Feb 202018
 

Sukhoi Su-35 Russia (photo : Toshiro Aoki / www.jp-spotters.com via commons.wikimedia.org)

Jakartagreater.com – Hingga kini China telah menerima 14 jet tempur multirole Sukhoi Su-35. “Satu batch lagi dari 10 pesawat telah dikirim ke pelanggan. China akan menerima 10 pesawat yang tersisa pada 2018, “kata sumber kepada kantor berita TASS, yang dirilis thediplomat.com, 4/1/2018.

Empat pesawat pertama dipasok akhir tahun 2016 dan batch kedua dari 10 jet dikirimkan ke pelanggan tahun 2017. China menandatangani kontrak senilai $ 2 miliar untuk 24 pesawat tempur Su-35 pada bulan November 2015.

China pertama kali menyatakan ketertarikannya pada Su-35 di tahun 2008; perundingan resmi dimulai pada 2011. Kesepakatan awal tercapai pada 2012.

Mengapa China tertarik dengan Su-35 ini ?.

Su-35S (nama NATO: Flanker-E) adalah pesawat tempur generasi keempat bermesin ganda, mesin kembar multirole yang didukung oleh dua mesin turbofan AL-117S. Su-35S adalah varian terbaru dari seri Flanker Rusia.

Salah satu alasan ketertarikan China pada Su-35 adalah mesin turbofan AL-117S-nya. Rusia telah berulang kali menolak untuk menjual mesin sebagai produk yang berdiri sendiri, yang meninggalkan PLAAF dengan sedikit pilihan selain mengakuisisi seluruh pesawat. Industri penerbangan militer China masih berjuang dengan merancang dan membangun sebuah mesin untuk prototipe tempur stealth generasi kelima yang baru, Chengdu J-20.

Hingga saat ini Chengdu J-20 masih menggunakan mesin AL-31FN dengan 28,000 lbf dan AL-31FN Series 3 dengan 30,200 lbf.

China kemungkinan akan mencoba untuk merekayasa balik (reverse engineer) bagian mesin turbofan AL117S.

Pesawat J-20 dilaporkan dilengkapi dengan Saturnus AL-31, mesin jet buatan Rusia yang lebih tua. Jet tempur generasi kelima lainnya, Shenyang J-31, dilengkapi dengan Klimov RD-93. China saat ini sedang mengerjakan mesin jetnya sendiri, turbofan WS-13 Taishan, sebuah turunan dari turbofan Klimov RD-33 Rusia. Baik J-31 dan J-20 konon belum mampu melakukan penerbangan super supersonik super jelajah.

Dari penjelasan di atas diketahui SU-35 China menggunakan mesin AL-117S atau disebut juga AL-41F1S (varian AL-41F1) yang memiliki daya dorong 31,900 lbf.

Daya dorong mesin ini sekitar 16 persen lebih besar dibandingkan mesin AL-31FP (27,700 lbf) yang digunakan oleh Su-27.  Umur mesin AL-41F pun bertambah, menjadi 4 000 jam, meski berat dan seluruh dimensinya sama dengan mesin AL-31FP yang digunakan Su-27/Su-30.

Selain China,  India pun mengincar mesin AL-41F yang kini digunakan oleh Su-35. Bahkan prototype Su-57 Rusia yang ada kini juga masih menggunakan mesin varian AL-41F1.

India ingin mendapatkan mesin AL-41F1C untuk mengupgrade mesin pesawat Su-30MKI mereka yang masih menggunakan mesin AL-31FP produksi tahun 2000 dengan daya dorong 27,700 lbf. United Engine Corporation Rusia menyambut positif keinginan India tersebut.

Mesin AL-31FP dan AL-37FU memiliki thrust vectoring, yang pertama digunakan dalam versi Su-30MKI versi Su-30 untuk India & Sukhoi Su-30MKM untuk Malaysia. AL-31FP dapat membelokkan noselnya sampai maksimum ± 15 ° pada kecepatan 30 ° / detik. AL-31FP dibangun di India oleh HAL di fasilitas Koraput berdasarkan perjanjian transfer teknologi yang mendalam.

Mesin yang digunakan Su-35BM, izdeliye 117S (AL-41F1S) merupakan upgrade dari AL-31F yang menggunakan teknologi dari AL-41F. Mesin menghasilkan daya dorong 32.000 lbf di afterburner, dilengkapi dengan diameter kipas berdiameter 3% lebih besar (932 milimeter (36,7 inci) versus 905 milimeter (35,6 inci)), turbin bertekanan tinggi dan bertekanan tinggi, sistem kontrol digital baru, dan memiliki thrust-vectoring nozzles seperti mesin AL-31FP.

Mesin ini akan memiliki daya hidup 4.000 jam. Penerbangan pertama mesin ini selesai dalam Su-35BM pada tanggal 20 Februari 2008. Pada tanggal 9 Agustus 2010, perusahaan berbasis di Ufa UMPO mulai memasok mesin 117S (AL-41F1S) yang ditujukan untuk pejsawat Su-35 BM.

Pesawat Su-35 yang bertenaga mesin 117S berhasil melakukan uji terbang pertamanya. Dalam pengujian yang keras dan ketat tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia akhirnya menjadi pelanggan Su-35.

Seperti apa kemampuan mesin Su-35 ini dibandingkan pesawat generasi kelima seperti F-22 ?.

F-22 Raptor didorong oleh mesin turbofan F119-PW-100 memberikan tenaga 35,000 lbf masing-masing mesin. Bandingkan dengan mesin Su-35 yang memiliki tenaga 31,900 lbs, untuk masing-masing mesin. Dengan demikian secara tenaga F-22 lebih unggul dari Su-35.

Angkatan Udara Rusia berencana untuk membeli selusin jet tempur siluman Su-57 yang dilengkapi dengan mesin AL-41F1 pada tahun 2019. Itu artinya power dari Su-57 pun belum bisa mengalahkan tenaga F-22 Raptor. Mesin prototype Su-57 saat ini produksi tahun 2010, AL-41F1 (117) dengan daya dorong 33,000 lbf.

Untuk itu Rusia sedang membangun mesin Izdelie-30, yang kabarnya akan memberikan Su-57 daya dorong 39,566 sampai 40.000 lbf afterburning, yang juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kemampuan Su-57. Namun menurut Nationalinterest.org, mesin baru itu diperkirakan siap setelah tahun 2027.

Bagikan:

  188 Responses to “Mengintip Mesin Jet Tempur Sukhoi Su-35”

  1.  

    Tuh khan :
    F22 …tenaga 35000 lbs
    Su-35 …tenaga 31900 lbs

    Su-35 keok.

    Xixixixixixi

    •  

      Setuju Bung TN, Ngomong2 Bung TN Gravatar Jd Hilang Kenapax ?

    •  

      Perasaan bukan Su-35 yang menyingkir…

    •  

      Hanya bung tn, phd aja yg ga suka indonesia beli SU35, masa dibilang keok,,,mari kita usir dia dr nkri, krn tdk pro dgn pemerintah, tni, menhan, kasau dan rakyat indonesia…harusnya berterima kasih sdh diberikan jet tempur paling ditakuti saat ini oleh pemerintah,,,

      •  

        ya klo menurut sya jgn gitu jga, klo ga ada mas tn, mas agato, ya kurang menarik jkrgr ini hehhehe…

        •  

          Ya ora popo wis…yg ga setuju dgn keputusan pemerintah dgn pembelian SU35 ini, dipersilahken minggat dr nkri, jika msh suka dgn produk2 barat, dipersilahken beli sendiri pake duit kalian sendiri,..ga usah ngenyek sue5 keok, jelek dan kaleng krupuk…drpd produk barat kaleng karatan yg jelek dan bau,,,cuihhhh…

          •  

            Gak lama baru kemaren, F-16 kebakaran mesinnya di Jepang.. kita harus nanya penyebab kebakaran F-16 kepada salesman nya bung Agato sama bung Tukang Ngitung PhD.?! Masa seringkali kebakaran mesinnya..apa salah ngasih bahan bakar nya?? Xixixi..

          •  

            ya gaka setuju kan hak semua orang, moso gara2 ga setuju langsung diusir, ibarat smua harus ada pasangannya, ad + ada jga -, ada pro ada kontra, ada mega pro ad rx king, bukan begitu mas,
            #serialngelanturtakberujung

          •  

            dan kompor udah mulai meleduk hhh

      •  

        bener bung 7 , padahal kalau terjadi perang tu su-35 juga buat nglindungi dia ,,,!!!

      •  

        Ente itu, murid yg gak tau terima kasih. Dulu ada hitungan Bung TN, ngaku muridnya Bung TN. Ada Liatnya Bung Joe, ngaku fansnya Bung Joe. Jadi pria itu harus punya pendirian yg bisa dipegang teguh.

        •  

          Krn ane dl ga ngeh klo si tn phd itu pro barat, jd skr aq sdh bkn murid nya lg,,,skr aq sdh jd rusia fans boy resmi dilantik detik ini,,,jd utk tn phd dan agato sugigi minggato dr nkri, krn ente2 semua tdk suka dgn pilihan pemerintah dna rakyat indonesia,,,bravo rusia maju tni jaya indonesia perbanyak su35,,,xixixi

      •  

        Menjadikan dukungan pembelian Su-35 sebagai bentuk kecintaan terhadap NKRI adalah salah, terserah bagi Bung TN untuk menolak pembelian Su-35 karena beliau pasti punya alasan tersendiri.

        Kalo itu mau diterapkan ya gampang aja, Ane bisa bilang siapa saja di JKGR yg menolak F-16 blok 52 ID berarti tidak pro pemerintah, TNI, Kemenhan, dan rakyat Indonesia. Wajib diusir dari NKRI. Nah loh, makanya boleh cinta produk LM tapi jgn cinta mati. Kritik boleh aja, komen boleh aja asal yg membangun dan tidak mendeskreditkan yg lainnya, itu arogan namanya. Paham Seven???

        •  

          Saya arogan?? nah ente apa nama nya?? sok pintar, egois, keras kepala dan agak angkuh…mana ada yg suka ngobrol sm ente di sini?? coba mana ada? ente hds sadar akan hal itu dan introspeksi diri dl,,,jgn2 dikehidupan nyata, ente tu ga punya kawan bahkan sahabat…ya wajar sih, krn sifat ente yg angkuh, egois dan keras kepala gitu…semua sdh memusuhi ente disini, nyadar dong om,,.,

        •  

          Konyol… lagian siapa yang menolak F-16 Blok 52ID??? yang ada itu merasa prihatin, mending beli pesawat baru sekalian, ingat bung Agato bukan F-16 nya yang tidak disukai, tetapi karena pesawat tua yang di retrofit itu yang bikin gedek….

    •  

      Kalo ngomongin performance mesin harus diakui F-22 emang lebih unggul.. To kalo ngomongin secara keseluruhan belom tentu.. Pilot F-22 AS sendiri yg ngomong kalo 6 rudal AIM-120 masih terasa kurang cukup, karena probabilitas membunuh rudalnya yg rentan terhadap DRFM Jamming Rusia..

    •  

      Kalo ngomongin performance mesin, harus diakui F-22 lebih unggul.. Tp kalo secara keseluruhan belom tentu..

    •  

      hmmm….31900 pound ya…so what ??? beda gen kok diadu…(kadang-kadang).
      lagian ini pespur kan bukan untuk ajang trek-trek-an liar yang mengutamakan speed !
      berbanggalah anak bangsa….

      ntr ada lagi yang ngomong gini…”biar setara pasang knalpot racing made in purbalingga….” hhhhhhhh…(kadang-kadang).

      •  

        Harus diakui, F-22 untuk sementara ini memang pespur T.O.P.B.G.T.
        Bahkan jumlah rudal yang sanggup dibawanya lebih banyak dari SU-57.
        Akan tetapi dibalik kelebihannya juga memiliki banyak kekurangan, salah satu diantaranya adalah pelapis anti radar harus di coating ulang setelah beberapa jam penerbangan.
        Bayangkan jika tidak dalam keadaan penting jika F-22 harus terbang untuk patroli, sudah pasti jebol kas negara.

        •  

          Masalah rudal BVRnya AS yg rentan di jamming sistem EW rusia juga jd masalah bung WK.. Tp jangkauan radar sama lapisan badan yg lebih stealth dibanding su-35 jd keunggulan F-22.. Setidaknya su-35 masih bisa jd lawan sepadan dgn F-35/F-22.. Sambil nunggu Pakfa jadi..

          •  

            Memang benar dapat di jaming, hanya saja efektifitas jaming ada batasan rangenya.
            Sinyal jaming tidak menutupi area 360 derajat, sedangkan posisi pespur jika sudah terlock tidak mungkin dalam posisi terus konstan.
            Sebenarnya semua ini masih dalam perdebatan oleh para ahli.
            Untuk SU-35 sudah ok, biar bagaimanapun statusnya diatas pespur yang telah kita miliki.
            Kita hanya harus memikirkan next upgare untuk SU-35 jika telah ada versi upgradenya, misalkan radar AESA ataupun yang lainnya.
            Dan yang tidak kalah penting adalah peranan AWACs.
            Negara tetangga yang akan atau yang telah mengakusisi F-35 lebih mengandalkan AWACs untuk menutupi gap yang ada di F-35.
            F-35 memang termasuk gen 5, akan tetapi untuk digjaya target di udara masih banyak pihak yang meragukannya.

          •  

            Dari pihak KRET sendiri sbg pembuat khibiny mengklaim bisa meningkatkan perlindungan pesawat tempur dari rudal hingga 25-30 kali lipat.. Sementara dari beberapa kalangan barat,, si khibiny bisa meminimalisasi akurasi rudal hingga 30%..

            Mengenai sinyal jamming,, utk khibiny-10V (Su-34) dan khibiny-10M (SU-35) yg ditaro diujung sayap pesawat memang utk menigkatkan efektifitas dari Si khibiny.. Berbeda sama Hibiny-u yg di pasang di SU-30M2 yg ditaro dibawah badan pesawat..

            Kalo bung@WK perhatikan dalam beberapa tahun trakhir, Rusia coba memamerkan sistem EW mereka.. Yg bikin AS terkejut, trnyata sistem EW rusia jauh lebih maju dari AS.. Rusia berhasil mempecundangi perlatan tempur AS.. Dari mulai kasus krimea, Donald cook di laut hitam,, sampe yg trbaru sistem Aegis AS pd saat nembakin Tomahawk yg gagal paham sasaran di suria.. Xixixixixixixi

            Dgn apa yg coba rusia pertontonkan,, banyak kalangan barat sistem EW rusia sangat efektif utk melawan sistem rudal mereka dan rusia sangat siap utk peperangan Nuklir..

            IMHO..

    •  

      Memang kalah di daya dorong, tapi menang digoyang dombret!he3. Klu artikel SU-35 pasti rame lapak bung Mimin, karena dsn tempatnya adu argumentasi antar sales dadakan dan pakar kambuhan dan jgn lupa barisan kompor mleduknya!he3

    •  

      Walau begitu su 35 bisa bikin f35 ngacir kan? Huehuehue

      😎

  2.  

    wis, mbok yo podo legowo klo su35 kalah perform sma f22, tp klo ngomong man behind the gun yo lain lagi ceritanya…

  3.  

    Si mbah ini kok ikut2an gemblong spt sales gagal kaleng krupuk rombeng itu sih. Makin gak ilmiah, mentok ide ditambah gak konsekuen. Katanya kalo mau bandingkan itu hrs apple to apple, sdh tau jeruk kok dilawankan dng apel. Jng ikut2 ora waras mbah……xicixicixi

    •  

      No Comment, Hhhhhhhhhh

    •  

      lha yang gemblung kuwi orang yg ga mau terima kenyataan, klo mau fair f22 vs su57, piye tho mas

      •  

        kenyataan apa yg harus diterima mbah.? klo F22 vs SU57 baru boleh ngomong harus terima kenyataan. Nda usah ikut gemblong mbah, walaupun sekeliling anda kurang waras.

        •  

          ini termasuk sampeyan gak yg kurang waras, klo sya kan ga usah ditanya, pasti kurang……??? hehehe

        •  

          https://jakartagreater.com/harus-diakui-f-22-lebih-unggul-dari-su-35/ tuh, hayo mau diterima gak, klo msh gak mau nanti sya jadiin sopir mikrolet sya lho,

          •  

            Unggul tipis doang mbah… itu di akir artikel dituliskan…

          •  

            Lol, Muhidin mana Muhidin. Itu AIM 120 AMRAAM C5 apa C7?? F-22 jelas dipersiapkan memakai AIM 120 AMRAAM D yg jangkauannya hingga 180 km, dengan kemampuan Siluman dan daya tembak jelas menjadi keunggulan F-22. Kalo soal goyang, F-22 juga tak kalah dari Su-35 karena sama2 pake TVC.

            RCS F-22 jauh lebih kecil dari F-35 yg 0,005 m2. RCS F-22 sebesar 0,0001 m2 setara dg RCS B-2 Spirit.

            Jelajah ketinggian juga lebih tinggi F-22 sekitar 20 km, berbanding 18 km ketinggian yg bisa dicapai oleh Su-35. Kecepatan kedua pesawat sama, yg membedakan adalah F-22 bisa melakukan Supercruice dg kecepatan Mach 1,82 (bukan Mach 1,5 seperti pada artikel). Sedangkan Su-35 hanya bisa memakai afterburner.

            Selain kemampuan jelajah, Su-35 jelas kalah jauh dibandingkan dg F-22.

            Masih mau bahas F-22 kabur ketemu Su-35 disuriah?? Hhhhhhhhhh

            Oke, menurut Jenderal Rusia, F-22 kabur saat didekati Su-35 dan seluruh Russian Fanboys percaya itu.

            Menurut pihak USA, F-22 meninggalkan Su-25 saat pesawat itu bisa diusir dari sisi timur sungai Efrat disaat Su-35 mendekat.

            Silahkan masing2 pihak memegang keyakinan mereka masing2.
            Kenyataannya Rusia dan Suriah tidak lagi menyerang sisi timur sungai Efrat bukan?? Bahkan saat kejadian walopun sudah dikawal Su-35 yg Russian Fanboys banggakan, Serangan pespur Rusia tidak berani dilanjutkan disisi timur sungai Efrat bukan??? Mana?? Tak ada serangan Rusia lagi bukan??? Hhhhhhhhhh

            Pecundang hanya berani melihat dari satu sisi saja tanpa berani berpikir logis. Hhhhhhhhhh

          •  

            tpi kenyataan nya antara anda dengan fansboy kan sama2 gk tau , ente percaya ama asu , dan fansboy percaya ama rusia , yo pasti ente kgak bkal percaya omongan jndral rusia, bgtu pun sebaliknya ,
            belum tentu bila head to head f-22 bisa ngalahin su-35 , sebab semua cuma sebatas diatas kertas om sugigi, jdi gk perlu ngotot & naik darah , bisa kena stroke ente entar ,, hahahahaha

          •  

            gemblong kok diteruskan toh yoo..yooo.
            Buatlah perlawanan ya fair, kalo pesawat siluman lawannya ya pesawat siluman jg.

            Kalo beda kelas di tandingkan, jika yg menang kelas yg diatasnya tentu penonton akan biasa2 aja menanggapi. tp klo sampe kelas yg dibawahnya menang, penonton bersorak sambil mencemooh lawannya yg kalah…..hadewwwww…

          •  

            @Bung Ruskye: LoL mana ada dalam perang minta head to head yg sekelas, yg ada didepan ya yg harus dihadapi entah gimana caranya. Lagian itu kan artikel bahasnya ttg mesin Su-35 yg kemudian dibandingkan dg F-22. Kalo mau protes ya ente protes Ama Authornya atau redaksinya dong, kan mereka yg munculin artikel dimari. Atau kalo mau bahas F-22 vs Su-57 ya kita buat di kolom komentar di bawah aja. Hhhhhhhhhh

          •  

            Piye toh bocah iki…..masih ngeyel wae….xicixicixi

            “Seperti apa kemampuan mesin Su-35 ini dibandingkan pesawat generasi kelima seperti F-22 ?”
            ————————————————————————

            Kan itu yg jadi bahan diskusi, yaa saya katakan gemblong. Kenapa harus SU-35 disandingkan dengan F22.? dalam pembandingkan harus Apple to Apple spt yg biasa ente jg utarakan. Betul nda.? Hayo jng ngeles lagi…hehehe

            Beda kalo pembahasannya dalam kasus perang, betul spt yg ente bilang, gak ada head to head yg minta sekelas. Alias siapa kuat dan canggih dia bakal diprediksi memenangkan perang.

            Kalo bicara potensi yg bakal dihadapi SU-35 Indonesia kedepan, barulah kita bicara potensi pespur yg bakal dihadapi yg dimiliki oleh tetangga, kan begitu.

            Yg perlu dipertanyakan kepada penulis, dalam konteks apa kok membandingkan SU35 dng F22.? Pada potensi konflik apa.? Kalo potensi konflik antara RI dan USA itu sangat tipis banget kemungkinannya. Wong RI saja kerja sama dng USA utk pengadaan pespurnya kok. Jika potensi konfliknya dng negara tetangga, artinya yg dijadikan pembanding F15 upil dan F18 terbaru Aussy.

            Jika mesin yg jadi pembanding tetap jg hrs apple to apple antara mesin F22 dng mesin Baru yg akan dipake SU57 (mesin Izdelie-30)

            Hayoo…skrng ente mau ngeles apa lagi….xicixicixi

          •  

            Makanya jangan salahin Ane, tanyakan aja Ama penulisnya… Lagian ente protesnya salah tempat sih Bung Ruskye. Tapi okelah, Ane coba ulas komentar Ente utk perbandingan yg sekelas.

          •  

            Nah itu, mending bahas yg sebanding aja. ane setuju…xicixicixi

          •  

            walaupun ngga Apple to apple sebenernya ga terlalu mencolok perbandingannya, artinya SU35 masih sangguplah untuk head to head sama F22 raptor.

          •  

            Bung Agato ini menang bener2… Russia tidak menyatakan Kurdi sebagai lawan, bahkan Russia yang meyakinkan Suriah maupun Turki kalau Kurdi berperan memerangi ISIS… disebelah sungai efrat itu isinya Kurdi dan markas dari USA, sedangkan wilayah itu sudah dikuasai Kurdi lalu ngapain perang kesana??? memangnya USA pernah menembak pesawat Russia atau pasukan Russia??? lagian ngapain USA ada di Suriah???
            Kalau USA menyatakan berhasuk mengusir Su-25 mengapa yang mengeluh Russia yang merasa di ganggu?? mengapa bukan USA yang pamer bisa mengusir Su-25 dengan F-22?? lalu mengapa tidak meladeni ketika Su-35 datang??? Kalau memang benar2 mumpuni pasti itu F-22 bakalan meladeni dan bukanya menyingkir, atau mengirim F-22 lain…

          •  

            TVC F-22 hanya 2D sedangkan Su-35 3D… kemampuan membawa senjata Su-35 lebih banyak bisa membawa senjata… dan yang lebih utama adalah Su-35 tidak semahal F-22 apalagi Su-35 bisa kita beli, berharap bisa membeli F-22??? mimpi…

          •  

            Agato sugimura tempik

        •  

          bang Ruskye sabar banget leh jelaske…hahahaaaaa

      •  

        Gak usah jauh-jauh Mbah, lah wong diajak duel sama Sukhoi-35 aja ngabur ke Irak dengan alasan masuk wilayah Suriah.. giliran nglawan Sukhoi 25 dengan Percaya diri..

        •  

          tapi sya mau tanya ni, emang sampeyan tau klo sopir su35 ngajak duel sma sopir f22, lha wong itukan ada d udara, klo mau duel berarti harus turun dulu kuwi sopirnya, trus yg nyopirin pesawat siapa???

          •  

            Loh mbah… saya pernah lihat bus Rosalia Indah duel sama bus Sinar jaya gara2 kesenggol spionya… terus kebut2an looo… memang sopirnya Rosalia Indah rada gemblung, bus super class kok buat pecicilan… udah gitu sopir RI ngotot kalau sopir SJ yang ngantuk… hadewww, sampai di palangin bus dan penumpang kenek sama sopir SJ turun…

          •  

            wah mungkin si RI lgi ngasah skil buat tarung ama sugeng rahayu bung yuli , jadinya ngepot tu RI , HHHHH ,

          •  

            Mati aja tuh Bis di Ceper kalo maennya kayak gitu.

          •  

            hahahhaaha, @mas yuli bisa aja, kan sdh sya bilang itu d udara, klo bis kan di darat

        •  

          Kata siapa?? Jenderal Rusia lagi ya. Hhhhhhhhhh

          •  

            Bung tn kmn ya, ini konco nya dikeroyok satu kampung warjag kok diem aja, udah ga pernah itung2an lg, jarang nongol, jarang komentar,,udah deh jgn lg pake nama tukang ngitung .,, malu bung,,.skr TN jadi tukang nipu aja…ha ha ha…makanya klo bergauk sm agato sugigi ya pst dibenci sm warga warjag sekampung,,,emang enak,.huuuu,,udah hampir setaon lbh si tn phd ga pernah itung2 lg,,,ehh skr malah jd tukang nipu,,,ha ha ha,,,

          •  

            Ane di kritik karena dianggap merendahkan orang lain, lah ini apa?? Menghina orang lain jauh lebih rendah daripada sampah.

          •  

            nah lo ,, bung 7 yg sering nyebut agato “SUGIGI” jadi ngambek kan anak nya ,,,, hhh

            ane gk ikut2an lo ya…

          •  

            Kan kenyataan om sugigi, si tn phd knp ga mau bantuin kawan nya yg lg dibully abis2an disini…dan ente tegaan amat, ada kawan yg udah ga ngitung lg, otak nye udah beku, mbok ya ditemenin, keliatan kan ego nya…klo org ego nya tingga ga lbh dr seonggok ingus yg asem…

      •  

        Yang penting tu mental pilotnya. F22 canggih tpi klo mentalnya pengecut ya sama aja

      •  

        https://jakartagreater.com/harus-diakui-f-22-lebih-unggul-dari-su-35/
        mulai sekarang pikirin tuh strategi apa buat ngadepinnya klo suatu saat ada slonong boy si starscream, jgn cma cuma cinta buta tar malah buta beneran hehehe….

    •  

      monggo dipahami lagi comment sya ya,

  4.  

    Yg jelas f22 cm menang di gaya gayaan.tp begitu ketemu su 35 jd begitu ga pede alias nyinyir kabur dgn sgala alasannya.f22 cm menang sm tukino sm tukini

    •  

      nha ini ni comment gemblung xixixi, pembodohan public, moso f22 kalah sma tukini, wong orang dibandingkan sma pesawat

    •  

      Betul-betul bung nanti ada yg bilang masuk wilayah Suriah, beraninya sama Sukhoi 25..kalo dilihat dalam sejarah dulu Amerika pernah melanggar di kedaulatan NKRI waktu di Bawean F-18 Hornet diusir sama F-16 eh malah ngajak duel dengan ngelock F-16 TNI AU padahal jelas-jelas dia salah masuk wilayah Indonesia dengan alasan bahwa dia masuk bukan wilayah Indonesia..

    •  

      Kalo F-22 Raptor punya nyali terima tantangan Sukhoi 35 diajak duel jangan malah ngabur kearah Irak.. dengan alasan masuk wilayah Suriah..?!?!

      •  

        lha memangnya tawuran apa, main tantang tenteng, apa jgn2 sampeyan suka tawuran ?

        •  

          Hlo kan F-22 yang reseh kepada Su-25 mbah… sampai ngadu sama Su-35, giliran disamperin malah ngeper…

          •  

            Yg reseh ya Rusia, orang dalam perjanjian sebelah timur sungai Efrat itu zona dekonfliksi kok beraninya nyerang.

          •  

            la kenapa rusia salah , wong rusia datang ke suriah itu atas permintaan assad kok ,
            la ASU cs itu masuk suriah buat apa.? mau perangi isis.?
            yg ada asu itu cuma buat kacau aja ,
            mau dilihat dari manapun asu ttp salah lo om sugigi krn masuk suriah seanaknya….

          •  

            Buat menghalangi Assad melakukan kejahatan kemanusiaan.

          •  

            la itu kan urusan dlm negri suriah , knp as ikut campur,? apakah atas dasar sebagai polisi dunia .?
            apa AS gk ngerasa mereka itu hidup di tanah nya siapa.?
            berapa nyawa orng indian yg mereka bantai.?
            berapa negara yg sudah AS hancurkan ,?
            sudah berapa nyawa yg tlah mereka habisi..?
            kok berlagak jadi pahlawan ,
            mau alasan apa saja yg namanya masuk negara orng tnp ijin itu ttp salah…!!!

          •  

            sya cuman coment “emang tawuran tantang tenteng”, kok jadi melebar kmana2 sih piye to mas

          •  

            Lah disini liat orang Rohingya diusir rame semua, kan itu masalah dalam negeri Myanmar??? Hipokrit ya ada batasannya Bung. Hhhhhhhhhh

          •  

            Coba bung Agato baca artikel tentang statement yang dikeluarkan resmi oleh dubes Indonesia untuk Suriah… yang mengeksploitasi kejahatan kemanusiaan itu ya grup barat… yang mendukung pemberontak ya blok barat… bayangkan saja kalau itu terjadi di Indonesia, mereka mendukung pemebrontak yang melawan pemerintahan RI dengan alasan Ham atau apalah… USA bahkan tidak mendapatkan mandat PBB untuk melakukan operasi militer di Suriah, legalitasnya saja tidak jelas

          •  

            Dan ingat satu hal… sejak kapan ISIS berhenti memenggal orang??? sejak Russia turun langsung di Suriah… setelah ISIS sibuk berperang melawan Russia, bahkan USA tidak memberikan efek untuk kehancuran ISIS, bahkan malah ISIS semakin menjadi2 bak di Suriah maupun di Irak

  5.  

    “Bahkan dengan enam AIM-120 di F-22, terkadang tidak cukup,” kata seorang pilot Angkatan Udara senior kepada National Interest. “Probabilitas Membunuh rudal tersebut rendah terhadap ancaman DRFM Jamming Gen 4+.”

    “Kami – A.S. [Departemen Pertahanan] – tidak pernah menggunakan metode yang tepat untuk melawan Electronic Attack [serangan elektronik] selama bertahun-tahun,” seorang pejabat senior Angkatan Udara yang memiliki pengalaman luas mengenai F-22 mengatakan kepada The Daily Beast. “Jadi, sementara kita diam-diam, kita akan mengalami kesulitan untuk melewati EA untuk menargetkan [pesawat musuh seperti Sukhoi buatan Rusia] Su-35 dan rudal kita akan mengalami kesulitan untuk membunuh mereka.”

    Itu Orang AS sendiri yg ngomong loh.. Xixixixixixixi.. F-22 emang stealth,, tp ga cukup baik membawa rudal yg cukup buat ngerontokin SU-35.. Ini sekalian yg kemarin bahas si khibiny.. Xixixixixixixi

  6.  

    “Kami – A.S. (Departemen Pertahanan) – tidak pernah menggunakan metode yang tepat untuk melawan Electronic Attack (serangan elektronik) selama bertahun-tahun,” seorang pejabat senior Angkatan Udara yang memiliki pengalaman luas mengenai F-22 mengatakan kepada The Daily Beast. “Jadi, sementara kita diam-diam, kita akan mengalami kesulitan untuk melewati EA untuk menargetkan (pesawat musuh seperti Sukhoi buatan Rusia) Su-35 dan rudal kita akan mengalami kesulitan untuk membunuh mereka.”

    Ini orang AS sendiri yg ngomong loh.. Xixixixixixixi

  7.  

    Klo Su 35 kalah sama f22, coba skrg bandingkan Su 35 dgn f35 yang katanya peswat tempur tercanggih sejagat

  8.  

    Jikadibandingkan SU-35 vs F-22 hampir semua kompetibel SU-35 masih dibawah F-22, salah satu keunggulan SU-35 adalah manuver yang sangat berguna untuk dog fight dan jumlah beban yang dapat di bawa di hardpointnya.
    Pespur zaman now lebih mengandalkan BVR sebagai ujung tombaknya, selebihnya jika harus dog fight, pilot dan pespur memiliki peran yang lebih besar.
    SU-35 adalah pespur unik, meskipun tidak termasuk gen 5, akan tetapi jumlah barang bawaan yang dapat di cantelkan di hard pointnya lebih banyak dari pespur gen 5 seperti SU-57.
    Lalu SU-35 adalah pespur pure combat di untuk target di udara, darat dan laut.
    Semoga saja TNI AU dapat memborong rudal BVR dan rang medium sengan jumlah banyak untuk SU-35 TNI AU.

  9.  

    artikel diatas hanya bandingkan engine + power diatas kertas utk pespur SU35 vs F22 … padahal kemampuan pswt hrs dilihat dari byk parameter teknis yg kompleks,
    berat kosong + beban penuh + rasio, radar, rudal, avionik, jammer + anti jammer, aerodinamika, beban G max, jangkauan, kemampuan/fisik/kejeniusan pilot dll, dsb.
    kemampuan + ketahanan engine dlm mode top speed jg sangat penting, Russia & Amrik tdk mungkin mempublikasikannya, engine apapun pasti punya batas waktu saat digeber mode top speed.
    apapun fakta data publikasi teknis, sy kira kedua jenis pswt msh banyak merahasiakan kemampuan sebenarnya, hanya terlihat bila kedua nya bertemu dlm pertempuran udara yg real.

    *cuman pendapat awam

    •  

      Meskipun secara teknis kmampuan pespur A lebih baik dari pespur B tetap saja bukan jaminan pespur A dapat keluar sebagai pemenangnya dalam pertempuran.
      Banyak faktor dari pada sekedar daata teknis, salah satu cotohnya adalah faktor AWACs.
      Kegagalan system mekanik (banyak ditemui di internl bay F-35) dan juga faktor lainnya.
      Intinya dari zaman daholoehingga zaman now untuk pespur gen 4++ keatas belum ada data resmi pespur dengan kasta 4++ keatas figth head to head hingga salah satu diantaranya ada yang tertembak.
      Memang banyak kejadian pespur terkena hit seperti SU-24 atau yang lainnya, akan tetapi kejadian tersebut berbeda kasus atau bukan dalam kasus fight head to head.
      Upgrade untuk pespur masa depan untuk pespur gen 5 adalah yang sanggup membawa hulu ledak uklir

      •  

        sy kira mungkin terjadi publikasi persenjataan yg dibuat sehebat mungkin utk mendongkrak penjualan demi duit dan jurus publikasi tsb dilakukan oleh semua negara produsen dg memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, benar tidaknya kemampuan sista ya tergantung pemakaian oleh negara pembelinya (user).

        •  

          Itu sudah hampir pasti, karena hampir kesemuanya pespur untuk eksport adalah down grade.
          Bahkan KFX/IFX saja ada perbedaannya.
          Oleh karena itu ToT adalah bagian dari gap untuk kita mempelajari apa yang akan kita miliki atau yang kita miliki.
          Untuk pembelian SU-35, pihak Sukhoi berencana membangun bengkel di Indonesia untuk mengcover Sukhoi wilayah Asia Pasifik.
          Semoga saja pihak Sukhoi dapat sahre ilmunya bukan hanya sekedar cetak biru.

  10.  

    tapi dari pandangan saya terhadap comment pada fans sukhoi disini, seakan-akan su35 pasti superior lawan f22, justru data2 yg ada harus dijadikan pemacu buat kita, strategi apa yg harus diterapkan jika suatu saat ada slonong boy f22 entah darimanapun itu, sedangkan arsenal pesawat kita yg terbaik ya su35, bagaimana mengoptimalkan peran su35 kita, jgn terlalu cinta buta mas nanti buta beneran lho. obyektiflah dalam menilai karena opini apapun bisa jadi pendidikan publik ataupun pembodohan publik

    •  

      Ngemeng epe to mbah? Percayalah….SU35 sdh pilhan….yg ndak suka ya makan krupuk saja…..

    •  

      Lagian siapa juga yang merasa kalau Su-35 pasti lebih unggul dari F-22 to mbah… sepelenya saja, kalau lebih bagus F-22 kita seharusnya membeli F-22 bukan Su-35… hla jelas ga mungkin to mbah… tapi kalau dari beberapa berita Rafale pernah mengalahkan F-22 dalam simulasi latihan looo mbah, jadi ya Su-35 jelas masih memiliki peluang…
      Lagian mengapa F-22 diperbandingkan dengan Su-35??? kenapa tidak bandingkan juga F-16 blok 52ID vs F-22, T-50i vs F-22, Hawk vs F-22… biar konyol sekalian…

  11.  

    Weeh artikel mengintip wajib komeng nihh,

    Su 35 klo diintip intip bagai mengintip dari lubang kunci.. Seksi semok pinter goyang menari nari berbagai tarian..

    Kalo pespur yg satunya lg stlh diintip intip cm kliatan gemuk penuh lemak.., yg cm ngandalin makeup biar gk kliatan gendut shg bisa laku dipasaran..

  12.  

    Vote untuk F15 SE, Rafale dan eurofighter typhoon pembentukan 3 Skuadron baru TNI AU…

  13.  

    ?

    IFXnya dikemanakan?

  14.  

    Bagaimanapun juga SU-35 adalah full fight jet fighter, tinggal di poles saja pilotnya….berani di adu pokoknya….mau fight di udara, siap, mau tenggelamkan kapal induk, dengan senang hati, mau hancurkan sasaran di darat….mudah itu…..mau kelayapan ke australia….boleh juga tuhh

  15.  

    salesnya kemana iniiiih…….katanya mau kasih te o te, mau buka pabrik, mau invest…..

  16.  

    xixixixi … diskusi rame neh siiplah !!!
    loe jual dongeng … gue siap beli … pake dongeng jg …
    wkwkwk …

  17.  

    vote for more su35, ra usah kakean 19 meneh lah hehehe

  18.  

    hadeeh………

  19.  

    during cope taufan exercise at penang 2016 when on dogfight f22 raptor vs su30 mkm the result shown f22 raptor lost 3-0, but capability ground attack raptor more powerful especially when integrated with new generation guided bomb.

  20.  

    Betul sekali….lalu untuk apa Rusia menaruh dua superior SU, 35 dan 57 di Suriah? pasti ada apa gerangan?

 Leave a Reply