Sep 122018
 

Jet tempur multiperan Su-30MKM Angkatan Udara Malaysia patroli di Laut China Selatanยฉ USAF via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Permasalahan mengenai armada pesawat tempur seperti yang diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Mohamad Sabu pada bulan lalu tidak berhubungan dengan lemahnya pemeliharaan, menurut pejabat tinggi yang mengetahui Angkatan Udara Malaysia (TUDM).

Seperti dilansir dari laman Free Malaysia Today, sumber yang berbicara kepada dalam kondisi anonimitas mengatakan bahwa Angkatan Udara Malaysia (RMAF) sedang ada di bawah tekanan karena terbatasnya anggaran untuk mempertahankan armadanya yang terdiri dari berbagai jenis pesawat tempur.

Mohamad, atau Mat Sabu, bulan lalu mengatakan bahwa RMAF memiliki 18 unit Sukhoi Su-30MKM buatan Rusia dan 10 unit MiG-29. Namun hanya 4 dari Su-30MKM yang layak terbang, sedangkan bahwa 14 lainnya sedang diperbaiki.

Akan tetapi ia menyebut bahwa kunci masalahnya adalah negara manufaktur itu sendiri.

“Masalah dengan pesawat Rusia adalah cara mereka melakukan bisnis”, kata sumber tersebut.

Su-30MKM adalah jet tempur paling canggih dalam inventaris RMAF, itu dibeli dalam sebuah kesepakatan senilai US $ 900 juta pada tahun 2003, yaitu tahun terakhir Dr. Mahathir Mohamad bertugas.

Kesepakatan itu ditandatangani pada tahun 2003. Sebanyak 6 unit Sukhoi Su-30MKM dikirim pada 2007 dan sisanya pada tahun 2009.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Rusia membeli minyak sawit dari Malaysia, dan melatih seorang astronot Malaysia yang pada tahun 2007 menjadi orang Malaysia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Pejabat itu mengatakan awalnya, RMAF menerima dukungan baik dari Rusia, namun akhirnya menemukan tentang “kerumitan” birokrasi Rusia. Diantaranyaadalah bahwa pembelian harus melalui perusahaan milik negara, yang kemudian berurusan dengan pabrikan atau biro desain aslinya, jadi tidak bisa langsung.

“Itu menyulitkan kami. Mereka seharusnya mendukung kami sampai waktu tertentu setelah kami mendapatkan jet, mereka tidak mengungkapkan semuanya. Di tengah-tengah pengadaan, kami tidak diberitahu tentang perlunya melakukan pemeliharaan setelah 10 tahun, yang mana hanya mereka yang bisa melakukan”, katanya.

Di sisi lain, jet tempur buatan AS mudah dikelola karena pemeliharaan dan juga sistem pengadaan mereka bersifat langsung dan sistematis, tambahnya. Dia pun mengatakan AS memiliki program Penjualan Militer Asing (FMS) untuk memfasilitasi penjualan senjata, peralatan pertahanan, jasa pertahanan dan pelatihan militer pada pemerintah asing, meskipun harus melalui persetujuan Senat AS.

Sumber itu lantas mengatakan meskipun pemerintah Malaysia telah selama bertahun-tahun menyampaikan alokasi anggaran untuk RMAF, semuanya tidaklah mencukupi dengan memperhitungkan armada yang beragam dan menua.

Sementara sumber industri pertahanan, menggemakan kekhawatiran yang sama, serta mengatakan bahwa servis jet tempur Rusia ini lebih mahal karena harus melalui pihak ketiga.

โ€œMasalah dengan pengadaan pertahanan di negara ini adalah bahwa pejabat Malaysia tidak suka membeli jet tempur dari AS atau Inggris karena bila kita membeli dari mereka maka banderolnya akan lebih tinggi”, tambahnya.

Lebih jauh dia mengatakan, bahwa cara-cara yang lebih transparan dalam menangani negara-negara seperti AS dan Inggris bukanlah sesuatu yang akan disambut baik oleh para pejabat setempat.

Berbagi

  98 Responses to “Menhan Malaysia: Masalah Su-30MKM Sebenarnya Ada Pada Rusia”

  1.  

    “kami tidak diberitahu tentang perlunya melakukan pemeliharaan setelah 10 tahun”

    Ya ampuuuunnnnn….begini aja kagak tau???

  2.  

    Eleh melon nih banyak bacot

  3.  

    Wah klo gw jadi dia, gw kgk akan menunjuk hidung beruang…….

    Atut eh takut kena tabok beruang…….xixiiii

  4.  

    Mat sabu benar katanya walaupun lagi sakau hehehe
    “Malaysia tidak suka membeli jet tempur dari AS atau Inggris karena bila kita membeli dari mereka maka banderolnya akan lebih tinggi” makanya Indonesia ogah beli banyak-banyak intinya yang penting punya hahaha

  5.  

    Owh… emang beda perawatan khusus antara MiG-29 dan Su-30 ya?

  6.  

    Ya itulah cara kerja Rusia kalo Ente beli produk dari mereka Pak Cik. Mereka udah kayak gangster aja yg harus pake Kickback biar urusan berjalan mulus.

    Makanya belilah produk USA/UK/EU aja yg udah terjamin Pak Cik. Cuman pake produk Rusia aja yg jadi masalah kan, dari mesin hilang Ampe eject Sendiri. Mana pernah produk Barat yg dibeli Malaysia punya masalah kan??? So, jangan pernah beli lagi produk Rusia yah.

    Kalo negara sebelah yg beli Sukhoi aja pake barter kerupuk gak usah diikuti ya Pak Cik. Lagian punya 11 ekor buat apa?? Mungkin buat pawaiยฒ atau flypass aja. Hhhhhhhhhh

    •  

      Bung @Agato sepertinya tidak menyimak kalimat berikut

      Kesepakatan itu ditandatangani pada tahun 2003. Sebanyak 6 unit Sukhoi Su-30MKM dikirim pada 2007 dan sisanya pada tahun 2009.

      Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Rusia membeli minyak sawit dari Malaysia, dan melatih seorang astronot Malaysia yang pada tahun 2007 menjadi orang Malaysia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

      Meski tak sama persis, esensinya ada imbal-dagang disana

      •  

        Yah, itulah anehnya Rusia. Malaysia dan Indonesia beli alutsista dari USA milyaran dollar aja gak pake imbal dagang kok bisa sama Rusia pake imbal dagang. Apa saking gak lakunya tuh barang. Mana ada yg beli banyakan selain China Ama India. Yah mungkin Vietnam, tapi gegara itu gak bisa jadi host Asian Games ya. Tak de wang. Hhhhhhhhhh

        •  

          Kalau tdk laku barang russia, mungkin tidk banyak armada nato digempur armada buatan sovyet diperang siberia, perang teluk, perang irak, perang afrika & perang sebagainya, tapi faktanya banyak juga armada militer nato yg ditembak jatuh, cuma diserbia armada amerika tdk banyak ditembak, namun pilotnya ada yg selamat & ditembak, namun apalah daya amerika tdk ingin melanjutkan, karna bisa jadi serbia sbgi kuburan amerika ๐Ÿ˜€

          nah ini bukan mslh laku tdk laku, tapi russia mmberikan kemudahan utk mitranya mmboyong alutsista russia guna pertahanan negara, kemudahan yg diberikan russia, imbal dagang sesuai yg dibutuhkan russia & hutang, tapi dgn syarat tdk dibutuhkan nyinyir & data teknologi harus dijaga & syarat lainnya,

          kalau mau latihan dgn negara yg memiliki armada diluar buatan russia? Yaa silahkan sj, tapi dingat syarat trsebut
          ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

        •  

          Ya itulah cara kerja USA/UK/EU kalo Ente beli produk dari mereka Pak Cik. Mereka udah kayak gangster aja yg harus pake Kickback biar urusan berjalan mulus.

          Makanya belilah produk Rusia aja yg udah terjamin Pak Cik. Cuman pake produk USA/UK/UE aja yg jadi masalah kan, dari mesin hilang Ampe eject Sendiri. Mana pernah produk Rusia yg dibeli Malaysia punya masalah kan??? So, jangan pernah beli lagi produk USA/UK/UE yah.

          Kalo Sugimura Agato baru aja menopause…

        •  

          Sugimura Agato ternyata adalah LoLโ€ฆ

      •  

        Komentarnya, nunjukin seberapa dangkalnya pemikiran anda bung

  7.  

    P.S. Jadinya Su-35 dua ekor pinjaman mau datang nih buat flypass tgl 5 Oktober nanti…
    Hhhhhhhhhh, punya 11 biji aja bangga banget kayak punya 11 skadron aja.
    Hhhhhhhhhh

    •  

      Sugimura Agato mau flypass tanpa busana alias bugil…….

    •  

      @Agato, pedestrian memang untuk pejalan kaki….bah itu di depan Kepolisian, bah itu di depan markas AD…gpp….aman….coba loe yg nyelonong, pasti di gebukin….di anggap ora tahu aturan…..mau di coba….wkwkwkwkwkwk

    •  

      Permasalahannya, negara Republik Indonesia Cq. Kemenhan yg beli atas permintaan TNI AU kok malah anda yg sewot Bung Gato.? Ada apa gerangan?
      Sudah lunturkah nilai2 nasionalis dan budaya anda setelah melanglang buana ke luar negeri.? Menyesal kah anda ada di republik ini.? Klo anda menyesal knp gak kembali aja ke negara junjungan ente.?Krn disini anda menderita.

      Kritik beda lho bung dng melecehkan, itu klo anda tau perbedaannya. Berapapun yg dibeli dari dulu pasti dibanggakan kok dan itu gak perlu dipermasalahkan. Karena sisi kemampuan ekonomi kita cuma mampu beli segitu kok. Menunduklah bung Gatol jika berjalan, jng menengadah terus, nanti malah tersandung lg jatuh lagi. Gatol…Gatol…tau kenapa anda saya sebut Gatol.?

      •  

        Seperti menyesali dan menolak takdir, dalam hatinya:

        “kenapa saya harus lahir di NKRI ya?” ๐Ÿ˜† hihihihi

        Klo saran saya sih jadi politisi aja, masuk partai politik, duduk di DPR, jadi bisa tentukan “mau beli produk AS atau Rusia”, itu lebih baik menurut saya.

        Itu sih klo emang mampu ๐Ÿ˜€

      •  

        [email protected] apa ga sewot…lah dia nyari makan anak bini nya duit dari situ kok xixici

      •  

        @ Bung Ruskye dan @Bung Lingkar. Coba baca lagi komentar Ane kata per kata. Emangnya Ane ngejek TNI beli Su-35 ya.. Kan Ane cuman nyindir anak2 yg over proud Ama datengnya Su-35 padahal cuman 11 biji. Contohnya anak RF dan ente tau kan siapa aja RF disini. Hhhhhhhhhh

        •  

          Siapa pula yang bangga bung Agato??? yang ada itu adalah mentertawakan karena ternyata masih dibeli juga… bahkan usaha dan upaya untuk menjegal ternyata gagal….
          mau punya 1 skuadron pun cukup membanggakan kok, toh dari jaman perang sampai sekarang mana pernah ada dogfight di Indonesia??? yang ada juga waktu kasus di bawean, itupun yang jadi lawan maaf2 saja adalah negara yang itu tuh…
          Jelas bangga juga karena Malaysia saja berantakan mengurus 18 Su-30MKM sedangkan Indonesia justru malah menambah, berarti lebih mampu dalam merawat dan mengoperasikan daripada tetangga berisik…
          11 biji untuk Indonesia sudah cukup besar dibandingkan 24 pesawat hibah… dan bukannya beli baru

  8.  

    Agak aneh jg rasanya klu ada Warga yg menjelek – jelek kan usaha dr pemerintahnya sendiri cm krn alasan beda pandangan arah kebijakan. Klu udh terbukti salah sih sah2 aja. Klu mengkritisi pun sah2 aja tp klu sampai menjelek2 kan sesuatu yg blm terjadi apalagi menghina amanat Undang2 yg sdh sangat jelas di bwt utk kepentingan bangsa wah susah saya mikir nya. Itu “ANU” nya di ltk dmn atw jgn2 mlh ga ada lg ya. Oooo .. ๐Ÿ˜›

  9.  

    @sugimura agato itu beli 11 pkek duit rakyat bodoh banyak negara yg mau memiliki sukhoi aja susah dapatnya,.. Blum tentu d setujuin sma ASU,.. 1 sukoi aja kalo buat ngerudal ndasmu juga bklan hancur,… Ngomong seenakmu aja cba km dtang d TNI AU blang sprti itu cangkemu jga bakalan mencor

  10.  

    @sugimura agato itu indonesia beli 11 unit pkek uang rakyat,… Banyak negara yg mau beli sukhoi d tentang amerika,.. Untuk mndapatkan sukhoi gag semudah cangkemu,… 1 sukhoi buat ngerudal ndasmu yo bklan pecah,.. Cba dtang ke TNI AU anda blang sprti itu bakalan mencor cangkemu klo ada tidak bangga silahkan kluar dari NKRI,… Kontribusi k negra gag bilang asal bacot aja

  11.  

    @sugimura agato knpa gg berani takut bkn sma orang tp sama sang pencipta,.. Knpa memang dia mau mnembak klo berdiri jika tdak d kehendaki Tuhan jga kagak bakalan tembus tuh pluru,.. Ente memandang hebat cuma kalau bisa brdiri dsna semenit,… Seharusnya ente lbih brfkir bgaimna kontribusimu untuk membuat negra lbih baik,.. Bukanya ente malah membesarkn safety kedubes AS, Klo bisa ente jadi presiden gusur AS jd adikuasa dunia sya akui anda hebat,.. Jngn mengecilkan suatu hal,.. Kok enteng sekali ente bilang klo mabes kostrad mah kecil,..

  12.  

    @sugimura agato mskipun d NKRI bebas mngluarkan pndpat,… ente cuma ngebacot d balik layar dengan statemen merendahkn TNI pdhal ente juga warga ngra indonesia,.. Jaga omonganmu,.. Masih untung anda masih bisa hidup sampai detik ini,..

  13.  

    Perdebatan silent & deadly dgn agato sugimura sudah belok, sama sperti aming lee yg ditanya agato & lainnya, mengapa pria trsebut masih dirahasiakan aming lee alias nada, apakah atut istri sipria, atut keluarganya, atau atut lainnya, mungkin juga lg menunggu keluarganya tdk ada lagi kalleee, diantara itu mungkin sipria msh dirahasiakan aming lee
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

  14.  

    Sugimura Agato ternyata adalah LoLโ€ฆ

  15.  

    Suugimura Agato ternyata adalah LoLโ€ฆ

  16.  

    Horreee…….Sugimura Agato tenyata adalah LoL…..

  17.  

    Horreeeโ€ฆโ€ฆ.Sugimura Agato tenyata adalah LoLโ€ฆ..

  18.  

    BERITA GEMBIRA : Sugimura Agato ternyata adalah LoL

  19.  

    Kalau Malaysia menghadapi masalah dgn SU30MKM, memang itu pesawat beda dengan yg lain seri kodenya….seharusnya kontraknya di amendment, agar cost dan perawatannya bisa di lakukan tanpa pihak ketiga atau di perbolehkan dgn pihak yang lain misalnya….

    •  

      Bukan itu masalahnya, kemarin itu beruk kampret menuduh russia yg menembak jatuh pesawat malaysia airlines tanpa bukti, yg ada hanya bukti rudal buatan sovyet & masalah yg kedua data teknologi su 30 malay dibongkar amerika yaitu bagian teknologi jaming & jammernya dikedua sudut sayap pesawatnya, utk itu russia enggan melanjutkan upgrade su 30 malay, bukan masalah ada pd russia atau pihak ketiga
      ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

  20.  

    itu gunanya TOT , jadi kita bisa meng ” usahakan ” sendiri sparepart yg sdh usang dan harus diganti ..sekarang mau TOT gmn ” huruf ” dan bahasa Rusia juga sdh susah !!

    •  

      TOT itu yg bagai mana,
      loe kan tau f16 indonesia kemarin lalu yg diupgrade ke amerika, bukan diindonesia, kalau armada persi export buatan russia di tulis menggunakan bahasa russia & inggris, kalau cuma ganti baut, ganti ban? yaa diberikan caranya, tapi klu upgrade mengenai peningkatan daya pakai, peningkatan teknologi & peningkatan sebagainya? Yaa dibawa kembali ke asalnya, karna dinegara pengguna inport tdk memiliki alatnya, jadi buat apa diberikan caranya, kecuali pengguna inport memesan 200 unit, yaa pasti akan diberikan
      ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

    •  

      coba belajar dulu yg betul, tulis nama pake bahasa inggris aja kagak becus, tentu bisa stress ente klo mikir bahasa rusia…

      sok keren tapi katrok lu bro

  21.  

    Supaya ada titik temu buatlah perbandingan dmn Sukhoi TNI AU sampai saat ini semua berstatus operasioanal. Menurut saya, Malaysia memang sudah tidak berminat lagi meremajakan Su30 SKM nya, mereka memilih di grounded saja. Inilah kesempatan bg TNI AU utk mengakuisisi Su30 mereka

  22.  

    tanya?; ngapain juga repot2 ngumpulin karet dan buah sawit buat belanja next sukhoi pak bro?
    Russia:masalah su 30mkm malaysia ada pada mereka sendirilah…

  23.  

    Mslhnya bukan fanatisme trhdp rusia ato usa….tetapi terkait dgn perebutan hak pengembangan n perbaikan antara pihak original MKM n pemerintahan rusia… mrk tdk transparan dgn pengurus alat tempur malaysia … n mnrt gw pribadi rusia bisa menghandle smw tipe pspur kecuali seri MkM , apalagi produk abal2 su -57 , mnrt gw ada pihak trtntu di indonesia yg mati2an mensugesti pembelian sukhoi

    •  

      Ya karena ada Kickback alias korupsi disana. Hhhhhhhhhh

      •  

        Segala kesulitan terjadi pada varian Su-30 MKI dan Su-30 MKM… ada sesuatu disana, tetapi juga sangat mudah untuk di rangkaikan…
        India mengeluhkan hal yang sama, sedangkan Malaysia mengalami situasi yang kurang lebih sama…
        Padahal jelas2 dari situ bisa disimpulkan kalau Malaysia salah memilih jenis pesawat… toh itu karena mereka bernafsu untuk tetap memiliki keunggulan dibandingkan yang dimiliki Indonesia…

      •  

        Lihat saja kembali mengapa Indonesia membeli Sukhoi dan bukan pespur barat… jelas2 dari awal dari keterpaksaan menjadi sesuatu yang menjadi kesukaan…
        Toh dalam pemilihan Su-35, jelas2 TNI AU langsung to the point ingin pemerintah membeli ini, dan bukan yang lain…

      •  

        Dan menyebut Su-57 abal2 (sorry ya bung Agato, numpang di layer reply anda) jelas adalah sesuatu yang terlalu….
        Lihat saja, proyek KFX/IFX yang masih berjuang dan jauh dari berhasil…
        Lihat project pepsur Jepang yang berakir dengan membeli F-35…
        Lihat saja Tejas yang tidak memiliki kualitas prima…
        Gripen yang selalu dikatakan pespur hebat tetapi tidak pernah nongol di medan tempur dan tidak pernah mampu merebut hati negara2 yang sering berkonflik untuk menggunakanya…

        Itu seperti mengatakan Mercy keluaran terbaru abal2… jelas itu adalah pernyataan yang bodoh

    •  

      Coba saja lihat kembali kenapa Indonesia membeli Sukhoi… mengapa Indonesia tidak membeli pespur buatan barat atau USA… supaya anda tidak membabi buta menuduh adanya pihak2 yang dianggap bermain mata atau mencari keuntungan semata…
      Pembelian Sukhoi pertama berdarah2 karena tidak memiliki cukup anggaran… pembelian itu juga berusaha untuk di jegal supaya tidak terlaksana… ketika pihak pengguna yaitu TNI AU kemudian merasa nyaman dengan mengoperasikan dan merawat Sukhoi, lalu mengapa kemudian seolah2 disama ratakan dengan yang terjadi di Malaysia???
      Malaysia jelas2 melakukan manuver pembelian dengan mengambil resiko tinggi karena pespur Sukhoi mereka bukan yang benar2 murni teknologi Russia…. tetapi mereka memilih yang berteknologi gado2 pengembangan dari Su-30MKI… secara tidak langsung Malaysia masuk kedalam perangkap mereka sendiri karena mereka dalam sisi yang rumit dari pespur Su-30MKM, lihat saja India sebenarnya keteteran dengan SU-30MKI mereka, bahkan perakitan yang dilakukan di India sudah makan korban….
      Indonesia tidak terlalu bermasalah seperti Malaysia karena versi yang digunakan berbeda, lebih orisinal dan bukan teknologi gado2 seperti yang dimiliki Su-30MKM…
      Su-30MKM levelnya lebih atau diatas yang dimiliki Indonesia Su-30MK2, tetapi jelas merawatnya tidak mengerikan seperti yang dialami Malaysia…
      Karena sejatinya Su-30MKM adalah versi dari Su-30MKI yang sudah menggunakan aplikasi teknologi barat… dan itu ternyata boomerang

    •  

      Coba saja lihat kembali kenapa Indonesia membeli Sukhoi… mengapa Indonesia tidak membeli pespur buatan barat atau USA… supaya anda tidak membabi buta menuduh adanya pihak2 yang dianggap bermain mata atau mencari keuntungan semata…

  24.  

    Kalau produk amerika akan sulit dijual lagi karena butuh izin amerika, maloon aja yg tidak tahu tata cara ngurus pespur

    ๐Ÿ˜Ž

  25.  

    Coba saja lihat kembali kenapa Indonesia membeli Sukhoi… mengapa Indonesia tidak membeli pespur buatan barat atau USA… supaya anda tidak membabi buta menuduh adanya pihak2 yang dianggap bermain mata atau mencari keuntungan semata…

  26.  

    Sepele… mengapa Indonesia dulu bisa di jajah… ya lihat saja mentalnya saat ini, terlihat kok mengapa dulu tidak cukup mampu melawan monopoli dari Belanda…
    Kalau mau menjadi negara yang kuat, minimal yang harus dilakukan adalah, hentikan memusuhi dan berseteru dengan sesama warga negara, saling membantu, bertoleransi dan saling mendukung… itu saja intinya

 Leave a Reply