Mengintip Kecanggihan Drone Perahu AL Kerajaan Inggris

Sebuah speedboat niarawak, saat ini sedang dipersiapkan Angkatan Laut (AL) kerajaan Inggris. Perahu yang diberi nama Maritime Autonomy Surface Testbed (MAST) ini tengah melakukan uji coba di Sungai Thames.

MAST juga dapat dikendarai oleh manusia dan dioperasikan jarak jauh. Perahu ini mempunyai panjang 34 kaki dan mampu menjangkau target dengan kecepatan 60 mph. AL Inggris juga akan menguji MAST dalam latihan Unmanned Warrior pada bulan Oktober, di pantai utara Skotlandia.

“Ini adalah kesempatan untuk mengambil lompatan besar dalam sistem maritim. Bukan mengambil alih tugas manusia tetapi untuk meningkatkan segala sesuatu yang mereka lakukan, untuk memperluas jangkauan kami, penglihatan kami, rentang waktu, dan efisiensi dengan menggunakan robot cerdas dan dapat dikendalikan di laut,” ujar perwira AL Inggris, Peter Pipkin, seperti dikutip dari Sputniknews, Rabu (7/9/2016).

Nantinya, MAST akan digunakan untuk menjalankan misi pengintaian dan pengawasan. Sayangnya, urusan teknologi pihak AL kerajaan Inggris belum mau menjelaskan lebih lanjut

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar