Mar 272019
 

Pandangan umum tembok yang membatasi perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko di bagian komunitas Santa Teresa, Negara Bagian Chihuahua, Meksiko, 09 April 2018. [Kredit Wajib: Foto oleh Alejandro Bringas / EPA-EFE / REX / Shutterstock (9594022c) via rollingstone.com]

Penjabat Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat (AS), Patrick Shanahan, menyetujui hingga 1 miliar USD untuk membangun sebagian tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, Senin malam.

Pentagon dalam sebuah pernyataan menjelaskan bahwa Shanahan memberi wewenang kepada komandan Korps Insinyur Angkatan Darat AS untuk mulai merencanakan dan melaksanakan 1 miliar USD dalam dukungan kepada Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Patroli Bea Cukai dan Perbatasan.

Pentagon mengatakan dana itu akan digunakan untuk membangun pagar pejalan kaki setinggi 18 kaki (5,5 meter) 57 mil (5,5 meter), membangun dan meningkatkan jalan, dan memasang penerangan di sektor perbatasan Yuma dan El Paso.

Langkah ini bertujuan untuk mendukung deklarasi darurat nasional 15 Februari di perbatasan selatan Amerika Serikat.

Presiden Donald Trump bergerak untuk membangun tembok perbatasan yang dijanjikan lama melalui perintah eksekutif bulan lalu setelah ia gagal mendapatkan 5,7 miliar USD yang ia cari dari Kongres untuk konstruksi penghalang, setelah menutup Kongres untuk bentangan terpanjang dalam sejarah atas permintaannya.

Penentang perintah eksekutif Trump telah memperingatkan bahwa hal itu menjadi preseden berbahaya dan melanggar delegasi Konstitusi kekuatan pendanaan ke cabang legislatif.

Senator Chuck Schumer, Senat Demokrat terkemuka, mengecam tindakan Trump dalam sebuah pernyataan, dengan mengatakan “tidak mengejutkan bahwa presiden memegang aturan hukum dan Konstitusi kita dalam hal yang minimal”.

Sumber: Anadolu Agency

 Posted by on March 27, 2019