Nov 052018
 

Kowsar, jet pencegat buatan Iran © Tasnim News

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Iran telah memiliki sekitar beberapa lusin pesawat serang, baik pesawat buatan Rusia ataupun buatan AS yang diperoleh sebelum revolusi Iran tahun 1979, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Iran telah memulai produksi massal jet pencegat generasi keempat buatan dalam negeri, dalam sebuah langkah besar menuju renovasi Angkatan Udara, lapor televisi pemerintah Iran.

“Segera jumlah yang dibutuhkan untuk pesawat ini akan diproduksi dan dioperasikan okeh Angkatan Udara Iran”, kata Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami pada sebuah upacara peluncuran produksi pesawat.

Produksi setiap jet pencegat Kowsar akan menyelamatkan negara itu sekitar $ 16,5 juta, menurut Humas di Kementerian Pertahanan Iran.

“Hari ini, kami menyatakan dengan bangga bahwa kami berusaha dalam memperoleh teknologi pertahanan yang damai untuk membela keamanan nasional kita, nilai-nilai Revolusi Islam, dan batas-batas negara kita”, kata Hatami.

Sebelumnya pada bulan November, pemerintah AS menyatakan akan memberlakukan kembali semua sanksi terhadap Iran mulai pada tanggal 5 November 2918, yang terdiri dari pengiriman, keuangan dan sektor energi Iran.

Mengikuti keputusan AS untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, juga dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), dan memberlakukan kembali sanksi anti-Iran, Tehran berusaha mengembangkan produksi senjata dan peralatan militer di dalam negeri.

Pada bulan Agustus, Menteri Pertahanan Iran menampilkan pesawat tempur Kowsar pertama yang diproduksi di dalam negeri dan menyatakan bahwa Angkatan Laut Iran untuk pertama kalinya dilengkapi dengan sistem rudal permukaan-ke-udara buatan lokal.

  10 Responses to “Menhan: Iran Segera Produksi Massal Jet Kowsar”

  1.  

    .. kok kayak didempul mobil hehe

  2.  

    lanjutkan.

  3.  

    Setidak nya utk melawan irak mgkn masih mampu.. Tp utk melawan jet tempur generasi ke 5 AS.. Saya ragu

    •  

      Yg perlu iran takutkan adalah teknologi F-15, typhoon, dan F-16 blk 60 nya negara arab, selain mereka dilengkapin dengan rudal bvraam AIM-120 & MBDA meteor beberapa jet negara arab juga dilengkapi dengan radar yg sangat mumpuni di beberapa jet mereka seperti, Eurocaptor radar (typhoon), AN/APG-80 (F-16 blk 60)
      Sedangkan iran memiliki F-14 dengan AIM-7 dan Mig-29 dengan R-27 .

  4.  

    Iran harus cermat mengambil kesempatan, selagi embargo PBB sedang di angkat, perlu sekali mereka membeli jet jet canggih dari rusia & cina yang dilengkapi persenjataan & avionics yg setara atau diatas jet jet negara arab. Bukan mau meremehkan industri persenjataan iran, toh mereka bisa minta TOT dari importirnya, tapi kalau melihat dari memanasnya relasi iran & negara arab, iran harus siap untuk semua sekenario

  5.  

    “IRAN”/dah punya nuklir,,lagi tu pesawat sepertinya buat ngeledek usa,jiplakkan f5,tiger bahkan sangat mungkin hanya f5,tiger cuma di polas poles,atau ada sesuatu?.

  6.  

    Njiplak F5 Tiger atau dapat bekas punya negara lain?…katanya sdh bisa njiplak F14 ….kok skrg bikin pesawat jadul amat?

  7.  

    Bnyk nih yg komen jiplakan F-5 😀

    Gpp lah, maklum kan kena embargo lama banget, kasihan gk dapet pengetahuan dari luar, jadi jiplak dulu aja kan gk ad yg marah

  8.  

    njiplak bukan ngeledek malah slah satu bentuk apresiasi yg malu diakui sendiri ttg kehandalan produk yg di kopi

 Leave a Reply