Mengintip Kecanggihan Kapal Perang Rusia di Tanjung Priok

47
201

http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2014/11/08/40/921500/mengintip-kecanggihan-kapal-perang-rusia-di-tanjung-priok-sf1.jpg

Kapal latih tempur Rusia Yaroslav Modri yang sedang singgah di Tanjung Priok, Jakarta.

JAKARTA – Rusia menobatkan diri sebagai negara dengan kekuatan militer yang luar biasa besar, baik di darat, udara ataupun laut. Sindonews.com berkesempatan untuk melihat secara dekat contoh kecil dari kapal perang Rusia itu.

Pada Jumat (7/11/2014), Sindonews.com diundang untuk melihat salah satu kapal latih tempur milik Rusia. Yakni kapal Yaroslav Modri di dermaga 2, Tanjung Priok, Jakarta. Kapal ini pertama kali digunakan Rusia pada tahun 2008, sebagai salah satu armada latih mereka.

Atase Pers Kedutaan Besar Rusia di Indonesia, Dmirtry Solodov, menunjukan beberapa sisi kapal canggih Rusia itu.”Kapal ini memiliki teknologi anti-pesawat,” ucap Solodov saat menjelaskan salah satu senjata yang dimiliki kapal Yaroslav Modri.

Selain memiliki teknologi anti-pesawat, kapal itu juga dilengkapi dengan teknologi pencegat rudal, dan tentu saja peluncur rudal yang biasa dipasang di kapal perang pada umumnya.”Kapal ini juga memiliki peluncur torpedo,” lanjut Solodov.

Kapal ini juga dilengkapi dengan sebuah helikopter yang difungsikan untuk memantau perairan di mana kapal tersebut berlayar. Setelah di Indonesia, kapal tersebut akan berlayar menuju Singapura tengah malam tadi. (sindonews.com)

47 KOMENTAR

  1. Harapan besar kami adalah Rusia memberikan kesempatan Transfer of Technology untuk kapal perang permukaan sekelas kapal penjelajah berat (cruiser) kelas Slava dan kapal perusak (destroyer) kelas Sovremennyy. Kalaupun belum boleh, belilah Pak Jokowi masing – masing 1 aja. πŸ™‚

  2. Sy berusaha untuk mencerna ArtikeL di atas dengan juduL “Mengintip Kecanggihan KapaL Perang Rusia ” tapi penjeLasannya ga’ spesifik , apakah dia termasuk keLas SLava CLass atau Kirov CLass , tapi ternyata KapaL Latih Tempur?!

  3. Kebijakan pemerntah baru yang berorientasi pada maritim terlebih lagi pernyataan Menhan yang memprioritaskan AL akan merangsang banyak produsen kapal untuk menawarkan produknya. Kita lihat, setelah ini siapa lagi yang akan datang menawarkan kapalnya hehe

  4. Kapal dr Rusia ini dari kelas Frigate Neustrashimy class.. sekelas dengan frigate Oliver hazard Perry kalau dr USA.. mending destoyer Sovremeney sekalian.. jauh lebih garang.. tp propulsi nya masih pake boiler.. jadul.. skrg kalau ga pake CODOG atau CODOD.. lebih efisien..
    IMHO

  5. salut untuk rusia meski sempat terpuruk dan ekeonomi kalah dari asu tapi mampu menghadirkan kekuatan militer yg hebat, negara manapun akan berpikir ribuan kali untuk berperang dgn rusia bahkan adidaya asu + sekutunya yg berisi negara2 kuat tetap ga berani menggebuk rusia, padahal asu cs sering menggunakan otot untuk memaksakan kehendaknya seperti invasi irak yg jelas2 tak direstui pbb tapi asu cs tetap menghantam irak dgn alasan senjata pemusnah yg terbukti,beda dgn kasus crimea dimana asu cuma koar koar