Sep 262014
 

Menhan Purnomo Yusgiantoro (tengah)

Jakarta TNI melalu program rencana strategis (renstra) terus mendatangkan alutsista untuk memperkuat pertahanan negara. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro berharap program itu terus dilanjutkan pemerintahan Jokowi-JK.

“Ini ada presiden baru, nanti menteri baru, kita harapkan diteruskan,” ujar Purnomo di Taman Monas, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2014).

Menurut Purnomo, renstra melalui tiga tahap hingga tahun 2024. Sementara, menurut Purnomo, program ini telah berjalan 40 persen selama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Setiap renstra itu targetnya sepertiga tapi renstra satu ini sudah 40 persen,” kata Purnomo.

Walau begitu, ia tetap berharap pemerintahan Jokowi-JK melanjutkan program ini untuk memperkuat pertahanan dan kedaulatan negara. Hal ini karena masih banyak alutsista yang akan datang ke Indonesia.

“Saya tidak bisa bicara atas nama pemerintahan baru, tapi ini harapan untuk tugas renstra pertama dilanjutkan. Tapi ingat, nanti banyak lagi alutsista kita datang, dengan hitungan yang ada anggaran kita cukup baik,” ujar Purnomo.

“Memang pembangunan kekuatan tidak bisa setengah-setengah, kita tidak bisa selalu mengharapkan aman dan nyaman karena sekarang sudah ada cyber, separatisme dan lainnya,” tutup Purnomo. (news.detik.com)

  70 Responses to “Harapan Menhan untuk Jokowi-JK”

  1. wahhhh banjir artikel nih, buat bacaan dan perenungan di akhir pekan…matur nuwun

  2. kedua haha

  3. Absen dlu bru baca.. Hehee
    met mlm warjager smua…

  4. Menhan berharap alustista yang sudah ada jangan dijual :mrgreen:

    • ambleg….ini sby masih presiden loh…masih banyak …rock n roll…got the blues…jadi jgn khawatir…mef tetap jalan…walau nanti pres baru yg bener baru…bukan imitasi yg di kawal kesana kesini menggerutu….”lu ga tau dulu gw juga anak sini (kwitang)..smile guys said…wah sby mengecoh pam di amrik….kenapa sby make jalur lain waktu ke whas…maaf oot

  5. 6. ngabsen lagi hehehe

  6. kira 2 alutsista apa saja yg bkl hadir di restra selanjutnya? colek para sesepuh di jkgr

  7. Muncul jg artikelnya …

  8. 10 besar

  9. Yg datang ya di list kemhan MEF II .. pesawat pengganti Fe5 tiger yg belum diputuskan baru th 2015 ada keputusan .. total pembelian baru 3.7MUS$ di MEF 1untuk 3 matra . Padahal ada anggaran 15MUS$ atau 150triliun ..
    Lhahh yg 11,3M$ mau dibelikan apa ya

  10. Tambahin yang banyak pak,jangan mau kalah sama bapak besar.

  11. TUDM membeli 4 A400 pesawat angkut besar senilai 2,4Mus$ .. kaya nya ga berguna pesawat angkut logistik dan pasukan senilai itu pemborosan .. kenapa ga beli pesawat tempur senilai 2,4M$ bisa dapat 2Ska su35 … tapi memang di asean ada batasan pembelian alat tempur kayanya .. saling menyeimbangkan .. kecuali vietnam yg dalam kondisi alert … rudal astros indonesia malaysia punya .. nexter thailand udah lama punya ..

    • Program A400 ini kan sudah lama sekali bung, bahkan pernah vakuum beberapa tahun, baik karena pembiayaan maupun beda spek antar negara negara pembuatnya (konsorsium eropa) yg waktu itu diharapkan AU-nya akan menjadi konsumen pesawat jenis ini.

      Lha saat proyek jalan lagi, malaysia menyatakan tertarik dan akhirnya membeli, waktu itu ekonomi mereka memang masih kuat, jadi gak kepikir bakal mengalami kaya sekarang seretnya anggaran mereka.

      Kalau sekarang ya boro boro nambah pesanan, lha wong mig-29 aja harus pensiun diperpanjang terus, itupun penggantinya nanti pesawat tempur sewaan. Itu belum apa apa, belum lama ini malah program pengadaan kapal latih untuk al mereka diambil alih kreditor, ibaratnya kapal latihnya disita debt collector 😀

    • yakin cuma 4
      nilai segitu bisa dapet 8-10 baru itu
      hehe

    • kagak ade lah batasan pembelian alat tempur di asean, contoh nya singaporn mereka bebas beli apapun alat tempur yg mereka inginkan dalam jumlah yang fantastis & kualitas nomor wahid, tanpa memperdulikan keadaan asean.
      ane harap Indonesia juga harus berani seperti itu, jangan takut/jangan peduli tekanan dari manapun, yang penting NKRI HARGA MATI !!!

  12. yap..mdh2an pak jokowi lbh peka terhadap kebutuhan tni akan alutsista,amen…
    Ngomong2 saya perhatikan postur pak syafri syamsudin adalah postur ideal seorang prajurit tni..klo postur mungil2 kliatan lucu gtu,jgn kan org luar..org dlm sendiri sering melecehkan dan nggk ada segen nya sm tni,prajurit tni sering jd bulan2an

  13. Menhan kasih ke pak Safrie Samsudin aja dech, biar lancar MEF 2&3 nya, jangan kasih jabatan menhan yg sekelas Laksamana Sukardi, nanti habis di jualin tuch Leopard, Apache, Nakhoda Ragam Class, T50, Grop dll. Semoga ga terjadi Great Sale jilid 2 dech…

  14. Yang Jadi Menhan ke depan pantesnya memang Pak Sjafri, mossad aja di ko sama beliau ..

  15. Nyimak

  16. Menurut sy dlm pemerintahan jkw nanti alutsista kt akan lebih berwarna rusia dan china ketimbang barat,dan jkw akan lebih mementingkan kemandirian alutsista,oleh krn itu sbagian besar dana akan digunakan utk membesarkan LEN, pindad, PAL , DI, dahana, dok koja, DRU, lundin dan krakatau steel , tawaran alutsista lain pasti akan susah masuk kecuali offset TOT besar2an macam korsel atau airbus, konsekuensinya 5 tahun ini tdk akan ada alutsista gahar yg akan diimpor jkw, tp akan berlimpah dg anoa,komodo,tank sbs dan medium pindad ,cn 235 Aew/mpa/asw, cougar, kcr, changbogo dan klewang class. Utk pespur tdk akan ada impor tambahan lg,tinggal menunggu kfx ifx dan upgrade yg udah ada. Yg akan bnyk terjadi adalah pemekaran divisi kostrad, marinir dan lantamal di seluruh pulau, kt lihat progam jkw jk nanti lebih menghidupkan industri pertahanan dlm negri dg efek memutar roda ekonomi

    • yakin jokowi memilih rusia&china?

    • Masa sih… apa ngga alutsista kw2 dari asu yg bakal masuk

      • yang Kw dari ASU itu jamannya SBY dan sdh terbukti. Kalau jamannya Jokowi harus kita kawal supaya tdk terulang lagi.xixixi.

        • Malam bung Pitik,maaf mo tanya dikit,Produk AS utk ekspor bukannya slalu d Down Grade ? Saat ini masih sama or gak ? Thz,,

          • AS justru ndak pernak jual produk down grade lho, bung. Lihat semua alutsista yg mereka jual spek sama, F-16 block 60 mereka sama seperti block 60 yg dibeli Iraq, misalkan.

            Bahkan mereka bisa jual pesawat bekas dengan jeroan top. F-1652ID punya kita contohnya, lha itu kan aslinya block 25 terus diupgrade dengan jeroan setara block 50.

            Berarti upgrade dong, bukan downgrade…? 😀

          • Owh bgtu ya bung Mpu,thz infonya,,salah info saya slama ini,dengar dri rumpian ibu2 arisan soalnya,nah klw yg tau seluk-beluknya udah nerangin jdi paham deh ane 😳

          • bung mpu maksudnya downgrade sama yg punya AS
            kalo block 52ID ya dibandingkannya ama block 52 nya AS
            beli F15 SE pasti dibawah F15 SE nya AS
            bukan 25 up 52 dibandingkannya ama 25 nya AS

            kalo rusia kan beli SU 30 punya kita sama dengan SU30 punya rusia bahkan bisa sedikit lebih unggul dngan rusia kalo kita minta penambahan misal radar, jangkauan dll
            karna di rusia blm tentu sama dengan yg di penggunanya

          • Bung MS_P90 yg pasti tidak akan pernah diberi yg sama atau lebih unggul dng sekutu di sebelah utara dan selatan, itu bahasa awamnya apa ya? xixixi.

    • Iya. Dari China. Itu saja KW2. Sudah karatan pula. 😀

    • yg bener2 jual senjata asli cuma eropa aja, mungkin jepang jg sekarang udah bisa loh

  17. 1 kosong

  18. kalo kecewa dengan 2 permintaan yang tidak dituruti maka bisa dipastikan tidak akan berlanjut, max. dievaluasi ulang,
    Jangan tanya kenapa..

  19. Semoga bukan tebe yang jadi next menhan…..
    Amin

  20. semoga mas Joko tetep perhatian dg penambahan alutsista …
    walau kudu & musti kerja keras atur dompet negara biar semua sektor pembangunan bisa lancar …
    kita jg hrs maklum dg kondisi APBN yg mepet bikin sesak napas

  21. Hampir disemua negara presiden baru terpilih akan menonjolkan apa yang dapat dirasakan oleh masyarakat langsung untuk mengambil hati rakyatnya contohnya ekonomi dan kesehatan, jadi jangan harap deh akan ada peningkatan yang signifikan untuk alutsista kecuali program yang dilanjutkan atau presiden nya bertahan/tetap diperiode kedua

  22. Semoga pak syafrie syamsudin jd presiden selanjutnya,. Aminnn ( adem klu liat beliau )

  23. Mef 1 sudah 40% sisa 60% lagi dan masih ada mef 2 & 3…ngarepnye sih mef 2 dah di bayar lunas & dlm tahap nunggu alutsistanye dateng..untuk ngamanin klo2 presiden baru ga nerusin mef 2&3..hehehe…kan hoax- hoex nye dah di bayar lunas..2016-2017 bakal keroyokan tuh barang…maantaab…!!! Paling yg jadi pertanyaan duitnye darimane.??

    ….NKRI HARGA MATI…

  24. Tapi ingat, nanti banyak lagi alutsista kita datang,

  25. mulai akhir tahun 2014 sampai dengan 2017 banyak ALUTSISTA yang akan tiba di Indonesia, hasil dari kontrak pesanan selama pemerintahan SBY.

  26. Klo milihnya F15SE jangan diteruskan deh, mending nyari yang lain, nanti dikasih badan F15SE tp pensilnya masih sidewinder yg sdh dibw oleh F5 tiger ya percuma, Mau beli Aim 120 saja politiknya macam-macam

    • Kalau tetap diteruskan bagaimana ya Bung joni? Bukan sekutu utama ASU tidak mungkin akan diberi yg klas 1.mentok yg klas 2 (atau mungkin yg kw). Itu sama saja bikin sekutunya tidur tidak nyenyak.
      Apache E pun syaratnya harus ditempatkan di Natuna. Kan aneh. Heli serang darat, tapi ditempatkan di daerah kepulauan. Coba kalau digeser ke Papua utk menghadapi sipil bersenjata, pasti langsung disemprit. Sudah beli mahal, tapi makainya masih harus ijin yg bikin. xixixi.

  27. Otaknya gak sampai. Harapan seperti bermi,oi di siang bolong dengan ratapan kedunguan yg diumbar berulang ulang melalui corong media bayaran

  28. F16 hibah us bukan brg kw lho,itu brg masih bagus soalnya kita diberi keleluasaan untuk memilih dan mengupgrade.makanya upil langsung ketar ketir soalnya tau jeroannya bukan sembarangan.dan itu pesawat ada tail hocknya mungkin asu berharap indonesia kemudian hari dapat membantu perang menghadapi china.indonesia diharapkan menjadi pion agar alutsista negara asean dapat berkiblat ke barat sebagai upaya meredam china.

  29. Terus terang saya teramat sangat pesimis program program dan kebijakan SBY akan ditruskan pd pemerintahan yang akan datang. Yang ada nantinya malah sangat dimungkinkan politik bumi hangus. Eniwei, lets wait and see ajalah. Mudah mudahan diakirnya saya gak akan bilang: gue bilang juga apa….!! Hehehe… cemungudh…!!

    • Bung vans, itulah manfaat forum ini, kita harus mengawalnya dng memberikan masukan dan saran. Siapa tahu dipertimbangkan. Kecuali kalau punya interest politik tertentu, saya tdk bisa komentar apa2. Kalau saya sebagai pedagang ayam, tidak tertarik sama sekali dng politik, maaf orang oot. xixixixi.

  30. Yang penting buktikan janji2 mu pak jokowi, al :
    1. anggaran pertahanan 200T/tahun, kalaupun dengan syarat pertumbuhan ekonomi diatas 7% anda harus dapat mencapainya, bagaimanapun caranya karena anda telah berjanji.
    2. lanjutkan program “MEF’ dengan pengadaan alutsista yg lebih gahar,sehingga menjadi “MAXIMUM ESENCIAL FORCE ”
    3. buktikan pengadaan drone sekelas ” global hawk ” & MQ9 ” Reaper ”
    ( bukan UAV wulung, karena wulung bukan ide anda )

  31. Mantap kopinya.

  32. ‘Merpati tak pernah ingkar janji’
    Sayangnya beliau manusia bukan merpati bung

 Leave a Reply