhamdulilah saya sdh jelaskan dikaskus
      Sehingga tidak ada saling salah pengertian dan saling menjelekkan antar blog.
      Gara gara adudomba satu nick
      Persatuan dan kesatuan tetep hrs dijaga seperti pesan bung satrio

      Formiler disini dan dikaskus bisa saling mengunjungi dan saling berdiskusi dengan sehat

      Salam persatuan

      • klu g salah tread ente sdh dihapus bung masAc..

        • Bukan saya yang bikin thread
          Yang buat bung minoritas

          Kenapa ya dihapus? Tanya bung mnoritas

        • yupz, betul, udah dihapus ma momodnya, mungkin untuk meredam spekulasi, & juga terlalu banyak pro & kontra disana, disana tidak senyaman disini, bagi mereka ID senior itu adalah dewa, pelit berbagi informasi. sedangkan disini, apapun pertanyaan dijawab dengan sopan & jelas, tidak memandang pertanyaan itu dari senior or junior, disana trit repost, igo, akan di bully abis2 an, sedang yg buat trit seperti itu kan nubitol, yg baru belajar & butuh bimbingan, mungkin itu juga yg membuat sepi trit dikaskus. IMHO

          • Takut digeruduk ama ninja dari desa sini dan desa topix
            Xixixi
            Mrka tdk tau siapa sesepuh yg dihina.dicela,pendukungnya pd ngamuk.
            Momodnya sadar treat itu mengundang tawuran
            Makanya diclosed.

            Jadi pejaran kaskuser jgn suka jelekin Jkgr dan sesepuhnya,blum tentu yg menghina lebih pinter dari om satrio.

  36. he..he..he..yg dibeli tu om : parang, panah, sirih pinang,dll

  37. Analisa saya TNI AL tidak akan membeli U212/214 yang menggunakan bahan bakar Hidrogen. Terlalu mahal utk membuat depo logistiknya. Apalagi cuma 1 KS. Kalau yg nenggak solar + AIP masih mungkin. Tp tetap sj memancarkan radiasi panas. Nggak mungkin lah kita beli punya Yunani yg nggak kebayar.

  38. Bung Cakra, salam kenal Bung..! Lain kali jangan pernah merasa jauh hanya karena tinggal di Sumatera. Sumatera itu gak jauh, masih Indonesia juga. Kebetulan masa kecil saya dihabiskan di banyak tempat, jadi dalam pikiran saya gak ada satu pun tempat yang jauh di muka bumi ini. Di Sumatera saya pernah tinggal di Arun, Medan, Bangka, Pekanbaru, Jambi, Palembang dan Lampung. Ijazah SLTA saya adalah saksi bisu atas kenangan perjalanan hidup saya di Sumatera.

  39. Kl akuisisi lebih dr 1, trs akuisisi punya siapa ya? atau punya Yunani dibeli semua? Infonya yg siap jual cuma 1. Pihak jerman jg tdk memngumunkan pembuatan 214 yg lain pd 2013 kemarin. Trs depo logistiknya dibangun dimana? Teluk Palu? Katanya itu teluk jd markas kilo/improve kilo. Armatim? Tempatnya Armatim kayaknya sudah penuh. Armabar nggak punya tempat utk menyembunyikan. Hayo ada info lain?

  40. RI……tak ada niat untuk beli U 214……karena anggaran tak memungkinkan.

    • tambahan…..hingga thn 2018 akan ada 5 ks dengan rincian 2 yang lama (cakra dan nenggala),3 yang baru changbogo yang setara dengan U 214…dan untuk beroperasi di laut dangkal..
      sedangkan untuk laut selatan dan laut dalam akan di operasikan 7 ks kilo/amur.yang mudah2 han akan di percepat kedatangannya sebelum thn 2020
      linknya dari saya sendiri….(mata malaikat)…amin..

      • weleh proyek lontong lg jd topik kayaknya udah pd mengalir pikiranya
        buat pemilu………………………..
        sekedar info opini sudah dibuat sesekali kroscek di dunia nyata………

  41. Selamat malam ]
    hehehe jadi banyak polemik yaa artikel saya

    Silahkan saja kalau mau posting dikaskus ,di copas dmana saja silahkan saya gak pernah protes seperti yang sudah sudah banyak artikel dan komen saya dicopas langsung,
    tetapi maaf saya tidak bisa menanggapi komentar disemua blog militer karena saya tidak suka keluyuran
    saya tanggapi disini saja
    Yang dari kaskus silahkan makai nicknya disana ,,tanya disini saya pasti saya jawab kok..

    Bung Juragan Formil silahkan anda menilai sesuka hati anda .
    Saya menganalisa suatu berita dan menjadikan tulisan sah sah saja toh,gak ada yang ngelarang namanya juga berharap agar pemerintah mau membeli KS U214 eks yunani..asumsi bahannya bisa dari mana saja …dan anda tidak tau kan sumber saya dari mana saja hehehe
    Kapal selam adalah alutsista strategis pasti banyak yang ditutupi dan tak akan pernah ditampakkan gamblang,,

    Dulu ada yang ngerti tidak jaman pak harto.. china sudah nawarin Killo bekas untuk ditukar whiskey yang tersisa..?

    @Bung Diego
    dicek aja IP nya mirip nick siapa ,
    perasaan saya orangnya ya itu itu saja yang selalu tidak setuju dgn semua pandangan dlm artikel saya dan berniat menjatuhkan kredibilitas

    makasih atas atensi dari para warjager lainnya

    • Jangan pernah menyerah om, tetap semangat 😀

      Saya/Kami masih ingin menimba ilmu dari anda & juga para sesepuh lainya agar kami makin cerdas dan makin cinta NKRI

    • Assalamualaikum Kang Ss dan para sesepuh warjag,saya ijin gabung disini bila berkenan.

      @ Bung Ss,hehehe….sabar kang wis sepuh jng suka marah2 kang,ntar darting nya kumat gy….hehehehe
      Lagi bahas soal U-214s ya Kang?knapa ga d bahas jg Kang yg U-214 mod….hehehe

      • Nah lhoo…silahkan dibabar “sedikit” ttg U-214 Mod nya Om@KRI..
        kmna aj nie lma gk muncul.? Lg beresin Kios Rokok nya ato lg beresin utk p’siapan “Mall” nya.? He he he..

    • @bung satrio salam kenal om, sy selalu menyimak artikel2 menarik anda terutama mengenai kapal selam, destroyer dan pertahanan udara jarak sedang/jauh..

      Salam

    • salam kenal dari s.reader,
      selama yang mengikuti #Warjag sejak awal tahun 2011, saya coba telusuri tulisan-tulisan bung satrio, dan saya menemukan apa yang biasa dalam dunia jurnalistik ada istilah bukti keadaan dan bukti pola, sehingga jika kita mengkaji kejadian bernuansa politis-rahasia namun memakai pakem hukum, intelijen yang tersurat, niscaya akan sedikit mengalami kendala, hambatan bahkan menemui kebuntuan-kebuntuan.
      tetapi di dunia jurnalistik dikenal istilah circumstance evidence (bukti keadaan) yang tidak kaku tetapi dipercaya bisa mengurai sebuah tabir. Agaknya di dalam pengadaan alutsissta TNI-pun ada Bukti Keadaan (Circumstance Evidence) dan pattern evidence (bukti pola). Hampir-hampir mirip.
      Inilah pisau bedah yang dipakai bung @satrio.

    • @bung satrio, sy pernah dngr isu pertukaran tersebut bung satrio,tp yg jd pertanyaan sy,mengapa cina ingin melakukan hal itu,setau saya whiskey lbh tua dr kilo. apa mngkin ada tekhnologi khusus mas di dlm whiskey.?

      @bung KRI, baru muncul lgu bung,kykx akhir” ini lg sibuk bnget ya. hehehe

    • kalau tulisannya bagus bung@Satrio..juragan formil mah kayaknya cuma iseng aja+mancing2 emosi warjagers

      209 berenkarnasi+beranak pinak kyknya masuk akal.kalau ditarik dari proyek CBG/kunjungan Pres SBY ke jerman.kerjasama RI-Jerman dengan 5 plus 3 nya,,,siapa tau leo +++.hehehe

    • Sori baru nanggepi
      @Bung arjuna terimakasih
      @Bung KRI
      monggo kang dibaabrin dimare warjager juga butuh sesepuh seperti akang
      @Bung elvian salam kenal juga ..thanks
      @Bung Mbojo-bima terimakasih penilaiannya .saya hanya sekedar analisa saja,
      @Bung fadil..karena china baru memulai lagi hub diplomatik dgn RI ingin memberikan kesan positif dan yg kedua china lagi butuh whiskey banyak untuk dibedah dan dipelajari teknologinya mereka mau membangunKS dlm negeri,kalau tdk salah barter 1 kilo dgn 3 whiskey cmiiw,
      @bung Ibang terimakasih, bila punya U212 kita sdh familier penggunaan dan perawatannya .PT PAL bisa menyesuaikan saja

      Tapi jangan lupa dengan Mozaik berita yg tersisa .
      PT PAL dipastikan akan merangkul TKMS sebagai mitra. untuk meng overhoule KRI Cakra 401..
      TKMS adalah induk dari HDW (Howaldtswerke-Deutsche Werftyang) merupakan produsen kapal selam kelas U 214,
      hehehehe

      • @Bung Ss,hehehe…..waduh jng saya Kang,disini banyakyg lbh berkompeten buat nerengin n jelasin hal itu Kang,sy kan xm newbie n pedagang rokok…hehehe
        Insya Alloh swt,klo ad wkt senggang nanti saya kirim tulisan k Akang deh soal U-214s dan U-214 mod,hehehe
        Sy gy di kerjain momod d warung sebelah kang,hehehe
        Oiya lupa,gy banyak SPG n SPB yg baru selesai training kang,trus ditawarin yg mod kang,bukan yg ukuran s,nah loh….hehehe
        @Bung De_ka,hehehe….namanya jg pedagang rokok Kang,jd klo blom banyakk laku ga bs kmn2 dl sm majikan…hehehe
        @Bung fadli,hehehe….sibuk nungguin kios kang…hehehe

        Oiya ampe lupa
        Assalamualaikum wr wb sesepuh2 Warjag dan Bung Diego,saya ijin mampir disini ya,terima kasih

        • Bung KRI ditunggu

          Penjabaran U 214 S dan U 214 Mod
          biar warjager tambah wawasan
          monggo kang

          • bung satrio kode mod itu maknanya apa bung.?

            @bung KRI : kalau bisa bung di kiosnya pake kabel listrik ber SNI agar tidak kejadian meleduk lagi. hehehe

          • yang tau bung KRI tu sebagai user nya
            kita tunggu penjelasan beliau saja ya
            Beliaunya lagi sibuk diutara jadi jarang online

    • Mental penghuni pornmil memang begitu Bung Satrio 🙂

      No pict = Hoax

      Saya sudah lama jadi SR di pornmil sejak 2005. Kenapa betah? Hanya untuk mempermudah update news mengenai berita militer saja, daripada loncat kesana kemari 🙂

      Kualitas diskusinya jangan ditanya. Dari bully, bata, lawak, srimulat, igo sampai homoerectus komplit tersedia 🙂

  42. @bung satrio;thanks u penjelaaannya konsep pre emptive nya Dan bung antonov u AIP technologynya ; saya jadi teringat film battlefield yg salah satu bintangnya adalah Rihana dimana ada konsep koordinat jejaring sonobuoy sbg pertahnan mirip radar pasif nya; mungkin tidak hal ini kita terapkan di Indonesia; sonobuoyy yg dijdikan satu terintegraasi dg radar Dan satelit GPS atau mirip glonaas mungkin satelit pertahanan nantinya u penjejakan positioning lontong2 lawan dan kapal permukaan lawan; dan sonobuoy itu kita pasang di koordinat2 tertentu do perairan international Dan national; jadi dalam bayangan saya sonora scr koordinat biasa kits kepung dgn titik2 tertentu shg semua benda yg bergerak di bawah air Dan atas air akan selalu terlacak oleh kita shg kkonsep preemptive strike sbg bagian Dari defensif aktif dapat diaplikasikan
    mohon pencerahannya.
    Thanka

    • sori baru nanggepin
      Konsep kordinat jejaring sonouboy difilm batle ship ada baikknya juga tetapi akan memerlukan berapa sonobouy yang harus digelar di perairan Indonesia ,,sedangkan setiap sonobuoy memerlukan tenaga bateray yang harus diganti selama periode tertentu ,,jadi memerlukan maintenace yang ribet dan memakan biaya.

      Untuk mengantisipasi dan mendeteksi armada kapal permukaan kan kita sudah mau mengambil sysytem radar dari rusia yang akan dikelola bakamla seperti yg pernah kita ulas
      System radar ini juga bisa mendeteksi rudal jelajah yang datang milik tetangga.
      Sedangkan untuk pendeteksian kapal selam yang menyusup kita mempunyai sensor dan kamera bawah laut yang disebar diitik titik bawah laut dibeberapa tempat yang dirahasiakan
      lebih efisien dan hemat
      IMHO maaf kalau ngawur

  43. bung satrio santai aja, kami mendukung anda dan warjag, tu bung KRI udah muncul lagi.
    Bung KRI pastinya bawa oleh2……
    Sy rasa setiap anggota warjag silahkan berdiskusi yg sehat, dapaikan argumen yg sehat pula tanpa menjelek2an dan mempunyai niat menjelekkan warjag ini.
    Klo nggak salah bung diego sudah memberikan rambu2 yg jelas dlm aturan main di warjag ini. Code of conduct sudah dijelaskan dlm “about”
    Landasan Ideologi Warjag adalah Pancasila. Jd misal ada yg jelas menjelekkan NKRI lgs aja di banned atau komentarnya dihapus.
    Nah disini bung diego menyerahkan moderator kepada bung nowy, monggo bung nowy, silahkan menjalankan amanat dari bung diego sebagai admin.
    Salam dari saya “gue”

    • @ gue
      terus anda sendiri …bagaimana.!!!
      koment2 negative..anda terhadap saya…!
      ngaca pak…..ngaca..! dewasa dikit dan jangan kampungan..!
      bung diego..maaff…
      agar di perhatikan orang ini..,menebar fitnah dan permusuhan,

      • halahh.. yg CGG duluan biasanya kan elu trs orangnya ngel..!

      • Yang dikoment negatife bung gue adalah nick okelah
        Kok yg sewot lu ya angel
        Apa sudah ngaku klau angel sama dgn okelah?

        • introgasi..?? maaff rossy …tidak tuh…puas…??!
          mungkin satu gedung dengan saya….paham yah..
          si mbak mungkin sekarang lagi mundar2 mandir di atas rumah anda..

          • Saru gedung diLSM mana?

            Emangnya jdi apa si eneng okelah mondar mandir diatas rumah saya ?

            Sok sokan jadi tukang karung ya?
            Kalau tukang karung asli yg saya kenal gak sok sokan sprti lu ngel.
            Dan saya gak takut dikarungi tu…paham ya

          • rosi tidak usah di ladenin neng angel
            dia si rosi orang stres mau masuk TNI di tolak
            karena dia nya IQ jongkok

      • @angel eyes, kl sy tangkap dari yg disampaikan bung gue adl aturan tertulis secara umum dlm warjag, tdk menyinggung nama anda, contoh klo nick name menjelekkan NKRI dan warga negara lain jelas tdk punya ideologi pancasila mk perlu
        Sedangkan Seperti sy liat nickname anak serawak diatas, jelas perlu di banned.
        Sedangkan klo yg menjelekkan warjag atau postingan artikel jkgr dgn memperbandingkan dgn forum/blog lain perlu dikasih peringatan klo pengin tetap mjd anggota warjag.
        Sedangkan soal beda pendapat adl wajar tapi masih dlm koridor diskusi yg sehat dlm rule code of conduct
        klo angel eyes dan mbah bowo saya kira masih wajar wlo kadang berlebihan tp mereka memberikan warna berbeda dlm warjag, tp ingat rule yg ada warjag..
        Di warjag ini masih kondusif krn dijaga byk sesepuh diini seperti:
        Komandan sekaligus admin : bung diego
        sesepuh : bung melektech, bung satrio, bung WH, bung danu, bung antonov, bung nowy sekaligus moderator kita, bung gue, dan banyak lg yg lain seoerti
        bung yayan, bung donnie, bung jalo, bung desparado, bung great dst.
        Terima kasih, maaf klo keliru menafsirkan, mungkin bung diego bisa menjelaskan.

        • ooppss…..thx

          sekali layar terkembang surut kami berpantang

          *nala jalesveva persada
          *citra swabhuana angkasa
          *vira garda niaga

          call call bintik putih

    • saya 10000% setuju dengan bung gue.
      saya yang cuma sr jadi agak terganggu dengan komentar2 dari perusuh itu bung, kalau di sebelah enak ada kang lare sarkem yang ngeladeni, tapi disini kang sarkem cuma sr

      • hoee.. jangan bawa2 ane, ente di kira klonengan ane ntar..

        ane dah cek kaskus, artikel bang satrio dah di posting..emang seh ada yg komeng miring ke artikel n ke jkgr, tapi cuman segilintir doang..

        ane ntu cuman sipil pengelana blog n porum militer karna ane suka, tapi akhir2 ne jadi sering pada bandingin n ngehina antar blog n porum..ane kagak suka..

        yg penganut fakta n foto n rilis resmi n muncul di tipi kagak usahlah bilang hoax hoax segala pada sebuah inpormasi ato analisa orang yg di laen tempat..cukup di diskusikan aja yg baek sapa tau bener adanya n ada benernya..

        kalo cuman bisa bilang hoax hoax aja kambing ane paling pinter bilangnya..
        tapi kalo masih ada yg pengen rusuh ayo kesebelah aja yg kagak ada baned2an n delet posting..

    • Segellas infoh…….
      3 ekor komodo melarikan diri dari habitatnya ,tidak di nyan tidak duga melarikan diri ke repoblik warjag dot kom.,berinisialan okelah | angel eyes, mbah blekok | mbah blowok. Dan juragan formil.

      Bagi sesiapa yang dapat menemukan segera beritahu polisi terdekat untuk dikembalikan ke habitanya,karena sudah meresahkan warga warjag sekitar,,
      Sampai info ini di turunkan .ketiga ekor komodo tersebut masih tahap pencarian dan blm ditemukan.

      Sekian segelas info dari saya..

    • Hehehe…ole2 nya cape Kang,hehehe…
      Oiyee yg mod bs bawa UAV kang,lemparnya pake jepretan…hehehe,kaga pake antene kaya tv 🙂 ,
      Masih banyak gy kelebihan yg lainnya,soal kesunyian lbh sunyi dr yg S,itu kata cust saya Kang bukan kata saya loh…hehehe
      Kapan2 saya jelasin perbedaan nya klo ad waktu….hehehe

  44. Bung satrio, menarik juga tuh soal barter whiskey dengan ks kilo bekas… Hehehehe

    Kasus ini jd mengingatkan saya dengan cerita om saya tentang KRI Irian yg dibalikin ke Uni Soviet, negara kita diberikan pelatihan dan alutsista lainnya.

  45. bosan juga y nunggu masalah kapal selam indonesia yg ga selesai2.tim kemhan yg berkunjung ke rusia juga blum ada berita gimana hasil jalan2 ke pangkalan AL rusia

  46. Saya selalu mengamati trs komentar2 dari teman2..semoga perbedaan pendapat ini menjadi rahmat & ilmu buat semua..Amiin..!!! Tapi tetap dlm persatuan & kesatuan. Demi tegaknya NKRI.(harga mati)

  47. Menyimak

  48. Selamat untuk bung diego
    Lagi lagi artikelnya dicopas oleh banyak blog

  49. # Bertanya kepada sesepuh..

    * Armada Ks dan skenario combat ks *

    mengingat negara2 Musang juga memiliki armada ks dgn kuantitas gabungan yg signifikan, belum lagi jika Musang itu ditambah armada Asu. Selain perimbangan teknologi ks seperti yg ditunjukan spek Kilo Jerman (KJ) diatas dgn IDAS-nya, Jumlah existing dan taktik pagelaran warga hiu kencana menuntut perubahan skenario tentunya.

    Dalam satu atau lebih battle field modern yg all out, dimungkinkan tiap matra justru head to head bersamaan, atau kombinasi silang untuk menghabisi target.

    Dalam pemikiran gue, gelaran ks pun sama saja dgn kapur dan pespur memiliki formasi2 combat yg unik untuk laut terbuka atau gerilya laut seperti geografis negeri yu (gerilya laut sebenarnya adalah oleh ks), begitu juga dgn konsep Light-medium-heavy adalah kemutlakan yg harus dimiliki.Warga hiu kencana pun wajib dimekarkan sama halnya dgn korps marinir dan korps2 lainnya.

    Bagian hoax nya (anggap z begitu), 48 unit pun menurut gue (subjectif) masih kurang, hanya sekedar mencukupi, untuk menjadikan kekuatan detergen harus lebih dari itu,

    Lebih jelasnya gue mau minta pemaparan dari sesepuh dan warjager lainnya, sekelumit kondisi terkini dan postur yg akan kita tuju dimasa mendatang dari keluarga hiu kencana ini.
    walaupun dlm bahasa kiasan is wellcome 😀

    # colek bung satrio, Nowyou, Diego, KRI, Danu,dll
    # colek sahabat2 warjager
    # colek Juragan formil yg hebat, Oke lah bin Angel eyes,
    colek mba bowo sbgai guru.

    • IMHO. dengan adanya program ToT Changbogo dan pembangunan galangan untuk membangun KS dalam negeri, rasanya ga mungkin jika hanya 3 unit. Selain kualitas yang sudah pasti TNI AL juga akan ngejar kuantitas. masalah strategi saya nyerah 😀 mungkin bung @Satrio bisa bantu pencerahannya

      • jika pembangunan galangan untuk membangun KS dalam negeri sudah kelar, dan semua sarana prasarana , sdm dan tehnologi serta modal sudah oke semua kira2 kapasitas produksi gmn ya??? kira2 PT PAL sanggup membangun 1 ks butuh waktu berapa lama ya?? krn akhir2 ini pt pal sering di komplain sama user (tni) krn molor tdk sesuai jadwal pengiriman, tp semoga insyaallah semua permasalahan semoga bisa diatasi deni kemajuan bangsa indonesia dlm menguasai tehnologi ks dan fregat

        • Masih harus ditunggu da dilihat bung @gue, tapi IHS Jane’s meragukan tenggat waktu antara pencairan dana pembangunan infrastruktur dan batas waktu. Pemerintah sendiri menyatakan siap menyelesaikan sesuai jadwal. Hal lain yang desebut dalam IHS adalah kurangnya jumlah teknisi yang dikirim untuk alih teknologi ke Korea

          • knapa tidak skema sbb :

            Pada pembuatan KS ke-3 cbg, maka ada rekruitmen baru dari semua level pekerjaannya, 10-15 orang pers bidangnya nya.
            jadi jika teknisi perdana berjumlah 210 maka setelah selesai KS ke-3 kita jadi memiliki 10x lipat tenaga SDM nya.
            sambil menunggu ks-3 selesai pemerintah membangun galangan tambahan yg diperlukan dgn tetap menempatkan assistensi tenaga ahli terkait (korsel misalnya) dlm jangka waktu tertentu.

            jadi tidak ada rupiah yg dibuang ke luar negeri untuk teknologi yg sudah dikuasai.
            # kembali kepada niat z sebetulnya

          • koment gue salah mendarat/landing…

            kejadian juga nih.. 😀

            # merespon bung Alugro

          • 😀 nyasar ya?
            anyway, meurut saya agak susah bung. proses 1,2 dan 3 itu proses belajar.

            1. mengamati
            2. ikut praktek
            3. praktek mandiri

            saya harap yang ke 4 dst akan terus mendapat bimbingan dari penguasa teknologi, jangan sampai seperti kejadian collins class

          • Proses pembuatan KS ke-3 kan di tanah air..??
            ya terserah kita mau memulai regenerasi SDM atau tidaknya,
            walaupun jadi sedikit terlambat dalam pembuatannya, tapi kita akan memilki tenaga semi akhli baru, tentu z assistensi supervisi masih terus diperlukan.

            1.Pembuatan KS-1 Mengamati (tim A,210 sdm), akhir 2014 finish. 1 unit
            2.Pembuatan KS-2 Mengamati (Tim B,210 sdm), sambil melakukan pembuatan KS-3 oleh Tim A + asistensi supervisi + (tim C, mulai mengamati dan belajar) 2015-2018, 2 unit.
            selepas 2018 diharapkan fase Praktek Mandiri, oleh 3 tim.
            3. pembuatan KS-4 oleh tim B, KS-5 oleh Tim A, KS-6 oleh Tim C
            pada fase ini skema Line paralel yg dimaksud bung Alugro bisa diterapkan.

            # maaf ngawur nih,saking pengen lihat bangsa sendiri mandiri hehe

        • negara penghasil ks type u-209/212 paling cepat hanya sanggup 36bulan untuk 1ks. akan tetapi dengan kemampuan line paralel maka setelah 36bulan maka setiap 4bulan selanjutnya akan keluar adiknya. jadi pada tahun ke 4 akan komplit sebanyak 4 unit ks baru. jika dibagi rata2 seolah-olah 1 ks dikerjakan 1 tahun. jika ingin dapat 10 ks u-214 dalam jangka waktu 5 tahun caranya adalah order semuanya ke hdw, dan hdw akan subcon sebagian pekerjaan tertentu dengan turki. jika ingin jumlah yang lebih besar, sebagian pekerjaan bisa disharing juga dengan dsme.

      • Bung Nowyou..
        malah dlm asumsi gue pribadi, awalnya tot changbogo adalah satu2nya cara menambah kuantitas setidaknya itu untuk konsumsi publik sehingga prediksi nya akan cukup lama nkri bisa ngimbangin, tapi keadaan suhu bertetangga yg memaksa sedikit buka kartu lagi,.. hehe

        Mengharapkan PT.Pal bisa mengerjakan sejumlah pesanan (khusus ks misalnya), dgn tenggat 36 bulan/1 ks, mau taun kapan nkri bisa memenuhi kuantitas pesenan changbogo ?? gemporlah yg ada 😀
        membangun 3-4 infrastruktur galangan serupa menjadi tuntutan.
        imho-membuat ks jenis changbogo gue rasa cukup sampe unit ke-4 atau ke-5,
        unit ke-5 dan selanjutnya mesti ganti versi, variance dan ukuran, mengingat perkembangan teknologi juga pasti sdh berubah.

    • Masalah strateginya bagaimana
      Kalau mengingat kode etik yaa tidak boleh dipaparkan dipublik,
      Secret weapon pastinya juga secret operation nya.

      Yang pasti Untuk mengahadapi ancaman kapal selam penyusup ataupun kapal selam dalam satu formasi fortila musuh ,,,pihak TNI AL mempunyai strategi tersendiri baik itu mengantispasi dengan peran ASW dari kapal permukaan ,dari udara ataupun submarine warfare
      Submarine warfare menggunakan KS pemburu kapal selam dan tugas ini sangat baik diperankan oleh KS Improve kilo 636 dan KS 212A,sedangkan kelas Kilo sangat baik digunakan untuk land atack

      kemudian Strategi ASW dari kapal permukaan dan dari udara Kita membahas yang umum saja ya skenarionya :
      Pesawat/helo ASW yg berpatroli mendeteksi adanya kontak kapal selam musuh di sekitar perairan kita,stlah itu Informasi dilaporkan ke komando atas dan ke unsur KRI terdekat yang melaksanakan patroli.
      KRI dengan kecepatan penuh menuju ke posisi data kapal selam yang diberikan pesawat ASW dan meningkatkan derajat kesiagaan dengan melaksanakan peran tempur bahaya kapal selam.
      Seluruh prajurit mengawaki pos tempur masing-masing dan sonar terus aktif melaksanakan identifikasi terhadap datum kapal selam. Setelah berhasil mendeteksi keberadaan kapal selam, Komandan KRI memerintahkan Principle Warfare Officer (PWO) untuk mengunci musuh dalam jarak tembak dengan Torpedo dan Anti Submarine Rocket (Asroc).

      Bila kapalselam musuh sdh diperingatkan melalui Under Water Telephone (UWT) tidak mau muncul dipermukaan maka bisa langsung disalvo oleh KRI dan pesawat ASW

      Pendeteksian KS yang menyusup datanya bisa dari pesawat patroli atau sensor bawah laut yg sudah ditanam dicokepoin2 yg dirahasiakan tempatnya
      Sedangkan pegelaran dalam kondisi perang terbuka banyak strategi yg bisa diterapkan termasuk gerilya laut dlsb ,kapan kapan ane jabarin

      Untuk Jumlah Ideal berapa KS yang kita punya itu tergantung doktrin kita nanti
      bila masih Doktrin defensif aktif cukup 24 KS ,kalau doktrinnya ditingkatkan ya jumlah KS ditingkatkan.,bila ada 4 Kogabwilhan maka butuh 12 unit KS x 4 kogabwilhan =48 unit
      yang jenis KS disetiap kogabwilhan akan diisi armada KS komposit
      IMHO pake cmiiw

  50. Artikel2 yg ada di Warjag sering/banyak yg di copas oleh Blog2 Militer lain nya..ini menjadi Bukti bhwa Artikel2 disini berbobot, sarat dgn ilmu sehingga menambah wawasan & pengetahuan yg mgkn bagi sebagian dr kita tidak mendapatkannya di pendidikan & forum2 formal lain nya.

    Maju terus utk Artikel2 yg bertujuan utk MENCERDASKAN KEHIDUPAN BERBANGSA & Memperkuat Nilai2 PERSATUAN & KESATUAN Demi KEUTUHAN & KEMANDIRIAN NKRI.

    SEKALI LAYAR TERKEMBANG, SURUT KITA BERPANTANG.

  51. diskusinya seru bgt. semoga apa yg dah d bahas menambah pngtahuan kita.dari aqam jadi sdkit faham. tanpa saling menghujat.apalagi merendahkan.
    militer .dunia yg penuh kamuflase. yg jelas dilhatpun blm tentu sma dgn knytaan.aplgi skdar analisa. sedetail dan seakurat apapun.ga akan mnjamin 100% akurat. ibarat buku.mngkin hanya sampulny saja. ga sampai daftar halaman.apalagi isinya.
    biarlah para panglima dan komandan tertinggi yg tahu betul tentang alusista kita.percayalah. mereka jauh lebih mengerti….

    salam satu indonesia

  52. selamat pgi sesepuh jgkr.AQ nyimak trus bung.
    @ bung jalo: jika anda bisa menyaksikan n bahkan bertanya dg operatorny lgsg so bs t pastikan anda termasuk bagian dri tnial.
    @ bung ???: maaf saya lupa namanya, stahu saya china sudah mempelajari jeroan si doberman kilo n mereka ingin memiliki mbah buyutny segala ks diesel dri rusia sbg laboratorium per Lontong-an agar bs membuat sndri pd waktu itu.
    @ bung satrio: mhon penjelasannya bhwa ada statement ” teknologi militer =awal mula teknologi untuk sipil n jaraknya adalah stidaknya 20 tahun jauh lebih maju Dari yg ada skrg?

    Salam hangat tuk semua

    • ” teknologi militer =awal mula teknologi untuk sipil n jaraknya adalah stidaknya 20 tahun jauh lebih maju Dari yg ada skrg?
      ——-
      bisa kita saksikan langsung sebut saja, teknologi aerodinamika/penerbangan, sebelum versi civil, jelas militer duluan, teknologi komunikasi (elektronika), bahkan untuk entertainment Audiophile mengambil salah satu tabu dari radio komunikasi german di PD-1,
      CDMA-GSM semuanya berawal dari komunikasi militer.
      Teknologi Informatika berbasis komputer dan Internet, militer sudah menggunakannya dari era 60-an, begitu juga dgn teknologi nuklir.
      Teknik enkripsi data perbankan diambil dari enkrip-deenkrip militer juga.
      dan banyak lagi…

    • Maaf baru balas bung cahaya, saya bukan anggota TNI. Saya cuman jadi paparazi TNI… Hehehehehe

  53. Pagi Ini 3 nomad dan 2 CN235 NG MPA berputar putar dengan formasi dilangit surabaya melakukan gladi bersih untuk gelar alutsista besok
    Kabar kabarinya Panther sudah datang dan besok ikut dipamerin
    nunggu laporan pandangan mata bung Jalo ,bung Jiwa bening dan bung Java saja
    hehehe

    • kira2 bakal ada release foto2 resmi dari Dispenarmatim ngga ya bung??
      Armabar masih sibuk ngurusi ledakan gudang amunisi,nolong malaysia nyari pesawat jatuh n pelatihan jiwa korsa..lha Armatim nya gelar alutsista..:) just kidding
      salam

    • @bung satrio…..sy memang keluar masuk di sebelah patung yos sudarso, hari ini kebetulan sy juga lg ada di sekitar “situ”. Tp sy ga sempat ngintip: 1. sy ada agenda pertemuan dg user. 2. sprt yg saya jelaskan sebelumnya diatas pass masuk sy tujuannya bukan utk “itu” secara resmi….jd maaf yg lebih berkompeten adalah bung Jalo bukan saya.

      Tp doakan semoga sy bisa berpartisipasi ikut dlm project changbogo….perusahaan sy dah kontak dg prinsiple di korea ternyata ada “barang khusus” utk kasel biasa kita kerjasama dg dsme. Semoga bisa berlanjut dg changbogo di indonesia. Aamiin…Jayalah NKRI!!!!

      • panthernya sudah naggkring di geladak van spielk
        Bentar lagi beredar kok foto nya karena Panther kan bukan alutsista rahasia

        @Bung Java
        semoga sukses bung java doa dari kami untuk keberhasilan CBG dan terwujutnya kemandirian

        • sori ralat diatas SIGMA
          maaf mata tua da siwer ne
          hehehe

          • bung satrio berarti berita dari dispenarmatim yg menyatakan
            ” peluncuran torpedo anti kapal selam dari Helikopter Bolcow BO NV-410 yang terbang dari atas geladak KRI Sultan Iskandar Muda-367″ itu dari heli Panther ya ?? bukan bolcow?

          • Ini apa kayak tni ad dulu waktu pameran bawa leo, marder, caesar atross?
            nah armatim bawa heli panther dll cuma satu atau udah 11 heli yg dtg?

          • ini hanya sekedar dipinjamkan (1 barang sample) atau memang sudah punya 11 unit jangan2..pengen ngelihat tentengan torpedo nya 🙂

          • Di angkasa readers penampakan panther tni al sudah utuh gambarnya

          • Tadi saya lihat panther terbang… Saya tanya katanya itu untuk display aja… Disuruh nunggu pak presiden yg resmiin…

            Tadi ada 2 rudal yg dipajang, yaitu yakhont dan C-705… Maaf teman2 saya gak bisa moto, karena kata bapak2 TNI tunggu hari Rabu aja…

    • Maaf bung satrio, besok saya balik ke jakarta… Jadi tidak ikut peresmiannya, saya pantau latihan rajawali perkasa di bandara Halim aja… Kegiatan latihannya dilakukan mulai rabu juga.

      Semangat ya bung jiwa bening…
      Maaf bung warjag lainnya saya disuruh pulang ama kantor… Hehehehehe

  54. betul bung Boom, …. intrusi dari warung sebelah yg hanya copas-copas berita-berita militer trus pada comelan and celotehan … ga ada yang adu argumen teknikal dan ga ada ulasan teknikalnya, …. paling-paling argumen siapa-siapa yg paling duluan posting, hoax-hoax-hoax (..yaa segitu aja ) , onani otaklah , …

    *a posse ad esse non valet consequentia*

  55. Hasil pandangan mata tadi itu ada 4 sigma KRI Sultan Hasanuddin, Sultan Iskandar Muda, Diponegoro, dan Frans Kaisepo. LPD Banda Aceh, Makassar, Banjarmasin dan Surabaya, Kcr 60-40, dll. Tank Bmp-3f beserta alat tempur brigif 1.

    Rudal ada Yakhont, C-70 dan roket R-Han. Helikopter yg disebutin bung satrio (Panther beserta pensilnya), kapal selam adaku, dan rencana juga ada penyerahan 1 pesawat casa MPA untuk puspenerbal, dll (silahkan diterka atau tunggu release resmi dari pemerintah-takut jadi korban den karung, hehehehehehe)…

    Jangan lupa, hari rabu juga ada latihan Rajawali Perkasa…

    Semangat, salam….

    • Maap, C-705

    • Ralat bung Jalo
      Mungkin yang dilihat hanya 3 KRI Sigma saja karena Sigma Frans Kaisepo 368 lagi perjalanan ke Lebanon misi PBB.
      Kemarin sih Frans Kaiespo sudah sampai belawan medan mau sandar dulu 4 hari mungkin sekarang sudah perjalanan menuju Kolombo (Srilanka)

      Perihal Panther itu pinjaman atau gimana nunggu release resmi pemerintah saja karena ini bukan alutsista rahasia jadi pasti akan di publis beritanya,

      • Oohh iya bung, terima kasih bung satrio…

        Kayaknya salah lihat saya bung, harus pake kaca mata…

        Klau kata bapak2 yg disitu untuk display,.tadi cuman ada satu unit. Gak tahu rabu ada berapa unit yg diturunkan.. Saya tunggu resmi aja bung,

        Terima kasih ralatnya bung…
        Besok gladi bersihnya,.acara ee tertutup

  56. Maksudnya kapal selam ada juga…

    (autotextnya hp suka ganggu)

  57. Membedah PT PAL membuat Kapal selam

    Meninjau yang ditulis oleh bung open mind
    Openmind says:
    March 9, 2014 at 9:45 am
    Menurut sy koment tercerdas adl tentang STOPnya ribut2 ToT Changbogo yg sempat dipermasalahkan Jerman dan Turki. Sy termasuk orang yg tidak berani terlalu berharap spt Bung Satrio dan Bung2 Warjag yg lain. Orang yg masih menyisakan sedikit kewarasan di kepalanya pasti melihat peristiwa stopnya ribut2 ini secara tiba2 merupakan hal yg aneh. Tapi apakah penyebabnya adl krn spt analisis Bung Java (yg katanya mau jadi silent reader aja, heeheheheh) dan analisis Bung Satrio sy tidak tau, wallahu alam. IMHO.

    Bagaimana cara membuat Jerman dan Turki tidak mempermasalahkan Lisensi Korea untuk TOT ke Indonesia ?
    Coba kita sedikit mengulasnya dimulai dari mozaik potngan berita dari Artikel JKGR
    Tender Kapal Selam

    Dalam tender pengadaan 3 kapal selam waktu lalu, Rusia maju menawarkan kapal selam Kilo Class. Namun opsi pembelian kapal selam Kilo dibatalkan karena tidak ada unsur transfer teknologi, sesuai arahan Presiden SBY dalam pengadaan alutssita.
    Di saat yang sama datang Korea Selatan menawarkan kapal selam Changbogo, turunan dari U-209 Jerman dan siap melakukan transfer teknologi.

    Di saat-saat terakhir, Turki juga mengajukan penawaran. Turki sangat percaya diri akan menjadi pememang karena mengantungi lisensi U-209 dari HDW Jerman beserta teknologi AIP-nya. Tapi entah mengapa, Turki pun mental dalam tender ini. Kemungkinan karena dianggap terlambat mengajukan penawaran.

    Masyarakat pun bertanya-tanya mengapa Korea Selatan tiba-tiba membatalkan transfer teknologi dari kapal selam itu ?.

    Usut punya usut, muncullah pernyataan dari anggota Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin. Menurut Mantan Sekretaris Militer Presiden ini, kapal selam Changbogo Korea Selatan menggunakan teknologi Jerman, di mana Jerman hanya memberikan lisensinya kepada kepada Turki.

    “Kita dapat surat dari pemerintah Jerman yang isinya mempertanyakan langkah pemerintah RI membeli kapal selam dari Korsel, yang menggunakan sistem teknologi yang dimiliki Jerman. Di mana, dalam surat tersebut disebutkan bahwa pihak Korsel tidak mendapat lisensi teknologi dari Jerman. Lisensinya hanya diberikan pada Turki saja,” tuturnya.

    Menurut Mayjen purnawirawan TB Hasanuddin, surat dari Jerman itu memperingatkan Indonesia agar hati-hati atas kapal selam yang dibeli dari Korsel . Hal ini mengingat tidak ada jaminan lisensi dari negara pemilik teknologinya. Secara etika, semestinya Korsel harus minta ijin dulu ke Jerman. Tapi sampai saat ini, Korea Selatan belum melakukannya.

    Saat eforia team Tni AL berkunjung ke Northen Fleet Rusia ada mozaik berita yang terlupakan karena berita peninjauan Kilo
    Jakarta ? Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan kapal selam buatan Rusia dan Turki saat ini menjadi pertimbangan untuk didatangkan ke Indonesia
    Mahfudz mengatakan pembuatan kapal selam Changbogo ketiga yang rencana dibangun di Indonesia saja membutuhkan waktu yang banyak dan uang banyak sehingga paling mungkin Indonesia akan melakuakn pembelian secara langsung.”Nah sekarang ada dua penawaran antara Rusia kilo klas dan Turki melakukan penawaran. Dari komisi I kita akan kirim ke Rusia dan Turki untuk melihat ini semua.”
    “Untuk kilo klas sangat memungkinkan untuk tiga ALKI untuk wilayah dibagian selatan,” kata dia.(*)

    Mencoba mengaitkan dengan PT Pal yang akan membuat 10 unit KS dalam negeri berbasiskan jenis kapal selam U 209,bisa saja membuat 10 kapal selam tersebut tidak sekelas CBG saja,,tetapi juga jenis yang lebih canggih U209 yang ber AIP dengan galangan kapal lain seperti kupasan berita sbb

    TNI AL melalui Kementerian Pertahanan membeli 3 kapal selam dari Daewoo Shipbuilding Marine Engineering. Sebanyak 2 kapal selam akan diproduksi di Korea Selatan (Korsel) dan 1 unit akan diproduksi di Galangan Kapal PT PAL (Persero), Surabaya, Jawa Timur.
    Kapal ini ditargetkan tiba ke Tanah Air secara bertahap paling cepat tahun 2016 dan 2017.
    Sedangkan 10 unit dikembangkan dan diproduksi oleh PT PAL.
    “Pembuatan 10 kapal selam ini memungkinkan dibuat di Indonesia,” kata Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro di DPR Senayan Jakarta, Senin (17/2/2014)

    Menurut Assistant Engineer Naval & Special Ship Design Team/Submarine Machinery Design Group, Seung-Hoon Kim, kapal selam CBG baru ini akan lebih bagus kemampuannya dibanding dengan CBG varian sebelumnya yang dimiliki Korea Selatan.

    “Varian terbaru ini memiliki Combat Management System (CMS) yang lebih bagus dari varian sebelumnya, sehingga lebih bagus secara keseluruhan, ” jelas Kim kepada itoday, Kamis (8/11).

    Menurut rumor yang beredar, CMS yang digunakan kapal selam CBG pesanan Indonesia ini menggunakan CMS yang sama dengan CMS kapal selam U214 milik Jerman. Jika rumor itu benar, maka CBG pesanan Indonesia akan menjadi kapal selam yang menakutkan di kawasan ASEAN.

    Tidak ketinggalan Korsel juga sedang mengembangkan teknologi VLS (Vertical Launching System) pada platform U-214/1800. Sistem tersebut memungkinkan pemasangan rudal penjelajah Cheoryong, sebuah rudal jarak jauh Korsel yang mampu menjangkau sasaran sejauh 500 km, versi upgradenya bisa 1000 km. Namun apabila Jerman membatasi transfer teknologi kunci seperti tabung peluncurnya, Korsel meghadapi kesulitan untuk mengekspor kapal selam tersebut, juga regime kontrol rudal melarang ekspor rudal berdaya jelajah lebih dari 300 km. Di samping itu Thyssen-Krupp Marine System Jerman tengah mengembangkan IDAS (Interactive Defense and Attack System), suatu rudal antipesawat jarak pendek untuk kapal selam. Teknologi ini memberikan kemampuan kapal selam yang sedang menyelam untuk menyerang pesawat terbang atau heli ASW yang mengancamnya. Jarak jangkau hingga 20 km, tengah dikembangkan pada platform U-212. Menjadikan U-boat satu-satunya kapal selam yang memiliki kemampuan pertahanan udara. Kilasan teknologi kapal selam di atas membuka peluang dan cakrawala pandang Indonesia terhadap potensi pengembangan kemampuan kapal selam berbasis U-boat ke depan. Bila suatu saat bisa diakses oleh kapal selam Indonesi tidak menutup AL Indonesia akan memiliki armada kapal selam tercanggih di kawasan Asia Tenggara, melebihi Scorpene Malaysia dan Improved Kilo Vietnam.

    Kalau teknologi VLS tidak kita dapatkan dari Korea berarti harus minta ke yang punya teknologi yaitu TKMS Jerman dengan membeli beberapa unit U 214 dan meminta TOT dengan membangun U 214 digalangan kapal PT PAL yang sdang dibangun,
    Membangun Galangan Kapal senilai 1,5 Triliun akan sangat efisen bila juga bisa digunakan untuk bisa membangun sekelas U 214 ataupun kapal selam dari Rusia
    IMHO

  58. Betul kata bung Java, pas masuk utk acara besok ketat sekali dn terbatas. Krn acara bsok mnurut sya sngat penting bagi Bangsa Indonesia, merunut prkembangan geo politik yg terjadi di kawasan Asia akhir2 ini.
    Sya pribadi hrus indent pngajuan pass masuk sejak minggu lalu.. 😀
    Kemaren sempat diundang utk brtemu lgsung KSAL tp saya tdk hadir, krn beliau tdk sdg membahas gelar alutsista, hnya ingin mnyampaikan prnyataan komitmen TNI AL akn membantu penuh musibah Malaysia Airlines.
    Acara ini sbenarnya sempat akan ditunda krn musibah di Armabar, tp last minute ada instruksi jalan terus. Jdi sya hnya confirm penampakan di dermaga Madura sama spt yg disampaikan sesepuh bung @Satrio, bung @Jalo dan bung @Java.
    Utk kepastian “siluman bawah air” mhon sabar ditunggu penerawangan lgs besok. Mungkin yg ditunggu2 lg lego jangkar di luar kandang. Skrg hrus prsiapan, krn jam 6 pgi bsok hrus sdh standby d lokasi… 🙁

    • Besok tertutup bung Jiwa Bening khusus untuk undangan/pass khusus…..baik tamu maupun karyawan “kawasan obvitnas” masuk max jam 6 pagi, resminya utk karyawan masuk jam 5.30 n pulang jam 14.30 seperti hari ini tp utk hari ini tamu masih bisa bebas keluar masuk…. besok tamu pun masuk kawasan max jam 6 pagi tidak boleh keluar sampai jam 14.30. Bahkan sodara2 kita bule2 prancis yg kerja di sebelah kandang ‘bmp 3f’ besuk libur. Jd sy juga besuk tdk mampir ke “obvitnas” drpd berangkat subuh 😀

  59. PT Pal membuatkapal selam CBG berbase dari U 209 dengan daleman setara U 212 dan U 214 akan gampang membangun Kapal selam berbase body U 214
    Pengintegrasian sensor,dan persenjataan milik U 214 di base CBG U209 menjadikan pengalaman sendiri
    Beberapa komponen yang diinstal di CBG yaitu:
    CMS memakai Kongsberg MSI -90U
    ” Kongsberg Defence Systems has signed a US$ 55.5 million contract with the Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) shipbuilder from South Korea to supply of MSI-90U Mk 2 naval combat m anagement system components for three new submarines.”

    Menurut data dari Jane’s defence, khusus untuk manajemen tempur, atau Command and Weapont Control System, CBG dan Nanggala akan menggunakan MSI-90U Mk2 Kongsberg yang mampu mengendalikan 8 buah torpedo di air. Sistem ini juga bisa terintegrasi dengan Torpedo Black Shark dan SUT Mod 3.
    Bahkan Sistem MSI-90 Mk2 juga mampu menyiapkan dan mengendalikan sekaligus 4 buah rudal (Sub Harpoon dan Exocet).Selain itu, sentuhan juga disertakan pada bagian sensor alias

    Sonar. Kini Nanggala mengandalkan sonar Lopas 8300 Elac yang memiliki jarak deteksi lebih jauh serta lebih sensitif.

    Sedangkan KRI Cakra hanya memakai sonar dari jenis CSU-3-2 suite

    Perangkat lainnya yang akan diinstal di CBG menurut cuplikan berita yaitu

    The South Korean shipbuilder Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) has chosen Sagem of French group Safran to supply SIGMA 40XP inertial navigation systems for three U209 based diesel-electric powered attack submarines ordered by Indonesia in 2012.
    As part of their navigation suite, the submarines will also be equipped with ECPINS-W Sub electronic chart display and information system from OSI Maritime Systems. Indra of Spain was earlier awarded a contract to supply the submarines with the company’s Aries-S low probability of intercept radar and Pegaso electronic warfare system.

    SIGMA 40XP technology will also fits the planned six Barracuda nuclear powered attack submarines of Suffren Class for French Navy operation, of which three were already contracted (Suffren, Duguay-Trouin and Tourville) to DCNS by the French procurement agency DGA (Direction Générale de l’Armement), with first scheduled to be delivered in 2017, and as well as the diesel-powered attack submarines purchased by Brazil and India to DCNS.

    Navigation system memakai SIGMA 40XP ,,Korvet ,Sigma Indonesia juga menggunakan sistem navigasi dari Sagem.
    yang Digunakan oleh angkatan laut di 8 negara, unit Sigma 40XP dipilih untuk berbagai jenis kapal selam: Scorpene, Améthyste / SSN Rubis kelas, U209, Dolphin, Collins, KILO

    • bung @Satrio dan warjager yang lain, beberapa kali saya liat posting link gambar lebih dari satu biasanya automatis kena pending, entah itu alasannya (jumlah) atau karena jenis file gambarnya saya sendiri kurang faham :mrgreen: . untuk yang komen-nya pending karena multi link mohon bersabar karna harus diapprove manual.

    • Nah sekarang KRI 401 akan di overhoule ulang di PT PAL yang akan menggandeng TKMS jerman untuk meningkatkan performa KRI cakra dan sekalian mengganti bateray kapal selam tersebut
      Idealnya perawatan Kapal selam itu 5thn sekali,untuk pengecekan fisik dan sistem elektronik,jangan sampai seperti dulu,pada saat kondisi Kasel sudah di bwh 50% baru di servis,
      Pada pengecekan fisik dan lain2nya memang ada beberapa komponen yg harus diganti terutama komponen2 yang vital,seperti battrei,beberapa komponen engine dan sistem elektronik,serta pemeriksaan struktur ( main frame ) kapal selam,jd menurut saya itu hal wajar,apa lagii selama ini Cakra class merupakan workhorse Ks TNI AL…
      Karena hal tersebut memang harus d lakukan,apa lagii saat ini Cakra sudah 7thn lebih belum disevice sama sekali memenuhi jadwal servis berkala…
      Jadi yang di lakukan oleh pemerintah Dan TNI AL saat ini sdh benar dan sesuai prosedur\ akan pemakaian dan perawatan Kapal Selam.,

      Battere NiCad itu umurnya memang relatif pendek tapi maintenance free dan pada saat charging tidak menghasilkan gas hydrogen yg dapat menimbulkan kebakaran. Sebaliknya kalo menggunakan battere lead acid umurnya mrmang relatif panjang bisa diatas 10 tahun tapi full maintenance dan pada saat di charge menghasilkan gas hydrogen. Gas hydrogen ini yg dulu mrmbakar KS.KILO punya India.

      Syukur syukur nanti CMS dan sonar nya diganti seperti milik Nanggala
      Dan kerjasama dengan TKMS induk dari HDW (Howaldtswerke-Deutsche Werftyang) merupakan produsen kapal selam kelas U-209 dan U214 untuk membuka pengalaman akan pengintegrasian sistim modern yang dipakai oleh KS jerman untuk menambah ketrampilan PT PAL bila sudah membikin KS dalam negeri ataupun untuk perawatan KSK2BJ bila jadi dibeli :mrgreen:
      IMHO

      • bung satrio, coba tengok berita tahun kemarin.

        Beritanya begini :
        ” PT Nipress Tbk, produsen merek aki NS menyatakan bahwa mereka sudah berkolaborasi dengan TNI AL untuk mengembangkan baterai kapal selam. Produksinya sudah berjalan dan rencananya pada 2025 sudah selesai memroduksi 18 baterai masing-masing seberat 240 ton untuk 18 kapal selam.
        PT Nipress juga dipercaya memroduksi baterai untuk menggerakkan torpedo yang akan kami realisasikan di 2016. Sedangkan baterai untuk helikopter dan pesawat di 2015″

        Nah lho…. klo menurut berita tsb bahwa th 2025 kita mempunyai (target) 18 ks, itu apa mungkin target untuk ks yg diproduksi sendiri atau untuk stock gudang.

      • bung satrio, katanya ks cbg kita ada barang khususnya, kalo boleh tau apa itu? mengenai persenjataannya, katanya untuk rudal tidak mendapat ijin dari Amerika untuk pembelian Rudal SubHarpoon bahkan mungkin Sub-Exocet (Mungkin ada interferensi dari Aussie dan Singapura), rudal Hae Sung produk Korea juga idem dito alias sama aja, apa mau dibiarkan ompong dan full jadi proyek ToT? mohon pencerahan nya bung..ngeganjel banget dihati..

        • Kalau analisa saya rudal sub exocet dan sub harpon tidak terintegrasikan di KS chang bogo bukan dikarenakan ijin dari amerika atau perancis,dikarenakan interfensi singapore ataupun australia.

          Tetapi didasarkan TKMS Jerman tidak memberikan lisensi untuk pengembangan CBG yang dieksport korea ke Indonesia,sehingga teknologi meluncurkan rudal sub harpon (teknologi KS U212 dan U214) tidak bisa diaplikasikan oleh DSME.
          Kalau Korea ngotot berarti harus membayar lisensi kepada Jerman
          Masuk akal kan ? kenapa bisa begitu ? ya itu tadi alasannya walaupun korea sudah bisa memproduksi rudal sub Hae sung tetapi tidak mempunyai teknologi peluncurnya nya yaa tidak bisa dieksport.

          Jerman mungkin hanya mau memberikan teknologi peluncuran rudal sub harpon dan sub exocet bila Indonesia membeli KS dari Jerman atau Turki yang mempunyai lisensi.

          Maka dari itu saya bedah CBG diatas karena CBG pengembangan U 209 tanpa lisensi sehingga tidak semua sensor/radar,armament dan navigasinya memakai seperti U209 atau U214, karena takut akan lisensi,
          CMIIW

          • oo gitu y bung, jadi pengadaan kapal selam kilo buatan jerman jadi masuk akal sekarang..

          • Setelah kabar Kilo batal
            Penambahan Kapal selam untuk peninngkatan kemampuan Hiu Kencana MENGERUCUT ke CBG rasa Nusantara.produksi PT PAL

            Dengan Statement Menhan kapanhari bahwa TNI AL membutuhkan kapal selam yang bisa menembakkan rudal sub berdaya jangkau 300 km pastinya persayaratan ini adalah LAGU WAJIB bagi PT PAL untuk mengaplikasikannya didalam produk perdana mereka setelah menyelesaikan pembangunan jenis CBG dari Korsel (KS ketiga)

            Kapal selam mutan “NUSANTARA” ini akan bisa melepaskan rudal sub land atack baik itu melalui lubang torpedo dan rudal IDAM melalui VLS nya.
            Untuk mewujutkanka nya tentu harus berguru dulu ke MAHA GURU nya yaitu TKMS Jerman,dan Rusia

            Untuk mendapatkan ilmu ilmu itu tentunya harus ada MAHAR yang akan dibayar

            KSK2BJ bahkan akan rela distempel rasa nusantara seperti kasus Anoa distempel rimau
            ataupun Rantis Sherpa/Elang yang distempel Komodo

            Kami memang tidak bisa melihat wujut asli dari kedua kapalselam idaman rakyat Indonesia
            tetapi kami yakin bayangannya gesit bermanuver,aromanya tetap tercium harum mengangkat dedikasi Hiu Kencana menjaga teritori NKRI
            Jayalah Indonesia.

          • mahar ilmu digjaya memang mahal. memaharinya dengan puasa sendiri (R&D) hasil lebih mendalam. tapi memahari dgn uang (ToT) memang tidak murah.

            kemungkinan KS indonesia seperti menerka dgn logika. perbuatan asusila ariel dan luna terbukti karena ada bukti audio visual, ariel dan cewek lain sangat mungkin walau tidak ada bukti, sedang ariel dan mak erot sangat kecil kemungkinannya.

            selama masih masuk akal, semua kemungkinan trbuka lebar. karena yg pasti, TNI AL butuh banyak kapal selam asap. kogabwilhan juga dibentuk tahun ini, terlaluhh jika 4 kogabwilhan dicover cuman dgn 2 ks jadul

          • @nowyoudont : hahaha saya suka analogi anda bung…area seluas wilayah nusantara ini hanya dijaga oleh 2 kasel jadul sungguh menggelikan..sudah tidak patut lagi yang namanya zero enemy.

          • @ satrio

            nanti kalau mesinnya rusak ….spare partnya beli dimana..?

  60. sory terlewat nanggepin
    KS pertama Papanikolis . Pada bulan Oktober 2008 melakukan babak baru percobaan setealh diperbaiki dan Sisa masalah dianggap diselesaikan . Menurut pers pertahanan Yunani, penerimaan kapal sudah dekat

    KS ke dua Pipinos , secara resmi diluncurkan pada bulan Februari 2007 dan rencana akan diserahkan ke Yunani penerimaan akan dilakukan do pelabuhan Piraeus .
    Taktik yunani terus mengkomplain performa KS tersebut untuk meminta penurunana harga .
    tetapi kemudian yunani mengalami krisis ekonomi yang serius,

    Pada September 21, 2009 TKMS mengumumkan bahwa kontrak dengan Angkatan Laut Yunani untuk keempat kapal selam telah dibatalkan karena tunggakan negara itu lebih dari 520 juta Euro
    TKMS mengajukan arbitrase untuk menyelesaikan masalah ini

    Pada tanggal 27 Oktober 2009, Departemen Pertahanan Yunani secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka berniat menerima tiga kapal yang dibangun di Yunani .
    kapal yg dibangun di Kiel tidak akan diterima , dan akan ditawarkan untuk dijual . Hasil dari penjualan akan digunakan untuk membayar utang ke TKMS
    Seangkan yunani juga mempunyai kontrak dengan TKMS untuk meretrofit 4 KS U209nya untuk ditambahi AIP dan peningkatan sistim tempurnya,

    Di akhir 2010 Menteri Keuangan Yunani Evangelos Vanizelos mengundurkan diri tepat sebelum ia dijadwalkan untuk menerima kapal selam U214 dari Jerman senilai ratusan juta Euro. situasi ekonomi Yunani yang parah saat itu
    Kepala Angkatan Laut Yunani mengunjungi galangan kapal perusahaan HowaldtswerkeDeutsche Werft di Jerman untuk menerima kapal selam HS 123 Katsonis. Ini adalah kapal selam pertama dalam kontrak 6 unit dengan Jerman yang diterima oleh Yunani

    Sedangkan HS 120 Papanikolis,Hs 121 Pipinos dan HS 122 Matrozoz masih ditahan oleh TKMS untuk dijual melunasi hutang hutang yunani ke TKMS
    dan bila dibeli cocok diberi nama KRI Aluguro 407,KRI Cundamani 408.KRI Wijayadanu 409 :mr green:
    sedangkan 3 CBG yang akan datang bisa dikasih nama KRI Pasopati 410.KRI Hendrajala 411,dan KRI Bramastra 412 ,,pas deh 12 unit KS untuk MEF 1
    😀 😀 😀
    Imho

  61. ini benaran panther milik indonesia yang sudah datang atau hanya sample saja

  62. HOTT NEWS telah berdar daftar list
    Dari daftar tersebut memuat daftar Hoax yang pernah kita bicarakan disini,mulai SU 35,yphon,,gripen,rafael,,Bremen,Destroyer,Killo,200 MBT,pesawat aew,R han 100km
    semoga benar amin
    selamat menikmati dan silahkan terus merangkai mimpi dan MENGGAPAINYA
    cekidot

    • @bung Satrio, data tsb kok gak ada 16 flanker su 27/30??

    • AMIN…

      Ada 2 daftar “Proses Pembuatan”

      “Proses Pembuatan” yang kanan atas memang sudah diberitakan dari dulu dan sudah confirm alias tidak hoax

      Tetapi kalau “PP” yang ke-2 / yang kanan bawah itu maksudnya rencana pembelian kedepan alias masih taraf rencana atau sudah dalam proses “pembuatan” seperti CBG/Sigma/Apache?

      Sumbernya dong bung Satrio 🙂

    • Foot note nya 2013….
      kirain 2014 hehe…

      • Yup 2013 kan 2014 gak ada pembelian alutsista krna pemilu dan akhir masa bakti kabinet 😀
        SU 27 sudah tutup line produksinya
        SU 30 masih ada

        List dari tapal batas edisi 32 thn 2013 tersebut kan disaat kita sudah mempunyai 1 ska campuran SU 27/SU 30 sudah datang lengkap
        hehehehe

    • Bung Satrio, mau tanya list tsb apakah rilis resmi dari pemerintah (Kemenhan/TNI) atau dari dari mana??
      Pertanyaan kedua (maaf oot) artinya “proses pembuatan” berarti kontrak udah deal dan sudah pasti?? mohon pencerahannya, makasih.

  63. jka d amati dri talking2 diatas berarti kunci nya CBG n KSK2BJ it hanya didapat Dari TKMS+HDW y?
    stu lgi u cek kebenaran aj sperti pada ToT c705, alat sensor dsb yg dimiliki cakra n nenggala ap sdh d pastikan g bakalan disadap/dilockboleh sekutunya “£ yg pnya gembala fpda” saat patroli apalagi perang, mengingatkan dulu nkri pnya alat komunikasi inteljen yg kmudian disadap £ untuk Aussie?

  64. Kotak katik otak
    Manggut2
    Senyum sumringah
    Hehehehe

 Leave a Reply