Nov 032017
 

Dok. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (Jim Mattis)

Sentul, Jakartagreater.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menyatakan akan lebih memantapkan keterlibatan akademisi Universitas Pertahanan (Unhan) dalam perencanaan pertahanan negara sesuai dengan ancaman pada era globalisasi sekarang ini.

“Lulusan Unhan kami ikut sertakan dalam perencanaan pertahanan negara, pemahamannya dalam bela negara, semua itu di Kemhan,” kata Menhan pada saat menghadiri wisuda 90 lulusan Pascasarjana Universitas Pertahanan Gelombang II tahun 2017 pada Kamis 02-11-2017 di Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ryamizard juga menilai peranan akademisi pertahanan perlu meluaskan jangkauannya untuk mendorong pola pikir tentang bela negara dari yang tidak tahu menjadi lebih tahu di tengah masyarakat.

Kesemua lulusan Unhan yang sudah berkiprah di tengah masyarakat diharapkan pula mempunyai kemantapan dalam mempraktikkan ilmunya sehingga bisa mendiplomasikan kekuatan pertahanan negara kepada pihak luar.

Sekarang ini, kata Menhan, akademisi Unhan telah banyak menempati posisi staf yang penting pada lembaga negara, seperti Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, TNI, dan Kementerian Pertahanan sendiri.

Menhan mengharapkan tantangan dan ancaman ke depan terhadap perpecahan negara pada era globalisasi ini bisa disikapi dengan memperkuat nilai kebangsaan yang tertera dalam Pancasila dan dirumuskan bersama akademisi pertahanan tersebut di berbagai lembaga.

Sebab, menurutnya, kini ancaman terletak bukan pada kecanggihan Alutsista perang, melainkan perang pemikiran masing-masing bangsa.”Globalisasi itu perang antarbangsa, siapa bangsa yang kuat pemikirannya itu yang menang dan yang menang itu yang jadi pemimpin,” kata Ryamizard Ryacudu.

Unhan memberikan penghargaan Canti Dharma bagi lulusan terbaik Prodi Strategi Perang Semesta kepada David Hatigoran Hutagaol dan Canti Dharma Sastra bagi penulis tesis terbaik di prodi yang sama kepada Rizal Muhamad Tjunaidi. (Antara)

  10 Responses to “Menhan Libatkan Unhan Dalam Perencanaan Pertahanan Negara”

  1.  

    ocelah kalau begitu…

  2.  

    Xixixi….pdhl unhan pakemnya teknologi dr skandinavian connection

  3.  

    Terlibat juga dalam proyek anggaran militer, mantap. tempat basah asal jangan otak basah heheheee

  4.  

    Yg belajar dsn apakah aparatur negara?

  5.  

    pak menhan harusnya sdh tahu …
    ahli pertahanan, ahli sista, ahli hitung sista, ahli impor sista, ahli sista lokal, ahli ghoib, ahli ngibul … semua nya ngumpul & ngopi tiap hari di warung Jkgr, pengamat resmi international pun acuan nya disini …
    wkwkwkwk …

  6.  

    Yang jelas…
    Bela Bangsa Indonesia
    Bukan bela amerika…

    Huehuehue