Mar 082014
 

(U-212A Project)

Ya…judul di atas agak janggal, kita ambil dari press realese Dispenarmatim dalam berita berkaitan Komando Armada RI Kawasan Timur yang akan menggelar kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL dalam waktu dekat di dermaga Koarmatim Ujung Surabaya. Berikut petikan beritanya:

” Kemudian kapal perang jenis korvet,frigate,destroyer vanspeilk kapal patroli cepat (Fast Patrol Boat) buatan PT PAL Indonesia, Kapal Cepat Rudal dan Kapal Cepat Torpedo (KCT),kapal Penyapu Ranjau,dan Buru Ranjau (BR),kapal bantu,Kapal Selam Kelas Kilo buatan Jerman dan berbagai macam kapal perang lainnya  “

Semua formiler tahu Kapal selam jenis Kilo adalah buatan Rusia dan menimbulkan pertanyaan kapal selam yang mana yang dimaksud oleh Dispenarmatim, yang jelas-jelas tahu akan seluk beluk alutsista yang dipakai, karena mereka adalah usernya.

Kapal Selam Kilo Indonesia
Dalam release resmi terakhir pengadaan kapal selam jenis killo masih dalam tahap peninjauan team TNI AL ke pangkalan  Northen Fleet Rusia pada february lalu dan belum diputuskan akan
mengambil berapa buah kapal selam killo dari yang dihibahkan. Sehingga bila menganut statemen resmi dari pemerintah maka KS Kilo belum berenang di wilayah kedaulatan kita dan belum menjadi alutsista TNI AL.

Sedangkan bila  menurut analisa dan rumor yang berkembang di forum militer bahwa KS kilo sudah beroperasi dan sudah lama menjadi Arsenal TNI AL. Ada yang menyimpulkan TNI AL sudah mempunyai 2 unit KS Killo bekas dan 2 unit KS Improve Killo 936 yang terakhir datang pada tahun 2013 tetapi Informasinya dirahasiakan. Bila memang Informasinya dirahasiakan keberadaannya, kenapa KS Killo akan ditampilkan dalam gelar alutsista TNI AL?.

Kapal selam kelas Kilo buatan Jerman (disingkat menjadi KSK2BJ)
Yang menarik adalah mengulas kapal selam jenis ini. Bila informasi ini merupakan jenis informasi background dari pemerintah maka kita hanya bisa menganalisanya. Analisanya adalah yang dimaksud oleh Dispenarmatim itu, KS setara Killo buatan Jerman. Jenis KS buatan Jerman yang setara dengan KS Kilo adalah KS type U 212/U 214.

Kapal selam U212 adalah pengembangan dari kapal selam U209 yang ber AIP. Kapal selam baru buatan Jerman U-212 A ini hampir tidak bersuara. Juga hampir tidak memancarkan radiasi panas dan sepenuhnya terbuat dari logam non magnetik. U-212 A merupakan kapal selam tercanggih di dunia karena menggunakan sel bahan bakar hidrogen yang dikembangkan oleh galangan kapal angkatan laut Jerman Howaldtswerke Deutsche Werft, yang mengklaim itu menjadi “puncak teknologi kapal selam Jerman.”

Kapal super-stealth ini adalah yang pertama dari jenis yang akan diaktifkan oleh sel bahan bakar hidrogen revolusioner yang memungkinkan itu pelayaran tanpa kebisingan atau knalpot panas. Desain struktur sirip kemudi belakang yang berbentuk silang atau huruf “X”, mampu menyelam di perairan dangkal, bahkan hingga kedalaman hanya 15 m! Cocok sekali buat peran “sea denial” ALKI dengan kedalaman laut dangkal. Lambung atau hull menggunakan non magnetic steel, dilengkapi dengan anechoic tiles atau pelapis penyerap gelombang akustik.

Menurut Bernd Arjes, seorang kapten di Angkatan Laut Jerman. ”Kami beroperasi di perairan pesisir sekitar Eropa dan kapal selam ini dirancang khusus untuk menemukan kapal selam. Jika Anda ingin menemukan kapal selam lain tentu saja anda harus tak bersuara,” katanya. Dengan teknologi terbaru, ia menambahkan, “Kapal selam ini hampir tidak terdeteksi”. U-212 A tidak seperti kapal selam konvensional, yang perlu udara untuk membakar solar, fuel cell tidak memerlukan oksigen untuk beroperasi. Ini berarti dapat tetap terendam selama berminggu-minggu – menahan napas berkali-kali lebih lama dari sepupu kapal selam yang menenggak solar.Sebagai kapal selam pemukul kapal selam dipersenjatai 12 torpedo kelas berat yang dipandu, masing-masing mampu menghancurkan sebuah kapal perang atau menonaktifkan sebuah kapal induk.

Setelah Angkatan Laut Italia memesan 2 unit KS U 212 A versi ekspor selanjutnya diberi nama type U 214 yang diekspor ke beberapa negara diantaranya Yunani, Korea selatan,Turki dan Portugal.

KS U214 Yunani
Kontrak pertama ketika HDW memenangkan tender pembuatan tiga kapal selam diesel kelas U214 dan satu option di bawah program Archimedes pada Februari 2000. Kontrak ini merupakan kontrak pertama untuk kelas U214. Kapal selam dilengkapi dengan sistem AIP (Air-Independent Propulsion) membuat sebuah kapal selam diesel mampu beroperasi dibawah permukaan air lebih lama. ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) sebagai induk perusahaan HDW membeli HSY pada Januari 2005, menanamkan investasi yang besar untuk memodernisasi galangan kapal tersebut agar mampu membangun kapal selam modern. Saat ini, HSY menjadi galangan kapal selam konvensional terbesar dan termaju di kawasan Mediterania. Kapal selam pertama dibangun di HDW sedangkan sisanya dibangun di HSY. Konstruksi kapal selam pertama dimulai Februari 2001 dan diluncurkan di Kiel April 2004. Kapal selam pertama diberi nama HS Papanikolis S120, sedangkan kapal ketiga dan selanjutnya diberi nama HS Pipinos S121, HS Matrozos S122, dan HS Katsonis S123.

Pemerintah Yunani menolak menerima kapal selam pertama HS Papanikolis S120 dari HDW pada 2006, dengan alasan ditemukan masalah teknis dan rancangan yang cacat. AL Yunani menemukan kinerja sistem AIP yang buruk, sistem pertempuran ISUS bermasalah, isu sistem hidraulik serta buruknya kemampuan muncul dipermukaan pada high sea. AL Yunani meminta HDW untuk memperbaiki kelemahan tersebut. HDW telah melakukan perbaikan pada HS Papanikos, tetapi kapal selam masih berada di dok di Kiel sejak 2006, menunggu pemerintah Yunani menerimanya. Akan tetapi Yunani tetap tidak menerima meskipun kapal selam telah memenuhi persyaratan bahkan dalam beberapa kasus ada yang melebihi. Sebagai tambahan HS Papanikos telah mendapatkan sertifikasi dari Bundesamt für Wehrtechnik und Beschaffung (BWB). HDW meminta pembayaran HS Papanikos Juli 2007 tetapi Yunani menolak membayarnya.

HDW dan HSY mengadakan beberapa kali pertemuan dengan pemerintah Yunani lebih dari dua tahun tetapi tidak diperoleh penyelesaian. Kedua perusahaan bermaksud mencatatkan masalah ini ke arbitrase internasional.Sementara itu, tiga kapal lainnya dilaporkan telah berada pada tahap akhir penyelesaian. HS Pipinos diluncurkan April 2007, HS Matrozos 2008 dan terakhir HS Katsonis 2008. HS Okeanos S118 merupakan kapal selam pertama yang yang diluncurkan di HSY setelah dimodernisasi di bawah program Neptune II pada 26 Februari 2009.

Sebuah situs pertahanan Yunani memberitakan pada 28 Mei 2009, KASAL Yunani Laksamana George Karamalikis mengatakan AL Yunani akan menerima tiga kapal selam yang dibuat di HSY sedangkan Papanikos tidak akan diterima, sebagai gantinya akan dipesan satu kapal selam baru untuk memenuhi kebutuhan empat unit. HDW diijinkan untuk MENJUAL Papanikos kepada negara lain. Karena alasan sesungguhnya Yunani lagi dilanda resesi ekonomi berat sehingga tidak sanggup membayar pembelian Kapal selam tersebut,

HS Papanikos di HDW, Kiel, Jerman (Foto: evworld.com)

Andai KS kelas Kilo buatan Jerman itu HS Papanikolis S120
Indonesia sebagai negara pengguna KS U209 dan mempunyai hubungan baik dengan pemerintahan Jerman pastinya ditawari Kapal selam U214 yang tidak terbayar milik Yunani tersebut. Kedatangan Presiden SBY ke Jerman pada tahun 2013 menghasilkan beberapa kesepakatan pembelian alutsista.yang diungkap ke publik diantaranya pembelian 103 MBT Tank Leopard dan 50 unit Marder,18 unit Pesawat Latih Grob,pembelian material khusus untuk pasukan khusus dan pemeliharaan baterai kapal selam dan menghasilkan sebuah Memorandum of Understanding (MoU) kegiatan dalam bidang pertahanan. Sedangkan pembelian alutsista strategis lainnya bisa saja tidak diungkap ke publik karena Inodnesia dan Jerman mempunyai MOU perlindungan Informasia.

“Telah ditandatangani MoU tentang perlindungan informasi guna keperluan pengembangan industri pertahanan agar keperluan informasi industri pertahanan dapat dikelola dan dijaga oleh kedua pihak,” ujar Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin dalam keterangannya di Berlin, Jerman, pada hari Selasa tgl 5/3/2013

Bila kontrak pembelian KS U214 eks Yunani tersebut dibuat pada tahun 2013 maka pada tahun ini 2014 adalah saat kedatangan KS setara Kilo buatan Jerman dan ikut gelar alutsista TNI AL. Sebelum dikirim pastinya pihak TNI AL menginginkan perubahan perubahan speck sesuai yang diinginkan, misal penginstalan missile IDAS. IDAS (Interactive Defense and Attack System for Submarines) adalah misil anti pesawat pertama di dunia yang bisa ditembakkan dari bawah permukaan laut. IDAS menjadi salah satu ancaman P8 Poseidon karena jangkauannya cukup jauh, 20 km.

Gelar kekuatan Alutsista TNI AL pada minggu depan adalah ajang pergelaran Alutsista yang sudah dimiliki TNI AL pada periode 2004-2014. Gelar tersebut sebagai bentuk Inspeksi kesiapan Alutsista TNI AL dalam menjaga keutuhan NKRI dan Kita akan menunggu manuver KS kelas Kilo buatan Jerman atau dengan cal sign KSK2BJ

Sebagai rakyat yang cinta akan TNI yang kuat menuju Indonesia jaya tidak akan menolak bila Pemerintah mengambil kebijakan membeli KS U214 eks Yunani mengekor sukses  pembelian Usman Harun Class. – (By Satrio)

  346 Responses to “Mengintip Kapal Selam kelas Kilo buatan Jerman.”

  1.  

    Bung satrio, menarik juga tuh soal barter whiskey dengan ks kilo bekas… Hehehehe

    Kasus ini jd mengingatkan saya dengan cerita om saya tentang KRI Irian yg dibalikin ke Uni Soviet, negara kita diberikan pelatihan dan alutsista lainnya.

  2.  

    bosan juga y nunggu masalah kapal selam indonesia yg ga selesai2.tim kemhan yg berkunjung ke rusia juga blum ada berita gimana hasil jalan2 ke pangkalan AL rusia

  3.  

    Saya selalu mengamati trs komentar2 dari teman2..semoga perbedaan pendapat ini menjadi rahmat & ilmu buat semua..Amiin..!!! Tapi tetap dlm persatuan & kesatuan. Demi tegaknya NKRI.(harga mati)

  4.  

    Menyimak

  5.  

    Selamat untuk bung diego
    Lagi lagi artikelnya dicopas oleh banyak blog

  6.  

    # Bertanya kepada sesepuh..

    * Armada Ks dan skenario combat ks *

    mengingat negara2 Musang juga memiliki armada ks dgn kuantitas gabungan yg signifikan, belum lagi jika Musang itu ditambah armada Asu. Selain perimbangan teknologi ks seperti yg ditunjukan spek Kilo Jerman (KJ) diatas dgn IDAS-nya, Jumlah existing dan taktik pagelaran warga hiu kencana menuntut perubahan skenario tentunya.

    Dalam satu atau lebih battle field modern yg all out, dimungkinkan tiap matra justru head to head bersamaan, atau kombinasi silang untuk menghabisi target.

    Dalam pemikiran gue, gelaran ks pun sama saja dgn kapur dan pespur memiliki formasi2 combat yg unik untuk laut terbuka atau gerilya laut seperti geografis negeri yu (gerilya laut sebenarnya adalah oleh ks), begitu juga dgn konsep Light-medium-heavy adalah kemutlakan yg harus dimiliki.Warga hiu kencana pun wajib dimekarkan sama halnya dgn korps marinir dan korps2 lainnya.

    Bagian hoax nya (anggap z begitu), 48 unit pun menurut gue (subjectif) masih kurang, hanya sekedar mencukupi, untuk menjadikan kekuatan detergen harus lebih dari itu,

    Lebih jelasnya gue mau minta pemaparan dari sesepuh dan warjager lainnya, sekelumit kondisi terkini dan postur yg akan kita tuju dimasa mendatang dari keluarga hiu kencana ini.
    walaupun dlm bahasa kiasan is wellcome 😀

    # colek bung satrio, Nowyou, Diego, KRI, Danu,dll
    # colek sahabat2 warjager
    # colek Juragan formil yg hebat, Oke lah bin Angel eyes,
    colek mba bowo sbgai guru.

    •  

      IMHO. dengan adanya program ToT Changbogo dan pembangunan galangan untuk membangun KS dalam negeri, rasanya ga mungkin jika hanya 3 unit. Selain kualitas yang sudah pasti TNI AL juga akan ngejar kuantitas. masalah strategi saya nyerah 😀 mungkin bung @Satrio bisa bantu pencerahannya

      •  

        jika pembangunan galangan untuk membangun KS dalam negeri sudah kelar, dan semua sarana prasarana , sdm dan tehnologi serta modal sudah oke semua kira2 kapasitas produksi gmn ya??? kira2 PT PAL sanggup membangun 1 ks butuh waktu berapa lama ya?? krn akhir2 ini pt pal sering di komplain sama user (tni) krn molor tdk sesuai jadwal pengiriman, tp semoga insyaallah semua permasalahan semoga bisa diatasi deni kemajuan bangsa indonesia dlm menguasai tehnologi ks dan fregat

        •  

          Masih harus ditunggu da dilihat bung @gue, tapi IHS Jane’s meragukan tenggat waktu antara pencairan dana pembangunan infrastruktur dan batas waktu. Pemerintah sendiri menyatakan siap menyelesaikan sesuai jadwal. Hal lain yang desebut dalam IHS adalah kurangnya jumlah teknisi yang dikirim untuk alih teknologi ke Korea

          •  

            knapa tidak skema sbb :

            Pada pembuatan KS ke-3 cbg, maka ada rekruitmen baru dari semua level pekerjaannya, 10-15 orang pers bidangnya nya.
            jadi jika teknisi perdana berjumlah 210 maka setelah selesai KS ke-3 kita jadi memiliki 10x lipat tenaga SDM nya.
            sambil menunggu ks-3 selesai pemerintah membangun galangan tambahan yg diperlukan dgn tetap menempatkan assistensi tenaga ahli terkait (korsel misalnya) dlm jangka waktu tertentu.

            jadi tidak ada rupiah yg dibuang ke luar negeri untuk teknologi yg sudah dikuasai.
            # kembali kepada niat z sebetulnya

          •  

            koment gue salah mendarat/landing…

            kejadian juga nih.. 😀

            # merespon bung Alugro

          •  

            😀 nyasar ya?
            anyway, meurut saya agak susah bung. proses 1,2 dan 3 itu proses belajar.

            1. mengamati
            2. ikut praktek
            3. praktek mandiri

            saya harap yang ke 4 dst akan terus mendapat bimbingan dari penguasa teknologi, jangan sampai seperti kejadian collins class

          •  

            Proses pembuatan KS ke-3 kan di tanah air..??
            ya terserah kita mau memulai regenerasi SDM atau tidaknya,
            walaupun jadi sedikit terlambat dalam pembuatannya, tapi kita akan memilki tenaga semi akhli baru, tentu z assistensi supervisi masih terus diperlukan.

            1.Pembuatan KS-1 Mengamati (tim A,210 sdm), akhir 2014 finish. 1 unit
            2.Pembuatan KS-2 Mengamati (Tim B,210 sdm), sambil melakukan pembuatan KS-3 oleh Tim A + asistensi supervisi + (tim C, mulai mengamati dan belajar) 2015-2018, 2 unit.
            selepas 2018 diharapkan fase Praktek Mandiri, oleh 3 tim.
            3. pembuatan KS-4 oleh tim B, KS-5 oleh Tim A, KS-6 oleh Tim C
            pada fase ini skema Line paralel yg dimaksud bung Alugro bisa diterapkan.

            # maaf ngawur nih,saking pengen lihat bangsa sendiri mandiri hehe

        •  

          negara penghasil ks type u-209/212 paling cepat hanya sanggup 36bulan untuk 1ks. akan tetapi dengan kemampuan line paralel maka setelah 36bulan maka setiap 4bulan selanjutnya akan keluar adiknya. jadi pada tahun ke 4 akan komplit sebanyak 4 unit ks baru. jika dibagi rata2 seolah-olah 1 ks dikerjakan 1 tahun. jika ingin dapat 10 ks u-214 dalam jangka waktu 5 tahun caranya adalah order semuanya ke hdw, dan hdw akan subcon sebagian pekerjaan tertentu dengan turki. jika ingin jumlah yang lebih besar, sebagian pekerjaan bisa disharing juga dengan dsme.

      •  

        Bung Nowyou..
        malah dlm asumsi gue pribadi, awalnya tot changbogo adalah satu2nya cara menambah kuantitas setidaknya itu untuk konsumsi publik sehingga prediksi nya akan cukup lama nkri bisa ngimbangin, tapi keadaan suhu bertetangga yg memaksa sedikit buka kartu lagi,.. hehe

        Mengharapkan PT.Pal bisa mengerjakan sejumlah pesanan (khusus ks misalnya), dgn tenggat 36 bulan/1 ks, mau taun kapan nkri bisa memenuhi kuantitas pesenan changbogo ?? gemporlah yg ada 😀
        membangun 3-4 infrastruktur galangan serupa menjadi tuntutan.
        imho-membuat ks jenis changbogo gue rasa cukup sampe unit ke-4 atau ke-5,
        unit ke-5 dan selanjutnya mesti ganti versi, variance dan ukuran, mengingat perkembangan teknologi juga pasti sdh berubah.

    •  

      Masalah strateginya bagaimana
      Kalau mengingat kode etik yaa tidak boleh dipaparkan dipublik,
      Secret weapon pastinya juga secret operation nya.

      Yang pasti Untuk mengahadapi ancaman kapal selam penyusup ataupun kapal selam dalam satu formasi fortila musuh ,,,pihak TNI AL mempunyai strategi tersendiri baik itu mengantispasi dengan peran ASW dari kapal permukaan ,dari udara ataupun submarine warfare
      Submarine warfare menggunakan KS pemburu kapal selam dan tugas ini sangat baik diperankan oleh KS Improve kilo 636 dan KS 212A,sedangkan kelas Kilo sangat baik digunakan untuk land atack

      kemudian Strategi ASW dari kapal permukaan dan dari udara Kita membahas yang umum saja ya skenarionya :
      Pesawat/helo ASW yg berpatroli mendeteksi adanya kontak kapal selam musuh di sekitar perairan kita,stlah itu Informasi dilaporkan ke komando atas dan ke unsur KRI terdekat yang melaksanakan patroli.
      KRI dengan kecepatan penuh menuju ke posisi data kapal selam yang diberikan pesawat ASW dan meningkatkan derajat kesiagaan dengan melaksanakan peran tempur bahaya kapal selam.
      Seluruh prajurit mengawaki pos tempur masing-masing dan sonar terus aktif melaksanakan identifikasi terhadap datum kapal selam. Setelah berhasil mendeteksi keberadaan kapal selam, Komandan KRI memerintahkan Principle Warfare Officer (PWO) untuk mengunci musuh dalam jarak tembak dengan Torpedo dan Anti Submarine Rocket (Asroc).

      Bila kapalselam musuh sdh diperingatkan melalui Under Water Telephone (UWT) tidak mau muncul dipermukaan maka bisa langsung disalvo oleh KRI dan pesawat ASW

      Pendeteksian KS yang menyusup datanya bisa dari pesawat patroli atau sensor bawah laut yg sudah ditanam dicokepoin2 yg dirahasiakan tempatnya
      Sedangkan pegelaran dalam kondisi perang terbuka banyak strategi yg bisa diterapkan termasuk gerilya laut dlsb ,kapan kapan ane jabarin

      Untuk Jumlah Ideal berapa KS yang kita punya itu tergantung doktrin kita nanti
      bila masih Doktrin defensif aktif cukup 24 KS ,kalau doktrinnya ditingkatkan ya jumlah KS ditingkatkan.,bila ada 4 Kogabwilhan maka butuh 12 unit KS x 4 kogabwilhan =48 unit
      yang jenis KS disetiap kogabwilhan akan diisi armada KS komposit
      IMHO pake cmiiw

  7.  

    Artikel2 yg ada di Warjag sering/banyak yg di copas oleh Blog2 Militer lain nya..ini menjadi Bukti bhwa Artikel2 disini berbobot, sarat dgn ilmu sehingga menambah wawasan & pengetahuan yg mgkn bagi sebagian dr kita tidak mendapatkannya di pendidikan & forum2 formal lain nya.

    Maju terus utk Artikel2 yg bertujuan utk MENCERDASKAN KEHIDUPAN BERBANGSA & Memperkuat Nilai2 PERSATUAN & KESATUAN Demi KEUTUHAN & KEMANDIRIAN NKRI.

    SEKALI LAYAR TERKEMBANG, SURUT KITA BERPANTANG.

  8.  

    diskusinya seru bgt. semoga apa yg dah d bahas menambah pngtahuan kita.dari aqam jadi sdkit faham. tanpa saling menghujat.apalagi merendahkan.
    militer .dunia yg penuh kamuflase. yg jelas dilhatpun blm tentu sma dgn knytaan.aplgi skdar analisa. sedetail dan seakurat apapun.ga akan mnjamin 100% akurat. ibarat buku.mngkin hanya sampulny saja. ga sampai daftar halaman.apalagi isinya.
    biarlah para panglima dan komandan tertinggi yg tahu betul tentang alusista kita.percayalah. mereka jauh lebih mengerti….

    salam satu indonesia

  9.  

    selamat pgi sesepuh jgkr.AQ nyimak trus bung.
    @ bung jalo: jika anda bisa menyaksikan n bahkan bertanya dg operatorny lgsg so bs t pastikan anda termasuk bagian dri tnial.
    @ bung ???: maaf saya lupa namanya, stahu saya china sudah mempelajari jeroan si doberman kilo n mereka ingin memiliki mbah buyutny segala ks diesel dri rusia sbg laboratorium per Lontong-an agar bs membuat sndri pd waktu itu.
    @ bung satrio: mhon penjelasannya bhwa ada statement ” teknologi militer =awal mula teknologi untuk sipil n jaraknya adalah stidaknya 20 tahun jauh lebih maju Dari yg ada skrg?

    Salam hangat tuk semua

    •  

      ” teknologi militer =awal mula teknologi untuk sipil n jaraknya adalah stidaknya 20 tahun jauh lebih maju Dari yg ada skrg?
      ——-
      bisa kita saksikan langsung sebut saja, teknologi aerodinamika/penerbangan, sebelum versi civil, jelas militer duluan, teknologi komunikasi (elektronika), bahkan untuk entertainment Audiophile mengambil salah satu tabu dari radio komunikasi german di PD-1,
      CDMA-GSM semuanya berawal dari komunikasi militer.
      Teknologi Informatika berbasis komputer dan Internet, militer sudah menggunakannya dari era 60-an, begitu juga dgn teknologi nuklir.
      Teknik enkripsi data perbankan diambil dari enkrip-deenkrip militer juga.
      dan banyak lagi…

    •  

      Maaf baru balas bung cahaya, saya bukan anggota TNI. Saya cuman jadi paparazi TNI… Hehehehehe

  10.  

    Pagi Ini 3 nomad dan 2 CN235 NG MPA berputar putar dengan formasi dilangit surabaya melakukan gladi bersih untuk gelar alutsista besok
    Kabar kabarinya Panther sudah datang dan besok ikut dipamerin
    nunggu laporan pandangan mata bung Jalo ,bung Jiwa bening dan bung Java saja
    hehehe

    •  

      kira2 bakal ada release foto2 resmi dari Dispenarmatim ngga ya bung??
      Armabar masih sibuk ngurusi ledakan gudang amunisi,nolong malaysia nyari pesawat jatuh n pelatihan jiwa korsa..lha Armatim nya gelar alutsista..:) just kidding
      salam

    •  

      @bung satrio…..sy memang keluar masuk di sebelah patung yos sudarso, hari ini kebetulan sy juga lg ada di sekitar “situ”. Tp sy ga sempat ngintip: 1. sy ada agenda pertemuan dg user. 2. sprt yg saya jelaskan sebelumnya diatas pass masuk sy tujuannya bukan utk “itu” secara resmi….jd maaf yg lebih berkompeten adalah bung Jalo bukan saya.

      Tp doakan semoga sy bisa berpartisipasi ikut dlm project changbogo….perusahaan sy dah kontak dg prinsiple di korea ternyata ada “barang khusus” utk kasel biasa kita kerjasama dg dsme. Semoga bisa berlanjut dg changbogo di indonesia. Aamiin…Jayalah NKRI!!!!

      •  

        panthernya sudah naggkring di geladak van spielk
        Bentar lagi beredar kok foto nya karena Panther kan bukan alutsista rahasia

        @Bung Java
        semoga sukses bung java doa dari kami untuk keberhasilan CBG dan terwujutnya kemandirian

        •  

          sori ralat diatas SIGMA
          maaf mata tua da siwer ne
          hehehe

          •  
          •  

            bung satrio berarti berita dari dispenarmatim yg menyatakan
            ” peluncuran torpedo anti kapal selam dari Helikopter Bolcow BO NV-410 yang terbang dari atas geladak KRI Sultan Iskandar Muda-367″ itu dari heli Panther ya ?? bukan bolcow?

          •  

            Ini apa kayak tni ad dulu waktu pameran bawa leo, marder, caesar atross?
            nah armatim bawa heli panther dll cuma satu atau udah 11 heli yg dtg?

          •  

            ini hanya sekedar dipinjamkan (1 barang sample) atau memang sudah punya 11 unit jangan2..pengen ngelihat tentengan torpedo nya 🙂

          •  

            Di angkasa readers penampakan panther tni al sudah utuh gambarnya

          •  

            Tadi saya lihat panther terbang… Saya tanya katanya itu untuk display aja… Disuruh nunggu pak presiden yg resmiin…

            Tadi ada 2 rudal yg dipajang, yaitu yakhont dan C-705… Maaf teman2 saya gak bisa moto, karena kata bapak2 TNI tunggu hari Rabu aja…

    •  

      Maaf bung satrio, besok saya balik ke jakarta… Jadi tidak ikut peresmiannya, saya pantau latihan rajawali perkasa di bandara Halim aja… Kegiatan latihannya dilakukan mulai rabu juga.

      Semangat ya bung jiwa bening…
      Maaf bung warjag lainnya saya disuruh pulang ama kantor… Hehehehehe

  11.  

    betul bung Boom, …. intrusi dari warung sebelah yg hanya copas-copas berita-berita militer trus pada comelan and celotehan … ga ada yang adu argumen teknikal dan ga ada ulasan teknikalnya, …. paling-paling argumen siapa-siapa yg paling duluan posting, hoax-hoax-hoax (..yaa segitu aja ) , onani otaklah , …

    *a posse ad esse non valet consequentia*

  12.  

    Hasil pandangan mata tadi itu ada 4 sigma KRI Sultan Hasanuddin, Sultan Iskandar Muda, Diponegoro, dan Frans Kaisepo. LPD Banda Aceh, Makassar, Banjarmasin dan Surabaya, Kcr 60-40, dll. Tank Bmp-3f beserta alat tempur brigif 1.

    Rudal ada Yakhont, C-70 dan roket R-Han. Helikopter yg disebutin bung satrio (Panther beserta pensilnya), kapal selam adaku, dan rencana juga ada penyerahan 1 pesawat casa MPA untuk puspenerbal, dll (silahkan diterka atau tunggu release resmi dari pemerintah-takut jadi korban den karung, hehehehehehe)…

    Jangan lupa, hari rabu juga ada latihan Rajawali Perkasa…

    Semangat, salam….

    •  

      Maap, C-705

    •  

      Ralat bung Jalo
      Mungkin yang dilihat hanya 3 KRI Sigma saja karena Sigma Frans Kaisepo 368 lagi perjalanan ke Lebanon misi PBB.
      Kemarin sih Frans Kaiespo sudah sampai belawan medan mau sandar dulu 4 hari mungkin sekarang sudah perjalanan menuju Kolombo (Srilanka)

      Perihal Panther itu pinjaman atau gimana nunggu release resmi pemerintah saja karena ini bukan alutsista rahasia jadi pasti akan di publis beritanya,

      •  

        Oohh iya bung, terima kasih bung satrio…

        Kayaknya salah lihat saya bung, harus pake kaca mata…

        Klau kata bapak2 yg disitu untuk display,.tadi cuman ada satu unit. Gak tahu rabu ada berapa unit yg diturunkan.. Saya tunggu resmi aja bung,

        Terima kasih ralatnya bung…
        Besok gladi bersihnya,.acara ee tertutup

  13.  

    Maksudnya kapal selam ada juga…

    (autotextnya hp suka ganggu)

  14.  

    Membedah PT PAL membuat Kapal selam

    Meninjau yang ditulis oleh bung open mind
    Openmind says:
    March 9, 2014 at 9:45 am
    Menurut sy koment tercerdas adl tentang STOPnya ribut2 ToT Changbogo yg sempat dipermasalahkan Jerman dan Turki. Sy termasuk orang yg tidak berani terlalu berharap spt Bung Satrio dan Bung2 Warjag yg lain. Orang yg masih menyisakan sedikit kewarasan di kepalanya pasti melihat peristiwa stopnya ribut2 ini secara tiba2 merupakan hal yg aneh. Tapi apakah penyebabnya adl krn spt analisis Bung Java (yg katanya mau jadi silent reader aja, heeheheheh) dan analisis Bung Satrio sy tidak tau, wallahu alam. IMHO.

    Bagaimana cara membuat Jerman dan Turki tidak mempermasalahkan Lisensi Korea untuk TOT ke Indonesia ?
    Coba kita sedikit mengulasnya dimulai dari mozaik potngan berita dari Artikel JKGR
    Tender Kapal Selam

    Dalam tender pengadaan 3 kapal selam waktu lalu, Rusia maju menawarkan kapal selam Kilo Class. Namun opsi pembelian kapal selam Kilo dibatalkan karena tidak ada unsur transfer teknologi, sesuai arahan Presiden SBY dalam pengadaan alutssita.
    Di saat yang sama datang Korea Selatan menawarkan kapal selam Changbogo, turunan dari U-209 Jerman dan siap melakukan transfer teknologi.

    Di saat-saat terakhir, Turki juga mengajukan penawaran. Turki sangat percaya diri akan menjadi pememang karena mengantungi lisensi U-209 dari HDW Jerman beserta teknologi AIP-nya. Tapi entah mengapa, Turki pun mental dalam tender ini. Kemungkinan karena dianggap terlambat mengajukan penawaran.

    Masyarakat pun bertanya-tanya mengapa Korea Selatan tiba-tiba membatalkan transfer teknologi dari kapal selam itu ?.

    Usut punya usut, muncullah pernyataan dari anggota Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin. Menurut Mantan Sekretaris Militer Presiden ini, kapal selam Changbogo Korea Selatan menggunakan teknologi Jerman, di mana Jerman hanya memberikan lisensinya kepada kepada Turki.

    “Kita dapat surat dari pemerintah Jerman yang isinya mempertanyakan langkah pemerintah RI membeli kapal selam dari Korsel, yang menggunakan sistem teknologi yang dimiliki Jerman. Di mana, dalam surat tersebut disebutkan bahwa pihak Korsel tidak mendapat lisensi teknologi dari Jerman. Lisensinya hanya diberikan pada Turki saja,” tuturnya.

    Menurut Mayjen purnawirawan TB Hasanuddin, surat dari Jerman itu memperingatkan Indonesia agar hati-hati atas kapal selam yang dibeli dari Korsel . Hal ini mengingat tidak ada jaminan lisensi dari negara pemilik teknologinya. Secara etika, semestinya Korsel harus minta ijin dulu ke Jerman. Tapi sampai saat ini, Korea Selatan belum melakukannya.

    Saat eforia team Tni AL berkunjung ke Northen Fleet Rusia ada mozaik berita yang terlupakan karena berita peninjauan Kilo
    Jakarta ? Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan kapal selam buatan Rusia dan Turki saat ini menjadi pertimbangan untuk didatangkan ke Indonesia
    Mahfudz mengatakan pembuatan kapal selam Changbogo ketiga yang rencana dibangun di Indonesia saja membutuhkan waktu yang banyak dan uang banyak sehingga paling mungkin Indonesia akan melakuakn pembelian secara langsung.”Nah sekarang ada dua penawaran antara Rusia kilo klas dan Turki melakukan penawaran. Dari komisi I kita akan kirim ke Rusia dan Turki untuk melihat ini semua.”
    “Untuk kilo klas sangat memungkinkan untuk tiga ALKI untuk wilayah dibagian selatan,” kata dia.(*)

    Mencoba mengaitkan dengan PT Pal yang akan membuat 10 unit KS dalam negeri berbasiskan jenis kapal selam U 209,bisa saja membuat 10 kapal selam tersebut tidak sekelas CBG saja,,tetapi juga jenis yang lebih canggih U209 yang ber AIP dengan galangan kapal lain seperti kupasan berita sbb

    TNI AL melalui Kementerian Pertahanan membeli 3 kapal selam dari Daewoo Shipbuilding Marine Engineering. Sebanyak 2 kapal selam akan diproduksi di Korea Selatan (Korsel) dan 1 unit akan diproduksi di Galangan Kapal PT PAL (Persero), Surabaya, Jawa Timur.
    Kapal ini ditargetkan tiba ke Tanah Air secara bertahap paling cepat tahun 2016 dan 2017.
    Sedangkan 10 unit dikembangkan dan diproduksi oleh PT PAL.
    “Pembuatan 10 kapal selam ini memungkinkan dibuat di Indonesia,” kata Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro di DPR Senayan Jakarta, Senin (17/2/2014)

    Menurut Assistant Engineer Naval & Special Ship Design Team/Submarine Machinery Design Group, Seung-Hoon Kim, kapal selam CBG baru ini akan lebih bagus kemampuannya dibanding dengan CBG varian sebelumnya yang dimiliki Korea Selatan.

    “Varian terbaru ini memiliki Combat Management System (CMS) yang lebih bagus dari varian sebelumnya, sehingga lebih bagus secara keseluruhan, ” jelas Kim kepada itoday, Kamis (8/11).

    Menurut rumor yang beredar, CMS yang digunakan kapal selam CBG pesanan Indonesia ini menggunakan CMS yang sama dengan CMS kapal selam U214 milik Jerman. Jika rumor itu benar, maka CBG pesanan Indonesia akan menjadi kapal selam yang menakutkan di kawasan ASEAN.

    Tidak ketinggalan Korsel juga sedang mengembangkan teknologi VLS (Vertical Launching System) pada platform U-214/1800. Sistem tersebut memungkinkan pemasangan rudal penjelajah Cheoryong, sebuah rudal jarak jauh Korsel yang mampu menjangkau sasaran sejauh 500 km, versi upgradenya bisa 1000 km. Namun apabila Jerman membatasi transfer teknologi kunci seperti tabung peluncurnya, Korsel meghadapi kesulitan untuk mengekspor kapal selam tersebut, juga regime kontrol rudal melarang ekspor rudal berdaya jelajah lebih dari 300 km. Di samping itu Thyssen-Krupp Marine System Jerman tengah mengembangkan IDAS (Interactive Defense and Attack System), suatu rudal antipesawat jarak pendek untuk kapal selam. Teknologi ini memberikan kemampuan kapal selam yang sedang menyelam untuk menyerang pesawat terbang atau heli ASW yang mengancamnya. Jarak jangkau hingga 20 km, tengah dikembangkan pada platform U-212. Menjadikan U-boat satu-satunya kapal selam yang memiliki kemampuan pertahanan udara. Kilasan teknologi kapal selam di atas membuka peluang dan cakrawala pandang Indonesia terhadap potensi pengembangan kemampuan kapal selam berbasis U-boat ke depan. Bila suatu saat bisa diakses oleh kapal selam Indonesi tidak menutup AL Indonesia akan memiliki armada kapal selam tercanggih di kawasan Asia Tenggara, melebihi Scorpene Malaysia dan Improved Kilo Vietnam.

    Kalau teknologi VLS tidak kita dapatkan dari Korea berarti harus minta ke yang punya teknologi yaitu TKMS Jerman dengan membeli beberapa unit U 214 dan meminta TOT dengan membangun U 214 digalangan kapal PT PAL yang sdang dibangun,
    Membangun Galangan Kapal senilai 1,5 Triliun akan sangat efisen bila juga bisa digunakan untuk bisa membangun sekelas U 214 ataupun kapal selam dari Rusia
    IMHO

  15.  

    Betul kata bung Java, pas masuk utk acara besok ketat sekali dn terbatas. Krn acara bsok mnurut sya sngat penting bagi Bangsa Indonesia, merunut prkembangan geo politik yg terjadi di kawasan Asia akhir2 ini.
    Sya pribadi hrus indent pngajuan pass masuk sejak minggu lalu.. 😀
    Kemaren sempat diundang utk brtemu lgsung KSAL tp saya tdk hadir, krn beliau tdk sdg membahas gelar alutsista, hnya ingin mnyampaikan prnyataan komitmen TNI AL akn membantu penuh musibah Malaysia Airlines.
    Acara ini sbenarnya sempat akan ditunda krn musibah di Armabar, tp last minute ada instruksi jalan terus. Jdi sya hnya confirm penampakan di dermaga Madura sama spt yg disampaikan sesepuh bung @Satrio, bung @Jalo dan bung @Java.
    Utk kepastian “siluman bawah air” mhon sabar ditunggu penerawangan lgs besok. Mungkin yg ditunggu2 lg lego jangkar di luar kandang. Skrg hrus prsiapan, krn jam 6 pgi bsok hrus sdh standby d lokasi… 🙁

    •  

      Besok tertutup bung Jiwa Bening khusus untuk undangan/pass khusus…..baik tamu maupun karyawan “kawasan obvitnas” masuk max jam 6 pagi, resminya utk karyawan masuk jam 5.30 n pulang jam 14.30 seperti hari ini tp utk hari ini tamu masih bisa bebas keluar masuk…. besok tamu pun masuk kawasan max jam 6 pagi tidak boleh keluar sampai jam 14.30. Bahkan sodara2 kita bule2 prancis yg kerja di sebelah kandang ‘bmp 3f’ besuk libur. Jd sy juga besuk tdk mampir ke “obvitnas” drpd berangkat subuh 😀

  16.  

    PT Pal membuatkapal selam CBG berbase dari U 209 dengan daleman setara U 212 dan U 214 akan gampang membangun Kapal selam berbase body U 214
    Pengintegrasian sensor,dan persenjataan milik U 214 di base CBG U209 menjadikan pengalaman sendiri
    Beberapa komponen yang diinstal di CBG yaitu:
    CMS memakai Kongsberg MSI -90U
    ” Kongsberg Defence Systems has signed a US$ 55.5 million contract with the Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) shipbuilder from South Korea to supply of MSI-90U Mk 2 naval combat m anagement system components for three new submarines.”

    Menurut data dari Jane’s defence, khusus untuk manajemen tempur, atau Command and Weapont Control System, CBG dan Nanggala akan menggunakan MSI-90U Mk2 Kongsberg yang mampu mengendalikan 8 buah torpedo di air. Sistem ini juga bisa terintegrasi dengan Torpedo Black Shark dan SUT Mod 3.
    Bahkan Sistem MSI-90 Mk2 juga mampu menyiapkan dan mengendalikan sekaligus 4 buah rudal (Sub Harpoon dan Exocet).Selain itu, sentuhan juga disertakan pada bagian sensor alias

    Sonar. Kini Nanggala mengandalkan sonar Lopas 8300 Elac yang memiliki jarak deteksi lebih jauh serta lebih sensitif.

    Sedangkan KRI Cakra hanya memakai sonar dari jenis CSU-3-2 suite

    Perangkat lainnya yang akan diinstal di CBG menurut cuplikan berita yaitu

    The South Korean shipbuilder Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) has chosen Sagem of French group Safran to supply SIGMA 40XP inertial navigation systems for three U209 based diesel-electric powered attack submarines ordered by Indonesia in 2012.
    As part of their navigation suite, the submarines will also be equipped with ECPINS-W Sub electronic chart display and information system from OSI Maritime Systems. Indra of Spain was earlier awarded a contract to supply the submarines with the company’s Aries-S low probability of intercept radar and Pegaso electronic warfare system.

    SIGMA 40XP technology will also fits the planned six Barracuda nuclear powered attack submarines of Suffren Class for French Navy operation, of which three were already contracted (Suffren, Duguay-Trouin and Tourville) to DCNS by the French procurement agency DGA (Direction Générale de l’Armement), with first scheduled to be delivered in 2017, and as well as the diesel-powered attack submarines purchased by Brazil and India to DCNS.

    Navigation system memakai SIGMA 40XP ,,Korvet ,Sigma Indonesia juga menggunakan sistem navigasi dari Sagem.
    yang Digunakan oleh angkatan laut di 8 negara, unit Sigma 40XP dipilih untuk berbagai jenis kapal selam: Scorpene, Améthyste / SSN Rubis kelas, U209, Dolphin, Collins, KILO

    •  

      bung @Satrio dan warjager yang lain, beberapa kali saya liat posting link gambar lebih dari satu biasanya automatis kena pending, entah itu alasannya (jumlah) atau karena jenis file gambarnya saya sendiri kurang faham :mrgreen: . untuk yang komen-nya pending karena multi link mohon bersabar karna harus diapprove manual.

    •  

      Nah sekarang KRI 401 akan di overhoule ulang di PT PAL yang akan menggandeng TKMS jerman untuk meningkatkan performa KRI cakra dan sekalian mengganti bateray kapal selam tersebut
      Idealnya perawatan Kapal selam itu 5thn sekali,untuk pengecekan fisik dan sistem elektronik,jangan sampai seperti dulu,pada saat kondisi Kasel sudah di bwh 50% baru di servis,
      Pada pengecekan fisik dan lain2nya memang ada beberapa komponen yg harus diganti terutama komponen2 yang vital,seperti battrei,beberapa komponen engine dan sistem elektronik,serta pemeriksaan struktur ( main frame ) kapal selam,jd menurut saya itu hal wajar,apa lagii selama ini Cakra class merupakan workhorse Ks TNI AL…
      Karena hal tersebut memang harus d lakukan,apa lagii saat ini Cakra sudah 7thn lebih belum disevice sama sekali memenuhi jadwal servis berkala…
      Jadi yang di lakukan oleh pemerintah Dan TNI AL saat ini sdh benar dan sesuai prosedur\ akan pemakaian dan perawatan Kapal Selam.,

      Battere NiCad itu umurnya memang relatif pendek tapi maintenance free dan pada saat charging tidak menghasilkan gas hydrogen yg dapat menimbulkan kebakaran. Sebaliknya kalo menggunakan battere lead acid umurnya mrmang relatif panjang bisa diatas 10 tahun tapi full maintenance dan pada saat di charge menghasilkan gas hydrogen. Gas hydrogen ini yg dulu mrmbakar KS.KILO punya India.

      Syukur syukur nanti CMS dan sonar nya diganti seperti milik Nanggala
      Dan kerjasama dengan TKMS induk dari HDW (Howaldtswerke-Deutsche Werftyang) merupakan produsen kapal selam kelas U-209 dan U214 untuk membuka pengalaman akan pengintegrasian sistim modern yang dipakai oleh KS jerman untuk menambah ketrampilan PT PAL bila sudah membikin KS dalam negeri ataupun untuk perawatan KSK2BJ bila jadi dibeli :mrgreen:
      IMHO

      •  

        bung satrio, coba tengok berita tahun kemarin.

        Beritanya begini :
        ” PT Nipress Tbk, produsen merek aki NS menyatakan bahwa mereka sudah berkolaborasi dengan TNI AL untuk mengembangkan baterai kapal selam. Produksinya sudah berjalan dan rencananya pada 2025 sudah selesai memroduksi 18 baterai masing-masing seberat 240 ton untuk 18 kapal selam.
        PT Nipress juga dipercaya memroduksi baterai untuk menggerakkan torpedo yang akan kami realisasikan di 2016. Sedangkan baterai untuk helikopter dan pesawat di 2015″

        Nah lho…. klo menurut berita tsb bahwa th 2025 kita mempunyai (target) 18 ks, itu apa mungkin target untuk ks yg diproduksi sendiri atau untuk stock gudang.

      •  

        bung satrio, katanya ks cbg kita ada barang khususnya, kalo boleh tau apa itu? mengenai persenjataannya, katanya untuk rudal tidak mendapat ijin dari Amerika untuk pembelian Rudal SubHarpoon bahkan mungkin Sub-Exocet (Mungkin ada interferensi dari Aussie dan Singapura), rudal Hae Sung produk Korea juga idem dito alias sama aja, apa mau dibiarkan ompong dan full jadi proyek ToT? mohon pencerahan nya bung..ngeganjel banget dihati..

        •  

          Kalau analisa saya rudal sub exocet dan sub harpon tidak terintegrasikan di KS chang bogo bukan dikarenakan ijin dari amerika atau perancis,dikarenakan interfensi singapore ataupun australia.

          Tetapi didasarkan TKMS Jerman tidak memberikan lisensi untuk pengembangan CBG yang dieksport korea ke Indonesia,sehingga teknologi meluncurkan rudal sub harpon (teknologi KS U212 dan U214) tidak bisa diaplikasikan oleh DSME.
          Kalau Korea ngotot berarti harus membayar lisensi kepada Jerman
          Masuk akal kan ? kenapa bisa begitu ? ya itu tadi alasannya walaupun korea sudah bisa memproduksi rudal sub Hae sung tetapi tidak mempunyai teknologi peluncurnya nya yaa tidak bisa dieksport.

          Jerman mungkin hanya mau memberikan teknologi peluncuran rudal sub harpon dan sub exocet bila Indonesia membeli KS dari Jerman atau Turki yang mempunyai lisensi.

          Maka dari itu saya bedah CBG diatas karena CBG pengembangan U 209 tanpa lisensi sehingga tidak semua sensor/radar,armament dan navigasinya memakai seperti U209 atau U214, karena takut akan lisensi,
          CMIIW

          •  

            oo gitu y bung, jadi pengadaan kapal selam kilo buatan jerman jadi masuk akal sekarang..

          •  

            Setelah kabar Kilo batal
            Penambahan Kapal selam untuk peninngkatan kemampuan Hiu Kencana MENGERUCUT ke CBG rasa Nusantara.produksi PT PAL

            Dengan Statement Menhan kapanhari bahwa TNI AL membutuhkan kapal selam yang bisa menembakkan rudal sub berdaya jangkau 300 km pastinya persayaratan ini adalah LAGU WAJIB bagi PT PAL untuk mengaplikasikannya didalam produk perdana mereka setelah menyelesaikan pembangunan jenis CBG dari Korsel (KS ketiga)

            Kapal selam mutan “NUSANTARA” ini akan bisa melepaskan rudal sub land atack baik itu melalui lubang torpedo dan rudal IDAM melalui VLS nya.
            Untuk mewujutkanka nya tentu harus berguru dulu ke MAHA GURU nya yaitu TKMS Jerman,dan Rusia

            Untuk mendapatkan ilmu ilmu itu tentunya harus ada MAHAR yang akan dibayar

            KSK2BJ bahkan akan rela distempel rasa nusantara seperti kasus Anoa distempel rimau
            ataupun Rantis Sherpa/Elang yang distempel Komodo

            Kami memang tidak bisa melihat wujut asli dari kedua kapalselam idaman rakyat Indonesia
            tetapi kami yakin bayangannya gesit bermanuver,aromanya tetap tercium harum mengangkat dedikasi Hiu Kencana menjaga teritori NKRI
            Jayalah Indonesia.

          •  

            mahar ilmu digjaya memang mahal. memaharinya dengan puasa sendiri (R&D) hasil lebih mendalam. tapi memahari dgn uang (ToT) memang tidak murah.

            kemungkinan KS indonesia seperti menerka dgn logika. perbuatan asusila ariel dan luna terbukti karena ada bukti audio visual, ariel dan cewek lain sangat mungkin walau tidak ada bukti, sedang ariel dan mak erot sangat kecil kemungkinannya.

            selama masih masuk akal, semua kemungkinan trbuka lebar. karena yg pasti, TNI AL butuh banyak kapal selam asap. kogabwilhan juga dibentuk tahun ini, terlaluhh jika 4 kogabwilhan dicover cuman dgn 2 ks jadul

          •  

            @nowyoudont : hahaha saya suka analogi anda bung…area seluas wilayah nusantara ini hanya dijaga oleh 2 kasel jadul sungguh menggelikan..sudah tidak patut lagi yang namanya zero enemy.

          •  

            @ satrio

            nanti kalau mesinnya rusak ….spare partnya beli dimana..?

  17.  

    sory terlewat nanggepin
    KS pertama Papanikolis . Pada bulan Oktober 2008 melakukan babak baru percobaan setealh diperbaiki dan Sisa masalah dianggap diselesaikan . Menurut pers pertahanan Yunani, penerimaan kapal sudah dekat

    KS ke dua Pipinos , secara resmi diluncurkan pada bulan Februari 2007 dan rencana akan diserahkan ke Yunani penerimaan akan dilakukan do pelabuhan Piraeus .
    Taktik yunani terus mengkomplain performa KS tersebut untuk meminta penurunana harga .
    tetapi kemudian yunani mengalami krisis ekonomi yang serius,

    Pada September 21, 2009 TKMS mengumumkan bahwa kontrak dengan Angkatan Laut Yunani untuk keempat kapal selam telah dibatalkan karena tunggakan negara itu lebih dari 520 juta Euro
    TKMS mengajukan arbitrase untuk menyelesaikan masalah ini

    Pada tanggal 27 Oktober 2009, Departemen Pertahanan Yunani secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka berniat menerima tiga kapal yang dibangun di Yunani .
    kapal yg dibangun di Kiel tidak akan diterima , dan akan ditawarkan untuk dijual . Hasil dari penjualan akan digunakan untuk membayar utang ke TKMS
    Seangkan yunani juga mempunyai kontrak dengan TKMS untuk meretrofit 4 KS U209nya untuk ditambahi AIP dan peningkatan sistim tempurnya,

    Di akhir 2010 Menteri Keuangan Yunani Evangelos Vanizelos mengundurkan diri tepat sebelum ia dijadwalkan untuk menerima kapal selam U214 dari Jerman senilai ratusan juta Euro. situasi ekonomi Yunani yang parah saat itu
    Kepala Angkatan Laut Yunani mengunjungi galangan kapal perusahaan HowaldtswerkeDeutsche Werft di Jerman untuk menerima kapal selam HS 123 Katsonis. Ini adalah kapal selam pertama dalam kontrak 6 unit dengan Jerman yang diterima oleh Yunani

    Sedangkan HS 120 Papanikolis,Hs 121 Pipinos dan HS 122 Matrozoz masih ditahan oleh TKMS untuk dijual melunasi hutang hutang yunani ke TKMS
    dan bila dibeli cocok diberi nama KRI Aluguro 407,KRI Cundamani 408.KRI Wijayadanu 409 :mr green:
    sedangkan 3 CBG yang akan datang bisa dikasih nama KRI Pasopati 410.KRI Hendrajala 411,dan KRI Bramastra 412 ,,pas deh 12 unit KS untuk MEF 1
    😀 😀 😀
    Imho

  18.  

    ini benaran panther milik indonesia yang sudah datang atau hanya sample saja

  19.  

    HOTT NEWS telah berdar daftar list
    Dari daftar tersebut memuat daftar Hoax yang pernah kita bicarakan disini,mulai SU 35,yphon,,gripen,rafael,,Bremen,Destroyer,Killo,200 MBT,pesawat aew,R han 100km
    semoga benar amin
    selamat menikmati dan silahkan terus merangkai mimpi dan MENGGAPAINYA
    cekidot

    •  

      @bung Satrio, data tsb kok gak ada 16 flanker su 27/30??

    •  

      AMIN…

      Ada 2 daftar “Proses Pembuatan”

      “Proses Pembuatan” yang kanan atas memang sudah diberitakan dari dulu dan sudah confirm alias tidak hoax

      Tetapi kalau “PP” yang ke-2 / yang kanan bawah itu maksudnya rencana pembelian kedepan alias masih taraf rencana atau sudah dalam proses “pembuatan” seperti CBG/Sigma/Apache?

      Sumbernya dong bung Satrio 🙂

    •  

      Foot note nya 2013….
      kirain 2014 hehe…

      •  

        Yup 2013 kan 2014 gak ada pembelian alutsista krna pemilu dan akhir masa bakti kabinet 😀
        SU 27 sudah tutup line produksinya
        SU 30 masih ada

        List dari tapal batas edisi 32 thn 2013 tersebut kan disaat kita sudah mempunyai 1 ska campuran SU 27/SU 30 sudah datang lengkap
        hehehehe

    •  

      Bung Satrio, mau tanya list tsb apakah rilis resmi dari pemerintah (Kemenhan/TNI) atau dari dari mana??
      Pertanyaan kedua (maaf oot) artinya “proses pembuatan” berarti kontrak udah deal dan sudah pasti?? mohon pencerahannya, makasih.

  20.  

    jka d amati dri talking2 diatas berarti kunci nya CBG n KSK2BJ it hanya didapat Dari TKMS+HDW y?
    stu lgi u cek kebenaran aj sperti pada ToT c705, alat sensor dsb yg dimiliki cakra n nenggala ap sdh d pastikan g bakalan disadap/dilockboleh sekutunya “£ yg pnya gembala fpda” saat patroli apalagi perang, mengingatkan dulu nkri pnya alat komunikasi inteljen yg kmudian disadap £ untuk Aussie?

  21.  

    Kotak katik otak
    Manggut2
    Senyum sumringah
    Hehehehe

 Leave a Reply