JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 202015
 
Menhan Ryamizard Ryacudu (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Menhan Ryamizard Ryacudu (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

 

Medan – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengakui Pemerintah menyeleksi ketat penambahan-penambahan alutsista atau alat utama sistem persenjataan untuk mengefektifkan fungsi /kegunaan alat tersebut.

Alutsista yang dibeli adalah alat-alat yang memang berguna dan sudah sangat penting atau diperlukan,” katanya usai ramah tamah dengan Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho dan pemangku kepentingan lainnya di rumah dinas Gubernur Sumut di Medan, Rabu malam.

Dia memberi contoh, peralatan yang penting adalah pesawat berbadan besar yang bisa mengangkat alat berat dan kemudian radar.

Kapal besar pengangkut alat berat itu sangat penting untuk menangani bencana alam di berbagai daerah.

Penanganan bencana alam adalah hal penting karena hal itu menjadi salah satu ancaman nyata bagi keamanan dan ketahanan Indonesia.

Sementara radar di laut juga bisa mendeteksi berbagai bencana seperti kasus Air Asia dan termasuk aksi perompakan atau pencurian hasil laut.

Dia mengakui, penyediaan dan tambahan alutsista itu tidak boleh timpang antar kesatuan/angkatan..

Tetapi harus yang memang berguna sehingga selain tidak menjadi pemborosan, tetapi benar-benar bermanfaat.

Walau tidak salah, tapi saya kira pembelian pesawat untuk dipertunjukan dalam acara-acara tertentu tidak begitu penting,” katanya.

Menhan menegaskan, membeli alat persenjataan jangan hanya karena bagus atau faktor lainnya.

Tetapi, soal kegunaannya untuk mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang bisa mengancam kesatuan dan persatuan Indonesia.

Apalagi, katanya, ancaman perang terbuka hingga dewasa ini belum nyata dan kemungkinan kecil terjadi di Indonesia.

Tetapi yang nyata sekarang adalah teroris, pelanggaran batas wilayah, pencurian sumber daya alam, penyakit menular dan termasuk narkoba.

“Makanya alutsista untuk kepentingan hal-hal itu yang dinilai tepat untuk dibeli,”katanya.

Selain alutsista, kata Menhan, yang perlu dibenahi dalam kepentingan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia adalah sumber daya manusia.

Alasannya, selain aparat yang sudah pasti atau wajib menjadi petugas memelihara keamanan dan ketahanan negara, warga juga dibutuhkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

“Kalau tidak ada rasa cinta negara di tengah masyarakat, bagaimana peran masyarakat bisa diharapkan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Untuk menjaga peran besar masyarakat terhadap penjagaan negara, maka ancaman bagi kehancuran SDM harus juga diatasi.

Salah satu ancaman kehancuran SDM adalah narkoba sehingga kasus itu perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Selain menjaga ancaman narkoba, akhlak, moral dan perilaku masyarakat juga harus ditingkatkan.

Terkait perilaku masyarakat itu, kata dia, pihaknya sudah membicarakan serius masalah itu dengan Kementerian Pendidikan dan Agama.

Soal perilaku yang baik misalnya bisa dijadikan penentu penting kelulusan.

Langkah itu dinilai penting karena dewasa ini, moral masyarakat Indonesia dinilai sudah sangat jelek atau buruk. (ANTARA News)

Menhan Fokus Beli Alutsista Berat

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengakui Pemerintah menseleksi ketat penambahan-penambahan alutsista atau alat utama sistem persenjataan untuk mengefektifkan fungsi atau kegunaan alat tersebut.

Menhan akan lebih memfokuskan pembelian pesawat berbadan besar yang bisa mengangkat alat berat dan radar. Menurutnya, penanganan bencana alam adalah hal penting karena hal itu menjadi salah satu ancaman nyata bagi keamanan dan ketahanan Indonesia.

“Kapal besar pengangkut alat berat itu sangat penting untuk menangani bencana alam di berbagai daerah,” katanya usai ramah tamah dengan Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho dan pemangku kepentingan lainnya di rumah dinas Gubernur Sumut di Medan, Rabu (18/3) malam.

Sementara itu, Menhan melihat radar di laut juga bisa berfungsi untuk mendeteksi berbagai bencana, termasuk aksi perompakan atau pencurian hasil laut. (Rimanews)

 

Tak Tertarik Alutsista Tempur, Menhan Pilih Kemanusiaan daripada Perang

LangkawiMenteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengaku tak tertarik meningkatkan alutsista Indonesia, khususnya untuk perang. Dirinya lebih tertarik membeli peralatan SAR untuk bencana alam.

“Saya lebih condong (beli) untuk kemanusiaan. Nggak ada lagi bunuh-bunuhan kita ini ya. Kemanusiaan,” kata Ryamizard saat diwawancarai wartawan di acara Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA), Malaysia, Rabu (18/3/2015).

Pesawat terbang, helikopter untuk ngangkut (saat) bencana alam, itu yang paling penting. Perang sama siapa kita? Nggak ada perang lagi,” sambung Ryamizard menegaskan seraya tertawa.

Ryamizard mengaku datang ke event LIMA ke-13 untuk melihat-lihat berbagai alutsista modern yang dipamerkan di sana. Ia mengunjungi beberapa booth, seperti booth Rosoboroneexport (Rusia), booth industri pertahanan dirgantara Malaysia, booth perusahaan pertahanan dan keamanan asal Swedia, Saab, dan lain-lain.

“Mana yang bagus dilihat, yang bagus dan bisa transfer teknologi,” imbuh Ryamizard.

Disinggung terkait ketertarikan TNI membeli pesawat tempur Gripen besutan Saab, Ryamizard mengaku tidak tahu menahu. Gripen sendiri334 diketahui merupakan salah satu pesawat tempur yang dilirik TNI untuk menggantikan pesawat F-5E/F Tiger yang memasuki masa pensiun.

Ah, saya nggak tahu (ketertarikan TNI membeli Gripen). Tertarik sih semua tertarik. Lihat Sukhoi tertarik, semua tertarik. Kita cari yang bagus, yang pas untuk kita,” ucap Ryamizard. (news.detik.com)

.

Berita Sebelumnya “soal anggaran pertahanan yang akan ditingkatkan” pada tgl 17/3/2015

Presiden dan Panglima TNI Bahas Kenaikan Anggaran Pertahanan

JAKARTA  Presiden Joko Widodo membahas rencana peningkatan anggaran pertahanan dan kesejahteraan prajurit TNI dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Pembicaraan itu dilakukan sambil makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

“Berbicara soal anggaran pertahanan yang akan ditingkatkan,” kata Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto.

Andi mengungkapkan, peningkatan anggaran pertahanan direncanakan naik menjadi Rp 200 triliun. Saat ini, anggaran pertahanan masih di kisaran Rp 102 triliun. Ia melanjutkan, peningkatan anggaran pertahanan dan kesejahteraan akan dilakukan ketika pertumbuhan ekonomi nasional telah mencapai 7 persen.

Presiden mematok target rencana ini bisa terealisasi pada 2017. “Intinya mengenai anggaran pertahanan, peningkatan kesejahteraan,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam pembicaraan Jokowi dengan Panglima dihadiri juga seluruh staf dari Mabes TNI.

Saat kampanye Pilpres 2014, Jokowi menjanjikan peningkatan anggaran pertahanan. Hal itu disampaikan Jokowi menjawab pertanyaan calon presiden Prabowo Subianto mengenai tidak adanya tentara di 300 kabupaten di Indonesia.

Jokowi menjelaskan, anggaran untuk pertahanan Indonesia saat ini mencapai Rp 80 triliun. Jika pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen, Jokowi yakin hingga lima tahun mendatang anggaran untuk pertahanan bisa mencapai tiga kali lipat.(KOMPAS.com )

Note :

Bagaimana menurut pendapat teman teman warjager berita diatas ?

Disatu sisi “anggaran pertahanan yang akan ditingkatkan” dan disisi lain menurut pendapat  Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yg mengaku tak tertarik meningkatkan alutsista Indonesia, khususnya untuk perang. Menhan lebih tertarik membeli peralatan SAR untuk bencana alam. Bagaimana dengan target MEF II ?

Bagikan :
 Posted by on March 20, 2015

  103 Responses to “Menhan akui seleksi ketat penambahan alutsista”

  1.  

    JOSS Pak…………

    •  

      Ada 3 hal.
      ..+Mgkn di anggap mef adalah produk kabinet lama jd uda ga pernah di singgung lagi bung..
      +Atau mgkn ga usah gembor2 kya menhan sblmnya klo.mslh pningktan alutsista tempur..yg d bahas mslh kemanusiaan saja shg nmbh nilai positif indonesia tp pmbelian dan tot tempur ttp berjalan..
      + mungkin menhan sempat malu krn alutsista indonesia tdk ckp bgus dan siap dlm hadapi bncna alam dan SAR..mengingat beliau ucapkan air asia td..krn kita semua paham bgtu trbtasnya pncarian korban air asia yg lalu jika hny andalkan SAR dan alutsista TNI

    •  

      Mantap Artikelnya bung GUE.., Lengkap bgt. Saya “LIKE IT”.

    •  

      Menhan adalah orang dari militer (Purnawirawan), sehingga akan sangat kalem bila mengatakan: “Perang sama siapa kita? Nggak ada perang lagi.” Walaupun, sebenarnya sangat ketat dalam menjaga kedaulatan NKRI.

      •  

        cakeb sekali ulasan anda bung. Salam kenal

      •  

        Iya mas , lha wong sudah purn , aslinya kan pensiun , duduk manis dirumah …..

        lalu bilang FIR singo, pesawat tempur semua dipreteli rudalnya dibuat SAR , lalu semua diarahkan beli pesawat hercules , untuk pespur nya semua dibotakin persis kayak Elbott alias Elang botak , yang penting ngebut 3 mach

        Ora po po kok ……

        cakep bener tuh orang ,

        mending dulu g usah jadi Pangdam V brawijaya kalau akhirnya mental tempe….

        Liat Pak Moel , lulusan AD , yang mana strategi perang datang lalu gebuk , visinya malah perkuat AL , AU

        Lah ente…..???

      •  

        Pak RR , beli alutista penggeli bukan Vibrator / alias penggetar ,
        beli nya disana pak , di S** Shop

      •  

        Bahasa Pak RR sangat rendah hati dan penuh dengan arti,…. Gak bikin panas tapi tindakan dibalik ucapannya itu sangat menggelisahkan tetangga kanan kiri. Hebat sekali ber strateginya…., salut. Tenang tapi menghanyutkan….

    •  

      setahu gue semua produk militer uni sovyet/rusia yg diekspor selalu di down grade. takut kali teknologinya dicuri amerika

      Kata orang, berikanlah ilmuwan Russia kapur dan papan tulis. Suruhlah menyelesaikan persoalan fisika teori dan matematika yang ruwet. Tidak kalah dengan rekan mereka yang ada di Eropa dan AS atau dari manapun. Tapi cuma sebatas itu. Kalau sudah masuk bidang teknologi, apalagi mikroelektronik dan material komposit, mereka harus mengandalkan KGB dan GRU untuk mendapatnya. Ini joke atau ironi, entahlah. Tapi dengan kedunguan Syria di Bekaa, hancurnya pasukan Saddam yang ditulang punggungi senjata buatan Russia, keoknya MiG Serbia membuat iklan jelek senjata made in Russia. Orang taunya buatan Russia itu jelek, terlepas kemampuan operator, embargo, atau memang itu memang versi ekspor yang down grade dengan harga penuh ?

    •  

      Luar biasa, pak menhan joss
      Statment kalem, tp tetep aj anggran 200T
      Ini seperti meniru jepang yg cinta damai, tapi alusistanya sangar

  2.  

    Untuk meredam saab kayanya nehhh….

  3.  

    Mantap nih

  4.  

    Sederhana saja, pengalihan isu.. Masak sekelas Menhan Ryamizard tidak bisa membaca gentingnya situasi dan perkembangan LCS.

  5.  

    Sebaiknya kita beli alutista tempur itu paling utama untuk menjaga pulau terluar.kita lihat kasus ambalat dan ligitan.waktu itu kita hanya mengandalkan f16.kita belum punya sukhoi 2 pulau pun lepas.lalu kita sekarang punya sukhoi.negara tetangga sekarang tidak berani dengan kita.berarti alutista tempur itu penting banget utk kita

  6.  

    Pendapat pribadi beliau sepertinya perlu disesuaikan keinginan kita kali ya

  7.  

    Wowww…… sangat mendinginkan suasana….

    “Walau tidak salah, tapi saya kira pembelian pesawat untuk dipertunjukan dalam acara-acara tertentu tidak begitu penting,”…….. ini komentar yang mantap, kalau dipamerin tetangga sebelah jadi tahu kekuatan kita….alutsista memang harus ada yang dirahasiakan dari publikasi…..

    •  

      Saya kira maksudnya seperti tim aerobatik pesawat untuk Airshow ,ya bisa jadi Jupiter tim yang telah mengharumkan nama Indonesia bakal di bubarkan.Kalau saya mencatat “tetapi yang nyata sekarang adalah teroris,pelanggaran wilayah,pencurian sumber daya alam,penyakit menular narkoba ” Kacau pernyataan mentri ini bukankah dia mentri pertahanan masak mikirin narkoba,penyakit menular yang jelas bukan urusan menhan kan apa menrti lain yang ngurus,apa hubungannya dengan alat pertahanan.Kapasitas presiden yang ngomong begitu.Kalau jadi menhan urus saja senjata kok mikirin semua ,kacau nih mentri…

  8.  

    kayak lagi nggedebus mi menhan..
    lha wong jelas2 LCS dan Australi lagi panas gene kok malah bilang ga tertarik beli alutista malah milih beli peralatan SAR

    •  

      lha kalo menhan terang2an ngomong bakal beli alutsista tempur malah tambah bikin runyam keadaan bung.. Menurut sy, pernyataan seperti ini cukup bijak dr negeri sebesar NKRI. terlepas dr rencana strategis sang Menhan sebenarnya. Just IMHO.

      •  

        yup…suangat bijak bung…ngomong bgtu di tempat pameran alutsista dan di saat singapura sbntar lg dng JMMS nya dan thailand jg sdang upgrade kpal induknya dan kmungkinan bentar lg operasional. klw menurut gw gk pantas seorang Menhan bicara alat2 Sar di tengah pameran alutsista…..cocok NYA KABASARNAS yg bicara spti itu klw gk Mensos.

        •  

          Haahahaaaa… trus bilang , di media

          “selamat siang , baru baru kali ini ditemukan pecahan puing pesawat…. dinaikkan ke pesawat tempur SAR ”

          Edan bener nih mentri pilihan Presiden

      •  

        nanti kalo kenyataannya gak begitu ente mau ngomong apa.. Yg kita butuhkan pamor bukan pamer, kita ingin militer kita disegani, jadi negara lain gak ada yg berani recokin lagi masalah kita..

    •  

      kemaren dia juga ngomong kalo indonesia perang hanya akan mampu bertahan 3 hari..hingga komentarnya ramai bahkan ada juga anggota DPR yang protes…

  9.  

    Jika ingin damai…bersiaplah untuk perang Jenderal..!!! Bukankah itu yang selalu Anda pegang sewaktu dinas aktif dulu Pak..???

    •  

      Gak pantas jd menhan, omongannya kaya mensos. Tugas menhan ya bicara perang. Gak ada musuh gimana lha kalau tahu2 musuh udah sampe depan hidung kita mau apa? Jadi kabasarnas sj deh kl bicara bencana2 trs. Tugas pokok dan utama menhan ya sbg departemen yg scra administratif menyediakan alat perang untuk tni dan rencana2 strategi pertahanan negara. Smoga sj statemen menhan itu bagian dr pengalihan sj. Smoga beliau tdk melupakan tupoksi seorang menteri PERTAHANAN.

  10.  

    Kyknya pernyataan tsb menanggapi panasnya komen di bbrp warung militer..sekalin mendinginkan warung agar yg punya mazhab dan aliran berbeda tetap mengedepankan nalar dan melihat alutsista skrg secara lebih luas termasuk sebagai alat pertolongan sewaktu bencana.., diharapkan melihat alutsista tdk hanya mslh perang..nembak dan ditembak..berani mati..dsb..dsb..

    Ngopi dhisik ben ra kenthir..kopi hitam aja..kalo kopi putih ntar dikira niru cetik..

    •  

      Setuju bung..Namun tid menampik bahwa alutsista berteknologi canggih kita butuhkan kan bung?.dmna alutsista tsb dpt berguna utk masa damai dan juga masa perang..spt kaprang us navy kmrn di SAR air asia dtg.bntr lgs nemu banyak

    •  

      Huahahahha..! , Emang nya Menhan Ikutan Ngopi Tubruk disini Juga toh Bung Pkb?

  11.  

    bahasa bersayap yang di sampaikan oleh MenHan RR agar tidak timbul perlombaan senjata di kawasan. tetapi dengan anggaran yg akan di tingkatkan hingga 200 triliun, ga mungkin juga semuanya di belikan utk peralatan SAR, akan tetapi kemungkinan alutsista yg memiliki dwi fungsi utk SAR sekaligus utk pertahanan dgn penambahan armament utk perang jika perang terjadi dan itu lebih masuk akal.

    •  

      justru sbg Menhan jng gunakan bahasa yg bersayap….yg tegas, tepat dam cakap. .klw perlu di tanya sama wartawan bilang mau di beli semua….meskipun nanti terealisasi atau tidak urusan belakangan…. bilangnya gk ada perang lah…mau beli alat SAR lah….lha menhan kok ngomongin SAR….kan udah ada BASARNAS yg urus….

      jng ngomong keseimbangam kawasan bung…lha wong tetangga kita aja gk pernah mikirin keseimbangan kawasan….

  12.  

    Tambah CN 295 jadi 3 skuadron dan versi AWACS 1 skuadron. Tambah Hercules J series 1 skuadron. Tambah Heli angkut berat chenook 1 skuadron. Tambah Banjarmasin Class 10 unit. Tambah cn 235 patmar /MPA lengkap jadi 1 skuadron. Semua itu utk memperkuat fungsi militer dan sipil/bantuan bencana dll. Utk yang penguatan otot strategis tidak usah diungkap tidak apa2. xixixixi.

  13.  

    Ane berharap pak menhan ngomong gitu,untuk meredam perlombaansenjata dikawasan atawa penggiringan opini agar ga terlalu diekspose penambahan alutsista RI..klo 22 nya kaga pak menhan perlu baca2 lagi tentang lcs yg bisa meletub kapan saja, perang bisa kapan saja pak..walau berawal dari hal yg sepele sekalipun..!!!
    mau damai maka harus siap berperang..kecuali kita tinggalnye disurga bukan di dunia.perang akan trs terjadi sampai hari kiamat..
    …NKRI HARGA MATI..

  14.  

    Strategi para jendral kita selalu terlihat dingin tpi kepalanya suda mendidih pengen beli alutsista kelas berat He He he

  15.  

    Saya agak miris :mrgreen: tp bukan miris karena berita diatas, tp karena dr anggaran 102 T, AL dapat 14 T saja . . .
    Dikit banget kakak…
    Disitu kadang saya merasa sedih :mrgreen:

    Persaingan SAAB ama Rosoboroneexport kayaknya makin Extreme, , , SAAB minta tender pespurnya segera dibuka secara terbuka dan buka2an :mrgreen:, kayaknya udah PANAS krn TNI selalu nyebut Sukhoi wkwk

    •  

      Yup padahal TNI AU kgak nafsu beli gripen TNI AU pengeny. Su 35,wong TNI AU jelas2 pengenny su 35 g” bisa di ganggu gugat,cuma saab aje yg lebay wkwk

    •  

      Anggaran 101,6 T yang 40% nya untuk alutsista. Jadi yg utk alutsista 40,64 T. Dibagi 3 angkatan, jadi sekitar 13 T untuk alutsista tiap angkatan. Jadi kalau TNI AL dapat 14 T untuk pembelian alutsistanya ya itu wajar.

  16.  

    pernyataan Pak RR cuma kamuflase aja tuh

  17.  

    saya tidak setuju atas komentarnya bpk menhan tentang tidak tertariknya meningkatkan alutsista untuk perang,kita harus ingat ancaman di setiap negara2 ttngga psti ada,contohnya masalah perbatasan & kedaulatan,jangan sampai harga diri & kedaulatan indonesia di injak2 oleh negara lain.

    Jika ingin damai bersiaplah untuk berperang

  18.  

    Mef tahap 2 harus jln trs tdk boleh berhenti,saya mendukung setiap program bpk presiden untk meningkatkan alutsista militer

  19.  

    Me… Manut ae. *Saya ikut ajah (sambil nyeruput kopi hitam)

  20.  

    Menurut undang undang no 34 tahun 2004 ada 2 tugas pokok TNI yaitu Operasi untuk perang (OPM) dan Operasi Militer Selain Perang. Nah kita simpulkan menurut pak mentri ini karena tidak ada ancaman perang antar negara maka alat alat TNI lebih di fokuskan untuk OMPS .Dimana alat alat untuk kegiatan SAR, Penangulangan bencana,seperti,kapal angkut besar,hely besar yang bisa cepat mendistribusikan bantuan akan lebih di perhatikan dari pada beli SAM,SU 35 , Destroyer dan sebagainya.Operasi militer selain perang ditiru dari militer Amerika serikat yang jadi polisi dunia.

    •  

      Kita bakal kembali ke jaman Soeharto ,programnya ABRI Masuk Desa,.Tidak salah tapi jadi lupa tugas pokok sebenarnya.Akibatnya alat pertahanan tidak di perhatikan dengan sungguh sungguh sehingga TNI jadi lemah.Untuk menutup lobang kekosongan alutsista terpaksa SBY ambil jalan pintas ,beli bekas.Sekarang kekuatan kita sudah mulai di perhitungkan pelanggaran wilayah sudah kurang.Haruskah kita kembali membiarkan TNI lemah lagi setelah susah payah di bangun oleh SBY?Akhir akhir ini pernah kita dengar pernyataan TNI bahwa ada pihak pihak tertentu yang ingin TNI lemah ??

  21.  

    Ngopi lagi….

  22.  

    Apa yang disampaikan dan tindakan yang dilakukan benar benar tidak sama. He…he.. Di satu sisi, bilang beli senjata utk kemanusiaan. Disisi lain, bikin perjanjian pertahanan dan ToT dengan banyak negara dan beli Sukhoi 35, tertarik Pak Fa dan lain lain. Diplomasi yang rendah hati.

    •  

      Benar bung..kita harus melihat maksud tersembunyi d balik ucapan menhan (analisa mendalam, kumpulkan potongan-potongan puzzle informasi yg ada), tidak perlu woro-woro seperti ibu-ibu arisan yg gemar pamer mnceritakan seluruh harta d rumah dan yg akan dibeli..dulu pernah ada tag line iklan yg bunyinya ‘gak semua yg lo denger itu bener’
      Salam bung..trims admin..

  23.  

    Saya kira pendapat bapak Ryamizard Ryacudu sebagai Mentri pertahanan ,lebih ke pengalaman pribadi beliau sebagai perwira yang sibuk saat Tsunami melanda Aceh . Dimana saat itu kita sangat kekurangan alat untuk membantu korban baik mendistribusikan sembako maupun mencari korban.Sementara bantuan dari luar dengan alat yang lengkap dan modern. Yah kalo orang udah sepuh jadi mentri semangatnya juga…

  24.  

    Ya baiknya jadi menteri sosial sj dia bung jangan menhan.

  25.  

    Wah kayak akan sepi nih pembelian alutsista 5 tahun kedepan gak akan seramai saat pak Pur jadi Menhan mudah2an saja sepi beli Alutsista dri luar negeri krn Fokus memajukan Industri Pertahanan dalam negeri, kalo tidak mo buat apa anggaran pertahanan dinaikan

  26.  

    Jadi kalo ternyata yang tidak penting dibeli .. berarti yang penting sudah dibeli ya Pak?

  27.  

    diam diam menghanyutkan, anggaran naik jadi 102 T masa’ cuma buat SAR doang ya gk. mungkin pernyataan beliau cuma strategi agar kawasan lebih damai

    •  

      Naek itu kalo dalam rupiah bung. Kalo dikonversi ke kurs dollar sebenarnya turun gara2 dollar menguat gila2an. Dari $ 8 milyar di 2014 jadi sekitar $ 7,6 milyar
      Padahal kalo impor ya bayarnya pake dollar. Russia aja minta dibayar dollar

  28.  

    Pernyataan yang adem sambil Chungmugong Yisunshin,dokdo pelan2 merapat untuk membantu misi selain perang.
    pesawat untuk ngangkut radar bentuk piring atau balok.
    sama A400M 2 skuadron untuk ngangkut indomie di daerah terpencil
    Helikopter yg ada senar ulur untuk nyari ikan yg lagi nyilem
    tenang2 pakcik, mister, engkong, paman kita lg gk mau perang kok

  29.  

    suka becanda juga ni si MENHAN..
    dilihat njawab pertanyaannya kelihatan ngasal dan cuek. hihihih
    TENTARA kan juga harus pintar KAMUFLASE

  30.  

    saya suka pendapatnya bung gunung jati, salam,

  31.  

    Usul cadangan BBM Pak untuk alutsista kita biar bisa tahan minimal tiga setengah abad.

  32.  

    Polri dgn butuh dana tambahan tinggal tlp Aussie n US ud dikasih hibah barang n pelatihan full package dgn cover penanggulangan teroris. Upss… maaf keceplosan.

  33.  

    Itulah Indonesia bung2 smua wrga jkgr.”trlihat lemah di saat kuat&trlihat kuat di saat lemah(kamuflase)…

  34.  

    …wah kalau yg ngomong ini Menhan kurang tepat, alutsista canggih sangat penting, ini terkait utk efek gentar, penguasaan teknologi, perkembangan geopolitik, penyetaraan kemampuan prajurit dengan negara maju. Rasio belanja alutsista kita thd PDB juga termasuk paling rendah di Asean. Kurang dari 1%, dan rencana mau ditingkatkan. Kecanggihan alutsista, mencerminkan kebesaran dan kedaulatan bangsa. Saya kira, statemen menteri mesti mencerminkan kepentingan strategis nasional kita.

  35.  

    …wah kalau yg ngomong ini Menhan kurang tepat, alutsista canggih sangat penting, ini terkait utk efek gentar, penguasaan teknologi, perkembangan geopolitik, penyetaraan kemampuan prajurit dengan negara maju. Rasio belanja alutsista kita thd PDB juga termasuk paling rendah di Asean. Kurang dari 1%, dan rencana mau ditingkatkan. Kecanggihan alutsista, mencerminkan kebesaran dan kedaulatan bangsa. Saya kira, statemen menteri mesti mencerminkan kepentingan strategis nasional kita, dan bukan utk menyenangkan negara lain.

  36.  

    Mau bahas off topic…

    Di Singapura ada Singapore Air Show, di Malaysia ada LIMA, Di Australia ada di Avalon. Di Indonesia kapan ya ada pameran yang mengutamakan air show? Kalau Indo Defence kan nggak bisa dibilang air show. Kalau kelak ada semoga bisa di Surabaya soalnya deket sama saya… Hehehe…

  37.  

    Indonesia bangsa besar, tapi mayoritas para pejabat kalau ngomong ngaa pernah besar, selalu saja merendah, akibatnya mayoritas rakyat Indonesia selalu merasa rendah diri dg bangsa lain

  38.  

    Menhan kita ini berasal dari Palembang, suku yang sangat disegani bangsa Malaysia karena nenek moyang mereka berasal dari sana, dari Bukit Siguntang .. mungkin ini yang membuat beliau jadi adem .. semoga Pak RR tetap waspada bahwa Malaysia itu bagaikan Srigala Berbulu Ketek .. bau ..

  39.  

    semua alutsista tentunya ya bermanfaat dan penting pada saat dibutuhkan, emangnya kaya beli krupuk sekarang beli lgsg ada barangnya

  40.  

    ya mudah2 an ucapan menhan hanya peredam suasana yg bergejolak di saat pemilihan pesawat sukoi 35 ma gripen….biar sales Saab kaga ngeyel lg tu, blm apa2 kok minta transparan soal pemilihan hadecch….pengen kita sih senjata berat jgn d publikasikan pak menhan…..gua dukung pak.

  41.  

    Analisa saya pribadi, menhan memang jujur dan tidak ada kamuflase dalam pernyataannya, kesimpulannya jangan berharap MEF akan berjalan, dan gak usah menghibur diri dengan bilang bahwa menhan hanya menutupi MEF yg sedang berjalan, jadi terima aja kondisi punya menhan seperti ini, dan ini nyata, gak usah berandai andai

  42.  

    Ya.. Slogan Appear weak when you’re strong, appear strong when you’re weak. Cukup jelas otot TNI Kita sekarang sekuat apa.. Otot kawat balung wesi, kulitnya boleh kulit bayi lembut dan halus

  43.  

    Kacau kalo kaya gini mah..
    Pak….TNI sgt membantu jika menangani bencana yg terjadi di tanah air krna itu adalah tgs sekunder dr TNI itu sndri TAPI saya harap tni tidak MELUPAKAN tugas UTAMA nya untuk menjaga KEDAULATAN bangsa dan negara dari keusilan asing!!!
    Jujur saya muak melihat berita bahwa bangsa ini di injak”,dilecehkan bahkan dikontrol sama pihak asing,dan pemerintah cm bersikap diam seolah tdk terjadi apa”..
    Saya cm berharap bisa melihat bangsa ini DISEGANI oleh asing…dan saya jg berpesan agar PAJAK kami digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan bangsa dan negara!!!

    Maaf blepotan…
    Salam hangat untuk warjager smw 🙂

  44.  

    Dinilai dari wajah pak menhan, beliau itu orangnya tegas dan penuh teka-teki. Mungkin saja beliau memiliki strategi lain di balik pernyataannya. Saya lebih setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa beliau ini mendinginkan suasana di tengah gencarnya tni meremajakan alutsistanya. Mungkin beliau tau kalau kuping tetangga sudah panas dengan peralatan tempur yang superior.
    NKRI HARGA MATI!!! JAYALAH INDONESIA KU!!

  45.  

    Open Tender bung, Semua Bisa masuk u/ Daftar,
    Yg kita dengar kemarin2 kan cuma Favorit TNI yg tiga besar itu loh,
    tapi kalau open tender, semua bisa dan boleh daftar.
    cmiiw.

  46.  

    Menhan bicara spt ini nggak pantas, mungkin dulu salah kamar nih…harusnya Mensos atau Men daerah tertinggal…..aduuuhh…capekk deehh…kayaknya ilmu militernya sdh hilang…

  47.  

    Pak Menhan sampe brkunjung ke LIMA menurut sy pasti ada yg ”dieksekusi” di sana..

  48.  

    Perkataan pk menhan dlm forum internasional dapat diartikan relatif. Tapi tugas utama seorang menhan sy kira adalah bagaimana mengkondisikan ketahanan nasional. Dlm bntuk keupayaan utk mandiri dlm alutsista dlm negri beserta aset2 pendukung (sucad,bbm, dll)

  49.  

    Semestinya kita d Lima langkawi tdk saja sbg penonton/pembeli. Sy berharap bagaimana kt bs membawa anoa aps2, anoa ifv, badak pindad fire support vehicle, PT pal kcr 40, 60.. mybe someday, i always pray and hopes for this moment. Amien yaa rabbal alamien..

  50.  

    Diplomasi lembek dan merendahkan diri justru melemahkan spirit dan daya juang tentara serta rakyat. Kepentingan nasional musti diutamakan, buat apa pujian terhadap person dengan mempertaruhkan negara. Perkembangan geopolitik musti disikapi dengan cerdas dan tidak plintar plintir…jangan ketipu terus donk, masak kalah cerdik dengan tetangga.

  51.  

    Saya yakin target MEF 2 pasti tercapai….

    Ga mungkinlah seorang jenderal (purn) yg menjabat sebagai menhan akan secara terbuka menceritakan rencana ke depan pertahanan negara meskipun itu tdk secara gamblang……

    MOU berjibun n dah numpuk dg banyak negara sudah dibuat n sifatnya jangka panjang n bernilai strategis. So, yakin bgt MEF 2 akan terpenuhi.

  52.  

    saya kira MENHAN nggak tahu makna si vis pacem para bellum, wajar zaman SBY nggak di angkat jadi apa2, saya kira pengangkatan menhan sudah di kaji scr mendalam oleh presiden sekarang, ternyata hasilnya kaya gini. LEMES tok gak ada spirit sama sekali

  53.  

    Pak menhan SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN .. jagalah NKRI …

  54.  

    Iya…maubperang sama sapa juga…?

    Besok2…malaysia trobos trus lwt udara..n pindah2 patok.singapur…ambil pasir trus hingga pulau2 indo hilang…aussie trobos laut indo…n taro pengungsi di indo….lalu bakar2 kapal nelayan indo.

    Nah papua nugini…yg militernya biasa2 pun berani membantu opm. Wong opm bentar2 larinya ke papua nugini…wkwkwk..

    Ntar pas perang LCS meletus…indonesia cuma mengirim pesawat besar utk pengungsi…kapal n helli utk SAR.lalu natuna diambil cina…hhe.. kacau dah… ujung2nya ditawarin utang IMF tuk beli alat perang mendadak. Haddech…

  55.  

    ucapan pak RR itu jujur n polos…jd ga usah ada yg berandai2 ato mengatakan kamuflase..dana 102T itu akan lebih banyak terserap ke alut SAR..siap siap kecewa aj.

  56.  

    ” mau perang sama siapa kita ??? ” :
    1. Apa tidak tahu negara kita sudah terkepung oleh pangkalan militer negara2 asing yang sdh mengokang senjata nya mengarah ke jidat RI.dari Darwin, P.Cocos, P. Cristmas, dll.
    2. Malon sudah mulai melengkapi dgn pespur Rafale, menambah armada laut dgn kapal litoral combat.
    3. Singaporn skuadron pespur nya segambreng ditambah dgn F-35 dr kapal induk siap menerkam.
    4. PLA segitu agresif nya di LCS, apa RI bisa melindungi diri dr akibat konflik LCS.

  57.  

    usul Pak Presiden ,

    ada tambahan Menteri bencana alam dan badan SAR bapak RR Yth

    •  

      Setuju kalo perlu bapak RR dan TEP di resufle saja sering bikin blunder.Keduanya sering kacau kalau ngomong,habis udah sepuh ,ganti aja sama TB Hasanudin dan Safrie Sjamsoedin lebih nasionalis dan visioner.

  58.  

    Waduh kok mlempem nih menhan..
    Keadaam damai nukan menkadi alasan buat kita untk tidak memiliki mesin perang yang tangguh..
    Inget gk kita dijajah sma jepang ma belanda dikira gara2 kita gak cinta damai.. kita dijajah karena pda wktu itu kita lemah dan tertinggal dr bngsa eropa di berbagai sektor..
    Istilah gampangnya seorang preman akan lebih segan untuk mngganggu orang yg memilki hdan besar dan kuat dr pada mengganggu orang yg bdanya kcil..

  59.  

    semoga omongan menhan benar dalam realitanya bahwa tidak akan beli pesawat fighter,tp pesawat angkut untuk bencana alam & kemanusiaan .
    hihihihihi,,,, makan hati kalau itu benaran terjadi
    dikampung q ada org bawa golok,blm pernah tebas leher org,tp liat dia bawa golok aja org dah pada segan,so .. kalaupun tdak terjadi perang tp diplomatik negara kita lebih di dengar negara lain kalau alutsista kita modern ,busanya pun sangat berarti :v ,11-12 itu urgensi-nya penanggulangan bencana & peningkatan alutsista IMHO..

  60.  

    Beli kapal setara USS Rushmore aja yang banyak bisa perang/bisa sar. Gitu aja koq repot. http://jakartagreater.com/melihat-uss-rushmore-di-manado/

  61.  

    mef2 atau mef 3 indonesia memerlukan kira1angkatan udara 12 skadron pesawat tempur dr bebagai tipe sergap and figter(rafale,tyhon,su35,rafale)sekarang cm ade ada 32 f16,1skadron f16 sisa(9)su27/su30 berjumlah 1skadron,jd kekuragan 6-8 skadron pesawat tempur(kalo hawk,tucano itu untuk coin lah)2-3 skadron pesawat angkut menengah c17 global master atau a400m,atau sejenis nya,helicopter angkutnya dr black hawk atau keluarga mil rusky 100-120buah,helicopter tempurnya +-harus 4-5 skadroon(48-60pesawat)sistem arhanud kire 4-6batere s300 atau s400 atau patriot,,hq16dan ribuan rudal pangkul,radar. 2.al kite perlu minimal 12 frigate class sigma(baru 4)3-4 skadron heli patroli,2-3 skkadron pesawat intai,kapal selam10-12 buah(masa kalah ama singapore,malay,vietnam)kapal logistik 6-8buah,3-4skadron heli tempur,300-400 lapis baja baru kyk brt 80 atau sejenisnya,kpl lst(6-8),korvet kira2 24-32 buah baru,dan kapal2 patroli sejenisnya,3 angkatan darat mermelukan tank kyk leo,ambram,armata,t10 sejenisnya kira2 +-400 buah,dah ada 100leo jd kekurangan 300,lapis baja minimal baru kire2 +-1200 buah,tipe baru kurang lebih 300-400 jd kekurangan 600-800
    skadron heli tempur 8-10 skadron (100-120buah)heli angkut berat atau ringan 20-24 skadron(240-300buah)senjata arteleri +-1200 BUAH,mrls kurang lebih 100-120 buah,mef indonesia kalo untuk bertahan kekurang unsur2 laen harap ditulis rekan2 laen,gemane dananya cicil belinya:) iseng doang bro,maaf kalo ada tidak berkenan heheehehehee

 Leave a Reply