Dec 062014
 
Parade kapal perang RI (KRI), kapal nelayan dan helikopter melintas di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (15/12/2013), dalam rangkaian Hari Nusantara 2013.

Parade kapal perang RI (KRI), kapal nelayan dan helikopter melintas di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (15/12/2013), dalam rangkaian Hari Nusantara 2013.

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com – Indonesia akan terus memerkuat ketahanan negara dengan terus memproduksi alat utama sistem persenjataan di dalam negeri. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menilai alutsista Indonesia saat ini sudah lebih baik.

“Memang ada beberapa yang tua, tapi yang baru juga lebih banyak dan akan terus diproduksi di dalam negeri,” kata Ryamizard usai Sarasehan Keluarga Alumnus Universitas Islam Indonesia (UII) yang diselenggarakan pada Jumat malam (5/12/201) di Bandar Lampung.

Dia mengatakan bahwa alutsista di Indonesia masuk urutan 19 terkuat di dunia, Australia di bawah dari Indonesia. Terkait KRI 520 Teluk Bintuni yang diproduksi oleh PT Daya Radar Utama (DRU) di Lampung menurutnya kapal tersebut memiliki kapasitas lebih baik daripada produksi Jerman dan Korea.

Bagus kok. Saya sudah pernah menaiki puluhan kapal buatan Jerman dan Korea tapi bagi saya ini lebih baik daripada buatan luar negeri,” ujar dia.

Kapal itu memiliki kemampuan mengangkut 20 tank Leopard serta alat perang lainnya dan belum termasuk personilnya. Terkait insiden kebakaran yang pernah melanda kapal yang belum sempat dilaunching itu, menurut Ryamizad itu hal biasa.

“Kebakaran kemarin hal biasa hanya konsleting saja kok dan semuanya sudah teratasi,” katanya lagi. (KOMPAS.com)

Bagikan Artikel :
 Posted by on December 6, 2014

  83 Responses to “Menhan: KRI Bintuni Buatan Dalam Negeri Lebih Baik dari buatan Jerman dan Korea”

  1. izin absen

  2. Loh pertamax

  3. Kalau anak negeri sudah bisa buat yang lebih bagus
    harus ada dukungan biar bisa buat yang lebih baik
    lebih banyak, bisa mengurangi devisa negara
    apabila beli impor

    Sukses Indonesia, salam NKRI

  4. Dia mengatakan bahwa alutsista di Indonesia masuk urutan 19 terkuat di dunia, Australia di bawah dari Indonesia. joss

  5. lanjutkan !!!

  6. Mantap,,!

  7. Sangat disayangkan Menhan berucap sbb “Terkait insiden kebakaran yang pernah melanda kapal yang belum sempat dilaunching itu, menurut Ryamizad itu hal biasa.

    β€œKebakaran kemarin hal biasa hanya konsleting saja kok dan semuanya sudah teratasi,” katanya lagi.”

    Kalo lagi ditengah laut bagimana Oom! Tidak ada Damkar yg menolong, pemadaman hrs diatasi dengan sumber daya sendiri. Masih ingat KRI Klewang kita yg terbakar habis? Api justru adalah momok bagi pelaut. Karena itu di kapal yg benar, ada peran kebakaran dan ada sistem proteksi kebakaran terpasang (hidran & sprinkler) selain prosedur pencegahan kebakaran.

    Kata2 yang sama sekali tidak bijak (karena mungkin tidak mengerti). Tapi kalo nggak ngerti ya nggak usah ngomong.

  8. Ranking kekuatan alutsista Australia dibawah Indonesia tapi Indonesia menerima hibah Herky bekas dari Ausie dan saat ini Ausie sudah punya Kapal induk serang amfibi yang mengangkut helicopter serbu dan kemungkinan diisi juga F35 B/C

  9. Assalamualaikum wr.wb.
    semua berubah saat negara api mulai menyerang
    hanya avatar yang bisa mengatasinya
    tahukan avatarnya siapa :mrgreen:
    satrio paninggit :mrgreen:

  10. Rencana kapal induk buatan PT PAL (Improvised Star 50) sebaiknya segera direalisasi di era Pemerintahan sekarang yang mencanangkan Indonesia menjadi poros maritim dunia

  11. ngomong apaan bang,gak jelas ngomongnya.

  12. Karena canggih tuh bung prof jadi TOP screet – kalo canggih tapi ketauan jadi bushit tar

  13. PERKATAAN ANDA MENCERMINKAN PRIBADI ANDA @prof

    • menurut pendapat pribadi saya judulnya menunjukan ke optimisan pemerintah, walaupun masih banyak yang perlu diperbaiki tapi saya yakin untuk kapal kapal kedepannya akan jauh lebih baik..
      salam hangat untuk bung@prof dan keluarga…

  14. Jelas lebih baik dong
    Buktinya pas mau launcing dah berapi2
    Bahkan ampe tali sling baja putus dan pngen buru2 nyebur ke laut

    *ini bukan mnjelekkan loh

    Kita blm punya
    Kita bisa mendesign ini kapal
    Dan akhirnya punya

  15. Lebih bagus dari buatan jerman dan korea… :mrgreen: masa sih…sy jg cinta buatan dlm negeri pak…tp realistislah…kalau korea masih masuk logika lah walau sy masih ragu karena galangan kapal mereka lebih maju…tp jerman? Jgn suka berlebihan ah…bilang saja kita akan menggunakqn produk dlm negeri dan meningkatkan kualitasnya secara bertahap titik…master of advertising juga neh… :mrgreen:

    Soal kebakaran biasa? Tepok tepok jidat…kalau ikut Iso 9002 dah di tolak kale neh kapal karena tanda cacat produksi…untung ini indonesia yg biasa dgn kondisi terburuk sekalipun…tp jg jangan terlalu vulgar juga dong om…malu sama luar negeri :mrgreen:

  16. mungkin jerman nya jerman timur….dulu kan bernah beli bekas 39 unit parchim class dan froch…..kan memang kapal tua…..

  17. itu kan pemerintahan yang dulu yang katanya kita dapat tot rudal c705 saratnya termasuk harus beli ribuan kapal cina.

  18. Sebuah pembelajaran yang baik…

  19. mungkin ke dpn lbh baik sista buatan sendiri tdk di publish dulu … dibuat ghoib dulu, stlh test uji coba berhasil baru di umum kan ke seluruh dunia, tetep ane dukung produk anak bangsa … btw kalo soal prototype kena masalah itu msh wajar & jadi pelajaran berharga utk perbaikan kapal ke 2, seharusnya sea trial Bintuni makan waktu 3 ato 6 bln stlh lulus uji trus baru delivery ke user, jgn dipaksakan operate langsung krn kapal pertama produk Lampung blm tetr uji …. tapi musti tetep spirit utk dpt yg terbaik

  20. Bangkitkanlah industri dalam negeri!

  21. Katanya mau mendukung industri dalam negeri tapi koq malah impor kapal dalam jumlah banyak tanpa tot ?

  22. menurut saya aneh, membandingkan itu harus aple to aple
    KRI bintuni buatan 2013/2014
    sementara KRI buatan jerman dan korea buatan tahun 70an kalo g 80an
    jelas dong teknologinya ketinggalan πŸ˜€

  23. yup bener.yg bikin urutan nkri ada di no 19 justru hanya karena penduduknya yg byk.nah coba seandainya dicompare dgn hal lain nya seperti mbt , korvet , atau lain nya justru melorot.

  24. Karena bisa meluncur sendiri makanya dibilang canggih..
    btw dulu pak ryamizard pernah naik kapal jerman tahun brp yah.. klo dibandingin kpl jmn dulu yah mungkin

    • Saya tuh heran ,, bila ada yg terbuka di bilang berlebihan ,, bila ada yg ada yg di tutup tutupkan di bilang tidak terbuka ,,
      Mau nya seperti apaa ?
      Seblum mereka menjabarkan segala hal mereka pasti sudah dipikir sudah di cek ,,
      Masih ada yg salah jga ya nama nya manusia tdk luput dri kesalahan ,,
      salam NKRI …

  25. Mau meyakinkan koq berlebihan ya.

  26. Permisi Tok,tok!,tok (ketuk pintu ). Boleh ikutan gabung kumendan?.

  27. Lebih percaya omongan orang yang pernah naek kapal-kapalnya daripada komentar yang merendahkan bangsa sendiri.
    Mbok ya dibaca lagi kata-kata menhan, β€œBagus kok. Saya sudah pernah menaiki puluhan kapal buatan Jerman dan Korea tapi bagi saya ini lebih baik daripada buatan luar negeri,” itu menunjukkan kebanggaan dan penghargaan atas produk dalam negri.
    Mengenai kecelakan kerja, kesalahan dan kegagalan teknis, memangnya ada sebuah proyek sebesar itu, apalagi pilot project, yang zero accident? Mari renungkan sebelum komentar.

  28. Nyimak aja di pojokan …

  29. test,

  30. coba dibaca lagi,paragraf ke-3 : ”menurutnya kapal tersebut memiliki kapasitas lebih baik daripada produksi Jerman dan Korea”

    jadi yg lebih baik adl kapasitasnya.

  31. Permisi, .

  32. Kekuatan alutsista Indonesia diatas Aushit, hati2 jangan terlalu PeDe, apalagi Aushit sudah mengakuisisi f-35 dll, seharusnya kita sudah punya anti dot nya !!!

  33. Ma’af ya sblmnya (permohonan sdkit bila boleh). Bisakah para warjag yg masih eksis dimari ke kithoh semula lgi.
    1.saling gayung bersambut dlm berebut mengemukakan pedpt opini saran atau sekedar saling bertegur sapa antar sesama ttp masih ada.
    2.bisakah saling memahami ( apapun situ asinya, apapun menu artikelnya, apapun (olah pikirnya)
    3.jgnlah menjadikan sesuatu (yg menjadi harus…..)
    4.mencairlah kena semua (partisipasi,kebersamaan,kebinekaan,kekeluargaan dll..) akan terasa lebih nyaman. MA’AF sblmnya.

  34. Yah klo yg britain media itu sih bner………..!!

  35. Apanya yg kalah menurut bung sraguv?………

  36. malem bung@singa vs k**o
    mungkin pada saat itu situasi dan kondisi baik RI1 atau RI nya tidak sematang atau sesiap hari ini bung..jadi ada kondisi berbeda dalam penegakan hukum illegal fishing dibanding hari ini..
    imho

  37. banyak yang pada belum lancar baca ya ?

    menhan bilang lebih baik, tapi lebih baik bisa dalam suatu aspek tertentu saja yang dianggap penting / prioritas, tidak menyeluruh / overall, dan ini terungkap pada kalimat lain,
    “kapasitas lebih baik” (tidak otomatis berarti “kualitas keseluruhan lebih baik”)

    artinya kapasitas angkutnya lebih baik dari lst kelas frosch atau lst ex korea (khususnya dalam kemampuan ngangkut leo)

    • butel bung Danu. banyak yang belum bisa menguyah dan mentelaah berita..

      sekarang warga JKGR koq sering sering mudah menghujat.. kebiasaan penelaahan kelihatannya mulai terkikis..

      diskusinya ayo dihidupkan lagi dong..

  38. Perlu di buat bangga putra putri biar terpacu semangat untuk maju, yang mengkritik keras, mungkin dia tidak biasa menghargai pemimpinnya, jadi hati dan otaknya ikut keras

  39. Bagi saya ucapan Menhan itu ibaratnya sama dengan seorang ibu yang mengatakan kalau anaknya yang paling ganteng/cantik+pinter. Pastinya semua juga tahu kalau ucapan itu cuma isapan jempol belaka. Tapi biar begitu, wajib hukumnya seorang Ibu terus memberikan pujian seperti itu.

  40. Lalu sekarang…bagaimana status dan keadaan KRI Teluk Bintuni itu??
    Apa masih bermasalah ? Kira kira …Kapan bisa operasional? Sebab…kalau belum Apa apa sudah kena korsleting listrik. ..kuatir nya berkepanjangan…..

 Leave a Reply